cover
Contact Name
khaidir ali
Contact Email
khaidiralitra@gmail.com
Phone
+6282160559891
Journal Mail Official
khaidirali@umsu.ac.id
Editorial Address
Alamat Redaksi: Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Gedung C) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Administrasi Publik dan Kebijakan (JAPK)
ISSN : -     EISSN : 28076729     DOI : http://dx.doi.org/10.30596%2Fjapk.v1i1
Core Subject : Social,
The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of public administrations and policies. JAPK, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of public policies and public administration areas as follows: 1. Bureaucracy and Administration Development 2. Decentralization and Regional Autonomy 3. Social Policy 4. Economic and Public Policy 5. Public Management and Governance 6. Regional Development Planning 7. Any specifics issues of public policy and management Articles published on research results and literature review with acceptable research methodologies, qualitative studies, quantitative studies, or a combination of both, statistical analysis, case studies, field research, and historical studies. JAPK received manuscripts from various related circles, such as relevant researchers, professors, students, policy-makers, scientists and others
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Administrasi Publik dan Kebijakan (JAPK)" : 5 Documents clear
Implementasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Alih Fungsi Lahan di Provinsi Sumatera Utara Rani, Nurkhay; Martinelli, Ida
Jurnal Administrasi Publik dan Kebijaka (JAPK) Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Administrasi Publik dan Kebijakan (JAPK)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/japk.v4i1.19932

Abstract

Alih fungsi lahan menyebabkan jumlah area pertanian Provinsi Sumatera Utara terus berkurang alih fungsi lahan di Sumatera Utara umumnya didorong oleh pertumbuhan penduduk, pembangunan ekonomi, dan proyek infrastruktur. Proses alih fungsi lahan harus mematuhi persayaratan hukum yang berlaku, mencakup proses perizinan,  mempertimbangkan dampak lingkungan dan hak masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana  Implementasi Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Utara Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Alih Fungsi Lahan di Provinsi Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif degan pendekatan deskriptif.  Hasil penelitian ini yaitu Implementasi Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Utara Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Alih Fungsi Lahan di Provinsi Sumatera Utara sudah dijalankan secara optimal. Namun masih terdapat beberapa hambatan hal ini di buktikan dari sosialisasi yang sudah dilakukan dalam bentuk peyuluhan dimana masyarakat belum bisa beralih fungsi sesuai degan peraturan, pendampingan untuk merekomendasikan lahan yang akan diganti kembali lahannya akibat dari pembangunan jalan tol tetapi pemilik lahan tidak mau diganti dengan lahan yang baru karena kebutuhan ekonominya, kemudian dalam bentuk seminar tetap saja masyarakat petani mengambil kebijakan sendiri untuk beralih fungsi hal ini disebabkan karena lahan yang dimiliki sudah rusak dan membuat kerugian petani sehingga di alih fungsikan menjadi perumahan, perkebunan kelapa sawit dan usaha  lainnya.
Implementasi Kebijakan Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Di Kantor Camat Hatonduhan Kabupaten Simalungun Stevani, Faiza; Rizky, Rafieqah Nalar
Jurnal Administrasi Publik dan Kebijaka (JAPK) Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Administrasi Publik dan Kebijakan (JAPK)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/japk.v4i1.19659

Abstract

Penyelenggaraan Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) merupakan suatu cara untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dalam menjadi simpul pelayanan bagi kantor/badan pelayanan terpadu di kabupaten/kota. PATEN mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Namun masalah dalam implementasi kebijakan PATEN kenyataannya masih banyak masyarakat terutama di Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun mengeluh akan hambatan dan watak dalam proses pelayanan yang ada di kantor camat tersebut, dikarenakan kurangnya sosialisasi dan jalinan komunikasi yang baik dari pihak pegawai  kepada masyarakat setempat. Metode penelitian yang digunakan dalam perumusan skripsi ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, studi dokumentasi dan kepustakaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan dalam rangka meningkatkan kinerja di kantor camat Hatonduhan Kabupaten Simalungun. Hasil dari penelitian ini bahwa pelaksanaan kebijakan PATEN di Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun sudah berjalan dengan baik, hanya saja dalam menjalankan program tersebut terdapat hambatan pada koneksi jaringan sehingga memperlambat kerja sistem serta kurang-nya dukungan pemerintah dalam hal fasilitas sarana-prasarana. 
Implementasi Kebijakan Pengelolaan Pelataran Parkir Di Tepi Jalan Umum Di Kota Medan Sahriani, Alvita
Jurnal Administrasi Publik dan Kebijaka (JAPK) Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Administrasi Publik dan Kebijakan (JAPK)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/japk.v4i1.19660

Abstract

Kota Medan merupakan salah satu Kota di Indonesia yang memiliki sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang cukup tinggi.Tingginya jumlah kendaraan tersebut menyebabkan bahu jalan penuh dengan kendaraan yang sedang parkir sehingga sering terjadi kemacetan dan seluruh ruas jalan tidak lagi memberikan kenyamanan terutama bagi pejalan kaki.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Kebijakan Pengelolaan Pelataran Parkir Di Tepi Jalan Umum Di Kota Medan.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,studi dokumentasi dan kepustakaan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui Kebijakan Pengelolaan Pelataran Parkir Di Tepi Jalan Umum Di Kota Medan sudah terimplementasi namun belum sepenuhnya optimal dan terlaksanakan secara sempurna,hal ini diketahui berdasarkan pada kategorisasi penelitian seperti Sumber Daya belum mendukung penuh pelaksanaan pengelolaan pelataran parkir ditepi jalan umum,hal ini terlihat masi adanya juru parkir yang tidak menaatin aturan-aturan yang ada,serta belum memadainya sumber daya finansial dikarenakan belum semua lokasi parkir memiliki rambu parkir dan marka jalan.Selanjutnya Komunikasi Antar Organisasi Terkait,sosialisasi mengenai kebijakan pengelolaan pelataran parkir di tepi jalan umum belum berjalan baik karena masi ada yang belum mengerti pengenai aturan parkir ditepi jalan umum.Dan karakteristik organisasi pelaksana belum berjalan maksimal dimana masi adanya juru parkir yang tidak menggunakan atribut lengkap saat bertugas serta dalam meningkatkan transparansi mengenai E parkir sosialisasi masi belum dilakukan secara merata.Sikap pelaksana dalam melakukan prosedur-prosedur parkir di tepi jalan umum masi belum optimal,hal ini terlihat masi terdapat juru parkir yang tidak mematuhi prosedur-prosedur parkir sehingga pengelolaan parkir belum berjalan maksimal.  Kata kunci : Implementasi, Kebijakan Publik,Pengelolaan Parkir
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI PT. TOKOPLAS E-COMMERCE INDONESIA CABANG MEDAN Putri, Dara Ananda; Amrizal, Dedi
Jurnal Administrasi Publik dan Kebijaka (JAPK) Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Administrasi Publik dan Kebijakan (JAPK)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/japk.v4i1.16351

Abstract

Pemimpin yang baik tercermin dari gaya kepemimpinan dalam memberikan sebuah keputusan untuk mempengaruhi peningkatan kinerja pegawai dalam pencapaian tujuan. kineja pegawai memiliki peran terpenting dalam meningkatkan kualitas perusahaan untuk tetap eksis di masa yang mendatang, dimana pegawai merupakan aset terpenting dalam tercapainya tujuan perusahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan demokratis terhadap peningkatan kinerja pegawai PT. Tokoplas E-Commerce Indonesia Cabang Medan. Metode penelitian ini deskriptif dengan analisis Kuantitatif, Adapun jumlah populasi dan sampel penelitian ini secara keseluruhan sebanyak 40 orang. Dimana teknik analisi data terdiri dari uji kolerasi product moment, uji signifikan, uji koefisien determinasi dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai hipotesinya ialah Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai t hitung 6.364 1.685 t tabel dan memiliki nilai signifikan 0,005 0,05 maka dapat diartikan jika gaya kepemimpinan demokratis berjalan dengan baik maka akan menghasilkan peningkatan kinerja pegawai yang dapat dijelasakan bahwa gaya kepemimpinan demokratis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. 
STRATEGI DIRECTING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DALAM PERSPEKTIF NEW PUBLIC GOVERNANCE DI DINAS KOMINFO KOTA MEDAN sofiyanti, tiara; Khairiah, Nalil
Jurnal Administrasi Publik dan Kebijaka (JAPK) Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Administrasi Publik dan Kebijakan (JAPK)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/japk.v4i1.16104

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan bertanggungjawab sebagai supporting system demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dalam bidang komunikasi dan informatika Kota Medan. Oleh sebab itu diperlukan adanya indikator kinerja pegawai meliputi kualitas kerja, keterampilan, kuantitas, ketepatan waktu, efektivtias dan kemandirian. Namun fenomena yang terjadi adalah kurang maksimalnya pengelolaan data yang terintegrasi antar Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Hal ini disebabkan kurangnya pegawai penyelenggara urusan komunikasi dan informatika serta sarana dan prasarana yang belum merata. Maka untuk mengatasinya diperlukan pengarahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi directing kepala dinas meliputi pemberian arahan secara berkesinambungan, mencegah human error, serta menciptakan creative activity sudah berjalan tetapi belum optimal. Hal ini dikarenakan pengarahan diberikan secara rutin dan monoton pada saat apel hari senin dan rapat bulanan serta melalui sekretaris. Selain itu pengarahan tidak memotivasi Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga ASN tidak memiliki inovasi dan kreativitas dalam bekerja. Dampak pengarahan pada penggunaan teknologi informasi dilihat dari Diskominfo yang selalu bekerjasama dengan stakeholder terkait pengembangan aplikasi maupun pelatihan guna meningkatkan keterampilan ASN, kolaborasi antar OPD serta belum optimalnya transformasi data digital dan dibutuhkan penambahan sarana dan prasarana, baik dari segi infrastruktur dan hardware guna menambah kapasitas atau kemampuan data center Pemko Medan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5