cover
Contact Name
Aen Fariah
Contact Email
aenfariah1995@gmail.com
Phone
+6282214018102
Journal Mail Official
aenfariah1995@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pangeran Cakrabuana, Greenland Sendang Regency No. E6 Sumber Cirebon Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Action Research Literate (ARL)
Published by Ridwan Institute
ISSN : 26139898     EISSN : 28086988     DOI : https://doi.org/10.46799
Core Subject : Education, Social,
Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of Syntax Corporation Indonesia. Action Research Literate provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be empirically examined. This journal publishes research articles covering multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts sciences and media.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2021): Action Research Literate" : 5 Documents clear
Pemanfaatan Pati Umbi Talas (Colocasia Esculenta L.) Sebagai Bahan Pembuatan Bioplastik Stefania Naki, Maria; Antonius M S Wake , Ignatius
Action Research Literate Vol. 5 No. 1 (2021): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.192 KB) | DOI: 10.46799/arl.v5i1.6

Abstract

Bioplastik menjadi salah satu alternatif pengunaan plastik yang ramah lingkungan karena mudah terurai. Pada penelitian ini digunakan pati umbi talas (Colocasia esculenta L.) dengan  campuran asam sitrat, plasticizer gliserol, sedangkan Fillernya clay dan chitosan. Tujuan  penelitian ini adalah mengetahui bentuk fisik bioplastik, kuat tarik (tensile strength) dan pemanjangan (elongasi) bioplastik sesuai kualitas SNI serta kemampuan bioplastik ini dapat terurai (biodegradable) dalam waktu yang relatif singkat. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 26 Juli-30 September 2021 di laboratorium FKIP KIMIA Universitas Nusa Cendana Kupang dan  Laboratorium Biologi SMAS Katolik Regina Pacis Bajawa. Metode penelitian yang digunakan Melt Intercalation dengan sedikit inovasi penambahan asam sitrat dengan variasi pada filler clay  dan chitosan yaitu 0,2gr, 0,4gr, 0,8gr, dan 1,0gr. Metode pengolahan data secara kualitatif dan kuantitatif berdasarkan hasil penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis bentuk fisik dan kemampuan biodegradable, kemudian dilakukan uji kuat tarik dan persen pemanjangan  menggunakan persamaan fisika. Hasil penelitian pada filler clay 0,4gr yang menunjukkan bentuk fisik permukaan halus dan tidak retak. Hasil uji tarik yang terbaik diperoleh pada sampel clay 0,4gr, dengan kekuatan tarik 4N = 37,5MPa. Hasil uji tarik ini sesuai SNI dimana nilai kuat tarik berkisar 24,7-302MPa. Persen pemanjangan pada semua variasi filler clay maupun chitosan memenuhi kriteria SNI dimana nilai persen pemanjangan berkisar 21-220% dan tertinggi persen elongasi terdapat pada chitosan 0,4gr dengan nilai pemanjangan adalah 150%. Hasil uji penguraian  bioplastik melalui metode perendaman sampel dalam aquades selama 48 jam, diperoleh hasil adanya penurunan berat bioplastik akibat aktivitas mikroorganisme.
Sumber Otoritas Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Hartono, Hartono
Action Research Literate Vol. 5 No. 1 (2021): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.113 KB) | DOI: 10.46799/arl.v5i1.8

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana sumber kewenangan untuk pelaksanaan pengawasan. Dilihat dari kualitas pendidikan di Indonesia, yang saat ini masih jauh tertinggal dari negara lain, baik di Asia maupun di negara-negara Eropa. sebagai hasil dari sumber daya manusia yang tidak memadai, serta teknologi dan ilmu pengetahuan yang tidak merata di Indonesia. Kepala sekolah dan pendidik yang belum melaksanakan tugasnya untuk pelaksanaan pembelajaran dengan baik. Kepala sekolah yang tidak pandai mengawasi guru pengajar dan guru yang hanya bertugas mengajar, padahal merupakan tugas pendidik untuk membentuk karakter siswa. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana melakukan pengawasan, upaya peningkatan pengawasan, serta peran pengawas bagi pengawas dan kepala sekolah sebagai sumber kewenangan pelaksanaan pengawasan. Pengawasan merupakan bantuan kepada pendidik dalam memperbaiki situasi pembelajaran, pengawasan pendidikan meliputi pengawasan pembelajaran dan komponen pendukungnya. Kegiatan pengawasan dilakukan melalui berbagai proses pemecahan masalah pembelajaran
Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Nurhakim, Nurhakim
Action Research Literate Vol. 5 No. 1 (2021): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.792 KB) | DOI: 10.46799/arl.v5i1.73

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kontekstual berbantuan media interaktif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan metode eksperimen atau yang disebut metode kuasi eksperimen yang dilaksanakan di dua sekolah SMAN yang ada di kabupaten Mukomuko, yaitu SMAN 03 Mukomuko sebagai kelas eksperimen dan SMAN 05 Mukomuko sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebanyak  empat siklus di SMAN 03 Mukomuko diketahui bahwa kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran mengalami peningkatan selama dilakukan penerapan tindakan. Aktivitas belajar siswa dikelas yang mencerminkan motivasi belajar mengalami peningkatan mulai dari penerapan pertama sampai pada penerapan berikutnya seiring dengan meningkatnya kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kontekstual. Disamping itu, penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran juga memperlihatkan peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan media interaktif tidak hanya memperbaiki dan meningkatkan motivasi belajar siswa tetapi juga meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran, walaupun peningkatan baik motivasi maupun hasil belajar yang diperoleh  tidak sebaik yang diharapkan tetapi masih pada kategori signifikan. Hal itu dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kemampuan guru, karakteristik siswa, lingkungan, dan faktor pola pikir. Penelitian ini juga menghasilkan sebuah model pembelajaran kontekstual berbantuan media interaktif yang bersifat generik, artinya bahwa model pembelajaran ini dimungkinkan bisa diterapkan pada sekolah lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan kelas eksperimen dalam penelitian ini
Strategi Pembelajaran Guna Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Melalui Sarana Prasarana Di SD Al-Ma’soem Kinesti, Rakanita Dyah Ayu; Ulya, Naily Himmatul; Suroyya, Laana Nafisatus; Latifah, Fathia; Rahmawati, Eka Vina; Nida, Nurul Khoirin; Khasanah, Aeni
Action Research Literate Vol. 5 No. 1 (2021): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.179 KB) | DOI: 10.46799/arl.v5i1.74

Abstract

Strategi merupakan sebuah cara atau pendekatan yang sangat menyeluruh dan sangat berkaitan dengan adanya pelaksanaan gagasan atau suatu perencanaan serta eksekusi dalam suatu aktivitas yang berada dalam kurun waktu tertentu. Dalam proses pembelajaran sarana dan prasarana sangat diperlukan dalam rangka menunjang kelancaran proses kegiatanya, sehingga pengelolaan sarana dan prasarana sangat diperlukan oleh setiap sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan: (1) Strategi Peningkatan kualitas pembelajaran Di SD Al Masoem, (2) Perencanaan Peningkatan Sarana dan Prasarana di SD Al Masoem, (3) Peran pendidik dalam peningkatan kualitas pembelajaran melalui sarana dan prasarana di SD Al Ma’soem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi pustaka dan Studi Hasil Pengamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan, meliputi: (1) observasi partisipan, (2) wawancara mendalam, dan (3) studi dokumentasi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Peningkatan Sarana dan Prasana terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang merupakan hasil dari kualitas pembelajaran yang diberikan dari pendidik kepada siswa di SD Al Masoem, Bandung, Jawa Barat
Rancangan Sistem Portal Nilai Siswa Berbasis Web Pada Madrasah DTA Nurul Hidayah Dipura, Warja; Endang, Endang
Action Research Literate Vol. 5 No. 1 (2021): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.139 KB) | DOI: 10.46799/arl.v5i1.75

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dizaman sekarang, makin banyak manusia yang seakan tidak bisa lepas dari teknologi. Segala aktivitas sudah dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satunya adalah dalam bidang informasi yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Tak bisa dipungkiri bahwa informasi dizaman sekarang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Namun dibalik perkembangan teknologi yang sangat pesat, masih banyak orang yang belum bisa memanfaatkannya. Dalam hal ini mengenai data nilai siswa yang ada di Madrasah DTA Nurul Hidayah yang masih menggunakan sistem manual. Ditemukan banyak sekali kekurangan dalam penggunaan sistem dengan cara manual. Diantaranya seperti waktu yang kurang efisien dan keakuratan data. Maka penelitian ini akan membahas tentang data nilai siswa. Dengan adanya sistem berbasis web tentunya diharapkan dapat mempermudah dalam pendataan nilai siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 11 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 10 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 9 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 8 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 7 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 6 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 5 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 4 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 3 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 2 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 1 (2025): Action Research Literate Vol. 8 No. 12 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 11 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 10 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 9 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 8 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 7 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 6 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 5 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 4 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 3 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 2 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 1 (2024): Action Research Literate Vol. 7 No. 12 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 11 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 10 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 9 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 2 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 1 (2023): Action Research Literate Vol. 6 No. 2 (2022): Action Research Literate Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate Vol. 5 No. 2 (2021): Action Research Literate Vol. 5 No. 1 (2021): Action Research Literate Vol. 4 No. 2 (2020): Action Research Literate Vol. 4 No. 1 (2020): Special Issue Action Research Literate Vol. 4 No. 1 (2020): Action Research Literate More Issue