cover
Contact Name
Aen Fariah
Contact Email
aenfariah1995@gmail.com
Phone
+6282214018102
Journal Mail Official
aenfariah1995@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pangeran Cakrabuana, Greenland Sendang Regency No. E6 Sumber Cirebon Jawa Barat, Indonesia
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Action Research Literate (ARL)
Published by Ridwan Institute
ISSN : 26139898     EISSN : 28086988     DOI : https://doi.org/10.46799
Core Subject : Education, Social,
Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of Syntax Corporation Indonesia. Action Research Literate provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be empirically examined. This journal publishes research articles covering multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts sciences and media.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2021): Action Research Literate" : 7 Documents clear
Pengaruh Literasi Keuangan Dan Financial Technology Terhadap Laba UMKM (Studi Empiris UMKM Di Kota Surabaya) Putri, Adenna Hendy Cassie; Hastuti, Sri
Action Research Literate Vol. 5 No. 2 (2021): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.764 KB) | DOI: 10.46799/arl.v5i2.83

Abstract

Laba merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu usaha. Di era modernisasi seperti sekarang, Literasi Keuangan dan Financial Technology menjadi salah satu faktor yang membantu pelaku usaha untuk memperoleh laba yang diinginkan. Namun, masih 20% saja yang memahami tentang Literasi Keuangan. Selain itu, sebagian besar pelaku usaha juga belum menerapkan Financial Technology yang sebenarnya dapat membantu transaksi jual beli secara cepat dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Literasi Keuangan dan pengaruh Financial Technology terhadap Laba UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada UMKM di Kota Surabaya dengan jumlah pemilik usaha yang berjumlah 237 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik simple random sampling merupakan teknik pengambilan sampel dari suatu populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata dari populasi, dengan metode tersebut maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 99 orang. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Literasi Keuangan berpengaruh terhadap Laba UMKM, dan (2) Financial Technology tidak berpengaruh terhadap Laba UMKM
Tradisi Maddoja Bine Masyarakat Desa Anabanua Di Kabupaten Barru Syamsurya, Edika
Action Research Literate Vol. 5 No. 2 (2021): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.932 KB) | DOI: 10.46799/arl.v5i2.84

Abstract

Tulisan ini membahas tentang tradisi maddoja bine di masyarakat Desa Anabanua, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru. Dari asal  katanya,  maddoja yaitu berarti begadang atau tidak tidur, sedangkan bine artinya benih. Petani yang melakukan tradisi maddoja bine akan akan untuk menjaga benih padi yang sedang direndam, sebelum   ditabur (dalam istilah sehari-hari masyarakat Desa Anabanua disebut ma’gugu) di sawah  keesokan harinya. Sambil mengisi waktu pada malam maddoja bine tersebut, masyarakat biasanya menikmati hidangan kue-kue tradisional bugis yang khusus disediakan untuk acara maddoja bine. Tulisan ini bertujuan agar kita bisa tau tanggapan masyarakat mengenai tradisi maddoja bine khususnya  di Desa Anabanua, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru dan juga untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi  maddoja bine di Desa Anabanua, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru. Jenis penelitian yang dipakai dalam jurnal ini yaitu metode kualitatif dimana kita sebagai peneliti bisa mendapatkan sebuah informasi melalui tahap wawancara. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah diharapkan dapat menambah dan memperkaya literatur dan bagi mahasiswa yang mengadakan penelitian serupa serta menambah pengetahuan dan memberikan pengalaman baru mengenai tradisi maddoja bine
Penetrasi Pasar Dengan Menggunakan Analisis Pestle: Studi Kasus di PT. HSI Cabang Bandung Riwayadi, Eko; Mariatie, Novtri
Action Research Literate Vol. 5 No. 2 (2021): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.295 KB) | DOI: 10.46799/arl.v5i2.85

Abstract

Pada masa pandemi Covid 19, PT. HSI tetap eksis dan berupaya untuk tetap bertahan ditengah kondisi yang tidak menentu. Meskipun pandemi berdampak pada semua aspek, akan tetapi tidak menyurutkan semangat HSI untuk mengembangkan usahanya, salah satunya yakni memperluas wilayah usaha dengan membuka cabang baru di wilayah Bandung. Dalam kegiatan usaha di kantor cabang baru menemukan kendala untuk memperoleh konsumen baru. Hal ini merupakan salah satu faktor yang harus diteliti lebih lanjut khususnya dalam hal penetrasi pasar yang harus dihadapai dan ditanggulangi oleh perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi penetrasi pasar pada kantor cabang baru HSI di Bandung dan pengaplikasiannya dengan menggunakan digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penetrasi pasar dan faktor eksternal HSI dalam mengembangkan usaha pada pembukaan kantor cabang baru yang berlokasi di Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis faktor eksternal menggunakan analisis PESTLE yakni faktor politik ekonomi, sosial, teknologi, hukum, dan lingkungan, serta pengaplikasiannya menggunakan digital marketing. Hasil analisis PESTEL wilayah Bandung Raya menunjukkan hasil yang sangat positif artinya di semua sektor baik politik, ekonomi, sosial, teknologi, lingkungan dan hukum sangat mendukung bagi HSI untuk melakukan penetrasi pasar baru di wilayah Bandung Raya. Bisnis model yang dikenalkan juga sangat menggoda dalam artian sangat membantu bagi UMKM untuk menunjang bisnisnya sehingga terjadi hubungan simbiosis mutualisme. Para UMKM cukup mengeluarkan modal kecil kemudian sudah bisa mempunyai tempat pendingin makanan dan minuman yang selanjutnya untuk dijual. Dengan dukungan media sosial HSI bisa mengoptimalkan strategi pemasarannya secara digital atau digital marketing strategi untuk menjangkau para UMKM di wilayah Bandung Raya dengan semaksimal mungkin
Problematika Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring Rusadi, Hadi; Muslimah, Muslimah
Action Research Literate Vol. 5 No. 2 (2021): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.569 KB) | DOI: 10.46799/arl.v5i2.86

Abstract

Kedatangan pandemi covid-19 telah banyak merubah tatanan kehdupan manusia dari berbagai bidang, tak terkecuali bidang pendidikan. Pendidikan yang kini diselenggarakan melalui daring memunculkan berbagai problematika. Problematika tersebut salah satunya kesulitan dalam menilai secara objektif. Kajian ini  bertujuan memahami tentang evaluasi pembelajaran, pembelajaran PAI dan  problematika evaluasi pembelajaran PAI daring. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah studi kepustakaan dengan menganalisis konten dari berbagai literatur yang relevan dengan kajian evaluasi. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa Hakikatnya evaluasi merupakan suatu cara yang terencana guna memperoleh informasi untuk kemudian membuat suatu keputusan. Pembelajaran PAI yang utama adalah mengenalkan ajaran agama Islam secara utuh disertai dengan penanaman nilai-nilai karakter yang terpuji problematika evaluasi pembelajaran PAI daring yang paling menonjol adalah kesulitan guru dalam menilai dan mengawasi siswa yang hanya lewat media daring
Songkabala: Tradisi Menolak Bencana Masyarakat Islam Desa Minasa Upa Kabupaten Maros Sulawesi Selatan Irman, Irman
Action Research Literate Vol. 5 No. 2 (2021): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.413 KB) | DOI: 10.46799/arl.v5i2.87

Abstract

Tradisi Songkabala merupakan tradisi masyarakat Islam Desa Minasa Upa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan untuk menolak bala bencana, musibah, dan malapetaka. Dengan Meminta keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tradisi ini masih tetap dijaga karena memiliki makna dan arti  yang penting bagi masyarakat yang menyelenggarakannya. Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan selain menguraikan awal munculnya tradisi Songkabala, tradisi Songkabala juga untuk mengungkap nilai-nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Beserta fungsi yang ada pada tradisi Songkabala tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data berupa pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa awal mula dilaksanakannya tradisi Songkabala sudah merupakan warisan leluhur yang sudah ada sejak dulu, yang dipercaya dapat menghindarkan bencana dan musibah. Dengan melakukan doa kepada Allah SWT, untuk meminta dijauhkan dari segala malapetaka. Pelaksanaan tradisi Songkabala  secara garis besar terdiri atas tiga fungsi, yakni: mendekatkan diri kepada tuhan, bentuk pelestarian kearifan lokal, dan mencerminkan hubungan kekeluargaan dalam masyarakat. Ada beberapa nilai budaya yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi Songkabala, yakni nilai gotong royong, nilai agama/religi, nilai musyawarah, nilai sosialisasi, nilai pengetahuan lokal, dan nilai keindahan/estetika
Evaluasi Kebijakan Tata Kelola HIPPAM Oleh Badan Usaha Milik Desa Dewarejo Untuk Kesejahteraan Masyarakat Ari Pradana, Silfa; Muchsin, Slamet; Hayat, Hayat
Action Research Literate Vol. 5 No. 2 (2021): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.376 KB) | DOI: 10.46799/arl.v5i2.88

Abstract

Mengetahui tentang Evaluasi Kebijakan Tata Kelola Hippam Oleh Badan Usaha Milik Desa Dewarejo Untuk Kesejahteraan Masyarakat: Terdapat 6 faktor untuk mengukur tingkat efektivitas usaha yaitu: kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparan, akuntabel, dan sustainabel. Hippam Selorejo dinilai dari prinsip kooperatif bahwa BUMDes Hippam telah menerapkan prinsip kooperatif. Hal ini dinilai karena adanya perbaikan dari sisi organisasi untuk perbaikan pengelolaan BUMDes Hippam. Segi partisipatif dan emansipatif bahwa prinsip partisipatif sudah dilaksanakan baik dari masyarakat maupun petugas. Namun untuk petugas BUMDes Hippam belum secara maksimal. Adapun manfaat ekonomi yang dirasakan karena tarif Hippam yang sama setiap penggunaan dan murah. Manfaat sosial yang didapat yaitu bahwa Hippam Selorejo berorientasi sosial dan hal tersebut dinyatakan tercapai karena terbukti adanya subsidi silang yang diberikan kepada masyarakat.Manfaat budaya dan kerukunan bahwa dengan adanya Hippam Selorejo ini masyarakat semakin terjaga kerukunannya, karena adanya Hippam ini semakin membuat masyarakat lebih toleransi dan gotong-royong. Sedangkan manfaat lain yang dirasakan yaitu air yang mudah diakses masyarakat. Sebelum adanya Hippam akses air sulit. Sekarang bahkan air melimpah hingga dapat digunakan sebagai pengairan lahan masyarakat
Prosesi Implementasi Pesta Adat Marimpa Salo Di Desa Bua Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai Indah, Sukma; Rahman A. Sakka, Abdul
Action Research Literate Vol. 5 No. 2 (2021): Action Research Literate
Publisher : Ridwan Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.852 KB) | DOI: 10.46799/arl.v5i2.89

Abstract

Tradisi merupakan kebiasaan atau sesuatu yang dilakukan berulang kali dari generasi ke generasi dari nenek moyang yang dijalankan, diyakini oleh masyarakat dan diletarikan sampai sekarang.  Dan terdapat nilai didalamnya, pola kelakuan, norma sosial dan adat kebiasaan lainnya yang teruwujud dari banyak aspek kehidupan. Dalam tradisi memperlihatkan bagaimana manusia berperilaku dan berhubungan antara manusia dengan manusia lainnya, bagaimana manusia bertindak terhadap lingkungan dan alam sekitarnya. Begitu juga di Kabupaten Sinjai yang memiliki begitu banyak aneka ragam tradisi dan budaya sebagaimana yang dilaksanakan di Desa Buah Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Masyarakat di desa tersebut memiliki sebuah tradisi atau adat yang masih terus dilestarikan dan dilaksanakan setiap tahunnya secara meriah yang disebut Tradisi Marimpa Salo. Masyarakat menggelar pesta adat ini setiap sekali setahun. Perayaan pesta adat ini yang diwujudkan dalam bentuk penangkapan ikan dari hulu hingga kemuara sungai. Dengan wujud pelaksanaan itulah, Maka penulis terdorong untuk melakukan penelitian tengtang Adat Marimpa Salo di desa Bua Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian ini untuk memahami makna Adat marimpa salo, mendeskripsikan prosesi pelaksanaan Tradisi Marimpa Salo dan Nilai-nilai yang terdapat dalam pelaksanaan tradisi Marimpa Salo

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 11 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 10 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 9 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 8 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 7 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 6 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 5 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 4 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 3 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 2 (2025): Action Research Literate Vol. 9 No. 1 (2025): Action Research Literate Vol. 8 No. 12 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 11 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 10 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 9 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 8 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 7 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 6 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 5 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 4 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 3 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 2 (2024): Action Research Literate Vol. 8 No. 1 (2024): Action Research Literate Vol. 7 No. 12 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 11 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 10 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 9 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 2 (2023): Action Research Literate Vol. 7 No. 1 (2023): Action Research Literate Vol. 6 No. 2 (2022): Action Research Literate Vol. 6 No. 1 (2022): Action Research Literate Vol. 5 No. 2 (2021): Action Research Literate Vol. 5 No. 1 (2021): Action Research Literate Vol. 4 No. 2 (2020): Action Research Literate Vol. 4 No. 1 (2020): Special Issue Action Research Literate Vol. 4 No. 1 (2020): Action Research Literate More Issue