cover
Contact Name
Meutia Rahmah
Contact Email
alintisyar@iainlangsa.ac.id
Phone
+6285260020879
Journal Mail Official
alintisyar@iainlangsa.ac.id
Editorial Address
Institut Agama Islam Negeri Langsa Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jl. Meurandeh Langsa Lama Kota Langsa Aceh
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 25279122     EISSN : 27981967     DOI : https://doi.org/10.32505/intisyar
Core Subject : Education,
AL INTISYAR: Jurnal Bahasa Arab emphasizes specifications in the discourse of Arabic. AL INTISYAR invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related. That aims to encourage and promote the study of Arabic from a wide range of scholarly perspectives. The journal focuses on Arabic learning.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2018): VOLUME 2 No 1 TAHUN 2018" : 5 Documents clear
TAKTSIRU HIFZU AL-QURAN TIKRARI ‘ALA TAHSHILI AD-DIRASI LIL’ARABIYATI FI MAHARATIL AL-QIRAATI BI MAS BUSTANUL FAKRI LANGSA Fuji Astuti, Akbari
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2 No 1 (2018): VOLUME 2 No 1 TAHUN 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/intisyar.v2i1.2012

Abstract

Abstrak salah satu metode pembelajaran qiraah adalah metode Tikrar, Metode ini diluncurkan oleh penerbit Syaamil Quran pada tahun 2015. Teori ini berusaha untuk menerapkan teori modern dalam Bahasa Arab yang bertujuan untuk mempermudah proses pembelajaran. Dan adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Hafal Qur’an Tikrar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada Kamahiran Membaca di MAS Bsutanul Fakri Langsa. Dan adapun metode penelitian yang penilti gunakan adalah metode tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini meliputi siswa kelas XI di MAS Bustanul Fakri Langsa Tahun pelajaran 2017-2018 dengan jumlah sampel 22 siswa. Dan instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan tes. Setelah peneliti menganalisis ditemukan hasil bahwa metode hafal Qur’an Tikrar sangat berpengaruh terhadap prestasi bahasa arab khususnya pada kemahairan membaca, ini di buktikan dengan nilai t-hitung 34,1 lebih besar dari pada nilai t-tabel 2,02. Kata kunci: Kamahiran Membaca, Metode Tikrar
AS-SHARFU WA ATSARUHA FI MAHARATI AL-QIRAATI Dhiauddin
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2 No 1 (2018): VOLUME 2 No 1 TAHUN 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/intisyar.v2i1.2013

Abstract

ABSTRAK Sharaf (صرف) yang berarti berubah/berganti, adalah bagian lain dari sistem tata bahasa yaitu morfologi. Morfologi adalah ilmu yang mempelajari struktur intern kata atau tata kata. Ilmu morfologi Arab, sharaf (lebih sering disebut ilmu tasrif), mempelajari perubahan kata dalam bahasa Arab, seperti: turunan akar dan perubahan pola kata yang menghasilkan perbedaan (fungsi) makna, pembentukan kata berdasarkan aspek waktu, jenis, dan jumlah, dan lain sebagainya. Maharah Qiraah atau skil membaca atau keterampilan membaca adalah kemampuan memahami isi sesuatu yang tertulis atau lambing yang tertulis, dengan melafadhkan atau mencernakan di dalam hati. Dalam teks bahasa Arab untuk bias membaca dan memahaminya sangat diperlukan kepada ilmu cara membacanya. Salahsatunya adalah ilmu sharf, dimana ilmu sharf ini meberi rumus-rumus dalam membaca kalimat arab dan memahami maknanya. Sharf ini sangat bebengaruh dalam membaca teks arab, karena perubahan kalimat membawaki kepada perubahan makna. KATA KUNCI: Sharaf, Maharah Qiraah
AT-THARIQAH AL-ITISHALIYYAH WA ISTIKHDAMUHA FI TA’LIMI AL-KALAM BI MAN KUALA SIMPANG M. Fadli, Mutia Ulfa
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2 No 1 (2018): VOLUME 2 No 1 TAHUN 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/intisyar.v2i1.2014

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan Metode Komunikatif dalam pembelajaran berbicara di MAN Kuala Simpang dan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran berbicara menggunakan Metode Komunikatif di MAN Kuala Simpang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan populasi penelitian yaitu semua siswa kelas sebelas sebanyak empat kelas dengan jumlah siswa 127 orang, dan adapun sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2, kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol, dan teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, tes awal dan tes akhir sebagai instrumen dalam pengumpulan data, dan setelah melakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan Metode Komunikatif dalam pembelajaran berbicara di MAN Kuala Simpang efektif. Hal ini dibuktikan dengan tes akhir yang dilakukan di dua kelas karena hasil dari uji (t) 5,958 lebih besar daripada 2,000 pada uji (t) tabel, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesa diterima dan kemampuan siswa dalam pembelajaran bebicara meningkat menggunakan Metode Komunikatif di MAN Kuala Simpang. Kata Kunci: Metode Komunikatif, Pembelajaran Kalam
TAHLILU QUDRATU AT-THULLABI ‘ALA FAHMI TASHRIFI AL-AF’ALI FI TA’LIMI ALLUGHATI AL’ARABIYATI BI MAN PERULAK Hatta Sabri, Ema Yunita
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2 No 1 (2018): VOLUME 2 No 1 TAHUN 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/intisyar.v2i1.2015

Abstract

ABSTRAK Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami tasrif fi`il-fi`il dalam pembelajaran bahasa arab di MAN Peureulak serta mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi siswa dalam memahami tasrif fi`il-fi`il dalam pembelajaran bahasa arab di MAN Peureulak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di sekolah MAN Peureulak peneliti menggunakan alat untuk mengumpulkan data yaitu: observasi, wawancara, dan tes. Adapun hasil dari penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam mentasrif fiil masih rendah mereka kebingungan dalam mentasrif fi’il dalam bahasa Arab hal ini disebabkan guru-guru di sekolah tersebut tidak menggunakan media dan metode yang sesuai dan berfariasi dalam proses pembelajaran tasrif, dan ini dibuktikan dari hasil observasi yang peneliti lakukan dilapangan. Kata kunci : Tasrif Fi`il-Fi`il ,Pembelajaran bahasa arab
MUSYKILATU AT-THALABATI FI TA’LIMI ALLUGHATI AL’ARABIYATI BISTI’MALI KITABI AL-KABAKIBI AD-DURRIYAH BI DAYAH DARUL ABRAR KOTA LANGSA Safrianti; Rahmah, Meutia
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2 No 1 (2018): VOLUME 2 No 1 TAHUN 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32505/intisyar.v2i1.2234

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilaksanakan di dayah darul abrar bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi siswa dalam belajar Bahasa Arab menggunakan kitab kawakib, upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika yang dihadapi siswa dalam belajar Bahasa Arab dengan menggunakan kitab kawakib. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini dapat diringkas sebagai berikut Problematika yang dihadapi siswa dalam belajar bahasa arab dengan menggunakan kitab kawakib adalah siswa kurang paham penjelasan guru, karna guru tidak menggunakan metode yang sesuai dalam ilmu nahwu dan tidak menggunakan media belajar selain kitab, upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika ini adalah guru harus menggunakan metode dan media yang beragam. Kata Kunci: Problematika Siswa, kitab kawakib

Page 1 of 1 | Total Record : 5