cover
Contact Name
Hendra Nelva Saputra
Contact Email
hendra.nelva@umkendari.ac.id
Phone
+6282193165892
Journal Mail Official
jurnal.decode@umkendari.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 10, Gedung E Lantai 2
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
ISSN : 27752984     EISSN : 27751813     DOI : 10.51454
Core Subject : Science, Education,
DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi adalah jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari. Terbitan dimulai pada bulan Maret 2021 dalam bentuk versi online. Jurnal ini terbit 2 kali setahun yaitu periode Maret dan September. Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: (1) Jaringan Komputer, (2) Rekayasa Perangkat Lunak, (3) Data Mining, (4) Software Engineering, (5) Multimedia , (6) Pembelajaran Berbasis TIK , (7) Mobile Learning, (8) Blended Learning, (9) Desain Pembelajaran, (10) Kebijakan TI dalam Pendidikan, (11) Inovasi dan Trend TI dalam Pendidikan, (12) Teknologi Informasi
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2: SEPTEMBER 2022" : 7 Documents clear
Analisa Jaringan Local Area Network (LAN) Dengan Aplikasi Cisco Packet Tracer: Local Area Network (LAN) Network Analysis With Cisco Packet Tracer Application Rahmat Novrianda Dasmen; Satriawan Elfahmi; Windi Dwi Septiani
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 2 No. 2: SEPTEMBER 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v2i2.34

Abstract

UPTD Puskesmas Tanjung Raman merupakan pusat pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di daerah kelurahan Tanjung Raman dan kecamatan Prabumulih Selatan. UPTD puskesmas Tanjung Raman saat ini telah memiliki beberapa komputer dan jaringan Local Area Network (LAN). Komputer dan jaringan lan digunakan untuk menginput data rekam medis pasien, pendaftaran, penginputan diagnosa, dan obat yang diberikan oleh masing-maasing poli, serta data-data lainnya. penelitian ini bertujuan untuk menganalisa jaringan local area network di uptd puskesmas tanjung raman dengan menggunakan aplikasi cisco packet tracer 7.3.0. cisco packet tracer. Aplikasi cisco packet tracer sangat membantu dalam penelitian terutama mengidentifikasi masalah yang timbul dan mempermudah pemeliharaan jaringan agar terhindar kerusakan jaringan komputer. Pada UPTD Puskesmas Tanjung Raman sendiri jaringan komputer Local Area Network (LAN) yang digunakan adalah jaringan dengan Topology Star (Bintang). Diharapkan komputer dan jaringan Local Area Network (LAN) dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan di UPTD Puskesmas Tanjung Raman.
Penerapan Blended Learning Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar: Implementation Of Blended Learning Based on Character Education In Elementary School Atika Maulidina Hasan
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 2 No. 2: SEPTEMBER 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v2i2.41

Abstract

Pada era pasca covid, selain hasil belajar, terdapat aspek penting lain yang harus diperhatikan yaitu pembentukan karakter Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji lebih dalam mengenai bagaimana cara menerapkan pembelajaran blended learning berbasis pendidikan karakter pada jenjang sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi literatur, dengan mengumpulkan berbagai macam sumber relevan baik jurnal, buku, prosiding di lingkup nasional maupun internasional terkait topik yang dibahas. Hasil dari penelitian ini adalah blended learning dapat dijadikan solusi terbaik tidak hanya untuk meningkatkan hasil belajar, melainkan juga untuk membentuk karakter siswa. Untuk dapat menerapkan blended learning berbasis pendidikan karakter ini, maka diperlukan persiapan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Beberapa hal yang perlu disiapkan diantaranya memodifikasi kegiatan pembelajaran, indikator, dan evaluasi agar dapat mengembangkan nilai-nilai karakter. Selain itu, dalam proses pelaksanaan pendidikan karakter, guru sebagai fasilitator harus mengemas nilai karakter tersebut agar mudah dipahami siswa, spontan, dan dapat dijadikan kegiatan rutin (pembiasaan).
Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Intensi Penggunaan Media Sosial Tiktok Pada Remaja di Yogyakarta: The Relationship of Peers Conformity And The Intentions Of Social Media Use Tiktok On Youth In Yogyakarta Sri Bulan; Zahro Varisna Rohmadoni
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 2 No. 2: SEPTEMBER 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v2i2.42

Abstract

Konformitas adalah perubahan perilaku remaja sebagai suatu usaha untuk menyesuaikan diri dengan norma kelompok, hasil dari proses konformitas ada yang bersifat positif dan negatif, selanjutnya intense adalah sebuah niat seseorang yang mendorong seseorang untuk melakukan perilaku tertentu. Niat seseorang untuk melakukan perilaku tertentu itu berkaitan dengan keyakinan, tentang suatu hal, sikap, terhadap hal tersebut dan perilaku merupakan wujud nyata dari niat itu sendiri. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan konformitas teman sebaya dan intensi penggunaan media sosial tiktok pada remaja di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 remaja pengguna media sosial tiktok di Yogyakarta. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala konformitas teman sebaya dan skala intensi, data di analisis menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan sebesar P=0,005 <0,05 yang artinya terdapat hubungan signifikan antara konformitas teman sebaya terhadap intensi penggunaan media sosial tiktok pada remaja di Yogyakarta.
Efektifitas Penggunaan Elearning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Program Studi PG-PAUD: Effectiveness Of Using Moodle-Based E-Learning as Online Learning Media In PG-PAUD Study Program Zila Razilu; Muhammad Akbar Al Maruf
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 2 No. 2: SEPTEMBER 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v2i2.43

Abstract

Universitas Muhammadiyah Kendari merasakan dampak dari pandemic COVID-19 yang dimana aktivitas perkuliahan tidak diadakan di kampus akan tetapi dilaksanakan di rumah. Sesuai dengan surat edaran dari pemerintah terkait pelaksanaan proses pembelajaran dilakukan secara daring. Universitas Muhammdiyah Kendari membuat ELUMAK sebagai aplikasi media pembelajaran yang dipakai oleh pihak kampus agar mahasiswa tetap menjalankan perkuliahan di tengah pandemic COVID-19. Penggunaan ELUMAK pada Program Studi PG-PAUD membuat mahasiswa menajdi lambat dalam proses perkuliahan dikarenakan mahasiswa kurang paham dalam penggunaan ELUMAK. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi jenis pertanyaan tertutup, semi tertutup, dan terbuka yang dibagikan menggunakan google form. Hasil yang dicapai bahwa pembelajaran daring tersebut masih dirasakan cukup puas dengan presntase 37,2%. Penyampaian materi dari dosen ke mahasiswa mengatakan bahwa dosen menyampaikan materi sangat baik melihat presentasi pendapat mahasiswa yang menyatakan 25,6%. Jika dipresentasikan bahwa sekitar 65,1% mahasiswa paham akan materi yang disampaikan. Kekurangan dalam pembelajaran daring menggunakan ELUMAK menunjukkan bahwa 25,6% merasakan lambat masuk / slow respon. sekitar 97,7% mahasiswa mengakses ELUMAK menggunakan handphone untuk mengakses aplikasi. Sekitar 41,9% menyatakan bahwa aplikasi ini sudah sesuai dipakai sebagai media pembelajaran. Terdapat 76,7% mahasiswa lebih memilih Google Classroom sebagai media pengganti ELUMAK untuk pembelajaran daring.
Pengembangan Media Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Berbasis Multimedia Interaktif: Learning Media of High School Physics For Class X Based On Interactive Multimedia Darman; La Ode Muh. Udin Haliu
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 2 No. 2: SEPTEMBER 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v2i2.44

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan Media pembelajaran fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X berbasia multimedia interaktif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) tahapan analisis; (2) desain; (3) pengembangan; (4) implementasi dan (5) evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Kendari dengan subjek penelitian sebanyak 34 orang yang terdiri dari 5 Orang untuk validasi media, 4 orang guru mata pelajaran fisika untuk validasi materi dan 25 siswa untuk uji imlementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil desain Media Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X Berbasis Multimedia Interaktif terdiri dari halaman home, halaman tujuan, halaman materi, dan halaman materi. Hasil Validasi menujukkan bahwa validasi ahli media secara keseluruhan memperoleh nilai sebesar 88,16%, terkatogori sangat layak, validasi ahli materi memperoleh nilai 83,85%, terkategori sangat layak dan uji implemnetasi memperoleh nilai sebesar 82,9%, terkategori sangat layak. Hasil tersebut menunjukkan Media Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Berbasis Multimedia Interaktif sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA).
Sistem Pakar Berbasis Android Menggunakan Pendekatan Probabilistic Neural Network Untuk Mengenali Mood Melalui Musik: Android-Based Expert System Using Probabilistic Neural Network Approach to Recognize Mood Through Music Siska Widiana; Iqbal Firdaus
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 2 No. 2: SEPTEMBER 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v2i2.64

Abstract

Sistem pakar merupakan sebuah perangkat lunak berbasis pengetahuan yang menyerupai kepakaran seseorang dalam sebuah bidang keilmuan. Sistem pakar dibangun untuk menyelesaikankan suatu permasalahan dengan meniru kerja dari para ahli. Mood adalah salah sifat yang dimiliki oleh manusia, dimana manusia tersebut sering berubah-ubah suasana hatinya, kadang tanpa suatu alasan yang jelas dan dalam waktu yang relativf singkat, sedangkan musik sangat mempengaruhi mood manusia. Musik tercipta oleh seseorang yang mempunyai bakat tertentu dalam mengekspresikan ide yang bias terjadi secara spontan atau melalui perencanaan. Dalam hal ini maka penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang sistem pakar yang mengenali mood melalui lagu yang dipilih pengguna supaya mengetahui mood dengan memanfaatkan lagu dengan metode pendekatan Probabilistic Neural Network (PNN). Untuk melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian R&D. R&D digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan metode tersebut. Kemudian memiliki tujuan yang inferensi yaitu mengambil yang paling terbaik dari banyaknya kemungkinan, maka proses penelusuran akan menjadi terarah sesuai yang dapat menemukan banyak kemungkinan. Hasil dari penelitian adalah sistem pakar untuk meningkatkan mood berbasis android dengan metode Probabilistic Neural Network (PNN).
Model Random Forest Regression Untuk Peramalan Penyebaran Covid-19 Di Indonesia: Random Forest Regression Model for Forecast Of Covid-19 Spread In Indonesia Diana Tri Susetianingtias; Eka Patriya; Rodiah
Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Vol. 2 No. 2: SEPTEMBER 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Teknologi Infromasi UMK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51454/decode.v2i2.48

Abstract

Penyebaran COVID-19 sangat cepat yang membuat pada tanggal 27 Februrari 2020, sudah menginfeksi 78630 orang di China dan 2747 orang lainnya meninggal dunia. Keberadaan COVID-19 di Indonesia sendiri pertama kali terkonfirmasi pada tanggal 2 Maret 2020. Pada penelitian ini, peneliti akan melakukan peramalan penyebaran COVID-19 di Indonesia menggunakan metode Random Forest Regression. Raw Dataset yang digunakan adalah dataset yang di dapat dari situs www.kaggle.com yang berisikan record sebanyak 10695 record yang dirangkum dari tanggal 1 Maret 2020 hingga 21 Januari 2021. Jumlah fitur yang dimiliki raw dataset sebanyak 37 fitur. Proses preprocessing pada penelitian ini terdiri dari konversi fitur, seleksi fitur dan mendapatkan fitur untuk model. Metode seleksi fitur yang digunakan adalah Recursive Feature Elimination yang berhasil menyeleksi fitur dari dataset yang tadinya berjumlah 37 menjadi 20 fitur. Pelatihan model menggunakan training set yang berjumlah 8555 record. Peramalan menggunakan model Random Forest Regression akan menggunakan validation set yang berjumlah 2139 record. Hasil perhitungan error pada model Random Forest Regression tidak besar, yaitu sebesar 6.477 untuk peramalan New Cases, dan 0.2469 untuk peramalan New Deaths  yang artinya hasil nilai yang diramalkan dengan nilai aktual tidak berbeda jauh.

Page 1 of 1 | Total Record : 7