cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Update
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 37 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen" : 37 Documents clear
PENGARUH INVESTASI ASING, BELANJA MODAL, DAN UPAH TERHADAP KESEMPATAN KERJA DI INDONESIA B01110085, RAMADHAN FIDIANTO
Jurnal Manajemen Update Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul “pengaruh investasi asing, belanja modal dan upah terhadap kesempatan kerja di Indonesia”. Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif dengan priode penelitian selama 5 tahun dari tahun 2008 hingga tahun 2012 dengan menggunakan panel data berupa time series (tahun2008-2012) dan data cross section (33 provinsi di Indonesia).Tehnik analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 17.Metode analisis yang digunakan adalah ordinary least square (OLS). Hasil pengujian dengan taraf signifikan α = 0,05. Memperoleh hasil yang signifikan antara belanja modal terhadap kesempatan kerja yaitu dengan nilai 0,000 < 0,05. Untuk upah memperoleh hasil yang signifikan dan negative terhadap kesempatan kerja yaitu dengan nilai 0,003 < 0,05. Sedangkan investasi asing tidak signifikan terhadap kesempatan kerja yaitu dengan nilai 0,764 > 0,05. Pengaruh belanja modal dibidang pembangunan berjalan searah (positif) sesuai dengan hipotesis dan teori yang menyatakan bahwa peningkatan belanja modal pembangunan akan meningkatkan tingkat kesempatan kerja di Indonesia. Untuk upah berjalan berlawanan (negatif) sesuai dengan hipotesis dan teori yang menyatakan bila upah dinaikan maka permintaan tenaga kerja di Indonesia akan menurun. Kata Kunci :Investasi Asing, Belanja Modal, Upah, Kesempatan Kerja
PENGARUH SERVICE PERFORMANCE TERHADAP CUSTOMERS EXPERIENCE PADA PERPUSTAKAAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TANJUNGPUR B31110083, Achmad Yulianto
Jurnal Manajemen Update Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Pengaruh Service Performance terhadap Customers Experience pada Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura.   Sampel mengunakan teknik nonprobability sampling. yang berjumlah 97 orang responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah keusioner, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis  dengan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows.   Service performance yang terdiri dari personil (X1) dan fasilitas X2 secara bersama-sama berpengaruh terhadap customer experience pada Perpustakaan Fakutas Ekonomi Universitas Tanjungpura. Service performance yang terdiri dari personil (X1) dan fasilitas X2 secara parsial berpengaruh terhadap customer experience pada Perpustakaan Fakutas Ekonomi Universitas Tanjungpura. Faktor yang memiliki pengaruh terbesar adalah variabel Personil X1. Angka adjusted R square menunjukkan nilai 0,456. Artinya, 45,6% variabel dependen Costumer Experience (Y) dapat dijelaskan oleh variabel independen Personil (X1) dan Fasilitas (X2), sedangkan 54,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian.   Kata Kunci : Service performance, customer experience 
PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, TRUST, DAN CONSUMER SATISFACTION TERHADAP NIAT BELI ULANG ONLINE PAKAIAN JADI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Tanjungpura Pontianak) B11111059, RIKWAN
Jurnal Manajemen Update Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi internet setiap tahunnya mengalami peningkatan termasuk di Indonesia, hal ini dimanfaatkan oleh pelaku pasar untuk menjual produknya secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari persepsi manfaat, trust dan consumer satisfaction terhadap niat beli ulang online pakaian jadi secara parsial. Responden dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa universitas tanjungpura Pontianak yang pernah melakukan pembelian pakaian jadi minimal dua kali secara online.  Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden melalui teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan uji t, diperoleh hasil bahwa secara parsial variabel persepsi manfaat, trust dan consumer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang online. Kata Kunci: Persepsi manfaat, Trust, Consumer satisfaction, Niat beli ulang online
ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF TERHADAP SEMANGAT KERJA PERGAWAI DINAS KESEHATAN KUBU RAYA ALBECHIA B31110004, FELIANA BERNANDA
Jurnal Manajemen Update Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis Pengaruh gaya kepemimpinan directive, supportive, participative, dan achievement-oriented secara parsial maupun simultan terhadap kinerja pegawai pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan kausal asosiatif dengan menggunakan  kuesioner, dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah 51 orang pegawai, karena jumlah populasi kurang dari 100 maka penulis menggunakan penelitian jenis populasi dengan teknik sampling jenuh/ sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis linier berganda untuk menganalisis pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan variabel Directive (X1) tidak berpengaruh positif terhadap Kinerja pegawai Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi Kalimantan Barat karena nilai signifikan t lebih besar dari tingkat signifikan (0.089  0.05), variabel Supportive (X2) tidak berpengaruh positif terhadap Kinerja pegawai Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi Kalimantan Barat karena nilai signifikan t lebih besar dari  tingkat signifikan (0.180  0.05), variabel Participative (X3) tidak berpengaruh positif terhadap Kinerja pegawai Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi Kalimantan Barat karena nilai signifikan t lebih besar dari tingkat signifikan (0.247  0.05), variabel Achievement Oriented (X4) tidak berpengaruh positif terhadap Kinerja pegawai Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi Kalimantan Barat karena nilai signifikan t lebih besar dari tingkat signifikan (0.098  0.05). Secara simultan variabel Directive (X1), Supportive (X2), Participative (X3), Achivement Oriented (X4) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Provinsi Kalimantan Barat karena nilai signifikan F kurang dari tingkat signifikan (0.011  0.05). Kata kunci : Directive, Supportive, Participative, Dan Achievement-Oriented, Kinerja Pegawai.
ANALISIS NILAI INSTRINSIK SAHAM DENGAN PENDEKATAN PRICE ERANING RATIO DAN DISCOUNTED CASH FLOW DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks LQ-45 Periode Januari 2009 – Desember 2013 ) B11110090, SYARIFAH SYAFITRI
Jurnal Manajemen Update Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Investasi dalam bentuk saham memerlukan analisis untuk mengukur nilai saham, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal. Selain itu, investor juga harus melakukan analisis valuasi saham sebelum mulai berinvestasi untuk memperkirakan berapa nilai intrinsik atau harga yang wajar untuk suatu saham berdasarkan data fundamentalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapakah nilai intrinsik dari masing-masing saham perusahaan yang termasuk dalam LQ45 dan bertujuan pula untuk mengetahui apakah saham perusahaan tersebut berada dalam kondisi Undervalued atau Overvalued. Penelitian ini menggunakan objek perusahaan yang termasuk dalam LQ45, dipilih 20 perusahaan yang sahamnya teraktif diperdagangkan di LQ45 periode Januari 2009-Desember 2013. Keduapuluh perusahaan tersebut terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan simbul AALI, ADRO, ASII, BBCA, BBNI, BDMN, BBRI, BMRI, INDF, INTP, ITMG, JSMR, KLBF, LPKR, LSIP, PGAS, PTBA, TLKM UNTR,UNVR.Analisis data menggunakan pendekatan Price Earning Ratio (PER) pendekatan pendapatan yang mengaplikasikan metode arus kas terdiskonto (Discounted Cash Flow) dan dengan metode CAPM (Capital Asset Pricing Model). Berdasarkan Perhitungan dengan Metode Price Earning Ratio (PER)  terdapat sebelas perusahaan yang memiliki nilai saham overvalued / kemahalan adalah AALI, ASII, BBCA, INDF, INTP, ITMG, JSMR, KLBF, LPKR, TLKM UNTR,yang keputusan investasinya yaitu menjual saham dan terdapat sembilan perusahaan yang memiliki nilai saham undervalued / kemurahan adalah ADRO, BBNI, BDMN, BBRI, BMRI, LSIP, PGAS, PTBA,UNVR yang keputusan investasinya yaitu membeli saham tersebut. Sedangkan Berdasarkan Perhitungan dengan Metode Discounted Cash Flow hanya tiga perusahaan yang memiliki nilai saham overvalued adalah ALII, BBRI, ITMG dan terdapat tujuh belas perusahaan yang memiliki nilai saham undervalued adalah ADRO, ASII, BBCA, BBNI, BDMN,BMRI, INDF, INTP, JSMR, KLBF, LPKR, LSIP, PGAS, PTBA, TLKM UNTR,UNVR.     Kata Kunci : Price Earning Ratio,Discounted Cash Flow dan Capital Asset Pricing Mode
PENGARUH NILAI PELANGGAN (COSTUMER VALUE) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA HOTEL MERPATI KOTA PONTIANAK B31109003, YUSPIANTO WILLI
Jurnal Manajemen Update Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Seorang pemasar sangat mengharapkan akan dapat mempertahankan pelanggannya dalam waktu yang lama, atau bahkan selamanya jika hal itu memungkinkan. Sebab apabila perusahaan memiliki seorang pelanggan yang loyal, maka hal itu dapat menjadi aset yang sangat bernilai bagi perusahaan. Pelanggan tersebut tidak hanya secara terus-menerus menggunakan produk/jasa  perusahaan, tetapi dengan sendirinya pelanggan tersebut juga akan merekomendasikannya kepada orang lain sesuai dengan pengalaman yang ia rasakan. Tidak bisa dipungkiri, pelanggan yang loyal secara tidak langsung dapat membantu perusahaan dalam mempromosikan produk/jasa kepada orang-orang terdekatnya. Tentu saja hal ini akan sangat membantu perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan yang loyal karena merasa puas diharapkan dapat menjadi media promosi dan merekomendasikan kepada kerabat/orang yang mereka kenal. Adanya peningkatan jumlah pengunjung pastinya mempunyai faktor pendorong yang menyebabkan peningkatan hal tersebut seperti adanya pengaruhi nilai pelanggan yang menyebabkan loyalitas pelanggan. Hubungan nilai pelanggan dengan loyalitas pelanggan dipengaruhi pula dengan karakteristik produk dan juga pola pembeliannya. Jika pembelian merupakan satu kegiatan yang rutin (habit) dan berulang maka pelanggan akan loyal terhadap produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif asosiatif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan sebenarnya dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antar dua variabel atau lebih melalui dua sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis pengujian instrumen penelitian meliputi validitas dan reliabilitas dan teknik analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan skala pengukuran menggunakan skala likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel emotional value (X1), social value (X2), dan Quality Performance Value (X4) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) yang ditandai dengan nilai signifikasi yang lebih kecil dari taraf signifikasi. Sedangkan variabel price of value (X3) berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) yang ditandai dengan nilai signifikasi yang lebih besar dari taraf signifikasi. Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Nilai Pelanggan
ANALISIS PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN KOTA PONTIANAK B31109087, ARDIANSYAH
Jurnal Manajemen Update Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Skripsi berjudul “Analisis Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Kota Pontianak berawal dari adanya Undang-undang No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang mengamanatkan pada pemerintah daerah untuk mengelola sendiri Pajak Bumi dan Bangunan. Pelimpahan tanggungjawab akan diikuti oleh pengaturan pembagian, pemanfaatan sumber daya nasional yang berkeadilan serta perimbangan keuangan antara pusat dan daerah. Dengan demikian pemerintah daerah diharapkan lebih mengerti dan memenuhi aspirasi masyarakat di daerahnya agar dapat mendorong timbulnya prakarsa dan pelaksanaan pembangunan yang merupakan pra syarat keberhasilan pelaksanaan pemerintahan. Dengan menggunakan data dianalisis secara deskriptif mengenai Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan pada Pemerintah Daerah Kota Pontianak  pada saat masih dikelola oleh Pemerintah Pusat melalui Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Pontianak pada tahun 2009 – 2011 yang masih masih dalam bentuk Dana Bagi Hasil dan pada saat setelah diserahkan kepada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pontianak pada tahun 2012 – 2013 yang telah masuk dalam alokasi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sejauh ini Pemerintah Kota Pontianak sudah siap untuk mengelola PBB P2 ini dilihat besarnya persentase penerimaan PBB didalam realisasi penerimaan pajak daerah setelah dikelola oleh Pemerintah Kota Pontianak, walaupun masih memiliki banyak kendala dan kekurangan yang akan terus dievaluasi dan diperbaiki ke depannya. Kata Kunci : Pajak Bumi dan Bangunan, Pemerintah Daerah dan Kontribusi
PENGARUH KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) PUTUSSIBAU KABUPATEN KAPUAS HULU B11109136, SURYA ADMOJO
Jurnal Manajemen Update Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This Research is done with an eye to as follows: Testing and analyze  ability influence to officer performance at company of Drinking Water Area (PDAM) Putussibau of Regency of Kapuas Hulu and test and analyze the influence motivate the job to officer performance at company of Drinking Water Area (PDAM) Putussibau of Regency of Kapuas Hulu Research use the quantitative analysis method because research data in the form of number and analyze to use the statistic. Sample of taken as in this research is the overall of jobholder amounting to 94 people. Technique analyze the used by is doubled regrets Result of research express that ability variable with the indicator by partial do] not have an effect on the significant to performance of officer of Company of Area of Drinking Water of Putussibau of Regency of Kapuas Hulu  and variable motivate the job by partial do not have an effect on the significant to performance of officer of Company of Area of Drinking Water of Putussibau of Regency of Kapuas Hulu Keyword : ability, motivate the job, performance
ANALISIS RISK AND RETURN PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA B11107057, Rakhmawati
Jurnal Manajemen Update Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Investasi merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh investor untuk memperoleh suatu keuntungan di atas keuntungan harapannya, karena dalam dunia sebenarnya hampir semua investasi mengandung ketidakpastian atau risiko. Untuk melakukan aktivitas ini investor dapat melakukan kegiatan investasinya pada suatu wadah yang telah disediakan yaitu Bursa Efek Jakarta dan BES yang ada di Indonesia, dimana BEJ menawarkan berbagai macam alternatif investasi yang dapat dilakukan di pasar uang atau pasar modal. Dalam penelitian ini dilakukan pengamatan terhadap pasar modal yaitu dalam bentuk saham-saham yang terdaftar dalam sektor telekomunikasi, dimana emiten yang dipilih diantaranya PT Telekomunikasi Indonesia (TLKM), PT Indosat Tbk (ISAT), PT XL Axiata Tbk. (EXCL), PT Bakrie Telecom Tbk. (BTEL), PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN). Pada kelima sampel ini yang diteliti adalah tingkat risk dan return masing-masing saham yang terdiri dari return individual, return portofolio, risiko individu dan risiko portofolio serta ekspektasi return.
ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN DAN KINERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN (DISPERINDAG) PROVINSI KALIMANTAN BARAT NUGRAHA B11108127, GUSTI JEFFY
Jurnal Manajemen Update Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen
Publisher : Jurnal Manajemen Update

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

One of competitive advantages of an organizational is a good job performance of theemployees. Leadership styles and job satisfaction constitute factors considered are able toincrease employees’ job performance. This study was a case study to analyze the influence ofleadership styles and job performance towards employees’ job performance at Department ofIndustry and Trade in Pontianak, West Kalimantan province.  The method employed in thisstudy was survey and explanatory research, with 142 populations of employees weresurveyed. Two hypotheses namely, relationship between leadership styles and jobperformance and relationship between job satisfaction and job performance used in thisstudy. Result finding indicated that leadership styles and job satisfaction did not significantlyaffect influenced job performance of the employees.Keywords : Leadership styles, Job satisfaction, Job performance, Survey and Explanatoryresearch 

Page 1 of 4 | Total Record : 37


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 4 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 10, No 3 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 10, No 2 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 10, No 1 (2021): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 9, No 3 (2020): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 9, No 2 (2020): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 9, No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN Vol 8, No 4 (2019): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 4, No 4 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 4, No 3 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 3, No 4 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Manajemen Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Mahasiswa Manajemen More Issue