cover
Contact Name
Erni Panca Kurniasih
Contact Email
erni.panca.k@ekonomi.untan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pengelola.jurnal@ekonomi.untan.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK)
ISSN : 20879954     EISSN : 25500066     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) or Journal of Economics, Business and Entrepreneurship is a national, open access, peer-reviewed academic journal, which is published by Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura. As a medium of communication for academics, practitioners and other related parties about their research results and new thoughts in the fields of economics, business, management, entrepreneurship and accounting, JEBIK publishes quarterly (April, August, and December). Therefore, JEBIK publishes high quality manuscripts, both in form of conceptual and empirical papers (priority). For research papers, JEBIK accepts wide ranging methodologies (quantitative, qualitative, and mixed methods).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan" : 6 Documents clear
PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI Anggreni, Maretha Kris Dwi; Robiyanto, Robiyanto
Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNTAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.692 KB) | DOI: 10.26418/jebik.v10i2.45162

Abstract

ABSTRACT This study aims to examine the effect of capital structure and ownership on company performance with moderation of corporate governance in trade, service and investment sector companies in 2016- 2019. The research data was obtained from the Indonesian Capital Market Directory (ICMD) and the annual financial reports listed on the Indonesia Stock Exchange. The total sample obtained based on the purposive sampling method was 76 samples and tested using the Eviews 9 analysis tool. The analysis technique used panel data regression analysis and Moderated Regression Analysis (MRA). Capital structure and corporate governance as proxied by the role of independent commissioners are proven to improve company performance. The implication of this research is to provide empirical evidence regarding the role of corporate governance in moderating capital structure and ownership structure on company performance. The use of debt in the capital structure can have a positive influence on the company's performance. So the applied implication for the company is that it can increase debt in its capital structure by taking into account the optimal point. In addition, companies can optimize the role of independent commissioners as corporate governance to improve supervision within the company so as to improve company performance.  ABSTRAKPenelitian ini bertujuan menguji pengaruh struktur modal dan kepemilikan terhadap kinerja perusahaan dengan moderasi corporate governance pada perusahaan sektor perdagangan, jasa dan investasi tahun 2016-2019. Data penelitian ini diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan laporan keuangan tahunan yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia. Total sampel diperoleh berdasarkan metode pengumpulan data purposive sampling adalah sebanyak 76 sampel dan diuji menggunakan alat analisis Eviews 9. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dan Moderated Regression Analysis (MRA). Variabel struktur modal serta variabel moderasi corporate governance yang diproksikan dengan peran komisaris independen terbukti dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan bukti secara empiris terkait peran corporate governance dalam memoderasi struktur modal dan struktur kepemilikan terhadap kinerja perusahaan. Penggunaan utang pada struktur modal mampu memberikan pengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Maka implikasi terapan bagi perusahaan yaitu dapat meningkatkan utang pada struktur modalnya dengan memperhatikan titik optimal. Selain itu, perusahaan dapat mengoptimalkan peran komisaris independen sebagai corporate governance untuk meningkatkan pengawasan dalam perusahaan sehingga meningkatkan kinerja perusahaan.JEL : G30, G32, G34
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY YANG DIMEDIASI OLEH ELECTRONIC SERVICE QUALITY, TRUST DAN CUSTOMER SATISFACTION PADA INDUSTRI PERBANKAN INDONESIA Prashella, Delia Anindita; Kurniawati, Kurniawati; Fachri, Herfin; Diandra, Prita Karina; Aji, Taryono
Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNTAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (931.6 KB) | DOI: 10.26418/jebik.v10i2.44779

Abstract

ABSTRACT This article examines the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) programs on customer loyalty that is mediated by service quality, trust and electorinic customer satisfaction. Using a sample of 207 BUKU 4 bank customers in Indonesia who have accounts for more than six months. The survey was conducted by filling out an online questionnaire. Data analysis used Structural Equation Modeling (SEM). The results obtained from this study indicate that CSR mediated by electronic service quality, trust, and customer satisfaction overall has a positive influence on customer loyalty of banks in Indonesia. This study reveals that the bank is not only oriented towards business profit, but also carry out CSR programs in a sustainable manner. The CSR program is considered important, because it can build effective communication with customers and prospective customers. It can also increase customer awareness. In addition, currently the technology owned by the bank will be a factor that can build consumer loyalty.  ABSTRAK Artikel ini menguji pengaruh program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kualitas layanan, kepercayaan dan kepuasan pelanggan elektronik. Menggunakan sampel 207 nasabah bank BUKU 4 di Indonesia yang memiliki rekening lebih dari enam bulan. Survei dilakukan dengan mengisi kuesioner online. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa CSR yang dimediasi oleh electronic service quality, trust, dan customer satisfaction secara keseluruhan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah bank-bank di Indonesia. Studi ini mengungkapkan bahwa bank tidak hanya berorientasi pada keuntungan bisnis, tetapi juga menjalankan program CSR secara berkelanjutan. Program CSR dinilai penting, karena dapat membangun komunikasi yang efektif dengan pelanggan dan calon pelanggan. Hal ini juga dapat meningkatkan kesadaran pelanggan. Selain itu, saat ini teknologi yang dimiliki bank akan menjadi faktor yang dapat membangun loyalitas konsumen.JEL: M30, M31, M39
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ONLINE IMPULS BUYING Fasyni, Awisal; Budiarti, Astra Prima; Lasmini, Rizki Sri
Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNTAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.529 KB) | DOI: 10.26418/jebik.v10i2.47796

Abstract

ABSTRACTThis study aims to analyze the factors that influence online impulse buying. The population in this study are people who have shopped impulsively at various e-stores in Indonesia such as Shopee, Lazada, Bukalapak and Tokopedia. The research sample size is 325 respondents. Data was collected by distributing questionnaires through social media and analyzed using Partial Least Square (PLS) with SmartPLS software. The results show that flow state, product affect and social interaction have a positive influence on online impulse buying so that the pleasure felt by consumers when browsing e-stores, positive (emotional) responses to products and social interactions can encourage the online impulse buying. Meanwhile, product risk has no effect on impulse buying, so product risk will not be related to the occurrence of online impulse buying. Online businessmen can encourage impulse buying by presenting attractive e-stores and providing communication space for fellow consumers through various media to be able to share information about products and shopping experiences.  ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi online impuls buying. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernah berbelanja secara impulsif pada berbagai e-store di Indonesia seperti Shopee, Lazada, Bukalapak dan Tokopedia. Ukuran sampel penelitian adalah 325 responden. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner melalui media sosial dan dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan keadaan mengalir, persepsi produk dan interaksi sosial mempunyai pengaruh positif terhadap pembelian online secara impulsif sehingga kesenangan yang dirasakan konsumen ketika menelusuri e-store, respon (emosi) positif terhadap produk dan interaksi sosial yang dilakukan konsumen dapat mendorong munculnya pembelian impulsif online. Sementara resiko produk tidak mempunyai pengaruh terhadap pembelian impulsif sehingga besar kecilnya resiko produk tidak akan berhubungan dengan terjadinya online impuls buying. Pelaku bisnis online dapat mendorong terjadinya pembelian impulsif dengan menghadirkan e-store yang menarik dan menyediakan ruang komunikasi antarkonsumen melalui berbagai media untuk dapat saling berbagi informasi mengenai produk dan pengalaman berbelanja.JEL : M31
PENGARUH PERDAGANGAN INTERNASIONAL, DAN KETERBUKAAN EKONOMI TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI NEGARA- NEGARA ASEAN Azzaki, Muhammad Adnan
Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNTAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.792 KB) | DOI: 10.26418/jebik.v10i2.46953

Abstract

ABSTRACTEconomic openness through International Trade has a complex relationship with human development. Mainstream economies generally assume that human development automatically follows on from economic growth. This study uses human development index (HDI) as one of the indicators of development progress in aspects of human quality in the State. There are several reasons the human development index is used as an indicator of a country's development among the fundamental components of longevity, health, knowledge, and living standards. This research uses human development index (HDI) variables as dependent variables while International trade is proxies with Export, Import and economic openness values as independent variables. These variables are data located in ASEAN countries during 2013-2019. This research aims to provide information on the influence of international trade and economic openness to the Human Development Index (HDI) in ASEAN. The analysis technique used is the regression of panel data with fixed effect model. The results showed that simultaneously the Variables of Export, Import, and Economic Openness affect the human development index in ASEAN, and partially the independent variables of Export, Import, and Economic Openness have a significant effect on the Human Development Index.  ABSTRAKKeterbukaan ekonomi melalui Perdagangan Internasional memiliki hubungan yang kompleks dengan pembangunan manusia. Ekonomi mainstream umumnya berasumsi bahwa pembangunan manusia secara otomatis mengikuti dari pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini menggunakan Indeks pembangunan manusia sebagai indikator pembangunan pada aspek kualitas manusia dalam negara. Ada beberapa alasan indeks pembangunan manusia dijadikan sebagai Indikator dari pembangunan suatu negara diantara komponen mendasar yaitu umur panjang, kesehatan, pengetahuan, dan standar hidup. Penelitian ini menggunakan variabel Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai variabel dependen sedangkan perdagangan Internasional yang di proksikan dengan nilai Ekspor, Impor dan keterbukaan ekonomi sebagai variabel independen. Variabel tersebut merupakan data yang berada di negara-negara ASEAN selama tahun 2013-2019. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenai pengaruh perdagangan internasional dan keterbukaan ekonomi terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di ASEAN. Teknik analisis menggunakan regresi data panel model efek tetap (Fixed Effect Model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersamaan (Simultan) variabel Ekspor, Impor, dan Keterbukaan Ekonomi mempengaruhi indeks pembangunan manusia di ASEAN, dan secara satuan (Parsial) variabel Independen Ekspor, Impor, dan Keterbukaan Ekonomi berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia.JEL : F13, F10, F41
THE INFLUENCE OF FINANCIAL KNOWLEDGE AND RISK TOLERANCE ON INVESTMENT DECISION MAKING Mubaraq, Muhammad Raihan; Anshori, Muslich; Trihatmoko, Huda
Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNTAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.83 KB) | DOI: 10.26418/jebik.v10i2.47089

Abstract

This study aims to provide empirical evidence of the effect of financial knowledge and risk tolerance on investment decision-making. This type of research is associated research with data collection methods using survey samples. Measurement of variables in this study uses a Likert scale from 1 for strongly disagree to a scale of 5 for strongly agree. The population in this study are investors who have attended the capital market school in the Indonesian Stock Exchange, West Nusa Tenggara Representative Office, and who had a single investor identification (SID). Sampling refers to the Slovin formula with a sample size of 110 respondents. Analysis of the data in this study using multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that financial knowledge and risk tolerance affect investment decision-making. Implications of this study for investors to pay more attention to understanding in the form of financial knowledge and recognize the type of risk tolerance that exists in investors in making investment decisions in the capital market.JEL: G11, G14, G32, G41
PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, KINERJA PERUSAHAAN, DAN MANAGEMENT ENTRENCHMENT TERHADAP MANAJEMEN LABA Tang, Sukiantono; Fiorentina, Fiorentina
Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNTAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.709 KB) | DOI: 10.26418/jebik.v10i2.47461

Abstract

ABSTRACTThe purposes of this study is to investigate the impact of firm characteristics, firm performances, and management entrenchment on earnings management by using firms registered on Bursa Efek Indonesia for the period 2015-2019. Sampling method that is used in this study is purposive sampling method so the objects should meet the criteria. The exception sample for this study is financial firms due to differences on some regulations of reporting and firms without complete annual and financial report published for the period 2015-2019. The secondary data were obtained from firms"™ financial report and annual report that were published on the firms"™ official website and Bursa Efek Indonesia"™s website. In this study, earnings management is measured with Modified Jones Model. This study analyzed using fixed effect model approach panel data regression analysis. The results show that growth opportunities, board size, current ratio, auditor size, financial statement, and CEO ownership have no significant influences. Leverage, firm size, asset growth and turnover, and cash flow show significant negative influences. On the other hand, long-term and short-term debts, and CEO tenure show significant positive influences. Some results are not compatible with hypothesis since there are limitations on the period time and methods that were chosen.  ABSTRAKPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meneliti adanya pengaruh dari karakteristik perusahaan, kinerja perusahaan, dan management entrenchment terhadap manajemen laba dengan menggunakan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling sehingga objek penelitian harus sesuai dengan kriteria. Sampel data yang dikecualikan adalah perusahaan keuangan atau finansial karena memiliki regulasi pelaporan yang berbeda dan perusahaan yang tidak memiliki kelengkapan laporan keuangan dan laporan tahunan periode 2015-2019. Data sekunder diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang dipublikasikan pada website resmi perusahaan dan website Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini, manajemen laba diukur dengan Modified Jones Model. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi data panel dengan pendekatan fixed effect model. Hasil pengujian menunjukan bahwa peluang pertumbuhan, ukuran dewan direktur, rasio lancar, ukuran auditor, laporan keuangan, dan kepemilikan direktur utama tidak memiliki pengaruh signifikan. Sedangkan leverage, ukuran perusahaan, pertumbuhan dan perputaran aset, dan arus kas operasional memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba. Utang jangka panjang dan pendek, serta masa jabatan direktur memiliki pengaruh signifikan positif. Hasil pengujian yang tidak sesuai dengan hipotesis dapat disebabkan karena adanya keterbatasan dalam periode waktu dan metode pengukuran yang digunakan.JEL : M410, M480

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2025): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK): Article in Progress Vol 14, No 1 (2025): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 13, No 3 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 13, No 2 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 12, No 3 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 11, No 3 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 10, No 3 (2021): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 9, No 3 (2020): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 4, No 3 (2015): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 2, No 2 (2011): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 2, No 1 (2011): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 1, No 2 (2010): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) Vol 1, No 1 (2010): Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) More Issue