cover
Contact Name
Perminas Pangeran
Contact Email
perminas@staff.ukdw.ac.id
Phone
+62274-563929
Journal Mail Official
jrmb@staff.ukdw.ac.id
Editorial Address
Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana Jl. Dr. Wahidin S. No. 5-25, Yogyakarta 55224
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
ISSN : 19077343     EISSN : 27147312     DOI : http://dx.doi.org/10.21460/jrmb
Focus and Scope Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (p-ISSN: 1907-7343; e-ISSN: 2714-7312) adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana yang terbit dua kali setahun (Juli dan Desember). Jurnal ini didedikasikan sebagai sarana untuk berbagi dan diseminasi studi-studi terbaru dari para peneliti manajemen dan bisnis. Artikel-artikel empiris yang menyajikan riset yang akurat dan teliti secara metodologis dan temuan yang mencerahkan sangat dinantikan. Kami memastikan proses penyuntingan dan ulasan sejawat yang berkualitas tinggi untuk menegakkan integritas ilmiah dan memberikan asupan pengetahuan terbaik untuk masyarakat yang lebih luas. Kami hanya menerima karya asli penulis yang belum pernah diterbitkan di jurnal atau penerbitan lainnya. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis menyambut paper-paper dalam bidang-bidang berikut: Manajemen Keuangan Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Pemasaran Manajemen Operasi Kewirausahaan Manajemen Pengetahuan dan Inovasi Manajemen Strategik
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis" : 5 Documents clear
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN PANIC BUYING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19 Wahyu Setiawan; Ety Istriani
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2022.171.409

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari electronic word of mouth dan panic buying terhadap keputusan pembelian di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan purposive sampling menggunakan google form. Analisis dilakukan menggunakan regresi linear berganda, koefisien regresi, uji t, dan uji f. Responden merupakan masyarakat di Yogyakarta yang melakukan keputusan pembelian pada masa pandemi covid-19. Hasil menunjukkan electronic word of mouth dan panic buying berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen secara signifikan dan positif, baik secara parsial maupun simultan sehingga seluruh hipotesis terdukung.Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Panic Buying, Keputusan Pembelian, Pandemi Covid-19ABSTRACTThis study aims to determine the effect of electronic word of mouth and panic buying on purchasing decisions in Yogyakarta. The data collection technique was purposive sampling using google form. The analysis was performed using multiple linear regression, regression coefficient, t test, and f test. Respondents are people in Yogyakarta who make purchasing decisions during the COVID-19 pandemic. The results show that electronic word of mouth and panic buying have a significant and positive effect on consumer purchasing decisions, both partially and simultaneously so that all hypotheses are supported. Keyword: Electronic Word of Mouth, Panic Buying, Purchase Decision, Covid-19 Pandemic
ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN MONETER DAN MAKROPRUDENSIAL TERHADAP RISIKO BANK DI INDONESIA Pristanto Silalahi; Telisa Aulia Falianty
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2022.171.418

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kebijakan moneter dan kebijakan makroprudensial dalam stabilitas perekonomian dengan memitigasi risiko bank di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan z-score untuk mengidentifikasi sekaligus sebagai proksi dari risiko bank. Model data yang digunakan adalah panel data dari tahun 2012 - 2019 dengan sampel 30 Bank. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hampir setiap tahunnya risiko bank meningkat selama periode penelitian dengan metode pengukuran z-score. Hasil dari analisis regresi data panel menunjukkan bahwa kebijakan moneter dengan instrument variabel interest rate (IR) berpengaruh signifikan negatif terhadap risiko bank. Kemudian kebijakan makroprudensial dengan instrument variabel GWM berpengaruh signifikan negatif terhadap risiko bank, hal ini sesuai dengan adanya teori prosiklikalitas di Indonesia. Kata kunci: kebijakan moneter : kebijakan makroprudensial; risiko bank  ABSTRACT The purpose of this study is to analyze the effect of monetary policy and macroprudential policy on economic stability by mitigating bank risk in Indonesia. This study uses a z-score approach to identify as well as a proxy for bank risk. The data model used is panel data from 2012 - to 2019 with a sample of 30 banks. The results of this study indicate that almost every year bank risk increases during the study period using the z-score measurement method. The results of the panel data regression analysis show that monetary policy with the interest rate (IR) variable instrument has a significant negative effect on bank risk. Then macroprudential policy with the variable reserve requirement instrument has a significant negative effect on bank risk, this is under the procyclicality theory in Indonesia. Keywords: monetary policy: macroprudential policy; bank risk
PENGARUH PERSEPSI BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN TOKO LABUAN INDAH NTT Klotilda Kurnia Subin; Agustini Dyah Respati
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2022.171.419

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan Toko Labuan Indah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Jumlah responden penelitian 32 karyawan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan Teknik pengujian data yang dipakai menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan, didapatkan bahwa budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, dan motivasi kerja juga memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan.Kata kunci: budaya organisasi, motivasi kerja, kinerja karyawan ABSTRACT This research was conducted to determine the effect of organizational culture and work motivation on the performance of employees at Labuan Indah Shop, Labuan Bajo, East Nusa Tenggara. The number of research respondents 32 employees. The data collection method used is a questionnaire and the data testing technique used is multiple linear regression analysis. The results of hypothesis testing were carried out, it was found that organizational culture had a significant effect on employee performance, and work motivation also had a significant influence on employee performance.Keywords: organizational culture, work motivation, employee performance
PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP AGRESIVITAS PAJA Maria Maristella Meolin Sinus; Xaveria Indri Prasasyaningsih
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2022.171.421

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan Manajerial terhadap Agresivitas Pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 60 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, sedangkan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Kata Kunci: Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan Manajerial, dan Agresivitas Pajak ABSTRACTThis study aims to determine empirically the effect of Sales Growth, Firm Size, and Managerial Ownership on Tax Aggressiveness. The population in this study were all LQ 45 companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2020. Sampling in this study was purposive sampling method so that 60 samples were obtained. The results of this study indicate that managerial ownership has no effect on tax aggressiveness, firm size has no effect on tax aggressiveness, while managerial ownership has no effect on tax aggressiveness. Keywords: Sales Growth, Company Size, Managerial Ownership, Tax Aggressiveness
PERSEPSI ATAS PENENTU KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MEREK POLYGON PADA MASA PANDEMI Lisbet Suryaningtyas; Purwani Retno Andalas
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2022.171.420

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepeda polygon pada masa pandemi di Yogyakarta. Dalam penelitian ini variabel bebasnya adalah pengenalan harga, kualitas produk, dan citra merek, dan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna sepeda polygon di Yogyakarta, dalam masa pandemi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada konsumen yang membeli sepeda poligon pada masa pandemi di Kota Yogyakarta, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Sebagai metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa persepsi harga, kualitas produk, dan brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Persepsi Harga, Kualitas Produk, Brand Image, dan Keputusan Pembelian. ABSTRACT This study aims to determine the effect of price perception, product quality and brand image on purchasing decisions on polygon bicycles during the pandemic in Yogyakarta. In this study, the independent variables are price recognition, product quality, and brand image, and the dependent variable is purchasing decisions. The population in this study were polygon bicycle users in Yogyakarta, during the pandemic. The data collection method was carried out by distributing questionnaires to consumers who bought polygon bicycles during the pandemic in the city of Yogyakarta, with the number of samples in this study was 100 respondents. The data analysis method used in this research is multiple linear regression analysis. Based on data analysis, it can be concluded that price perception, product quality, and brand image have a significant effect on purchasing decisions. Keywords: Price Perception, Product Quality, Brand Image, and Purchase Decision

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 19 No. 2 (2024): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 19 No. 1 (2024): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 18 No. 2 (2023): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 18 No. 1 (2023): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 17 No. 2 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 17 No. 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 16 No. 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 16 No. 1 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 15 No. 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 1 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 15 No. 1 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 14 No. 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 1 (2019): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 13, No 2 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol. 13 No. 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 12 No. 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 12 No. 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 1 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 11 No. 2 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 2 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 10 No. 2 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 10 No. 1 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 1 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 2 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 9 No. 2 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 9 No. 1 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 8, No 1 (2013): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 2 (2012): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol. 7 No. 1 (2012): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 1 (2012): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 6, No 2 (2011): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol. 6 No. 2 (2011): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2011): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol. 6 No. 1 (2011): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 2 (2010): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2010): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2009): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 4, No 1 (2009): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 3, No 2 (2008): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 3, No 1 (2008): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 2, No 2 (2007): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2007): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2006): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2006): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis More Issue