cover
Contact Name
Hilyah Ashoumi
Contact Email
hira@unwaha.ac.id
Phone
+6285733144431
Journal Mail Official
lppm@unwaha.ac.id
Editorial Address
Jl. Garuda No. 09 61451 Tambakberas Jombang Jawa Timur
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 25809725     DOI : https://doi.org/10.32764/margin.v5i2
Core Subject : Economy,
Jurnal Margin Eco adalah jurnal fakultas ekonomi dan perkembangan bisnis. Jurnal ini diterbitkan oleh fakultas ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang. Terbit secara berkala satu semester sekali. Dimana sebagai sarana kajian ilmiah dan keilmuan di bidang ekonomi yang merupakan hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Redaksi mengundang para penulis, peneliti dan akademisi untuk mengirimkan artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian. Gagasan konseptual berisi kajian teoritis dari ilmu ekonomi dan perkembangan bisnis yang meliputi : manajemen sumberdaya manusia, manajemen operasional, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, e-commerce, manajemen retail, kewirausahaan, studi kelayakan bisnis dan manajeme resiko. Artikel yang akan dimasukkan jurnal ini adalah artikel yang belum pernah dipublikasikan di media ekonomi lain. Redaksi akan menyeleksi naskah yang diterima dan layak untuk diterbitkan di jurnal ini. Redaksi berhak untuk mengedit artikel namun tidak boleh menghilangkan substansi ide yang dituangkan dalam artikel tersebut.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2020): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis" : 6 Documents clear
PENGARUH STORE ENVIRONMENT, FASHION INVOLVEMENT, DAN SALES PROMOTION TERHADAP CUSTOMER IMPULSE BUYING Eny Pratiwi; Indra Krishernawan; Wiwik Istyarini
MARGIN ECO Vol 4 No 1 (2020): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.594 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store environment, fashion involvement, dan sales promotion terhadap customer impulse buying (Studi pada Konsumen Matahari Sunrise Mall Mojokerto). Penelitian ini dilakukan di Matahari Sunrise Mall Mojokerto. Pengukuran sampel diambil sebanyak 100 orang responden. Nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling adalah teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini. Penyebaran kuesioner dilakukan untuk mengukur skala likert dengan jumlah indikator sebanyak 20 . Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS statistik 21. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil; 1) Store environment secara parsial tidak berpengaruh terhadap customer impulse buying dilihat dari T hitung 0,660 < T tabel 1,661; 2) Fashion involvement secara parsial dan positif berpengaruh terhadap customer impulse buying dilihat dari T hitung 2,790 > T tabel 1,661; 3) Sales Promotion secara parsial dan positif berpengaruh terhadap customer impulse buying dilihat dari T hitung 2,344 > T tabel 1,661; 4) Store environment, fashion involvement, dan sales promotion berpengaruh secara bersama-sama (simultan) dengan signifikan dan positif terhadap customer impulse buying dilihat dari nilai F tabel < F hitung (2,699 < 8,628) dengan koefisien regresi Y = 0,666 + 0,107X1 + 0,362X2 + 0,150X3 + Ҽ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel store environment ditolak, karena tidak berpengaruh terhadap customer impulse buying yang ada di Matahari Sunrise Mall Mojokerto. Sedangkan variabel fashion involvement dan variabel sales promotion diterima karena berpengaruh terhadap customer impulse buying. Kata Kunci : Customer Impulse Buying, Fashion Involvement, Sales Promotion, Store Environment.
PENGARUH PENERAPAN BUDAYA 6R3B DAN BUDAYA LEAN SIX SIGMA TERHADAP PENINGKATAN HASIL PRODUKSI PADA PT DHARMA PERKASA GEMILANG DI MOJOKERTO Azizah Fitriani; Pandu Yudhistira
MARGIN ECO Vol 4 No 1 (2020): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.041 KB) | DOI: 10.32764/margin.v4i1.887

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh penerapan budaya 6R3B dan budaya Lean Six Sigma pada peningkatan hasil produksi di PT Dharma Perkasa Gemilang di Mojokerto. Dengan variabel independen 6R3B (x1) dan Lean Six Sigma (x2). Dan Peningkatan Hasil Produksi sebagai variabel dependen (y). Pengumpulan data dari responden menggunakan daftar pertanyaan yang didistribusikan kepada 135 responden untuk peningkatan hasil produksi dengan nilai t hitung yang lebih besar dari nilai t tabel. Hasil semua operator di departemen produksi. Proses menganalisis data dengan teknik analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis parsial (uji t) secara bersamaan (uji f). Hasil pengujian parsial (uji t) diketahui 6R3B dan Lean Six Sigma secara signifikan mempengaruhi perubahan pengujian simultan (uji f) 6R3B dan Lean Six Sigma secara simultan mempengaruhi peningkatan hasil produksi dengan f hitung (92,331) Sig 0,000 (<0,05). Implementasi 6R3B dan Lean Six Sigma bersama-sama mempengaruhi 58,3%. 6R3B memiliki determinasi parsial sebesar 0,036. Lean Six Sigma memiliki determinasi parsial sebesar 0,080. Jadi Lean Six Sigma lebih dominan
PENGARUH INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION TERHADAP BRAND IMAGE PERUMAHAN GRAND SAFIRA JOMBANG arivatu ni'mati rahmatika; Muchammad Ilham Nashirruddin
MARGIN ECO Vol 4 No 1 (2020): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.07 KB) | DOI: 10.32764/margin.v4i1.888

Abstract

Bisnis properti saat ini sedang mengalami perkembangan. PT Puncak Asri Jombang memanfaatkan iklan sebagai media dalam mengkomunikasikan produk mereka yang berupa properti melalui brosur yang disebarkan kepada para konsumen. PT Puncak Asri Jombang juga melakukan promosi produknya melalui sales promotion / advertising hal ini dilakukan agar para konsumen lebih mengenal produk-produk dari para pengembang dengan memanfaatkan pameran dagang atau event-event lainnya. Selain iklan, Brand Image merupakan hal yang penting dan menjadi prioritas utama bagi pemilik usaha. Karena konsumen akan menjadikan acuan sebelum melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh advertising dan Sales Promotion terhadap Brand Image Grand Safira Jombang. Penelitian ini bersifat asosiatif kausal yaitu untuk mengetahui pengaruh ataupun juga hubungan antara dua variabel atau lebih. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 yang diperoleh dari data jumlah unit rumah yang terjual. Data dalam penelitian ini di amati dari kalkulasi kuesoner yang telah disebarkan serta wawancara yang dilakukan kepada pihak yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Advertising dan Sales Promotion secara bersama-sama terhadap Brand Image Perumahan Grand Safira Jombang. Sedangkan secara parsial hanya variabel Sales Promotion yang berpengaruh terhadap Brand Image.
PENGARUH HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA LAYANAN GRAB FOOD DI JOMBANG Muhammad Syahrul Haqi
MARGIN ECO Vol 4 No 1 (2020): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.168 KB) | DOI: 10.32764/margin.v4i1.889

Abstract

Bisnis jasa pada saat ini juga semakin beragam dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Bisnis jasa disini merupakan salah satu bisnis yang berusaha untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Salah satu bisnis tersebut yaitu jasa layanan pesan antar makanan. Salah satu perusahaaan yang menyediakan layanan ini yaitu Grab pada layanan Grab Food. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa layanan Grab Food di Jombang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan 100 responden pelanggan Grab Food di Jombang. Penelitiian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penemuan dari penelitians secara parsial ini mengindikasikan harga tidak terlalu berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Sementara itu secara simultan ke dua variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan jasa layanan Grab Food di Jombang. Hal ini membuktikanbahwa harga tidak dapat di jadikan tolak ukur dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Sementara itu kualitas pelayanan membuktikan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan jasa layanan Grab Food di Jombang.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi UMKM Pia Fenty Jombang) sholeh hanurdin
MARGIN ECO Vol 4 No 1 (2020): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.286 KB) | DOI: 10.32764/margin.v4i1.891

Abstract

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan unit usaha produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha di semua sektor ekonomi. Perkembangan UMKM yang semakin pesat di kota Jombang membuat para pelaku UMKM harus mempu bersaing dipasar. Kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Pia Fenty Jombang baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Pia Fenty Jombang, tehnik sampling yang digunakan insindental sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Desain penelitian ini mengunakan pendekatan asosiatif kausal dengan tehnik pengumpulan data menggunakan kuoesioner dengan instrumen skala likert. Tehnik Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Pia Fenty Jombang baik secara parsial maupun simultan (bersama-sama).
PENGARUH HARGA, DESAIN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN Mar'atul Fahimah; Mar'atus Sholikhah
MARGIN ECO Vol 4 No 1 (2020): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.701 KB) | DOI: 10.32764/margin.v4i1.893

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu pengaruh harga, desain dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian perumahan Firdaus Mansion Jombang. Teknik analisis data yang digunakan antara lain adalah uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda serta uji hipotesis dengan menggunakan data primer yang bersumber dari penyebaran kuisioner kepada konsumen perumahan Firdaus Mansion Jombang yang berjumlah 80 responden aktif menempati perumahan. Proses pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 26. Dan didapatkan hasil bahwa harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian perumahan Firdaus Mansion Jombang, desain berpengaruh terhadap keputusan pembelian perumahan Firdaus Mansion Jombang, dan gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian perumahan Firdaus Mansion Jombang dengan nilai F hitung > F tabel (12,624 > 2,72) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka variabel harga, desain, dan gaya hidup bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian perumahan Firdaus Mansion Jombang.

Page 1 of 1 | Total Record : 6