cover
Contact Name
Hilyah Ashoumi
Contact Email
hira@unwaha.ac.id
Phone
+6285733144431
Journal Mail Official
lppm@unwaha.ac.id
Editorial Address
Jl. Garuda No. 09 61451 Tambakberas Jombang Jawa Timur
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 25809725     DOI : https://doi.org/10.32764/margin.v5i2
Core Subject : Economy,
Jurnal Margin Eco adalah jurnal fakultas ekonomi dan perkembangan bisnis. Jurnal ini diterbitkan oleh fakultas ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang. Terbit secara berkala satu semester sekali. Dimana sebagai sarana kajian ilmiah dan keilmuan di bidang ekonomi yang merupakan hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Redaksi mengundang para penulis, peneliti dan akademisi untuk mengirimkan artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian. Gagasan konseptual berisi kajian teoritis dari ilmu ekonomi dan perkembangan bisnis yang meliputi : manajemen sumberdaya manusia, manajemen operasional, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, e-commerce, manajemen retail, kewirausahaan, studi kelayakan bisnis dan manajeme resiko. Artikel yang akan dimasukkan jurnal ini adalah artikel yang belum pernah dipublikasikan di media ekonomi lain. Redaksi akan menyeleksi naskah yang diterima dan layak untuk diterbitkan di jurnal ini. Redaksi berhak untuk mengedit artikel namun tidak boleh menghilangkan substansi ide yang dituangkan dalam artikel tersebut.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2021): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis" : 6 Documents clear
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Pada Modern Bakery) Arum fitria ningsih; Muhyiddin Zainul Arifin
MARGIN ECO Vol 5 No 2 (2021): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.944 KB) | DOI: 10.32764/margin.v5i2.2057

Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of organizational culture and work commitment on employee performance at Modern Bakery. This type of research is quantitative research with survey research methods. In collecting data using purposive sampling technique. The population of this study were employees at Modern Bakery, so the sample in this study was 52 respondents. To analyze the data obtained using the Classical Assumption Test, Multiple Linear Regression and Correlation Coefficient Test using the F test (simultaneous test), T test (partial test). Meanwhile, data collection was carried out through several techniques, namely field studies and lift deployment studies. The results of the research and data processing show that the two independent variables, namely organizational culture and work commitment, simultaneously have a significant effect on employee performance. The correlation coefficient test results show that the R value is 0.864, meaning that organizational culture and work commitment together have a very strong relationship to employee performance. While the results of the coefficient of determination test show that the value of R2 is 0.746, then the value of R2 < 1 means that 74.6% of employee performance at Modern Bakery is influenced by organizational culture and work commitment. While the rest (25.4%) is influenced by other variables outside the study.
Analisis Penerapan Prinsip Good Corporate Governance dalam perspektif Syariat Islam pada Bank Muamalat Indonesia Ayu Ribut Sri Wahyuni Ningseh
MARGIN ECO Vol 5 No 2 (2021): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.893 KB) | DOI: 10.32764/margin.v5i2.2083

Abstract

Abstrak Good Corporate Governance ialah prinsip yang populer untuk menjaga integritas organisasi di dunia. Isu perkembangan Good Corporate Governance terus berkembang seiring dengan terjadinya skandal keuangan yang menimpa beberapa perusahaan besar seperti Enron dan WorldCom. Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama islam perlu memahami prinsip Good Corporate Governance 0079ang islami dalam melaksanakan bisnis. Perkembangan entitas syariah menuntut para pebisnis untuk menerapkan GCG sesuai dengan prinsip syariah. Prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, profesional, kewajaran dan kesetaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik pada Bank Muamalat Indonesia periode tahun 2020 yang dikaitkan dengan ayat-ayat dalam Al - Qur’an terutama dalam Q.S. An - Nisa ayat 58 dan Q.S. Al-Baqoroh ayat 282. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan analisis deskriptif. Kata Kunci : Prinsip Good Corporate Governance, Syariat Islam, Bank Muamalat Abstract Good Corporate Governance is a popular principle for maintaining the integrity of organizations in the world. The issue of the development of Good Corporate Governance continues to grow along with the financial scandals that hit several large companies such as Enron and WorldCom. Indonesia as a country with a majority Muslim population needs to understand the principles of Islamic Good Corporate Governance in conducting business. The development of sharia entities requires business people to implement GCG in accordance with sharia principles. The principles of Good Corporate Governance (GCG) are transparency, accountability, responsibility, professionalism, fairness and information. The purpose of this study is to find out how the implementation of the principles of good corporate governance at Bank Muamalat Indonesia for the 2020 period with verses in the Qur'an, especially in Q.S. An-Nisa verse 58 and Q.S. Al-Baqoroh verse 282. This research is a library research using descriptive analysis. Keywords: Good Corporate Governance Principles, Islamic Sharia, Bank Muamalat
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Jasa Transportasi Gojek Online Di Sidoarjo) Wisnu Mahendri; Abdullah Fajarul Munir
MARGIN ECO Vol 5 No 2 (2021): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.905 KB) | DOI: 10.32764/margin.v5i2.2085

Abstract

Di Era ini masyarakat mempunyai aktivitas beraneka ragam dan untuk memenuhi aktivitas tersebut memerlukan adanya transportasi. Oleh karena itu pengusaha jasa transportasi berlomba-lomba menarik konsumennya dengan meningkatkan pelayanannya, kemudahan pemesanan, harga, ketepatan waktu, dan lain sebagainya. Teknik yang digunakan dalam penggambilan sampel penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan accidental sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah asumsi klasik dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek online Gojek di Sidoarjo, dibuktikan nilai t hitung sebesar 0,680; nilai signifikansi 0,498>0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,062; (2) terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan transportasi ojek online Gojek di Sidoarjo, dibuktikan nilai t hitung sebesar 5,129; nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,610; (3) terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan transportasi ojek online Gojek di Sidoarjo, dibuktikan nilai t hitung sebesar 4,128; nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,433; (4) terdapat pengaruh kualitas pelayanan, harga dan citra merek secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek online Gojek di Sidoarjo, dibuktikan nilai F hitung sebesar 49,402; nilai signifikansi 0,000<0,05.
PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN RM Bramastyo Kusumo Negoro; Heru Totok Tri Wahono; Akhmad Taqiyuddin; Septian Ragil Anandita
MARGIN ECO Vol 5 No 2 (2021): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.673 KB) | DOI: 10.32764/margin.v5i2.2397

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari karakteristik individu dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan Yayasan Pendidikan Dan Pembinaan Seribu Warna (YPP SENA) Jombang. YPP Sena adalah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan dan pengembangan anak usia dini, anak berkebutuhan khusus (ABK) dan Ibu Asuh. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Versi 26. Dengan metode penyebaran data kuesioner baik kepada pemilik yayasan maupun seluruh pegawai YPP SENA, observasi dan dokumentasi. Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan, ditemukan bahwa karakteristik individu dan lingkungan kerja secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan YPP SENA. Kata Kunci: Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja
PENGARUH MODAL, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN PAJANGAN BANTUL Siti Sarah Sidik; Dunyati Ilmiah
MARGIN ECO Vol 5 No 2 (2021): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.738 KB) | DOI: 10.32764/margin.v5i2.2411

Abstract

ABSTRAK UMKM merupakan salah satu sektor ekonomi yang peranannya sangat besar terhadap perekonomian di Indonesia. Namun, sebagian besar UMKM belum berkembang optimal karena beberapa kendala. Salah satunya adalah modal, tingkat pendidikan, teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh modal, tingkat pendidikan dan teknologi terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan Pajangan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebesar 407 UMKM dan sampel sebesar 40 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Variabel Modal (X1) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan (Y) berdasarkan hasil nilai uji t-hitung (-.151) < t-tabel (2.02809). Variabel Tingkat Pendidikan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan (Y) berdasarkan hasil nilai t-hitung (3.557) > t-tabel (2.02809). Variabel Teknologi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan (Y) berdasarkan hasil nilai t-hitung (3.901) > t-tabel (2.02809). Nilai signifikansi untuk pengaruh X1, X2 dan X3 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai f-hitung (9.112) > f-tabel (2.86), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh X1(modal), X2(tingkat pendidikan) dan X3(teknologi) secara simultan terhadap Y(pendapatan). Kata Kunci : Modal, Tingkat Pendidikan, Teknologi, Pendapatan
ANALISIS MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS KH. A. WAHAB HASBULLAH JOMBANG Hifi Rini Puspita; Nia Aprilia Bisari
MARGIN ECO Vol 5 No 2 (2021): Margin Eco : Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.968 KB) | DOI: 10.32764/margin.v5i2.2476

Abstract

Wirausaha merupakan suatu bentuk kesejahteraan suatu negara. Tingkat wirausaha di Indonesia masih tergolong rendah. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh motivasi, ekspektasi/harapan pendapatan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, sehingga pihak kampus dapat memberikan perlakuan yang tepat bagi mahasiswanya dalam rangka meningkatkan minat wirausaha dikalangan mahasiswa. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal. Populasi penelitian ini adalah 1.362 mahasiswa di KH. A. Wahab Hasbullah, Sampel penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 94 responden. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa: (1) Motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, (2) Ekspektasi pendapatan tidak memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa universitas KH. A. Wahab Hasbullah, (3) lingkungan keluarga tidak memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa universitas KH. A. Wahab Hasbullah, (4) motivasi, ekspektasi pendapatan, dan lingkungan keluarga secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Hasil R2 diperoleh nilai 0,539, sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh motivasi, harapan pendapatan, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa adalah 53,9%, dan sisanya 46,1% dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 6