Academic Journal of Computer Science Research (AJCSR)
The Academic Journal of Computer Science Research (AJCSR) is a peer-reviewed open access journal published twice a year (January and July), a scientific journal published by Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global. The Ajcsr Journal (Academic Journal of Computer Science Research) aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to computer science (computer engineering, network engineering, design and multimedia, computerized accounting, business intelligence and management support systems, e-commerce). It is published in online version (e-ISSN 2722-4392).
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research"
:
10 Documents
clear
Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry pada Rangga Laundry and Dry Cleaning Berbasis WEB
Dedi Dedi;
Muchamad Iqbal;
Mohamad Fallah Julyanto
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (316.486 KB)
|
DOI: 10.38101/ajcsr.v2i2.305
Rangga Laundry and Dry Cleaning merupakan salah satu layanan jasa Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak dalam usaha jasa cuci pakaian. Sistem pengelolaan data laundry yang berjalan saat ini menggunakan metode pencatatan data dengan media kertas untuk mencatat transaksi setiap hari. Sistem yang berjalan saat ini masih belum berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan masih terdapat kesalahan pada saat petugas laundry melakukan pencatatan data laundry, sehingga laporan yang dihasilkan tidak sesuai dengan kejadian transaksi data laundry. Dengan belum adanya sistem yang dapat menyimpan data laundry, sehingga data rentan rusak atau hilang, petugas laundry kesulitan untuk melakukan pencarian data laundry karena harus mencari dokumen secara satu persatu. Berdasarkan permasalahan yang ada maka diusulkan membuat sistem informasi yang dapat membantu pihak Rangga laundry dalam membuat laporan transaksi untuk memantau perkembangan kemajuan laundry. Sistem pengelolaan data laundry ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan database Mysql. Metode perancangan sistem menggunakan system development life cycle (SDLC), metode analisa sistem menggunakan unified modeling language (UML), pengujian sistem menggunakan blackbox testing.
Diagnosis Penyakit Pada Burung Lovebird Dengan Algoritma Forward Chaining
Joko S. Dwi Raharjo;
Sutarman Sutarman;
Hilmi Hidayat
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (275.025 KB)
|
DOI: 10.38101/ajcsr.v2i2.285
Banyaknya Pecinta burung kicau di Indonesia khususnya burung lovebird sudah banyak diminati sebagai hewan peliharaan. Banyaknya peternak dan penghobi awam yang masih mengandalkan pengetahuan seorang pakar untuk dapat mendiagnosis suatu penyakit sehingga membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang mahal untuk mengobati penyakit pada burung lovebird. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukanya sistem dengan algoritma Forward Chaining, diperlukan sistem pakar berbasis android yang dapat membantu Peternak dan penghobi awam dalam Mengidentifikasi jenis penyakit lovebird serta cara menangulanginya atau mencari solusi. Tujuan penelitian ini untuk membuat sistem pakar yang dapat mengidentifikasi masalah dengan menggunakan android studio dan SQLite sebagai media penyimpanan data. Kesimpulan dari aplikasi ini adalah dibuatnya sistem pakar berbasis android yang dapat membantu peternak dan penghobi awam untuk mengidentifikasi jenis penyakit serta memberikan penanganaan pada burung lovebird layaknya seorang dokter.
Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku pada Welding Dua di PT Roda Prima Lancar
Zainul Hakim;
Arni Retno Mariana;
Doni Nurul Ubahe
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (380.51 KB)
|
DOI: 10.38101/ajcsr.v2i2.306
Persediaan barang memegang peranan yang sangat penting bagi proses kelancaran produksi perusahaan, memiliki peran yang strategis karena setiap kegiatan di dalamnya dan mempunyai pengaruh teradap besar kecilnya biaya operasi. Berdasarkan dari hasil analisis yang telah dilakukan pada bagian Welding dua di PT Roda Prima Lancar, sistem persediaan barangnya masih menggunakan Ms. Excel dalam pengolahan data stok barang, namun demikian proses pengolahan data masih dirasa belum optimal khususnya dari sisi efisiensi waktu dan akurasi datanya. Ketidak akuratan data stok barang sering menimbulkan kejadian salah itungan, sehingga sering dijumpai situasi dimana barang yang ada di line masih banyak atau tersedia, tapi masih tetap melakukan permintaan barang atau sebaliknya barang yang sudah habis justru tidak dipintakan. Kemudian pembuatan laporan barang keluar masuk masih memakan waktu yang lama sehingga memperlambat suatu informasi yang dibutuhkan pimpinan. Maka untuk mengatasi hal tersebut diperlukan adanya sistem informasi persediaan yang terkomputerisasi dalam menyajikan informasi persediaan barang yang tersedia dalam suatu gudang. Metode pengembangan sistem pada aplikasi ini menggunakan model waterfall yang terdiri dari tujuh tahapan. Adapun tahapan tersebut yaitu sistem, analisa, perancangan sistem, design, coding, pengujian, dan pemeliharaan sistem. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP (ypertext Prepocessor), Database MySQL serta menggunakan software pendukung Editor Dreamweaver CS6 sebagai desain interface.
Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Pariwisata di Wilayah Kota Bogor Berbasis Web
Mohammad Sofjan;
M. Ramaddan Julianti;
Rifki Maulana
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (311.568 KB)
|
DOI: 10.38101/ajcsr.v2i2.287
Kemajuan teknologi di bidang komputer yang begitu pesat telah mendorong perkembangan sebuah informasi. Salah satunya adalah informasi geografis dunia pariwisata. Perkembangan informasi pariwisata di Kota Bogor dari tahun ke tahun meningkat, namun dalam mempromosikan pariwisata, Dinas Pariwisata masih menggunakan manual dan kurang meluas. Wisatawan yang datang ke tempat-tempat wisata atau ke Dinas Pariwisata akan diberi buklet atau buku panduan. Informasi yang dibuat oleh Dinas Pariwisata setempat sangat terbatas, oleh karena itu masyarakat umum tidak bisa mendapatkan informasi tentang pariwisata. Maka hal ini diperlukan sebuah sistem yang dapat mendukung pemilihan lokasi tujuan wisata bagi pengunjung agar memudahkan tercapainya informasi lokasi wisata. Dalam penelitian ini penulis ingin membangun sistem informasi geografis pariwisata dalam bentuk peta digital yang dapat memberikan informasi lengkap kepada wisatawan dengan menggunakan Google Maps sebagai tampilan utama peta. Sistem ini diharapkan bisa memberikan informasi yang akurat dan relevan bagi wisatawan. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi geografis di Kota Bogor yang berbasis web dimana ada juga informasi wisata, fasilitas seperti pencarian lokasi wisata, dan rute perjalanan.
Sistem Informasi Racking Number Pada Divisi Gudang Barang Jadi
Abdur Rochman;
Agus Budiman;
Nur Rista Fauzia
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (388.713 KB)
|
DOI: 10.38101/ajcsr.v2i2.308
Satu diantara sekian gerak dinamis manusia tercermin dalam semakin berkembangnya teknologi dan informasi yang membantu kerja manusia agar lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis melakukan penelitian mengenai sistem racking number pada divisi Gudang barang jadi yang berjalan pada PT Adyaboga Pranata Industries. Dimana sistem informasi racking number sangat dibutuhkan pada divisi Gudang barang jadi, pada sistem yang sedang berjalan saat ini sering mengalami masalah tidak adanya penomoran pada rak dan tidak dikelompokkan menurut jenis barang, sehingga menyebabkan keterlambatan dalam pengeluaran barang karena kurangnya informasi penempatan barang yang ada di rak, pengeluaran barang yang tidak sesuai dengan sistem pengendalian FIFO (First In First Out), sering terjadinya kesalahan pengiriman barang ke pihak distributor dan ketidaksesuaian jumlah persediaan barang serta tidak terdeteksinya beberapa item produk yang hilang. Karena alasan tersebut diatas maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu dalam fasilitas informasi pada rak. Untuk aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic. Dengan adanya sistem informasi racking number berbasis desktop diharapkan bisa membantu bagian Gudang barang jadi untuk memberikan informasi kepada operator gudang tentang tata letak barang dalam rak, sehingga mempermudah operator gudang dalam peletakkan barang dan pencarian barang dalam rak guna mempercepat proses distribusi ke customer.
Perancangan Aplikasi Mobile Learning Huruf Hangeul korea
Agustinus Sirumapea;
Pramana Anwas Panchadria;
Anggun Rosmiati
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (260.487 KB)
|
DOI: 10.38101/ajcsr.v2i2.282
Bahasa Korea beberapa tahun ini mulai banyak diminati masyarakat Indonesia karena semakin gencarnya serangan ekonomi dan Korean Wave. Namun kurangnya media pembelajaran membuat sebagian orang kesulitan untuk mempelajarinya. Aplikasi mobile learning huruf hangeul Korea ini akan memudahkan penggunanya untuk mempelajari hal dasar dalam bahasa Korea. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan research. Hasil kuesioner yang diperoleh sekitar 80% dari 30 responden. Dalam penelitian ini menghasilkan aplikasi berbasis android yang memiliki fitur bagaimana cara menulis dan membaca huruf hangeul, disediakan games dan soal latihan serta penambahan materi kosa-kata umum dan metode menyebutkan angka dalam bahasa Korea.
Aplikasi Pengenalan Profesi pada Anak Usia Dini Berbasis Android
Tanti Sri Kuswiyanti;
Santoso Santoso;
Fitri Indriyani
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (207.097 KB)
|
DOI: 10.38101/ajcsr.v2i2.288
Pengenalan profesi sejak dini sangatlah bermanfaat bagi anak untuk menambah wawasan mengenai profesi, sehingga orangtua bisa mengarahkan anak pada cita-cita di masa depan. Pengenalan profesi bisa didapat anak dari guru atau orangtua, namun tentu profesi-profesi yang diajarkan terbatas. Media pembelajaran yang biasanya digunakan hanya buku bergambar atau dengan lisan, sehingga anak mudah bosan dalam belajar. Smartphone Android bisa dijadikan sebuah media pembelajaran. Oleh karena itu, perlunya sebuah aplikasi pengenalan profesi pada anak usia dini berbasis android untuk mengenalkan profesi secara interaktif pada anak. Aplikasi ini didukung dengan desain gambar yang menarik, backsound serta animasi untuk memberikan informasi mengenai profesi. Sistem dibangun dan dirancang menggunakan Adobe Animate CC 2019 dan Adobe Illustrator sebagai pengolah desain.
Implementasi Machine Learning pada Aplikasi Pendeteksi Konten Pornografi
Rahmat Tullah;
Siti Maisaroh;
Iwan Sumpena
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (65.352 KB)
|
DOI: 10.38101/ajcsr.v2i2.283
Salah satu perkembangan teknologi adalah keberadaan Internet. Internet sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern saat ini. Tidak bisa dipungkiri,selain hal positif yang bisa didapat dari intenet ada pula dampak negatif yang ditimbulkan yaitu sumber informasi yang terkandung di internet terkadang mengandung unsur negative, salah satunya pornografi. Kecerdasan yang sedang berkembang bisa dimanfaatkan untuk hal ini, yaitu suatu mesin atau sistem yang dapat mengklasifikasi apakah suatu situs mengandung konten pornografi atau tidak. Banyak metode yang dapat dipakai dalam masalah ini, salah satu nya adalah dengan mengklasifikasi text yang ada dalam situs tersebut dan dianalisa atau diklasifikasikan. Cara mengambil data nya sendiri bisa memakai teknik scraping, yaitu teknik yang dapat mengambil konten text format html dari suatu situs. Teknik ini bibsa digunakan dalam mendeteksi apakah suatu situs mengandung konten pornografi atau tidak.Untuk proses klasifikasinya sendiri terdapat banyak algoritma yang bisa digunakan salah satunya adalah algoritma Naive bayes. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis mengajukan penelitian berjudul “Implementasi Machine Learning pada aplikasi pendeteksi konten pornografi”. Diharapkan dengan adanya penelitian ini mampu memperoleh sebuah aplikasi yang dapat mendeteksi konten pornografi pada suatu situs tanpa perlu membuka halaman situs tersebut. Dengan begitu situs yang terdeteksi mengandung konten pornografi bisa ditindak lebih lanjut supaya tidak bisa di akses.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE AHP-TOPSIS
Rachmat Agusli;
Muhammad Iqbal Dzulhaq;
Fery Candra Irawan
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (289.872 KB)
|
DOI: 10.38101/ajcsr.v2i2.286
Penerimaan karyawan adalah suatu proses kegiatan untuk mencari, menyeleksi, menerima dan menentukan calon karyawan agar sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan perusahaan dan sesuai standar kompetensi yang telah ditentukan. PT INDOKA JAYA merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri produksi kabeL, masalah yang terdapat di PT INDOKA JAYA yaitu pada proses penerimaan karyawan baru masih dilakukan secara manual dan pada saat menyeleksi calon karyawan terjadi kesalahan dalam memberikan penilaian. Untuk itu penulis membuat sebuah sistem pendukung keputusan dengan tujuan untuk membantu mempermudah pekerjaan dan meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam proses pengambilan keputusan penerimaan karyawan baru. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode AHP-TOPSIS. Metode AHP digunakan untuk mencari nilai bobot berdasarkan pada kriteria-kriteria penilaian yang ada dan metode TOPSIS akan membantu mempermudah dalam perankingan alternatif berdasarkan jarak solusi ideal positif dan solusi ideal negatif.
Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Guru Berprestasi dengan Metode AHP dan SAW pada SMA Markus Tangerang
R. Didik Heriyantoro;
Muhammad Iqbal Dzulhaq;
Lusya Santi Mawarni Silitonga
Academic Journal of Computer Science Research Vol 2, No 2 (2020): Academic Journal of Computer Science Research
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (253.005 KB)
|
DOI: 10.38101/ajcsr.v2i2.284
Dalam rangka pembangunan sumber daya manusia terutama dalam dunia pendidikan yang akan mempengaruhi cara dan sistem pencapaian pembelajaran. Guru merupakan salah satu yang paling utama dalam memajukan dunia pendidikan yaitu untuk sekolah dan peserta didik. SMA Markus Tangerang sampai saat ini belum ada sistem yang mendukung dalam menentukan guru berpresetasi dalam meningkatkan sumber daya dalam hal mengajar siswa dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat selama sekolah di SMA Markus Tangerang. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk membangun aplikasi sistem pendukung keputusan yang memberikan rekomendasi pemilihan atau penentuan guru berpresetasi di SMA Markus Tangerang, diakses secara cepat, langsung dan akurat dalam menentukan hasilnya. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini dalam mendukung pengambilan keputusan untuk membantu SMA Markus Tangerang ialah metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW) untuk memberikan alternatif penilaian guru berprestasi. Hasil dari penelitian ini dalam penentuan kriteria di SMA Markus Tangerang menggunakan 5 (lima) parameter yaitu pedagogik, kepribadian, profesional social, absen dan sub kriteria yang digunakan ialah sakit, ijin dan alpa. Dalam pembuatan aplikasi ini dibuat menggunakan visual studio code menggunakan bahasa pemrograman python dan djanggo serta menggunakan MySQL sebagai basis data untuk penyimpanan data.