cover
Contact Name
Fuad Zaini
Contact Email
fuadzaini06@gmail.com
Phone
+6282360501584
Journal Mail Official
fuadzaini06@gmail.com
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar No. K-2/22, Pos: 20222, Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
INVENTION: Journal Research and Education Studies
ISSN : -     EISSN : 27742660     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Invention invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to Education, which include textual and field studies with various perspectives, Educational Management, Educational Policy, Educational Technology, Educational Psychology, Curriculum Development and Learning strategies and contemporary research results in the field of education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Volume 2 No 3 November 2021" : 8 Documents clear
Pengembangan Media Teks Percakapan Dengan Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 066668 Medan Johor Samsul Bahri, Putri Ramadhanti Siregar,
Invention: Journal Research and Education Studies Volume 2 No 3 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.056 KB) | DOI: 10.51178/invention.v2i3.341

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan media pembelajaran teks percakapan bergambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 066668 Medan Johor. Menguji keefektifan media pembelajaran teks percakapan bergambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 066668 Medan Johor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam uji coba adalah siswa kelas V SDN 066668 Johor yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan subjek uji coba dilakukan secara acak dengan memilih salah satu kelas dengan kemampuan heterogen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara dan lembar angket/kuesioner, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini adalah Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t, dapat diketahui bahwa nilai sebesar 202.590. Dengan frekuensi (dk) sebesar 28 – 1 = 27 pada taraf signifikansi 5% diperoleh = 1,571. Oleh karena itu > pada taraf signifikansi 0,05, maka hipotesis nol ( ) ditolak dan hipotesis alternative ( ) diterima,dan pada T-test diperoleh nilai Sig adalah sebesar 0,000 yang berarti bahwa ada pengaruh dalam menggunakan media pembelajaran teks percakapan dengan gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V SDN 066668 Medan Johor, yang beralamatkan Jl. Eka Sekolah, Gedung Johor, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara. Hasil analisis di atas yang menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran teks percakapan dengan gambar sejalan dengan hasil observasi yang dilakukan, selain itu Cronbach's Alpha di peroleh 0,788 yang dimana Cronbach's Alpha > 0,7.
Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Pada Materi Operasi Hitung Pada Kelas II SD Negeri 102050 Tanjung Beringin Hidayat, Dede Hartati,
Invention: Journal Research and Education Studies Volume 2 No 3 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.857 KB) | DOI: 10.51178/invention.v2i3.343

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa materi dan media pembelajaran matematika menggunakan powerpoint pada materi operasi hitung dapat diterapkan di SD Negeri 102050 Tanjung Beringin. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pengembangan (R&D) versi Eddie yang dibatasi pada beberapa tahap saja. Tahap-tahap tersebut meliputi: a) tahap analisis, b) tahap desain, c) tahap pengembangan, d) tahap validasi, e) tahap evaluasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket . Angket ditunjukkan kepada validator materi dan validator media. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media pembelajaran powerpoint diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 44 dengan persentase sebesar 87,7% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 40 dengan persentase sebesar 80,8% termasuk dalam kriteria “Layak”.
Pengembangan Media Animasi Pada Pembelajaran Penjumlahan Dari Dua Bilangan Cacah Kelas II SD Swasta Cahaya Bunda Sei Rampah Hidayat, Ruri Gusmiarni,
Invention: Journal Research and Education Studies Volume 2 No 3 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.11 KB) | DOI: 10.51178/invention.v2i3.344

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa materi dan media animasi pada pembelajaran dari dua bilangan cacah dapat diterapkan di SD Swasta Cahaya Bunda Sei Rampah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pengembangan (R&D) versi Eddie yang dibatasi pada beberapa tahap saja. Tahap-tahap tersebut meliputi: a) tahap analisis, b) tahap desain, c) tahap pengembangan, d) tahap validasi, e) tahap evaluasi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket . Angket ditunjukkan kepada validator materi dan validator media. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media animasi diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 44 dengan persentase sebesar 88,7% termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 41 dengan persentase sebesar 81,3% termasuk dalam kriteria “Layak”.
Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dikelas V SD Negeri 101884 Limau Manis Dalam Pembelajaran Daring Samsul Bahri, Wardah Hanna,
Invention: Journal Research and Education Studies Volume 2 No 3 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.584 KB) | DOI: 10.51178/invention.v2i3.345

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meneliti hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada materi sumpah pemuda 1928 dikelas VSDNegeri 101884 Limau Manis dalampembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian terhadap fakta-fakta yang ada pada saat sekarang dengan memusatkan diri pada pemecahan masalah yang ada dan memaparkan seperti apa yang terjadi yakni menjelaskan atau menggambarkan sebagaimana keterangan yang diperoleh dan dipercaya. Adapun hasil penelitian antara lain. Hanya 8 siswa dari 10 siswa yang nilainya mencapai KKM. Masih ada siswa yang belum paham materi yang diberikan guru walaupun sudah menggunakan alat bantu seperti media audio visual. Terdapat siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dikarenakan sulitnya siswa mengakses jaringan internet. Guru kadang hanya memberikan tugas tanpa menjelaskan materinya terlebih dahulu.
Analisis Model Pembelajaran CTL Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SD/MI Sujarwo, Nurfitriyana,
Invention: Journal Research and Education Studies Volume 2 No 3 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.717 KB) | DOI: 10.51178/invention.v2i3.346

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SD/MI.Penelitian ini dilaksanakan dengan metode library Research yang berlokasi diperpustakaan atau ruang baca secara offline maupun online. Sumber data penelitian ini yaitu 10 jurnal atau artikel karya ilmiah yang berhubungan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model pembelajaran (model pembelajaran visual, audiovisual, dan multimedia) terhadap hasil belajar siswa. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu telaah dokumen atau biasa disebut dengan dokumentasi. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data-data tentang model pembelajaran Contextual Teaching and Learning CTL dengan berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan data penelitian yang ada. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, menyatakan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media pembelajaran berperan dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD/MI dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Pengembangan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 101870 Desa Sena Beta Rapita Silalahi, Widya Amalia,
Invention: Journal Research and Education Studies Volume 2 No 3 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.132 KB) | DOI: 10.51178/invention.v2i3.347

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan media pembelajaran gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 101870 Desa Sena. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tet post-test dan pre-test dan kuesioner.Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah Keefektifan media pembelajaran gambar berseri dalam proses pembelajaran terbukti efektif dalam uji normalitas yaitu nilai signifikan nilai pre test yaitu 0,149 > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal, dan pada nilai signifikan post test yaitu 0,200 > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal. nilai Sig, (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar tanpa media dan hasil belajar dengan menggunakan media dari data pretest dan posttest atau hal ini membuktikan bahwa penggunaan media gambar berseri sangat berpengaruh dengan peningkatan keterampilan berbicara siswa terlihat nilai Sig, (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Tahapannya, antara lain (1) Analysis, yakni dengan melakukan observasi awal untuk mencari potensi masalah yang kemudian dicari sebuah solusi untuk mengatasinya. (2) Design, yakni membuat desain media pembelajaran berdasarkan silabus dan RPP yang ada. (3) Development, yakni tahapan produksi dengan berpedoman pada rancangan tampilan yang telah dibuat. (4) Implementation, yakni tahap uji coba produk, tahap validasi ahli, dan tahap penerapan langsung dalam pembelajaran. (5) Evaluation, yakni melakukan pretest dan posttest untuk mengetahui apakah media pembelajaran gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan berbicarasiswa.
Pengaruh Media Powerpoint Fitur Hyperlink Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas III SD Negeri 101771 Tembung Safrida Napitupulu, Nurul Habibah,
Invention: Journal Research and Education Studies Volume 2 No 3 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.296 KB) | DOI: 10.51178/invention.v2i3.348

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media powerpoint fitur hyperlink terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar kelas III SD Negeri 101771 Tembung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 101771 Tembung sebanyak 58 siswa dan sampelnya sebanyak 24 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji “t”. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: hasil pengujian uji “t” terhadap hasil belajar posttest kedua kelompok diperoleh thitung = 3,707 sedangkan ttabel dengan dk 22 (12+12-2) pada taraf signifikan 5% yaitu 2,074. Dengan demikian thitung > ttabel (3,707 > 2,074) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh pengaruh media powerpoint fitur hyperlink terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar kelas III SD Negeri 101771 Tembung.
Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Melalui Aplikasi Active Presenter Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 101771 Tembung Dara Fitrah Dwi, Citra Afrydayanti,
Invention: Journal Research and Education Studies Volume 2 No 3 November 2021
Publisher : CV. PUSDIKRA MITRA JAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.772 KB) | DOI: 10.51178/invention.v2i3.349

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung. Proses pembelajaran masih menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan begitu, harus dilakukan penelitian lebih lanjut yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran video melalui aplikasi active presenter dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran video tersebut pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung dengan jumlah 57 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 14 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t dua sampel independen. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas VA (eksperimen) yang menggunakan media pembelajaran berbasis video melalui aplikasi active presenter dengan kelas VB (kontrol) yang tidak menggunakan media pembelajaran tersebut atau dapat disimpulkan bahwa thitung = 3.183 > ttabel = 2.056. Maka, hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar pada kelas kontrol (hasil belajar kelas ekperimen = 83.93 > hasil belajar kelas kontrol = 69.64).

Page 1 of 1 | Total Record : 8