cover
Contact Name
Diah Eka Sari
Contact Email
diaheka@unimed.ac.id
Phone
+6285261529917
Journal Mail Official
ekasarium@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Kode : Jurnal Bahasa
ISSN : 23015411     EISSN : 25797957     DOI : https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19972
Core Subject : Education,
Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4 (2014): KODE" : 8 Documents clear
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONSEP KALIMAT (CONCEPT SENTENCE)TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI OLEH SISWAKELAS X SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Novita Sari
Kode : Jurnal Bahasa Vol 3, No 4 (2014): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kjb.v3i4.1630

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Model Pembelajaran Konsep Kalimat (Concept Sentence) Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan yang berjumlah 151 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 60 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian posttest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay menulis karangan narasi. Dari pengolaan data diperoleh kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran konsep kalimat (concept sentence) nilai rata-rata sebesar 77,5 dan tergolong dalam kategori baik. Kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori nilai rata-rata sebesar 68,5 dan tergolong dalam kategori cukup. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” diperoleh hasil yaitu thitung (4,22) > ttabel (2,01), maka hipotesis nihil () ditolak dan hipotesis alternatif () diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti empirik bahwa kemampuan menulis karangan narasi yang diajarakan dengan menggunakan model pembelajaran konsep kalimat (concept sentence) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Kata kunci: Model pembelajaran, Konsep Kalimat (Concept Sentence), karangan narasi.
PENGARUH TEKNIK MENUNJUKKAN BUKAN MEMBERITAHU (SHOW NOT TELL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWAKELAS X SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Maria Krisnauli Manik
Kode : Jurnal Bahasa Vol 3, No 4 (2014): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kjb.v3i4.1626

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik menunjukkan bukanmemberitahu (show not tell) terhadap kemampuan menulis puisi siswakelas X SMA Swasta Budisatrya Medan tahun pembelajaran2013/2014 yang berjumlah 151 orang. Sampel penelitian ini adalahsampel yang langsung ditetapkan dari seluruh jumlah populasi yangada yaitu sebanyak 30 orang siswa.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-testpost-test design. Dari hasil pengolahan data diperoleh hasil pre-testdengan rata-rata 66,13, standar deviasi 7,33, dengan berkategori baik30%, berkategori cukup 63,3% dan berkategori kurang 6,7%.Sedangkan hasil post-test dengan rata-rata 78,47, standar deviasi 7,6,dengan berkategori sangat baik 16,7%, berkategori baik 70%, danberkategori cukup 13,3%. Dari hasil uji homogenitas diperoleh bahwasampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah ujinormalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 6,29, setelah t0diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan1% dengan dk = N-1=30-1=29, dari df=29 diperoleh taraf signifikan1%=2,76. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu6,29>2,67, maka hipotesis alternatif (ha) diterima.Berdasarkan analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa teknikmenunjukkan bukan memberitahu (show not tell) berpengaruh secarapositif dan signifikan terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelasX SMA Swasta Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2013/2014.Kata kunci: Teknik Menunjukkan Bukan Memberitahu (Show NotTell), menulis, puisi
Efektivitas Model Pembelajaran SETS (Science Environment Technology and Society) Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Berandan Tahun pembelajaran 2013/2014 Nova Sulistia Sulistia
Kode : Jurnal Bahasa Vol 3, No 4 (2014): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kjb.v3i4.1629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran manakahyang lebih efektif antara model SETS atau model Konvensional dalammeningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPDharma Patra Pangkalan Berandan Tahun pembelajaran 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPDharma Patra Pangkalan Berandan dengan jumlah 150 siswa dan yangmenjadi sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampeldilakukan dengan cara menentukan dua kelas yang dijadikan wakilpopulasi dengan menggunakan teknik Random Sampling. Metodepenelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan modeldesain penelitian posttest only control group design. Di dalam desain inipengukuran dilakukan dengan membeikan post-test pada dua kelas yangberbeda yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yangdigunakan untuk menjaring data adalah tes kemampuan menulis naskahdrama. Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimendan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan modelSETS = 80,5, standar deviasi=8,5, sedangkan nilai rata-rata kelas kontroldengan model konvensional = 69,33, standar deviasi=7,92. Dari hasil ujit yaitu diperoleh thitung>ttabel 5,21 > 2,00. Oleh karena itu, hipotesisalternatif (Ha) diterima.Kata kunci: Efektivitas, model, SETS (Science Environment Technologyand Society, naskah drama
Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMK Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 Monalisa Frince S
Kode : Jurnal Bahasa Vol 3, No 4 (2014): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kjb.v3i4.1628

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan efektivitas modelpembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teksprosedur kompleks siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan TahunPembelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas X SMK Negeri 13 Medan sebanyak 361 orang.Sampeldiambil secara acak sebanyak 72 orang, 36 orang untuk kelaseksperimen dan 36 orang untuk kelas kontrol. Instrumen yangdigunakan adalah tes menulis teks prosedur kompleks dalam bentukesai. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,28 sedangkan untukkelas kontrol adalah 70,14. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwanilai rata-rata kemampuan menulis teks prosedur kompleks lebihtinggi daripada kelas kontrol. Ini terbukti dari hasil uji “t” diperolehhitung tabel t  t yaitu 6,14>2,00. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif terhadapkemampuan menulis teks prosedur kompleks daripada modelpembelajaran ekspositori.Kata Kunci: efektivitas, model pembelajaran berbasis masalah, teksprosedur kompleks.
Pengaruh Metode KWL (Know, Want to Know, Learned) Terhadap Kemampuan Memahami Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 Pienti Mala Ningsih Manalu
Kode : Jurnal Bahasa Vol 3, No 4 (2014): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kjb.v3i4.1633

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode KWL (Know-Want to Know,Learned) terhadap kemampuan memahami teks eksposisi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negei 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 415 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas X IPA 2 dan X IPA 6 yang masing-masing kelas berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Two Group Post Test Only Design yang dilakukan terhadap dua kelas, dimana satu kelas sebagai kemlompok eksperimen yang diberikan metode KWL,dan satu kelas lagi sebagai kontrol yang diberikan metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda. Dari pengolahan data diperoleh hasil di kelas eksperimen dengan rata-rata = 79,13 dan di kelas control dengan rata-rata = 67,37. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% = 2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 4,86 > 2,02, maka hipotesis diterima yang membuktikan bahwa metode KWL (Know, Want to Know, Learned) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Kata Kunci: pengaruh, Metode KWL, teks eksposisi
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Santo Ignasius Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 Pestauli Gultom
Kode : Jurnal Bahasa Vol 3, No 4 (2014): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kjb.v3i4.1632

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Santo Ignasius Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 60 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak 30 orang siswa dari jumlah populasi 60 orang siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design dan dilakukan hanya pada satu kelompok tanpa kelompok pembanding. Dalam penelitian ini tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu tes sebelum menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (pre-test) dan tes sesudah menerapakn model pembelajaran berbasis masalah (post-test). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay menulis teks eksplanasi. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 63,50 dan hasil post test dengan rata-rata = 75,17. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% = 2,04, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 5,85 > 2,04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Santo Ignasius Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Kata Kunci: pengaruh, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, teks eksplanasi
PENGARUH MODELPEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA KELAS X SMA RK DELIMURNI DELITUA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Mita Indriyani Sinaga
Kode : Jurnal Bahasa Vol 3, No 4 (2014): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kjb.v3i4.1627

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) tehadap kemampuan menemukan ide pokok paragraf. Sampel penelitian ini berjumlah 34 orang siswa dari 105 populasi yang ada.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre-test post-test only, yang dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja tetapi dua kali diberi test. Test yang pertama disebut pre-test, yakni sebelum mendapat perlakuan dan test yang kedua disebut post-test, yakni setelah mendapat perlakuan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC). Alat atau instrument penelitian ini adalah pilihan berganda.Analisis perolehan data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji statistik yaitu uji-t dengan t taraf signifikan 5%= 2,03. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 8,38>2,03, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok paragraf.Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembalajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dapat mempengaruhi kemampuan siswa menemukan ide pokok paragraf kelas X SMA RK Delimurni Delitua Tahun Pembelajaran 2013/2014.Kata kunci: Model Pembelajaran, CIRC, Ide Pokok Paragraf
Pengaruh Model Pembelaran Scaffolded Reading Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pandan Nauli Kab. Tapanuli Tengah Tahun Pembelajaran 2013/2014 Nunung Susilowaty
Kode : Jurnal Bahasa Vol 3, No 4 (2014): KODE
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kjb.v3i4.1631

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scaffolded Reading terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pandan Nauli kabupaten tapanuli tengah tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 160 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan dari seluruh jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 30 orang siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pretest postest design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan rata-rata 67,6, standar deviasi 6,97, dengan berkategori baik 46,6 %, berkategori cukup 53,3%; Sedangkan hasil postest diperoleh rata-rata 79,3, standar deviasi 6,63, dengan berkategori sangat baik 36,6%, berkategori baik 43,3%, dan berkategori cukup 20%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh to sebesar 5.90, setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (30+30) – 2 = 58, dari df= 29 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.04 dan taraf signifikan 1% = 2.71. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2.71<5,09>2.04, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scaffolded Reading berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun Pembelajaran 2013/2014Kata Kunci : Scaffolded Reading, Membaca Intensif, Pengaruh, Model Pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 3 (2025): Kode: Edisi September 2025 Vol. 14 No. 2 (2025): Kode: Edisi Juni 2025 Vol. 14 No. 1 (2025): Kode: Edisi Maret 2025 Vol. 13 No. 4 (2024): Kode: Edisi Desember 2024 Vol. 13 No. 3 (2024): Kode: Edisi September 2024 Vol 13, No 3 (2024): Kode: Edisi September 2024 Vol 13, No 2 (2024): Kode: Edisi Juni 2024 Vol. 13 No. 2 (2024): Kode: Edisi Juni 2024 Vol 13, No 1 (2024): Kode: Edisi Maret 2024 Vol. 13 No. 1 (2024): Kode: Edisi Maret 2024 Vol 12, No 4 (2023): Kode: Edisi Desember 2023 Vol 12, No 3 (2023): Kode: Edisi September 2023 Vol 12, No 2 (2023): Kode: Edisi Juni 2023 Vol 12, No 1 (2023): Kode: Edisi Maret 2023 Vol 11, No 4 (2022): Kode: Edisi Desember 2022 Vol 11, No 3 (2022): Kode: Edisi September 2022 Vol 11, No 2 (2022): Kode: Edisi Juni 2022 Vol 11, No 1 (2022): Kode: Edisi Maret 2022 Vol 10, No 4 (2021): Kode: Edisi Desember 2021 Vol 10, No 3 (2021): Kode: Edisi September 2021 Vol 10, No 2 (2021): Kode: Edisi Juni 2021 Vol 10, No 1 (2021): Kode: Edisi Maret 2021 Vol 9, No 4 (2020): KODE Vol 9, No 3 (2020): KODE Vol 9, No 2 (2020): KODE Vol 9, No 1 (2020): Edisi Januari Vol 8, No 4 (2019): KODE Vol 8, No 3 (2019): KODE Vol 8, No 2 (2019): KODE Vol 8, No 1 (2019): KODE Vol 7, No 4 (2018): KODE Vol 7, No 3 (2018): KODE Vol 7, No 2 (2018): KODE Vol 7, No 1 (2018): KODE Vol 6, No 3 (2017): KODE Vol 6, No 1 (2017): KODE Vol 5, No 3 (2016): KODE Vol 6, No 4 (2017): KODE Vol 6, No 2 (2017): KODE Vol 5, No 2 (2016): KODE Vol 5, No 1 (2016): KODE Vol 4, No 4 (2015): KODE Vol 4, No 3 (2015): KODE Vol 4, No 2 (2015): KODE Vol 4, No 1 (2015): kode Vol 3, No 4 (2014): KODE Vol 3, No 3 (2014): KODE Vol 3, No 2 (2014): KODE Vol 3, No 1 (2014): KODE Vol 2, No 4 (2013): KODE Vol 2, No 3 (2013): KODE Vol 2, No 2 (2013): KODE Vol 2, No 1 (2013): KODE Vol 1, No 3 (2012): KODE Vol 1, No 2 (2012): KODE Vol 1, No 1 (2012): KODE More Issue