cover
Contact Name
Daengs
Contact Email
jurnaleko45@gmail.com
Phone
+62816535759
Journal Mail Official
jurnaleko45@gmail.com
Editorial Address
Universitas 45 Surabaya Jl Mayjend Sungkono 106 Surabaya, info@univ45sby.ac.id, (031) 56112 14; (031) 563 39 05
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
EKONOMIKA45
ISSN : 23546581     EISSN : 2798575X     DOI : 10.30640
Core Subject : Economy,
Ilmu Manajemen, Ilmu ekonomi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Informatika Terapan, Manajemen Bisnis, Manajemen Informatika Terapan, Ekonomi Bisnis, Sistem Informasi Bisnis, Ilmu Komputer Bisnis
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2015): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan" : 6 Documents clear
KEPUASAN PELANGGAN PADA USAHA JASA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN LUAR RUANG Didik Daryanto
EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2015): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.222 KB) | DOI: 10.30640/ekonomika45.v2i2.18

Abstract

Customer satisfaction is very important to a company's services, because satisfied customers will come back, buy more, spread the experience to another friend, and is willing to pay more to do business with a trusted provider. Efforts to maintain customer satisfaction one of which is to monitor what they want from the services that are presented. This study aimed to measure the level of customer satisfaction in the business of outdoor education and training, in which customer satisfaction is measured on the dimensions of perceived service and expected service. The population in this study is service users of the outdoor education and training at the Centre for Education and Training Managerial Behavior University of Wijaya Putra that training in January and June 2014, samples were taken by purposive random sampling technique amounts to 143 people. The variables of this study customer loyalty, service quality, perceived quality, perceived value, and customer expectation and customer complaints. Analysis of the data used is multiple linear regression analysis with hypothesis testing with the F test and t test. The expected outcome of this research is the acquisition of the factors that affect customer satisfaction on service providers of outdoor education and training, in terms of quality of service indicators (tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy). The results show that there is good agreement between the performance perceived by the user's expectations of the outdoor education and training services. These conditions can be considered satisfactory by management for the success of providing the best service to users of the service. Cartesian diagram determine the right strategy for the management to improve service quality are a top priority especially.
STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN SPESIALISASI INDUSTRI TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI Annisa Rahmawati
EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2015): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.738 KB) | DOI: 10.30640/ekonomika45.v2i2.19

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenonema Masalah Keagenan yang terjadi di dunia nyata. Dimana perusahaan memiliki pihak yang disebut Principal (pemilik perusahaan) dan Agent (Manajer perusahaan). Kedua pihak ini memiliki kepentingan yang berbeda. Kepentingan yang berbeda ini terkadang memicu agent untuk melakukan Earnings Management. Earnings Management adalah pilihan yang dibuat oleh manager terkait dengan kebijakan akuntansi, atau tindakan riil yang dapat mempengaruhi earnings agar manajer yang bersangkutan dapat mencapai tujuan pelaporan earning tertentu. (Scott. 2011: 423). Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur kepemilikan, ukuran kantor akuntan public, spesialisasi industry terhadap earnings management. Penelitian ini didasari oleh beberapa penelitian, Pertama, penelitian Gerayli, Yanersari dan Ma’atoofi (2011) tentang dampak kualitas audit terhadap earning management. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa ketika perusahaan di audit oleh kantor akuntan ternama maka kemungkinan diskresi akrual akan lebih kecil. Kedua, penelitian Bauhwede (2000) tentang dampak kualitas audit dan kepemilikan terhadap diskresi akrual manajemen. Dari penelitian ini ditemukan bahwa kualitas audit dan kepemilikan public berlaku sebagai konstrain pada income decreasing earning manajemen. Penelitian ketiga dilakukan pleh balsam. Krishnan dan yang (2003) tentang spesialisasi industry auditor terhadap kualitas earning. Dari penelitian ini ditemukan bahwa klien dari auditor yang memiliki spesialisasi industry memiliki DAC yang rendah dan ERC yang tinggi. Penelitian ini berbeda dengan penelitian terdahulu dalam hal bahwa penelitian terdahulu hanya memfokuskan pada satu hal yang mempengaruhi earning manajemen sedangkan penelitian ini mencoba untuk mengelaborasi beberapa variable yang tidak tercantum dalam penelitian tersebut untuk mendapatkan jawaban yang lebih detail terkait dengan hal yang mempengaruhi earning manajemen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari Perusahaan yang go publik dan telah dipublikasikan dan hasil pemeringkatan penerapan Good Corporate Governance yang dilakukan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG). Metode yang digunakan dalam pengolahan data dalam penelitian ini adalah metode regresi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa ternyata struktur kepemilikan yang terdiri dari kepemilikan institusional dan manajerial memiliki hubungan positif terhadap earnings manajemen sedangkan spesialisasi industry dan ukuran kantor akuntan public ternyata memiliki hubungan negative terhadap earnings manajemen
PENTINGNYA ANALISIS BIAYA KUALITAS TERHADAP KUANTITAS KERUSAKAN PRODUK PADA PT SAETI BETON PRACETAK DI GRESIK Diana Zuhroh
EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2015): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.622 KB) | DOI: 10.30640/ekonomika45.v2i2.20

Abstract

Persaingan bisnis yang begitu kompetitif saat ini menuntut setiap perusahaan untuk mampu bersaing, agar perusahaan bisa bertahan hidup, berkembang dan mencapai tujuan yang diinginkan yaitu memperoleh laba yang optimal. Oleh karena itu peranan akuntansi manajemen dalam masalah pengendalian kualitas atas produk yang dihasilkan menjadi perhatian utama. Pelaksanaan pengendalian kualitas tidak lepas dari biaya kualitas yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, karena untuk menghasilkan kualitas yang tinggi dibutuhkan biaya kualitas yang terdiri dari biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan baik internal maupun eksternal. Kegiatan pengendalian tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas sehingga diperoleh output yang benar-benar baik, sehingga akan menekan atau mengurangi jumlah produk yang rusak, karena apabila dalam proses produksi banyak terjadi produk rusak, maka perusahaan akan mengalami kerugian yang diakibatkan oleh banyaknya biaya, tenaga waktu yang dikeluarkan. Dengan dikeluarkannya biaya kualitas diharapkan dapat menekan kerugian yang disebabkan oleh produk rusak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan alasan tidak menggunakan pengujian statistik Ruang lingkup penelitian ini yaitu membahas pengendalian kualitas dan biaya kualitas untuk produksi jenis square pile. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya kualitas yang telah dikeluarkan perusahaan sudah cukup efisien karena perbandingan total biaya kualitas terhadap penjualan masih dibawah standar yang ditetapkan yaitu 2,5 % dimana pada tahun 2012 sebesar 1,39 %, tahun 2013 sebesar 1,58 % dan tahun 2014 sebesar 1,18 % dari penjualan.Dan tingkat kerusakan produk dari tiga tahun tersebut menurun dan masih dibawah standar yang ditetapkan yaitu 1 %, dimana pada tahun 2012 sebesar 0,47 %, tahun 2013 sebesar 0,62 % dan tahun 2014 sebesar 0,45 %.
KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA SAMARINDA Eddy Soegiarto K; Titin Ruliana
EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2015): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.501 KB) | DOI: 10.30640/ekonomika45.v2i2.21

Abstract

Regional Water Company (It’s call PDAM) running the company well, especially the increase in the company's performance. PDAM performance as the Regional Owned Enterprises (enterprises) influenced by PDAM ability to pay debts of the company. It is known that the debts PDAM Samarinda enough to affect the revenues and costs, water treatment that requires no small cost that makes spending much of the income (profit) derived from the sale of water of PDAM Samarinda city. Improvements continue dilalukan so that the performance of PDAM Samarinda city increased through the classification level of success PDAM. The purpose of this study was to analyze the development of financial performance PDAM of Samarinda city based Kepmendagri No. 47 of 1999 from the year 2011 up to 2012. Based on the assessment of performance has been analyzed, that the value obtained for the year 2011 and the year 2012 is 35 with a weighting of 27.25%. Judging from the values obtained and the weight is known that the performance of financial performance PDAM Samarinda is well in the year 2011 to the year 2012, but otherwise has not reached its maximum value and performance weight based Kepmendagri No. 47 of 1999 which is the value of 60
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. PILAR LANGGENG SEJAHTERA Dwi Prihantono
EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2015): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (852.796 KB) | DOI: 10.30640/ekonomika45.v2i2.22

Abstract

This study aims to determine simultaneously the influence of corporate culture on employee performance and motivation, knowing the partial effect of corporate culture and motivation on employee performance and determine the dominant variable affecting the performance of employees of PT. Pilar Langgeng Sejahtera. This study uses a quantitative approach, the research is more emphasis on the objective measurement of the social phenomenon with a shot in the PT. Pilar Langgeng Sejahtera. Malang and the sample is determined by sampling a total of 61 employees. Variables in this research is Corporate Culture, Employee Motivation and Performance. The data analysis technique used is to use Regression Analysis, F test and t test. Based on the calculation t test that has been done can be seen that the independent variables partially significant effect on the dependent variable. It is known from tcount independent variables that have a greater value than ttable. Regression coefficient of each independent variable is X1: 0.986; X2: 0.181 -1.749 constant. Corporate culture variables (X1) is a variable that dominant influence on employee performance with a beta value of 0.986. Meanwhile, the value of R2 is 0.927, which means that the independent variables affect significantly by 92.7% to the dependent variable, while the remaining 7.3% is influenced by other variables outside the research variables.
FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN: ( Studi Kasus Kualitas Pelayanan di Hotel X Surabaya Retno Susanti
EKONOMIKA45 :  Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2015): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.342 KB) | DOI: 10.30640/ekonomika45.v2i2.23

Abstract

Seiring perkembangan pariwisata dan pertumbuhan industri perhotelan yang semakin pesat menimbulkan persaingan yang yang mengharuskan manajemen hotel mengadakan inovasi baik dalam produk, layanan dan fasilitas yang dimiliki. Manajemen yang cermat akan selalu membuat deferensiasi untuk memiliki keunggulan bersaing ( competitive Advantage ) yang sukar ditiru oleh kompetitornya. Pada dasarnya hampir semua hotel memiliki fasilitas yang sama, yang membedakan salah satunya adalah kualitas layanan yang dimilikinya. Dalam perkembangannya kualitas layanan juga mengalami persaingan karena hampir setiap hotel telah mengembangkan berbagai bentuk pelatihan kualitas pelayanan yang dimiliki untuk memberikan layanan terbaik kepada para tamunya. Karena kualitas pelayanan yang diberikan hotel sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan tamu atau pelanggan dimana dapat terpenuhinya harapan atau keinginan konsumen terhadap produk atau pelayanan yang diberikan. Dan salah satu department yang sering berhubungan langsung dengan tamu adalah Front Office atau Kantor Depan hotel. Front Office adalah salah satu departemen di hotel yang secara operasional langsung berhubungan dengan tamu dan merupakan pusat dari semua operasional di hotel. Front Office merupakan kesan pertama bagi para tamu ( visitor ) yang datang dan kesan tersebut dapat berpengaruh terhadap baik buruknya citra suatu hotel. Peran Front Office dalam membentuk dan membangun citra suatu hotel maka dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanannya yang dipengaruhi oleh jasa yang diharapakan ( expected service ) dan jasa yang diterima atau dirasakan (Preceived service ) sesuai dengan harapan konsumen, Dengan demikian baik tidaknya kualitas jasa atau pelayanan tergantung pada kemampuan penyedia jasa dalam memenuhi harapan konsumen secara konsisten.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 1 (2025): Desember : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 12 No. 2 (2025): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 12 No. 1 (2024): Desember : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 11 No. 2 (2024): Juni : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 11 No. 1 (2023): Desember : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 10 No. 2 (2023): Juni : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 10 No. 1 (2022): Desember : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 9 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 9 No. 1 (2021): Desember : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 8 No. 2 (2021): Juni : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 8 No. 1 (2020): Desember : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 7 No. 2 (2020): Juni : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 7 No. 1 (2019): Desember: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 6 No. 2 (2019): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 6 No. 1 (2018): Desember: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 5 No. 2 (2018): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 5 No. 1 (2017): Desember: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 4 No. 2 (2017): Juni : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 4 No. 1 (2016): Desember: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 3 No. 2 (2016): Juni : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 3 No. 1 (2015): Desember: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 2 No. 2 (2015): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 (2014): Desember: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 1 No. 2 (2014): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan Vol. 1 No. 1 (2013): Desember: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan More Issue