cover
Contact Name
Aprezo Pardodi Maba
Contact Email
aprezopm@gmail.com
Phone
+6282289566677
Journal Mail Official
aprezopm@gmail.com
Editorial Address
Jl. Penyu RT. 020 RW. 008 Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Berkala Ilmiah Pendidikan
Published by Kuras Institute
ISSN : -     EISSN : 27755312     DOI : https://doi.org/10.51214/bip
Core Subject : Education,
Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with environmental education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): Berkala Ilmiah Pendidikan" : 5 Documents clear
Visioner Kepemimpinan Rektor/Ketua Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Dalam Meningkatkan Sikap Profesionalisme Dosen Mahrus Ali; Syahri Syahri
Berkala Ilmiah Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Berkala Ilmiah Pendidikan
Publisher : Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51214/bip.v3i1.541

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk membahas visioner kepemimpinan rektor/ketua perguruan tinggi agama Islam swasta dalam meningkatkan sikap profesionalisme dosen. Visioner pemimpin dalam perguruan tinggi agama Islam swasta sangat dibutuhkan dan bersifat penting untuk menjaga etos kinerja dosen-dosen profesional guna menghasilkan mutu pendidikan yang unggul. Metode dalam penelitian ini ialah library research dengan pendekatan filosofis. Teknik pengumpulan datanya yaitu dokumentasi dan kajian literatur yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitiannya meliputi: 1) Visioner kepemimpinan rektor/ketua PTAIS dalam meningkatkan profesionalisme dosen dapat ditinjau dari kemampuan rektor/ketua untuk mengembangkan dan memajukan kampusnya dengan melakukan berbagai cara, diantaranya menyusun visi dan misi kampus yang disepakati juga oleh seluruh elemen masyarakat, mengadakan kegiatan workshop dan pelatihan peningkatan kompetensi dan profesi kepada dosen-dosennya, mengadakan kegiatan peningkatan kompetensi dan bakat minat kepada mahasiswa, menggunakan kurikulum terbaru sesuai dengan peraturan dan penetapan jaringan kerjasama dengan berbagai kampus lain. 2) Kemampuan berfikir inovatif rektor/ketua PTAIS dengan merumuskan ide-ide baru dalam bidang profesionalisme dosen khususnya (bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat), kemudian menciptakan budaya kerja yang kondusif, membangun kebersamaan dan kekeluargaan dengan mengajak dosen melakukan kegiatan positif.
Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Di MA Terpadu Nurul Qodiri Lampung Tengah Nurul Khotimah; Mispani Mispani; Hanif Amrulloh; Dedi Setiawan
Berkala Ilmiah Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Berkala Ilmiah Pendidikan
Publisher : Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51214/bip.v3i1.545

Abstract

Guru atau pendidik memiliki kewajiban membekali anak-anak atau peserta didik dengan sebuah aqidah dan juga akhlak dengan tujuan terbentuknya suatu nilai-nilai karakter pada diri anak. Dalam penelitian ini akan dipelajari strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter di MA terpadu nurul qodiri lampung tengah. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai karakter yang tercermin dari siswa MA Terpadu Nurul Qodiri antara lain religious; integritas; mandiri; nasionalis; dan gotong royong. Strategi yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam membentuk nilai-nilai karakter kepada siswa antara lain pembiasaan shalat dhuha; nasihat dan motivasi; tugas tambahan; kerja kelompok; dan presentasi tugas.
Peran Orang Tua Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Anak Sejak Dini Di RT 005/RW 005 Gaya Baru III Muh. Alifiyyul Anfi; M. Sayyidul Abrori; Haikal Haikal
Berkala Ilmiah Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Berkala Ilmiah Pendidikan
Publisher : Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51214/bip.v3i1.550

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam membentuk akhlakul karimah anak sejak dini, bagaimana cara yang baik dalam mendidik anak, serta faktor-faktor yang mempengaruhi akhlak anak. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif lapangan. Penelitian ini dilaksanakan Di Desa Gaya Baru III, tepatnya pada Alamat Jl. Bratasena RT 005/RW 005 Desa Gaya Baru III Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung. Adapaun subjek pada penelitian ini yaitu: Tokoh masyarakat, Para orang tua, dan Anak-anak usia dini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara (Interview), Dokumentasi. Teknik Analisa Data yang digunakan yaitu dengan Reduction Data (reduksi data), Display Data (penyajian data), Conculasion Drawing/Verification. Hasil dari penelitian ini meliputi: Pertama, peran orang tua dalam membentuk akhaluk karimah anak sejak dini dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasihat dan hukuman. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam membentuk akhlakul karimah anak sejak dini yaitu: 1) Faktor Internal (faktor bawaan yang berasal dari diri sendiri), 2) Faktor Eksternal (faktor yang berasal dari luar). Ketiga, Urgensi peran orang tua dalam membentuk akhlakul karimah anak sejak dini sangatlah relevan perannya dalam mendidik karakter anaknya karena pendidikan akhlak yang diberikan orang tua sejak dini akan tetap melekat pada kepribadian anak dan tidak akan mudah berubah sampai anaknya dewasa.
Pemahaman Sejarah Sebagai Penguatan Cinta Tanah Air dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam Wahid Tuftazani Rizqi
Berkala Ilmiah Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Berkala Ilmiah Pendidikan
Publisher : Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51214/bip.v3i1.565

Abstract

Indonesia, which is known as a country with the largest Muslim majority in the world, has a history steeped in elements of tolerance. However, at present, many incidents have actually harmed the value of tolerance, for example, the issue of radicalism and the issue of terrorism. There needs to be a re-understanding of the history of the founding of this nation so that future generations can understand that the nation's founding fathers already had a sense of love for the motherland and an attitude of respect for differences. This research is qualitative and relies on library research. The approach used is a historical approach, with the data collection method using the documentation method and the data analysis using content analysis. The results of the study show that there are values of love for the motherland in the form of defending the country, participating in efforts to defend the country, and respecting human rights. This value also has relevance to Islamic Religious Education, especially in the teaching materials in SMA Class XII.
Evaluasi Program Kelas Olimpiade dengan Metode Cipp (Context, Input, Process, Product) di MTs PPMI Assalaam Sukoharjo Wihdan Jefri Lazuardi Baihaqi El-Haq; Nur Fadhilah Al-Karimah
Berkala Ilmiah Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Berkala Ilmiah Pendidikan
Publisher : Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51214/bip.v3i1.577

Abstract

The Education Service Program in this case is the Olympic Class, which is one of several excellent programs at MTs PPMI Assalaam Sukoharjo. Every activity in this program can maximize the ability of students in the field of science and motivate them to master and develop the field of science. Every student who takes part in this program is expected to be able to develop scientific potential to compete in cognitive competitions.The process of implementing the Olympic Class at MTs PPMI Assalaam, is very important for evaluation. The appropriate model for carrying out program evaluation is the CIPP evaluation model (context, input, processes, product). The results of the CIPP evaluation will later explain whether this program can be continued or improved for the advancement of the Olympic Class.This research was conducted qualitatively with the aim of obtaining data and analyzing the implementation and program evaluation policies in the relevant places based on the scope of the program evaluation. Data collection was taken by observation, interviews and documents.This research describes that the evaluation of the Olympic Class is divided into four evaluations 1) context evaluation, namely the Olympic class has a goal in the form of a vision and mission and the goal is to jump-start the potential of students who have more abilities in science, social, foreign languages, and technology, 2) input evaluation namely the competence possessed by ustadz and ustadzah in the Olympic class in teaching is very good, while for students they have good types of abilities in learning and understanding lessons, 3) process evaluation, namely the implementation of the Olympic class program goes well according to what has been programmed by the institution, 4 ) product evaluation, namely the achievement of the achievement targets for students obtained in competitions both locally, nationally and internationally have made many results. This study recommends whether the Olympic Class Education service program at MTs PPMI Assalaam Sukoharjo continues or cannot be continued.

Page 1 of 1 | Total Record : 5