cover
Contact Name
Aprezo Pardodi Maba
Contact Email
aprezopm@gmail.com
Phone
+6282289566677
Journal Mail Official
aprezopm@gmail.com
Editorial Address
Jl. Penyu RT. 020 RW. 008 Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Berkala Ilmiah Pendidikan
Published by Kuras Institute
ISSN : -     EISSN : 27755312     DOI : https://doi.org/10.51214/bip
Core Subject : Education,
Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues concerned with environmental education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2023): Berkala Ilmiah Pendidikan" : 5 Documents clear
Studi Literatur Review: Pemahaman Teori Relativitas Einstein Dalam Konteks Al-Qur’an dan Sains Moch. Zainal Arifin Hasan; Alfin Auliya
Berkala Ilmiah Pendidikan Vol. 3 No. 3 (2023): Berkala Ilmiah Pendidikan
Publisher : Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51214/bip.v3i3.731

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan teori relativitas einstein berdasarkan peristiwa-peristiwa yang berkaitan dalam konteks al-qur’an dan sains. Hal ini didasari akan maraknya umat islam yang kurang pemahaman terhadap peristiwa-peristiwa ataupun ayat al-qur’an yang berkaitan dengan teori relativitas Einstein. Penelitian kali ini menggunakan metode Prisma Protocl meliputi identifikasi, screening, kelayakan, dan inklusi (Alias et al., 2018). Hasil analisis penelitian ini meliputi; 1) Perjalanan Isra' Nabi Muhammad shallallahu’alaihi wassalam dimulai dengan badan Nabi diubah menjadi badan cahaya, yang dikenal sebagai reaksi Annihilasi dalam fisika kontemporer. Kemudian perjalanan terus berjalan dengan kecepatan yang melebihi cahaya, sehingga Nabi SAW, Jibril, dan Buraq tiba dengan cepat di Masjidil Aqsha; 2) Kisah Aṣḣâbul Kahfi adalah salah satu kisah yang dapat dijelaskan dengan konsep realitivitas Al-Kindy. Dalam ayat 25 dari surah Al-Kahfi, dijelaskan bahwa Allah ingin menunjukkan tanda-tanda ke-Agungan-Nya yang tiada tara dan sifat-sifat kebesaran-Nya, yang telah menidurkan Aṣḣâbul Kahfi selama 309 tahun; 3) Dilatasi waktu teori relativitas Einstein berdasarkan peristiwa dan beberapa ayat al-qur’an bahwasanya waktu berdasarkan ukuran manusia berbeda dengan waktu berdasarkan ukuran Allah yang di tuangkan dalam al-qur’an. Waktu berdasarkan ukuran manusia dihitung dengan mempertimbangkan peredaran ataupun rotasi bulan terhadap bumi dan bumi terhadap matahari; 4) Dilihat dari kemajuan sains, konsep kecepatan waktu dalam teori relativitas Einstein didefinisikan sebagai "relativitas waktu" atau "dilatasi waktu" dari efek relativitas dalam teori relativitas Einstein. Teori relativitas khusus menyebabkan dilatasi waktu, di mana dua pengamat yang bergerak relatif terhadap satu sama lain akan melihat waktu mereka berbeda. Dengan kata lain, pengamat yang diam terhadap titik acuan akan melihat waktu berjalan lebih cepat, sedangkan pengamat yang bergerak terhadap titik acuan akan melihat waktu bergerak lebih lambat.
Menguasai Keterampilan Dasar Mengajar: Panduan untuk Pendidik yang Efektif Fadilah, Lutfi
Berkala Ilmiah Pendidikan Vol. 3 No. 3 (2023): Berkala Ilmiah Pendidikan
Publisher : Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51214/bip.v3i2.1091

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat pedoman yang komprehensif dan berguna bagi pendidik untuk membantu mereka menguasai keterampilan dasar mengajar yang efektif. Di era pendidikan yang terus berubah, kualitas pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru dalam menyampaikan materi. Penelitian ini mencakup tinjauan literatur menyeluruh tentang berbagai keterampilan dasar mengajar dan seberapa efektif peran pendidik. Analisis literatur dan wawancara dengan guru berpengalaman adalah contoh metode yang digunakan. Penelitian ini menghasilkan pedoman praktis yang mencakup metode untuk meningkatkan keterampilan dasar mengajar seperti perencanaan pembelajaran, pengelolaan kelas, komunikasi yang efektif, penilaian, dan umpan balik. Panduan ini dibuat untuk memungkinkan pendidik menerapkan keterampilan mengajar dengan lebih percaya diri dan efektif setelah memahami tuntutan dan tantangan aktual di lapangan. Panduan ini dimaksudkan untuk berfungsi sebagai sumber daya dengan fokus pada keterampilan dasar ini, panduan ini diharapkan menjadi sumber daya berguna bagi pendidik di berbagai tingkat dan konteks pendidikan untuk meningkatkan kualitas pengajaran, memperkuat hubungan antara guru dan siswa, dan berdampak positif pada pencapaian dan pengembangan siswa
Modernisasi Pendidikan Agama Islam di Indonesia Sebuah Keniscayaan Heni Yuliana Wati
Berkala Ilmiah Pendidikan Vol. 3 No. 3 (2023): Berkala Ilmiah Pendidikan
Publisher : Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51214/bip.v3i3.1311

Abstract

Modernisasi pendidikan agama Islam merupakan suatu upaya dalam melaksanakan proses perubahan komponen-komponen sistem pendidikan Islam, mulai dari kurikulum, materi ajar, metodologi dan sebagainya serta perubahan dari konsep pendidikan Islam yang klasik atau tradisional ke arah yang lebih baik tersistem dan profesional sesuai dengan kondisi yang ada pada saat itu. Sebuah keniscayaan terhadap modernisasi pendidikan agama Islam tidak menutupi adanya permasalahan-permasalahan yang timbul akibat ketidak siapan individunya maupun kelompoknya. Dalam hal ini ada beberapa problematika yang muncul dan dapat diidentifikasi, diantaranya rendahnya kualitas tenaga pendidik, tidak mengedepankan jiwa profesional dalam bertugas sebagai guru, kurangnya reward (penghargaan) masyarakat terhadap profesi guru, dan tingkat kesejahteraan kehidupan guru relatif masih rendah.
Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini Rahayu, Resty; Maba, Aprezo Pardodi; Ariyati, Ika
Berkala Ilmiah Pendidikan Vol. 3 No. 3 (2023): Berkala Ilmiah Pendidikan
Publisher : Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51214/bip.v3i3.1015

Abstract

Penggunaan gadget secara terus-menerus akan berdampak buruk pada pola perilaku anak dalam kesehariannya sehingga, menjadikan anak ketergantungan terhadap penggunaan gadget. Maka dari itu, penggunaan gadget pada anak usia dini perlu mendapatkan perhatian khusus dari para orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh gadget terhadap perkembangan sosial pada anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana yang dilakukan di TK Widya Bhakti Terbanggi Besar dengan melibatkan sampel sebanyak 10 siswa dari jumlah populasi 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan tehnik simple random sampling. Penelitian ini menunjukan nilai koefisien determinasi .533 dengan tingkat signifikansi .281 > 0.05 korelasi sebesar .730 dan Alfa Crombach sebesar (.94). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari gadget terhadap perkembangan sosial pada anak usia dini di TK Widya Bhakti di Terbanggi Besar
Hidroterapi Wudhu Sebagai Manfaat Kesehatan Fisik dan Mental Andika Saputra
Berkala Ilmiah Pendidikan Vol. 3 No. 3 (2023): Berkala Ilmiah Pendidikan
Publisher : Scidac Plus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51214/bip.v3i3.1218

Abstract

Wudhu merupakan ritual penyucian dalam Islam yang dilakukan sebelum beribadah, yang ternyata juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan dalam perspektif medis dan psikologis. Praktik ini dapat dikaji sebagai bentuk hidroterapi sederhana, karena kontak air dengan tubuh memberikan efek positif pada kesehatan fisik dan mental. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat hidroterapi wudhu bagi kesehatan fisik dan mental, serta bagaimana praktik ini dapat dijadikan sebagai solusi terapi mandiri yang terjangkau. Metodologi yang digunakan adalah studi literatur yang mencakup kajian teoritis dari penelitian ilmiah terkait wudhu dan manfaat hidroterapi pada kesehatan manusia, serta analisis reflektif mengenai pengalaman spiritual yang dirasakan oleh individu yang rutin berwudhu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wudhu memiliki manfaat yang signifikan dalam meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kebersihan kulit, merangsang titik refleksi pada kaki, serta menurunkan tingkat stres dan meningkatkan keseimbangan emosi. Dari segi spiritual, wudhu juga berfungsi untuk penyucian jiwa dan memperbaharui niat yang membawa dampak positif pada kesehatan mental. Dengan demikian, hidroterapi wudhu merupakan praktik yang tidak hanya memenuhi kebutuhan spiritual tetapi juga mendukung kesejahteraan fisik dan mental.

Page 1 of 1 | Total Record : 5