cover
Contact Name
yogi prasetyo
Contact Email
yogiprasetyo@upi.edu
Phone
+6285798988077
Journal Mail Official
ijdb@upi.edu
Editorial Address
Jl. Dadaha No.mor 18, Kahuripan, Kec. Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat 46115 Phone: 085798988077
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Digital Business
ISSN : 27980014     EISSN : 27982432     DOI : -
Marketing Management Human Resource Management Financial Management Strategic Management Accounting Entrepreneurship Software engineering Data Mining Iot Multimedia and Game Database Technologies and Applications AI/ML Data Science Information technology
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2022): Indonesian Journal of Digital Business" : 5 Documents clear
Pengaruh Etos Kerja, Evaluasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Bank BPR Di Wilayah Kota Tasikmalaya Riki Fauzi Somantri
Indonesian Journal of Digital Business Vol 2, No 2 (2022): Indonesian Journal of Digital Business
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijdb.v2i2.51879

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis etoskerja, evaluasi kerja, lingkungan kerja dan kinerja pegawai pada BankBPR di Wilayah Kota Tasikmalaya. Pengaruh etos kerja, evaluasi kerjadan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Bank BPR diWilayah Kota Tasikmalaya baik secara parsial maupun simultan. Metodepenelitian yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulandata dilakukan melalui wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Teknikpengambilan sampel menggunakan random sampling dengan populasipegawai Bank BPR di Wilayah Kota Tasikmalaya yaitu sebanyak 147responden. Data yang telah diperoleh dianalisa dengan menggunakananalisis jalur. Berdasarkan hasil analisis data bahwa etos kerja, evaluasikerja dan lingkungan kerja berpengaruh secara signifikan terhadapkinerja pegawai pada Bank BPR di Wilayah Kota Tasikmalaya baiksecara parsial maupun simultan
SISTEM BERBASIS INTERNET OF THINGS “VALERIA SMART CLASS” Varinia Azkarin; Andrian Wijaya; yogi prasetyo
Indonesian Journal of Digital Business Vol 2, No 2 (2022): Indonesian Journal of Digital Business
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijdb.v2i2.51947

Abstract

Di era revolusi 4.0, manusia sudah menggunakan internet sebagai alat mempermudah pekerjaan dan komunikasi. Internet sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita, mulai dari membeli kebutuhan makanan, memesan transportasi, dan mencari informasi dimana semua memerlukan internet dan aplikasi. Perkembangan saat ini menuntut untuk beradaptasi dengan segala sesuatu digital. Seiring perkembangan zaman, bisnis juga mengalami perubahan, salah satunya dalam aspek bisnis digital. Bisnis ini sering mengalami perubahan seiring waktu. Startup sendiri memiliki tim yang sedikit. Akan tetapi, memiliki visi dan misi, serta keidealisme dalam membuat produk yang cepat. Sejalan dengan perkembangan Bisnis Digital atau startup ini, sudah dipastikan membutuhkan talenta digital yang kompeten digital yang diperlukan. Kominfo adalah kementerian yang bertugas melakukan PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) di Indonesia melakukan terobosan melalui Digital Talent Scholarship. Sesuai mandat Presiden Joko Widodo, dengan adanya Digital Talent diharapkan dapat meningkatkan kapasitas SDM digital yang unggul dan berkualitas.
ANALISIS PERMASALAHAN BISNIS FASHION: STUDI KASUS YAYUKU.ID Jesika Tamaria
Indonesian Journal of Digital Business Vol 2, No 2 (2022): Indonesian Journal of Digital Business
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijdb.v2i2.55924

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membantu menganalisis sebuah UMKM di kota Tasikmalaya sehingga problem terkaitdengan usahanya dapat teratasi dan diharapkan dapat terusberkembang. UMKM memiliki peran sentral dalam perekonomianIndonesia. UMKM mendukung pengembangan sektor ekonomi.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatifdeskriptif. Teknik engumpulan data melalui wawancara, kajianliteratur, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan bisnis fashion lebih pada keamanan digital,marketing digital, sumber daya manusia (SDM). Implikasi daripenelitian ini adalah pemanfaatan teknologi digital pada UMKMakan membantu peningkatan daya beli dan promosi bisnis
PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PEMASARAN UMKM KULINER DARI KONVENSIONAL MENUJU ERA DIGITAL Dhea Febrianti; Adi Prehanto
Indonesian Journal of Digital Business Vol 2, No 2 (2022): Indonesian Journal of Digital Business
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijdb.v2i2.55925

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat merubahsegala aspek kehidupan kita menjadi serba digital. Pandemic Covid-19 mengharuskan segala aktivitas dilakukan secaradigital semakin tinggi. Kebiasaan menggunakan media digital pun mulai dirasakan semua orang, salah satunya UMKM,dimana para UMKM berusaha untuk terus berinovasi danmenyesuaikan antara usahanya dan zaman yang ada supayatetap eksis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan UMKM kuliner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukanmelalui wawancara dan kajian literatur. Hasil penelitianyang temukan adalah beberapa pelaku usaha kuliner sudahmelakukan usaha dari konvensional menjadi digital marketing, terutama pada promosi. Implikasi pada penelitian iniadalah melalui pemanfaatan strategi marketing digital
Techno-Economic Analysis in The Production of Copper Nanoparticles with Chemical Reduction Methods using L-Ascorbic Acid Rahmahani Alfathia Fadhilah; Muhammad Roil Bilad2
Indonesian Journal of Digital Business Vol 2, No 2 (2022): Indonesian Journal of Digital Business
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/ijdb.v2i2.55926

Abstract

Copper  nanoparticles  (Cu-NPs)  are  a  type  of  nanoparticles with various industrial applications. The synthesis of copper nanoparticles  by  the  chemical  reduction  method  is environmentally  friendly,  simple,  and  produces  better nanoparticles compared to other methods. This study aims to determine the feasibility of a Cu nanoparticle manufacturing project through a chemical reduction method using L-ascorbic acid on an industrial scale and evaluate it from an engineering and  economic  perspective.  Technical  analysis  is  carried  out using  a  simple  balance  sheet  analysis  while  the  economic evaluation is carried out using several economic parameters, such as Payback Period (PBP), Break-even Point (BEP), and Cumulative  Net  Present  Value  (CNPV).  The  carried-out analysis  is  supported  by  using  data  taken  based  on  the availability of tools on online shopping websites. The results of the study show that this project is profitable and feasible to run with the anticipation of taxes and sales. This research is expected  to  provide  an  industrial  scale  representation  of  the economic  evaluation  and  plan  of  the  production  of  Cu nanoparticles  by  chemical  reduction  method  using  L-Ascorbic Acid.

Page 1 of 1 | Total Record : 5