cover
Contact Name
Agung Kurniawan
Contact Email
agung09jaya@gmail.com
Phone
+6285377803300
Journal Mail Official
jsp_proditari@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1 Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Seni dan Pembelajaran
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 27152138     DOI : -
SP is a journal containing the results of research/non-research studies related to arts, including fine arts, performing arts, the arts of film, and also about arts education. JSP is a collection of research, literal study, performing art review, art studies, and critical study in Indonesia. JSP is published twice a year in April and October by the Dance Education Study Program in Faculty of Teacher Training and Education of Lampung University (UNILA). The journal welcomes articles from a wide range of theoretical and methodological approaches to research, and encourages submissions from the broader fields of education and the arts that are concerned with learning through art and creative education.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Seni dan Pembelajaran" : 3 Documents clear
Analisis SWOT Pada Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung Hanisa O. Jati; Indra Bulan; Lora Gustia Ningsih
Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Seni dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Seni dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengidentifikasi faktor-faktor permasalahan yang terdapat pada ekstrakurikuler seni tari dengan menggunakan analisis SWOT seperti kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kekuatan utama yaitu pelatih yang sudah berkompeten di bidangnya, kelemahan utama yaitu support yang lemah dari pihak sekolah, peluang utama yaitu terdapat perlombaan dari FLS2N dan event seni lainnya yang dapat memberikan kemajuan pada ekstrakurikuler seni tari, ancaman utama yaitu ketika melihat ekstrakurikuler lain secara perlahan berprestasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi peningkatan yang tepat untuk dapat diterapkan oleh ekstrakurikuler seni tari di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung yaitu strategi SO (Strength-Opportunity). Alternatif strategi yang dapat digunakan yaitu meningkatkan kualitas latihan, melakukan laporan evaluasi, memperluas informasi kompetisi. Kata kunci: Analisis SWOT, Ekstrakurikuler, Seni Tari.
Implementasi Pembelajaran Daring Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tari di SMP Negeri 11 Bandar Lampung Fitri Daryanti; Indra Bulan
Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Seni dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Seni dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teori belajar kognitif dan konsep pembelajaran daring. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pembimbing ekstrakurikuler tari dan siswa kelas VIII yang berjumlah 10 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tiga tahapan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pembelajaran daring pada kegiatan ekstrakurikuler tari berupa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan proses kegiatan ekstrakurikuler tari yang dilakukan secara daring, dapat diketahui implementasi pembelajaran daring pada kegiatan ekstrakurikuler tari tidak terlaksana secara maksimal karena keterbatasan media dan materi, serta kendala yang dialami oleh guru dan siswa, seperti sinyal yang kurang stabil pada pertemuan daring melalui aplikasi zoom menyebabkan praktik tari yang dilakukan menjadi tidak terlaksana secara maksimal. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya antusias siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari secara daring.  Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Ekstrakurikuler Tari.
Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Labuhan Maringgai Lora Gustia Ningsih; Fitri Daryanti; Indra Bulan
Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Seni dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Seni dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran seni budaya dikarenakan wabah covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran seni budaya di SMP negeri 1 Labuhan Maringgai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan 31 siswa kelas VIII 5 dan 24 siswa kelas VIII 7 SMP Negeri 1 Labuhan Maringgai. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data verifikasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran seni budaya dilaksanakan dengan aturan protokol kesehatan dan pembelajaran  berlangsung dengan metode blended learning, pada pembelajaran online guru menggunakan aplikasi Google classroom. Kata kunci: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Seni Budaya, Blended Learning

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 13, No 3 (2025): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 13, No 2 (2025): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 12, No 4 (2024): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 12, No 3 (2024): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 12, No 1 (2024): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 11, No 4 (2023): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 11, No 3 (2023): Junal Seni dan Pembelajaran Vol 11, No 2 (2023): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 10, No 4 (2022): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 10, No 2 (2022): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 9, No 2 (2021): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 8, No 4 (2020): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 7, No 4 (2019): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 7, No 3 (2019): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Seni Dan Pembelajaran Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Seni Dan Pembelajaran Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Seni Dan Pembelajaran Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 4, No 1 (2016): jurnal seni dan pembelajaran Vol 3, No 5 (2015): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 3, No 4 (2015): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Seni dan Pembelajaran Vol 3, No 2 (2015): jurnal seni dan pembelajaran Vol 3, No 1 (2015): jurnal seni dan pembelajaran Vol 2, No 3 (2014): jurnal seni dan pembelajaran Vol 2, No 2 (2014): jurnal seni dan pembelajaran Vol 2, No 1 (2014): jurnal seni dan pembelajaran Vol 1, No 4 (2013): jurnal seni dan pembelajaran Vol 1, No 3 (2013): jurnal seni dan pembelajaran Vol 1, No 2 (2013): jurnal seni dan pembelajaran Vol 1, No 1 (2013): jurnal seni dan pembelajaran More Issue