cover
Contact Name
Ina Sholihah Widiati
Contact Email
itcida@amikomsolo.ac.id
Phone
+6285728639647
Journal Mail Official
itcida@amikomsolo.ac.id
Editorial Address
LPPM STMIK Amikom Surakarta Jl Veteran Notosuman Singopuran Kartasura Sukoharjo 57164 Telp./Fax 0271-7851507
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah IT CIDA : Diseminasi Teknologi Informasi
Published by STMIK Amikom Surakarta
ISSN : 24778133     EISSN : 24778125     DOI : http://doi.org/10.55635/jic.v7i2
Core Subject : Science,
Jurnal IT CIDA adalah terbitan berkala ilmiah yang terbit 2 nomor per volume yang fokus pada bidang teknologi informasi, komunikasi dan komputer dalam bentuk akumulasi pengetahuan baru, pengamatan empiris atau hasil penelitian, dan pengembangan gagasan baru.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1: Juni 2020" : 5 Documents clear
Game Edukasi Interaktif Kisah Nabi Berbasis Open Source Oktaviani, Intan; Nofikasari, Indah; Mahbub, Hanif
Jurnal Ilmiah IT CIDA Vol 6 No 1: Juni 2020
Publisher : STMIK Amikom Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1264.782 KB) | DOI: 10.55635/jic.v6i1.114

Abstract

Belajar memiliki peranan penting dalam perkembangan mental, perilaku pola pikir siswa. metode pembelajaran yang manual membuat siswa menjadi cepat bosan dan malas dalam memperhatikan materi yang diberikan oleh para guru,sehingga minat belajar mereka semakin menurun. Maka untuk menangani hal tersebut dibuatlah media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat belajar para siswa seperti dibuatlah game edukasi sejarah kebudayaan islam “Kisah Nabi” berdasarkan kurikulum 2013 (K13). Penelitian menerapkan metode wawancara dan pustaka. Game edukasi ini disajikan dalam bentuk 2 Dimensi dengan game engine Open Source Lazarus. Metode pengembangan sistem menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, testing dan  distribution. Pengujian penelitian menggunakan pengujian Black Box dan pengujian kuisioner dengan jumlah keseluruhan 17 responden untuk mencoba menggunakan permainan edukatif. Berdasarkan hasil pengujian Black Box yang dilakukan bahwa aplikasi Edugame pengenalan 5 Nabi bergelar Ulul Azmi seluruh fungsi dan tombol dapat berfungsi dengan baik. Hasil penelitian White Box atau Beta Test yang dilakukan di SDIT Insan Mulia Surakarta dengan jumlah responden 17 orang menunjukkan bahwa 90,11% sangat setuju bahwa permainan edukatif sejarah kebudayaan islam “Kisah Nabi” mudah dimainkan, bermanfaat dan dapat dijadikan media pembelajaran.Kata Kunci : Multimedia, Game Edukasi, Open Source
Perancangan Web Desa dengan Framework Enterprise Architecture Planning pada Desa Kiringan-Takeran Kabupaten Magetan Mumtahana, Hani Atun; Shaniaputri, Alvin Risma; Saputra, Tobi Dwingko; Al-Ayyubi, Farras Raihan
Jurnal Ilmiah IT CIDA Vol 6 No 1: Juni 2020
Publisher : STMIK Amikom Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (775.065 KB) | DOI: 10.55635/jic.v6i1.105

Abstract

Administrasi pemerintahan  merupakan salah satu lembaga yang menjalankantata laksana pelaksanaan pelayanan yang mendukung dalam pengambilan keputusan yang dilakukan  pejabat pemerintahan yang berfungsi melakukan pengaturan administrasi, pelayanan publik, pembangunan wilayah, pemberdayaan sumberdaya dan perlindungan. Salah satu Misi Pemerintah kantor Desa Kiringan adalah memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu peningkatan kualitas pelayanan di Desa Kiringan adalah memberikan informasi yang lebih meluas pada masyarakat dan pelayanan pengajuan surat permohonan. Banyak kendala penyampaian informasi yang kurang efektif dan pelayanan surat permohonan yang menyita waktu. Berdasarkan permasalahan tersebut pada penelitian ini akan membangun Web Desa Kiringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempersingkat waktu pelayanan surat permohonan yang diajukan masyarakat dan penyampaian informasi secara tepat. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan melakukan analisa kondisi internal dan eksternal pemerintah Desa Kiringan, analisa kebutuhan proses bisnis, dan membuat pereencanaan desain Web Desa dengan Enterprise Architecture Framework. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan pengembangan web Desa Kiringan sesuai dengan proses bisnis yang berjalan berupa arsitektur data, architecture aplikasi, arsitekture teknologi, arsitekture SDM dan arsitekture kebijakan.
Analisis Desain Antarmuka Portal Pembelajaran Online Menggunakan Evaluasi Heuristik Bahariyani, Mareza; Widiati, Ina Sholihah
Jurnal Ilmiah IT CIDA Vol 6 No 1: Juni 2020
Publisher : STMIK Amikom Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (992.122 KB) | DOI: 10.55635/jic.v6i1.112

Abstract

Quipper School adalah portal pembelajaran online terintegrasi yang dibuat untuk mendukung guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang efektif. Pada penelitian ini akan menganalisis desain antarmuka portal pembelajaran Quipper School menggunakan 10 teori heuristik dari Nielsen. Evaluasi ini bertujuan untuk menganalisa kemudahan penggunaan Quipper School, sebab kemudahan penggunaan suatu sistem menandakan kualitas dari antarmuka suatu program. Berdasarkan hasil analisis antarmuka Quipper school menggunakan teori evaluasi heuristik secara umum sudah baik. Quipper School memenuhi 9 dari 10 kriteria kemudahan penggunaan secara desain tatap muka. Meski ada kriteria yang belum terpenuhi, hal tersebut masih dianggap ideal dan memenuhi standar fungsi kemudahan penggunaan Quipper School sebagai portal pembelajaran. Kata Kunci: Analisis, portal, quipper school, interface, heuristik.
Desa Net, Eksistensi Kelas Industri Dengan Layanan Internet Sebagai Konsep Pengembangan Teknologi Untuk Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Sekolah Tarbiyatun SR, Eny
Jurnal Ilmiah IT CIDA Vol 6 No 1: Juni 2020
Publisher : STMIK Amikom Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1004.089 KB) | DOI: 10.55635/jic.v6i1.111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pelaksanakan program pembelajaran di sekolah melalui kelas industri, yaitu penyedia jasa layanan Internet Service Provider (ISP) dalam bentuk mini ISP dengan menawarkan jasa layanan internet ke desa - desa di sekitar SMKN 1 Juwiring Klaten dengan murah yaitu Rp 150.000 / bulan. Dimana program dimulai dari tanggal 1 Agustus 2018 sampai bulan Nopember 2019. Untuk subyek dari program ini yaitu siswa kelas XI program keahlian Teknik komputer dan Jaringan tahun 2018 yang berjumlah 66 siswa, dan siswa tahun 2019 berjumlah 67 siswa, sehingga total 133 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, yakni untuk mengetahui keterlaksanaan selama proses program kemitraan Desa Net. Sedangkan hasil data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan data sebelum dan setelah pelaksanaan program. Pada pelaksanaanya dilakukan observasi, pengumpulan data-data, evaluasi, refleksi, dan melakukan perbaikan-perbaikan. Hal ini dilakukan bersama guru-guru yang berkompeten dalam program keahlian TKJ. Hasil penelitian didapat, perusahaan atau masyarakat yang bermitra dengan SMKN 1 Juwiring Klaten terdapat kenaikan, yang terlihat dari perbandingan jumlah kemitraan sebelum dengan sesudah pelaksanakan program kemitraan Desa Net tersebut. Dimana jumlah masyarakat yang mulai bekerja sama dengan SMKN 1 Juwiring dari tidak ada menjadi sebanyak 9 kepala keluarga dan 1 kelurahan. Bukan hanya itu, beberapa industri kecil juga mulai menanyakan layanan di sekolah karena tertarik. Selain itu hasil dari kemitraan dengan industry dan masyarakat terdapat peningkatan jumlah siswa yang di minta kerjasama untuk membantu masyarakat di sekitar sekolah yakni 55 siswa dari 133 siswa yang mengikuti program atau sekitar 41% . Kata Kunci : desa Net, layanan internet
Augmented Reality Kampanye Bahaya Merokok Berbasis Android Kapti, Kapti; Priyoatmoko, Wahyu
Jurnal Ilmiah IT CIDA Vol 6 No 1: Juni 2020
Publisher : STMIK Amikom Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (840.446 KB) | DOI: 10.55635/jic.v6i1.115

Abstract

Merokok merupakan rutinitas sebagian masyarakat, baik di rumah maupun di tempat umum. Sedangkan di STMIK Bina Patria Magelang aktivitas merokok masih bisa ditemui di kalangan mahasiswa. Hal ini  perlu untuk dicarikan penyelesaiannya. Penelitian ini memiliki tujuan Dapat merancang dan membangun Augmented Reality Kampanye Bahaya Merokok yang diaplikasikan di smartphone dengan OS Android”. Penelitian ini menggunakan metode perancangan dan pengembangan perangkat lunak MDLC. Enam tahapan yang dimikili MDLC antara lain : concept, design, material collecting, assembly, testing, distribution. Augmented Reality Kampanye Bahaya Merokok yang telah dibuat dapat menampilkan gambar 3d dampak rokok bagi tubuh manusia, menampilkan kandungan rokok dan menampilkan informasi bahaya rokok bagi tubuh manusia. Hasil Pengujian kuesioner  aplikasi ini menunjukkan 70% responden menyatakan bahwa aplikasi ini  layak. Hal ini membuat mereka sadar akan bahaya rokok. Kata Kunci: Android, Augmented Reality, Bahaya rokok, Media , Unity.

Page 1 of 1 | Total Record : 5