cover
Contact Name
Ubaidillah
Contact Email
ubai@uss.ac.id
Phone
+6285369933878
Journal Mail Official
ubai@uss.ac.id
Editorial Address
JL. Jend. Sudirman, Pahlawan, Kec. Kemuning, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30128
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Klik - Jurnal Ilmu Komputer
ISSN : -     EISSN : 27746151     DOI : -
Ilmu Komputer meliputi sub bidang : Aplikasi Ilmu Komputer, Grafika Komputer, Interaksi Komputer - Manusia, Jaringan Komputer dan Komunikasi, Kecerdasan Buatan, Perangkat Keras dan Arsitektur, Sistem Informasi, Perangkat Lunak, Visi Komputer dan Pengenalan Pola, Teori Komputasi dan Matematika.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2023): Klik - Jurnal Ilmu Komputer" : 3 Documents clear
Sistem Informasi Pendataan Sepeda Motor Pada PT Patria Pulau Harapan Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode System Devlopment Life Cycle Triesia, Diah; Dwipa, Ruswa; Anggraini, Mita
Klik - Jurnal Ilmu Komputer Vol. 4 No. 2 (2023): Klik - Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sumatera Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56869/klik.v4i2.550

Abstract

Komputer merupakan teknologi yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien, terutama di bidang penjualan dalam hal pendataan barang atau stok. Dengan komputer pendataaan barang bisa lebih terorganisir dengan baik dan stok dapat terpantau dengan meminimalisir terjadinya kesalahan perhitungan. PT. Patria Pulau Harapan merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan sepeda motor kredit dan cash khusus nya pada daerah banyuasin III. Saat ini proses transaksi penjualan masih dilakukan secara manual yaitu didata oleh sales, yang mana data pengajuan penjualan seperti form penjualan, kartu keluarga konsumen dan KTP konsumen difoto dan dikirim oleh sales melalui pesan Whatsapp pada admin kantor. Admin kantor yang selanjutnya mencatat data tersebut pada buku transaksi penjualan. Karena sistem ini masih kurang efektik maka penulis memberikan solusi dengan membangun Sistem Informasi Pendataan Sepeda Motor yang dapat diakses secara online. Dengan aplikasi ini proses pengajuan pembelian akan lebih cepat, cukup dengan mengisi data form pada aplikasi dan mengupload foto berkas yang diperlukan untuk diproses. Data pengajuan kemudian tersimpan kedalam bentuk database yang mudah untuk diakses dan dicari record datanya oleh admin untuk dilakukan proses pemesanan dan transaksi pembayaran. Data tersebut juga bisa diakses oleh kepala took untuk dibuat menjadi laporan secara otomatis oleh sistem aplikasi. Dalam proses pembuatan penulis menggunakan pengembangan sistem dengan pemodela SDLC (Software Development Life cycle) supaya proses produksi mengikuti tahapan-tahapan yang terarah agar aplikasi yang dibangun memiliki fungsi dan tampilan yang diharapkan dan bekerja dengan baik. Perancangan aplikasi dibantu dengan menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Languange) supaya penulis dapat menerangkan kerja alur sistem secara jelas dan membantu dalam proses pengcodean. Untuk proses pengujian penulis menggunakan metode blackbox testing yang akan menguji tiap fungsi menu yang terdapat pada aplikasi untuk mengecek apakah sudah berfungsi dengan baik atau masih ada error atau kesalahan teknis yang perlu untuk diperbaiki. setelah di uji setiap fungsi menunya maka didapatkan hasil pengujian menyatakan bahwa seluruh fitur yang diuji berstatus sukses berjalan sehingga dinyatakan bahwa aplikasi sudah layak untuk digunakan.
Penerapan Metode Text Mining dengan Chatbot Questions And Answer pada PT PLN (Persero) Sumatera Selatan Rohim, Abdur; Haviz Irfani, Muhammad; Ramadhan, Mustafa; Ubaidillah, Ubaidillah
Klik - Jurnal Ilmu Komputer Vol. 4 No. 2 (2023): Klik - Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sumatera Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56869/klik.v4i2.551

Abstract

Chatbot Questions and Answer (Q&A) telah menjadi alat yang sangat penting bagi perusahaan untuk memberikan dukungan dan layanan pelanggan yang cepat dan efektif. Namun, tantangan utama dalam pengembangan Chatbot Q&A adalah memastikan bahwa chatbot dapat memahami bahasa alami pengguna dan memberikan jawaban yang tepat. Dalam penelitian ini, metode Text Mining dan Natural Language Processing (NLP) diterapkan pada Chatbot Q&A untuk PT PLN (Perusahaan Listrik Negara) persero wilayah Sumatera Selatan dengan tujuan meningkatkan kemampuan chatbot dalam memahami pertanyaan pelanggan dan memberikan jawaban yang akurat. Aplikasi yang dirancang pada penelitian ini  menggunakan metode pengembangan perangkat lunak yaitu model Rational Unified Process (RUP) dan diimplementasikan ke dalam sistem operasi android. Sedangkan untuk pengujiannya menggunakan perhitungan Root Mean Square Error (RMSE). Keakuratan pada pengujian ditunjukkan dengan hasil RMSE memiliki nilai kecil (mendekati nol). Dari hasil pengujian data sampel sejumlah 20  pertanyaan, nilai perhitungan RMSE sebesar 0.10, sehingga dapat disimpulkan tingkat akurasi prediksi pada proses text mining dalam aplikasi adalah sangat baik (RMSE mendekati 0). Hasil dari penelitian ini adalah alat bantu berupa aplikasi tanya-jawab informasi yang interaktif layaknya model diskusi dan dapat menggunakan bahasa sehari-hari.
Sistem Absensi Karyawan Menggunakan Self Potrait dan Geolocation Pada PT Sucofindo Palembang Saputra, Tommy; Utari, Aspirani; Teisnajaya, Usep; Twenty Agustine, Grace
Klik - Jurnal Ilmu Komputer Vol. 4 No. 2 (2023): Klik - Jurnal Ilmu Komputer
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sumatera Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56869/klik.v4i2.553

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan pada PT Sucofindo Palembang diperoleh masalah bahwa sistem absensi yang diterapkan saat ini masih menggunakan sistem manual, dimana proses absensi dilakukan dengan mencatat pada lembar kertas sehingga membutuhkan waktu yang lama dan boros penggunaan kertas. Rentan juga adanya manipulasi data atau terjadi data yang ganda, sehingga tidak mendapatkan hasil yang akurat. Tentunya hal tersebut membuat proses absensi menjadi kurang efektif. Salah satu dari solusi untuk mengatasi permasalahan di atas yaitu dengan membangun sebuah sistem yang terkomputerisasi untuk menggantikan metode manual dan membantu karyawan dalam proses absensi kehadiran di PT Sucofindo Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall secara terurut dimulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan. Proses desain rancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language) yang terdiri dari use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, dan rancangan database. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah sistem absensi karyawan menggunakan self portrait dan geolocation berbasis web. Sistem ini dibuat agar karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah menggunakan handphone dengan self portrait dan Geolocation, yang mana input absensi ini hanya bisa dilakukan di area PT Sucofindo Palembang saja sehingga mengurangi tingkat kecurangan dalam input absensi, karena dapat diakses menggunakan ponsel yang karyawan miliki, dan membantu Admin dalam merekap data absensi di PT Sucofindo Palembang

Page 1 of 1 | Total Record : 3