cover
Contact Name
Sri Utami Zuliana
Contact Email
kaunia.fst@uin-suka.ac.id
Phone
+6287730177340
Journal Mail Official
kaunia.fst@uin-suka.ac.id
Editorial Address
Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281 Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Kaunia: Integration and Interconnection of Islam and Science Journal
ISSN : 18295266     EISSN : 29622085     DOI : -
The aim of KAUNIA journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of Science, Mathematics, Education, Technology, and Religious Perspective Interconnect-Integration. The journal publishes articles, reviews, and research notes whose content and approach are of interest to a wide range of scholars.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2 (2015)" : 8 Documents clear
Upaya Peningkatan Keterampilan Proses, Sikap Ilmiah, dan Hasil Belajar Kimia Materi Sifat Koligatif Larutan Melalui Metoeksper pada Peserta Didik SMA Negeri 4 Sampit Cita Indira
Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Vol. 11 No. 2 (2015)
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/kaunia.577

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah metoeksper dapat  meningkatkan keterampilan proses kimia materi sifat koligatif larutan pada peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 4 Sampit, (2) apakah metoeksper dapat  meningkatkan sikap ilmiah kimia materi sifat koligatif larutan pada peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 4 Sampit, dan (3) apakah metoeksper dapat  meningkatkan hasil belajar kimia materi sifat koligatif larutan pada peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 4 Sampit. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian berlangsung dalam 3 (tiga) siklus yang masing-masing terdiri atas 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi dan evaluasi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, ujian, dan wawancara. Analisis data keterampilan proses dan sikap ilmiah peserta didik dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan menghitung rerata skor ideal dan simpangan baku skor ideal yang diperoleh, serta membandingkan skor empiris dengan skor ideal. Analisis hasil belajar dilakukan dengan cara menghitung jawaban yang benar dan salah, setiap jawaban benar diberi skor satu dan jawaban salah diberi skor nol. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator keterampilan proses mencapai kategori Baik total skor 27,6 – 33,9; sikap ilmiah mencapai kategori Baik total skor 47,6-58,7, dan kriteria keberhasilan hasil belajar adalah kategori Baik 76-99. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metoeksper dengan pendekatan keterampilan proses dan sikap ilmiah, terjadi peningkatan rerata hasil belajar dari siklus I hingga ke siklus III.  (1)  keterampilan proses kimia peserta didik mengalami peningkatan rerata dari 26,3; 27,2; 32,8 pada skala Sedang s.d. Baik (2) sikap ilmiah peserta didik mengalami peningkatan rerata dari 45,3; 47,7; 56,2 pada skala Baik s.d Baik dan (3) hasil belajar kimia peserta didik mengalami peningkatan bila dilihat dari rerata persentase antara pre-test dengan post-test siklus I yaitu dari 60,4% menjadi 63,9% ; rerata persentase antara pre-test dengan post-test siklus II yaitu dari 71,3% menjadi 75,7%; dan rerata persentase antara pre-test dengan post-test siklus III yaitu dari 78,8% menjadi 80,2%  
Aplikasi Logika Fuzzy Metode Mamdani dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jumlah Produksi Muchammad Abrori; Amrul Hinung Primahayu
Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Vol. 11 No. 2 (2015)
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/kaunia.580

Abstract

Perencanaan pengambilan keputusan perusahaan dalam menentukan jumlah produk pada satu periode selanjutnya, bergantung pada sisa persediaan dari satu periode sebelumnya dan juga perkiraan jumlah permintaan pada satu periode selanjutnya. Jumlah permintaan dan persediaan merupakan suatu ketidakpastian. Logika Fuzzy merupakan salah satu ilmu yang dapat menganalisa ketidakpastian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan aplikasi logika Fuzzy metode Mamdani dalam pengambilan keputusan penentuan jumlah produksi.Pada penelitian ini digunakan metode Mamdani atau yang biasa disebut metode Min-Max, baik yang menggunakan dua variabel linguistik maupun yang menggunakan tiga variabel linguistik. Untuk mendapatkan keluaran dari metode ini diperlukan 4 tahapan yakni; 1) Pembentukan himpunan fuzzy; 2) Aplikasi fungsi implikasi; 3) Komposisi aturan ; 4) Defuzzifikasi, dari hasil defuzzifikasi inilah kita bisa menentukan keputusan yang akan diambil.
UJI TOKSISITAS ORAL AKUT FILTRAT PSEUDOBULB ANGGREK MERPATI (DENDROBIUM CRUMENATUM SWARTZ.) PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS BERKENHOUT, 1769) GALUR WISTAR Laksmindra Fitria; Annisa Ridhowati; Intan Woro Prawesti
Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Vol. 11 No. 2 (2015)
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/kaunia.969

Abstract

Orchid species Dendrobium nobile Lindl. is commonly consumed by Chinese people as a natural drug that can cure various diseases. Pseudobulb is a part of the plant used for this purpose. Dendrobium crumenatum Swatrz. or Pigeon Orchid is epiphytic wild orchid, which widely found in Indonesia. As belong to the same genus, D. crumenatum could have similar potency to D. nobile. This research was carried out to study acute oral toxicity of Pigeon Orchid pseudobulb filtrate in Wistar Rats (Rattusnorvegicus Berkenhout, 1769) as initial assay prior to explore its potential as medicinal plant. Procedure followed OECD Test Guideline 425, which refers to animal welfare. Parameters observed including mortality, sublethal conditions, daily behavior, appetite, body weight, hematology test, and blood chemistry test. Results showed that no mortality was found as well as sublethal conditions that affected on health. Behavior investigation demonstrated that all individual exhibited normal activity. Furthermore, appetite increased, indicated by daily intake, which resulted in increasing body weight. Hematology test determined that no negative effects on the profile of erythrocytes, leukocytes, and platelets. Blood chemistry test stated that levels of glucose, total cholesterol, HDL, and LDL were within normal range. Levels of ALT and creatinine were also normal, indicating that liver and kidney functions were not impaired. In conclusion, Pigeon Orchid pseudobulb filtrate can be categorized as practically nontoxic. Based on this finding, exploration on Pigeon Orchid as a natural drug material can be conducted.
‘IMAGE‘ KOTA GOETTINGEN DAN SEKITARNYA SEBAGAI SALAH SATU TUJUAN WISATA ALAM DAN REKREASI LUAR RUANGAN (STUDY KASUS MENURUT MAHASISWA INTERNASIONAL DI UNIVERSITAS GOETTINGEN) Lambok P. Sagala; Renate Bürger-Arndt; Christoph Dittrich
Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Vol. 11 No. 2 (2015)
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/kaunia.1024

Abstract

Nature tourism/outdoor recreation is one the fastest growing tourism activities in the world. More and more people travel to natural sites due to increased environmental awareness and a high degree of urbanization.The objective of this research was to capture the image of Göttingen and its surrounding area, using a combination of structured and unstructured methods as recommended by previous researchers. The image determination was considered important for positioning and differentiating the destination from other competitors. From a marketing point of view, image determination could increase tourist interest to visit the destination, travel satisfaction, and intention to return. The structured method used image attributes, which were evaluated using a 5-point Likert scale while the unstructured method used three open-ended questions. In addition, the research was also done to identify the nature of outdoor recreation/nature tourism among international students. The study focused on international students, which have certain characteristics that are different from those of domestic students. Data was taken from January to April 2014. 326 respondents delivered useable responses/data. This research revealed that a combination of structured and unstructured methods was able to capture the underlying image dimension of Göttingenand its surroundings. Considering the high propensity for travelling and previous travel experience of the students, it could be interpreted that international students at Göttingen University are one of the prospective nature tourism markets. Therefore, customized marketing strategy could be applied to attract them.
SELEKSI VENDOR DENGAN INTEGRASI ANP – TOPSIS DAN OPTIMALISASI ALOKASI ORDER DENGAN PENDEKATAN GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS DI PT. XYZ) Mirwan Ushada; Ali Parkhan
Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Vol. 11 No. 2 (2015)
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/kaunia.1025

Abstract

Salah satu faktor kesuksesan sebuah perusahaan adalah pemilihan vendor. Pemilihan vendormerupakan masalah pengambilan keputusan penting agar mendapatkan pemasok yang dapatmeningkatkan daya saing perusahaan. Dalam penelitian ini akan dikaji mengenai pemilihan vendor untuk dua macam subkomponen untuk produk spare part motor yaitu bolt flange (Part Code 90105060270080) dan washer plain (Part Code 90201208140080) di PT. XYZ. Penyelesaian masalah seleksi vendor dalam penelitian ini dibantu dengan menggunakan metode gabungan ANP-TOPSIS. Setelah didapatkan vendor terpilih kemudian dilakukan perhitungan goal programming untuk pengalokasian order kepada vendor-vendor terpilih tersebut.  Berdasarkan hasil pengolahan data dengan metode gabungan ANP-TOPSIS didapatkan perangkingan untuk vendor bolt flange secara berurutan adalah PT. GMS dengan nilai c* =0,91960, PT. DPM dengan nilai c* = 0,49236, PT. GIP dengan nilai c* = 0,43609, dan PT. GNP dengan nilai c* = 0,27989. Sedangkan untuk vendor washer plain secara berurutan adalah PT. NCS dengan nilai c* = 0,79556, PT. IDS dengan nilai c* = 0,37118, PT. PSM dengan nilai c* = 0,34377, dan PT. CKP dengan nilai c* = 0,12120. Dari perangkingan tersebut dipilih dua vendor dengan urutan dua teratas. Dengan demikian vendor yang terpilih untuk memasok bolt flange adalah PT. GMS dan PT. DPM, sedangkan untuk washer plain adalah PT. NCS dan PT. IDS. Penelitian dilanjutkan untuk menentukan alokasi order kepada masing-masing vendor dengan metode goal programming.
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA UNTUK KIMIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DI KELAS XI-IPA 2 MAN MODEL SINGKAWANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Sutardi Sutardi; Irwandi Irwandi; Taslima Taslima; Rahmi Nuraztia
Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Vol. 11 No. 2 (2015)
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/kaunia.1026

Abstract

Learning has been done using the learning cycle 5E model for material buffer and salt hydrolised solution in class XI-IPA MAN Model Singkawang academic year 2013/2014. The main purpose of this research is to increasing students learning activity and improvement of mathematic communication for chemistry that previously could not be done with the lecture method. Learning cycle 5E model has five steps: engagement, exploration, explanation, elaboration/extention, and evaluation. The first step, engagement, teacher give some oral questions to stimulate students’s interest in learning proccess. The second step, exploration, students learn together in small groups to study and discuss the material given. The third step, explanation, students explain the concept with their own words and compare their opinion with the other. Next step, elaboration, in this step students applied the concept and skill they have learned to answer the questions. Last, evaluation, teacher evaluate the teaching learning process by giving assessment/post test. Learning cycle 5E model has been proven incresing students learning activity and improvement of mathematic communication for chemistry showed that there is significant improvement in the result of observation learning activity and communication mathematic test. This learning model also proven to help students to understand the subject matter, particularly for buffer and salt hydrolised solution, as demonstrated by the results of post-test and test formative (daily tests) where the majority of students get good value (above KKM set).
PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM TERMODINAMIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BAGI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI Sahar Layali; Ika Kartika
Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Vol. 11 No. 2 (2015)
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/kaunia.1027

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengembangkan alat praktikum termodinamika berbasis problem based learning bagi peserta didik SMA/MA kelas XI 2) Mengetahui kualitas alat praktikum termodinamika berbasis problem based learning berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, danpendidik fisika SMA/MA 3) Mengetahui respon peserta didik dan keterlaksanaan alat praktikumtermodinamika berbasis problem based learning bagi peserta didik SMA/MA kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Borg and Gall yaitu (1) studi pendahuluan, (2) merencanakan penelitian, (3) pengembangan desain, (4) uji lapangan terbatas, (5) revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) uji lapangan lebih luas, (7) revisi hasil uji lapangan lebih luas, (8) uji kelayakan, (9) revisi hasil uji kelayakan, dan (10) diseminasi dan implementasi. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap ke-7, yaitu revisi hasil uji lapangan lebih luas. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas alat praktikum termodinamika berbasis problem based learning untuk ahli materi, ahli media, dan pendidik Fisika SMA/MA menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Instrumen untuk peserta didik berupa skala respon peserta didik menggunakan skala Likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Instrumen keterlaksanaan alat praktikum berupa deskripsi keterlaksanaan alat praktikum saat dilakukan uji coba produk kepada peserta didik. Data hasil penilaian diubah menjadi rerata skor kemudian dibandingkan dengan tabel klasifikasi kriteria kualitatif penilaian produk dan respon peserta didik. Hasil penelitian yang telah dikembangkan berupa alat praktikum termodinamika berbasis problem based learning bagi peserta didik SMA/MA kelas XI berdasarkan karakteristik Problem Based Learning. Kualitas alat praktikum termodinamika yang dikembangkan menurut penilaian ahli materi, ahli media, dan pendidik Fisika SMA/MA adalah sangat baik (SB). Respon peserta didik terhadap alat praktikum termodinamika pada uji coba produk adalah sangat setuju (SS), sedangkan hambatan pada keterlaksanaan alat praktikum yaitu pada kerjasama kelompok, percobaan hukum ke-0, rangkaian alat praktikum, dan waktu pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat praktikum termodinamika yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran bagi peserta didik kelas XI SMA/MA.
ANALISIS PEMANFAATAN INFRASTRUKUR TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENDUKUNG PROGRAM E-GOVERNMENT PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA DI WILAYAH PROVINSI DI YOGYAKARTA M. Didik R. Wahyudi
Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Vol. 11 No. 2 (2015)
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.14421/kaunia.1028

Abstract

The rapid development of information technology and almost all institutions have implemented information technology in the processing of data and information. Office of the minister of religion as government agencies committed to improving service to the community as well as providing actual information from the government in real-time. Therefore the use of information technology is needed to help employees do the work. The use of information technology in an institution due to several factors, such as social aspect, affect (feelings of people), complexity, long-term consequences, the suitability of the task and the conditions that facilitate the use of information technology. Based on these aspects, the research conducted to see the effect of the use of information technology to social factors, the complexity of the system and the conditions that facilitate the use of information technology on the religious ministries in the area of Yogyakarta Special Region.

Page 1 of 1 | Total Record : 8