cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
faijanrambe@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/about/editorialTeam
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JURNAL TALENTA
ISSN : 20870973     EISSN : 27769534     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early childhood development assessments, child development psychology, environmental empowerment Children, multiple intelligences, auditing strategies, APE, instructional media, innovation in early childhood education
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 2 DESEMBER 2013" : 6 Documents clear
EFEKTIFITAS METODE KARYAWISATA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5 TAHUN Gayani Hutasuhut
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 4 No. 2 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 2 DESEMBER 2013
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di TK ditemukan bahwa dengan menggunakan metode karyawaisata saat pembelajaran dilaksanakan anak lebih mudah mengingat dan memperhatikan secara baik. Pada penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas metode karyawisata dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5 tahun di TK Kuntum Melati. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah anak di Taman Kanak-kanak Kuntum Melati Pantai Cermin yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara menggunakan lembaran observasi. Hasil penelitian data yang diperoleh adalah metode karyawisata sangat efektif dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Pembelajaran yang menyajikan pelajaran dengan meragakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya ataupun tiruan, yang sering disertai dengan penjelasan lisan.
PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN Ihsan Widiantono; Herlina
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 4 No. 2 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 2 DESEMBER 2013
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kenyataan di lapangan masih ada guru yang menjelaskan terlalu formal terfokus pada uraian tanpa menggunakan sarana dan prasarana sehingga pelajarn tersebut tidak menarik bagi anak-anak. Kenyataan di lapangan masih ada guru yang menjelaskan terlalu formal terfokus pada uraian tanpa menggunakan sarana dan prasarana sehingga pelajarn tersebut tidak menarik bagi anak-anak. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di RA Awaluddin Pekanbaru. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model diskriptif, penelitian diskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan merefresikan objek sesuai dengan keadaan yang scsungguhnya dan apa adanya, tidak ada penambahan dan pengurangan. Tercapainya hasil yang maksimal dalam pembelajaran Matematika di Taman Kanak-Kanak, guru harus mengasah kemampuannya dan -nengembangkan metode pembelajaran berhitung yang dapat menarik minat anak serta memunculkan rasa keingintahuannya (curiosity). Maka pembelajaran yang efektif untuk Matematika pada aspek berhitung adalah melalui pendekatan RealisticMathematic Education.
HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN Ihsan Widiantono; Haza Fitri Yanti
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 4 No. 2 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 2 DESEMBER 2013
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk hubungan keterampilan sosial dengan perkembangan kepribadian anak usia 4-5 Tahun di TK Langit Biru Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif dengan pendekatan korelasi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas A1dan A2 TK Langit Biru Pekanbaru yang berjumlah 32 anak dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, jadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelas A1 dan A2 TK Langit Biru Pekanbaru yang berjumlah 32 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara keterampilan sosial anak dan perkembangan kepribadian anak dimana diperoleh nilai r hitung = 0,618 dan hasil uji t didapat t hitung = 4,16. Nilai t hit positif ini menunjukkan bahwa bila keterampilan sosial anak berkembangan dengan baik maka kepribadian anak akan berkembangan baik juga. Implikasi dari penelitian ini adalah keterampilan sosial anak sangat berhubungan dengan perkembangan kepribadian anak untuk itu sebaiknya pihak sekolah atau tenaga pengajar, dapat mengembangkan keterampian sosial anak, karena keterampilan sosial ini akan mempengaruhi perkembangan kepribadian anak atau karakter anak
MENINGKATKAN MOTIVASI INTRINSIK ANAK DALAM PEMBELAJARAN BERHITUNG MELALUI KEGIATAN BERBASIS ALAM Ihsan Widiantono; Hera Efdaria
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 4 No. 2 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 2 DESEMBER 2013
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi anak dalam pembelajaran berhitung melalui kegiatan berbasis alam anak usia 5-6 tahun TK Al-hidayah Pulau Kampung Kecamatan Kampar Timur. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian yang dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa sebagian besar anak dengan prekwensi 35 orang 41% anak yang dinyatakan berkembang sesuai harapan hanya dengan prekwensi 32 orang 38%, sedangkan yang dinyatakan mulai muncul dengan prekwensi 17 orang anak 20%. Anak yang dinyatakan perkembangan motivsinya belum muncul. Pada siklus ke II sebagian besar anak dengan prekwensi 57 orang 67% anak yang dinyatakan berkembang sesuai harapan hanya dengan prekwensi 18 orang 21%, sedangkan yang dinyatakan mulai muncul dengan frekwensi 6 orang anak 7%. Anak yang dinyatakan perkembangan motivasi intrinsiknya belum muncul. Dengan demikian dapat hipotesis yang berbunyi “melalui kegiatan pembelajaran berbasis alam dapat meningkatkan motivasi intrinsik dalam pembelajaran berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Al-hidayah Pulau Kampung Kecamatan Kampar Timur” di ”Terima”. Artinya apabila kegiatan pembelajaran berbasis alam dilaksanakan dengan baik dalam proses pembelajaran maka motivasi intrinsik anak akan meningkat.
PENERAPAN MENGGAMBAR EKPRESI UNTUK PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN KOTA PEKANBARU Ihsan Widiantono; Jurmisrawati
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 4 No. 2 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 2 DESEMBER 2013
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penerapan menggambar ekpresi ini dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Tk mayang. Apakah dengan Penerapan Menggambar Ekpresi dapat men ingkatkan perkembangan Motoriok halus Anak di Tk mayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas,penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana dalam masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Lembar observasi ini diambil dari kurikulum permen 58, jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 16 orang terdiri dari 9 orang anak perempuan, dan 7 orang anak laki-laki. Data diambil dari data hasil evaluasi setiap akhir siklus. Penelitian ini melibatkan satu orang teman sejawat sebagai observer. Berdasarkan data dan hasil dari persentase peningkatan pada siklus I yaitu 64,3% dan peningkatan pada siklus II yaitu mencapai 93,3% . Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan menggambar ekpresi dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di Tk Mayang Dharma wanita Persatuan Kecamatan Tampan.
PENGARUH BERMAIN MELALUI GERAK DAN LAGU DENGAN PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5 – 6 TAHUN Ihsan Widiantono; Reci Jumaiyenti
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 4 No. 2 (2013): JURNAL TALENTA VOL. IV NO. 2 DESEMBER 2013
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh bermain gerak dan lagu dengan pengenalan kosakata bahasa inggris anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Pembatang Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Jumlah objek penelitian sebanyak 24 orang anak yang terdiri dari 10 orang anak perempuan dan 14 orang anak laki-laki, yang berasal dari kelas B. Teknik pengumpulan data dengan observasi. Diperoleh dari hasil penelitian adalah pada hasil Uji T Paired Sample T-Test dan hasil Uji N-Gain. Pada Uji T Paired Sample T-Test diperoleh perbandingan mean (nilai rata-rata) antara mean pretest dengan mean posttest, mean pada pretest sebesar 13,0833 dan nilai mean pada posttest sebesar 32,7917. Maka besarnya perbandingan mean sebesar 19,7084, dengan kata lain terjadinya peningkatan pengenalan kosakata bahasa inggris anak sebesar 19,7084 di TK. PGRI Pembatang Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Pada Uji N-Gain diperoleh dari perbandingan antara nilai pretest dengan nilai posttest. Pada pretest sebesar 314 dan pada posttest sebesar 787. Maka besarnya perbandingan sebesar 473, dengan kata lain terjadinya peningkatan pengenalan kosakata bahasa inggris anak sebesar 473 di TK. PGRI Pembatang Pangean Kabupaten Kuantan Singingi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6