cover
Contact Name
Paijan Rambe
Contact Email
faijanrambe@gmail.com
Phone
+6282385884985
Journal Mail Official
faijanrambe@gmail.com
Editorial Address
http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/about/editorialTeam
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JURNAL TALENTA
ISSN : 20870973     EISSN : 27769534     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early childhood development assessments, child development psychology, environmental empowerment Children, multiple intelligences, auditing strategies, APE, instructional media, innovation in early childhood education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.2 DESEMBER 2017" : 5 Documents clear
PENERAPAN MEDIA PASIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Kiki Yuslinda
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 2 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.2 DESEMBER 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti telah diuraikan diperoleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu:1) Dengan menggunakan penerapan media pasir dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah VII Labuh Baru Barat Pekanbaru . Peningkatan ini terjadi karena setiap tahap pelaksanaan peretemuan dilakukan perbaikan-perbaikan, sehingga anak terbiasa dengan kegiatan media pasir, 2) Kemampuan konsep bilangan anak usia 5-6 di TK Aisyiyah VII Labuh Baru Barat Pekanbaru tahun dengan menggunakan media pasir mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada data awal diperoleh nilai 39,5% dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai sebesar 54,1% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 77,7% dengan kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik). Peningkatan yang terjadi dari data awal ke siklus I sebesar 14,6%, nilai peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 23,7%, dan peningkatan secara keseluruhan dari data awal ke siklus II sebesar 38,3%
MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DENGAN MEDIA KAWAT SENTRA BALOK USIA 5-6 TAHUN Wahyu Nur Atikah; Muji Herlinda
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 2 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.2 DESEMBER 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data perkembangan kreativitas anakdengan menggunakan media kawat di sentra balok.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) . Subjek yang diambil untuk penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di Kelas B2 yang terdiri dari 15 anak di TK Harapan Bunda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk memperoleh data melalui siklus I yang terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan adalah dengan menggunakan rumus persentase= f/n x100 %. Hasil penelitian data yang diperoleh Kemampuan Anak dalam meningkatkanperkembangan kreativitas anak dengan media kawat, hal ini terlihat dari data awal atau sebelum tindakan adalah 59% ( Mulai Berkembang / MB ) dan meningkat pada siklus I dengan kategori BSH “ Berkembang Sesuai Harapan” namun dengan rata – rata yang lebih meningkat yaitu Siklus I dengan rata-rata 71% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan kategori BSB “ Berkembang Sangat Baik” yaitu rata-rata 84%.Jadi peningkatan kreativitas anak dari data awal 59% ke data siklus II 84%, terjadi peningkatan sebanyak 25%.
PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL V Onna Ramadhani
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 2 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.2 DESEMBER 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, untuk Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menjelaskan dan memaparkan data dari hasil penelitian. yakni melakukan penelitian langsung terhadap guru sebagai sampel guna mendapatkan gambaran kokrit peran guru dalam mengembangkan moral anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan jalan mengumpulkan data, menyusun data, menganalisa dan menginterpretasikannya. Hasil penelitian menunjukan pembentukan moral anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal V Pekanbaru antara lain moral terhadap teman sebaya (tolong menolong dengan teman, berbagi, bekerjasama, sabar menunggu giliran, bersikap ramah dengan teman, belajar untuk menghargai dan menghormati sesama), moral terhadap diri sendiri (belajar untuk mandiri, merapikan mainan sendiri dan menjaga kebersihan diri) melalui Peran pendidik memberikan pembelajaran moral dalam bentuk praktis, pendidik menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, dan cerita, pendidik memberikan nasehat dan teguran kepada anak didiknya serta bekerjasama dengan orang tua dalam membentuk moral anak.
MELATIH MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN SIRKUIT KARTU TUGAS DENGAN MUSIK DI TK MAWADDAH KAB. KAMPAR Rahma R
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 2 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.2 DESEMBER 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data Kemampuan motorik kasar anak melalui permainan sirkuit kartu tugas dengan musik.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) . Subjek yang diambil untuk penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di Kelas B1 yang terdiri dari 15 anak di TK Mawaddah Kab.Kampar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk memperoleh data melalui siklus I yang terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan adalah dengan menggunakan rumus persentase= f/n x100 % Hasil penelitian data yang diperoleh Kemampuan Anak dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kartu tugas dengan musik meningkat, hal ini terlihat dari data awal atau sebelum tindakan adalah 61% ( Mulai Berkembang / MB ) dan meningkat pada siklus I dengan kategori BSH “ Berkembang Sesuai Harapan” namun dengan rata – rata yang lebih meningkat yaitu Siklus I P1= 70%, Siklus I P2= 77% dan rata-rata= 74% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan kategori BSB “ Berkembang Sangat Baik” , Siklus II P1= 81% dan Siklus II P2=88% dengan rata-rata 84,5%.Jadi peningkatan motorik anak dari data awal 61% ke data siklus II 88%, terjadi peningkatan sebanyak 27%.
PENGARUH BAHAN AJAR POP UP TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN TK TUNAS HARAPAN SIAK Rahmi Ilahi
Jurnal Talenta : Journal of Early Childhood Education Vol. 8 No. 2 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.2 DESEMBER 2017
Publisher : P3M STKIP ÁISYIYAH RIAU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh penerapan bahan ajar pop up terhadap minat belajar anak usia 5-6 Tahun di TK Tunas Harapan Belutu Kandis Kabupaten Siak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang memberikan perlakuan terhadap variabel penelitian (variabel bebas), kemudian mengamati konsekuensi perlakuan tersebut terhadap objek penelitian (variabel terikat). sampel dalam penelitian ini adalah kelas B1 yang berjumlah 15 orang sebagai kelas kontrol dan B2 yang berjumlah 15 orang sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Media Pop Up berpengaruh terhadap minat belajar anak usia 5 - 6 tahun, pada kelas pretest kontrol didapat data minat belajar anak usia 5-6 tahun Mean = 34.20, sedangkan pada kelas postest kontrol didapat data minat belajar anak usia 5-6 tahun Mean = 42.80. Sedangkan pada pretest kelas eksperimen didapat data minat belajar anak usia 5-6 tahun didapatkan nilai Mean = 54.67 dan postest kelas eksperimen didapat data minat belajar anak usia 5-6 tahun didapatkan nilai Mean = 66.80, jadi Mean kelas kontrol<Mean kelas eksperimen yakni 42.80<66.80 dengan peningkatan sebesar 24%. Ini menunjukan peningkatan minat belajar anak usia 5-6 tahun meningkat pada kelas eksperimen yaitu melalui Penerapan Media Pop Up.

Page 1 of 1 | Total Record : 5