cover
Contact Name
Muhammad Fabian Arrizqi
Contact Email
fabian@uniss.ac.id
Phone
+6281326811755
Journal Mail Official
jurnal.jtd@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Komputer dan Desain Universitas Selamat Sri Jl. Soekarno-Hatta Km.03 Patebon Kendal Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Selamat Sri, Kendal.
Location
Kab. kendal,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
ISSN : -     EISSN : 28094662     DOI : -
Core Subject : Science, Art,
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual (Journal of Informatics Engineering and Visual Communication Design), particularly focuses on the main problems in the Computer and Design: Internet and E-Commerce; Computer Vision; Information System; Networking Big Data; Artificial Intelligence; Algorithm and Programming; Tipografi; Branding; Design Thinking; Budaya Visual; Fotografi; Periklanan; Ilustrasi; Nirmana; Lukisan;
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual" : 9 Documents clear
Sistem Aplikasi Persediaan Barang Pada YEYE Store Berbasis Website Harry Soepandi; Rutin Rahayu
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Yeye Store merupakan toko kosmetik yang berlokasi di Jl. Raya Tulis Barat Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Kesulitan yang terjadi saat ini adalah belum adanya sistem yang mengelola persediaan barang, dimana pencatatan data persediaan barang dan penjualan masih menggunakan sistem manual yaitu di catat ke dalam buku. Dalam permasalahan diatas maka dibuatlah oleh penulis sebuah rancang bangun sistem aplikasi persediaan barang berbasis website. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall dengan alat permodelan yang digunakan yaitu Flowchart, DFD, ERD, dan Lembar Model Kerja Tampilan (LKT). Aplikasi ini menggunakan Framework Bootstrap4 perancangan sistem ini menggunakan operasi dasar Create, Read, Update, Delete (CRUD). Aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman, PHP, databasenya MySQL, dan Xampp for Windows sebagai web server. Hasil penelitian ini adalah sistem aplikasi persediaan barang berbasis website untuk mengolah data persediaan barang pada bagian gudang seperti data persediaan barang, input data barang masuk, input data peminjaman barang, kelola admin, mencetak laporan dan mengolah data penjualan pada bagian kasir seperti transaksi penjualan, laporan dan pengaturan profil kasir. Maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi sudah 97% dari kebutuhan yang diharapkan. Kata Kunci : Aplikasi, Persediaan Barang, Web
Perancangan Desain Kemasan Sale Pisang "LESALE": Di Desa Terban Batang Anik Rahmawati; Muhammad Nur Fadhillah
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Indonesia, produk UMKM menjadi salah satu jenis usaha yang memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi khususnya pada produk makanan. Namun, masih banyak para pelaku usaha yang belum memahami akan pentingya sebuah kemasan untuk dijadikan sebagai strategi pemasaran untuk menyaingi kompetitor lain. Salah satu pelaku usaha UMKM ini ada di Desa Terban Kabupaten Batang yang memiliki usaha produk makanan ringan sale pisang. Produk ini diberi nama “Lesale”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan visual branding. Teknik pengumpulan data ini dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, brainstorming dan diakhiri dengan penawaran desain kemasan produk makanan ringan “lesale. Hasil yang didapatkan berupa key consept “lesale”, warna yang digunakan serta hasil pengembangan kemasan primer dan sekunder disesuaikan dengan target marketnya.
Penciptaan Video Promosi “Ngantang Sebagai Desa Modern Berbasis Digital” Wiji Luluk Agustina
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada tahun 2021 Tribun Network bersama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Kemendes PDTT menghadirkan program “Ayo Bangun Desa Digital”, yaitu program pembangunan dan pengembangan potensi desa melalui teknologi digital. Tidak dipungkiri generasi muda memiliki peran besar dalam penggunaan teknologi digital. Oleh karena itu, para kreator muda di seluruh Indonesia termasuk penulis diundang untuk mendukung program ini. Mengacu pada tujuan program “Ayo Bangun Desa Digital”, maka penulis menciptakan video promosi “Ngantang sebagai Desa Modern Berbasis Digital” untuk menginformasikan potensi desa-desa di Kecamatan Ngantang, sekaligus mengajak warga untuk menggunakan tenologi digital guna membangun dan mengembangan potensi desanya. Narasi video disusun berdasarkan data riset yang diperoleh melalui observasi, studi pustaka, dan wawancara. Video diproduksi sepanjang 1 menit, dengan resolusi 1920 x 1080 pixels, format MP4, serta dipublikasikan di platform YouTube. Video ini diharapkan mampu menjangkau banyak kalangan tidak hanya warga Kecamatan Ngantang.
Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Spp Pada Mts Nu 06 Sunan Abinawa Pegandon Kendal Taufik hidayat; Atik Dina Nasikhah; Edi Hariyanto
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The web-based SPP payment administration information system at Mts Nu 06 Sunan Abinawa is an information system that manages financial administration such as managing SPP payment transactions. This web-based SPP payment information system was built using the programming language PHP (Hypertext Processor) and MYSQL as the database. The methodology used in the development of this system uses the Prototype model method. Due to the activity of paying tuition fees at Mts Nu 06 Sunan Abinawa it is still done manually, the recording process still uses ledgers when students make tuition payments causing the payment process to take a long time, the risk of losing data, the level of supervision is relatively low and there are difficulties in accessing data when preparing financial reports
Percanangan Kemasan produk Roti NUK Hj. Sundari Khas Kendal Suparti Parti; Lisa Odilia; Mei Sinta Nur Fiddina
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Roti nuk merupakan toko roti yang sudah berdiri sejak tahun 1950an dan merupakan roti nostalgia. Pembuatan roti yang masih tradisional ini menjadi ciri dari roti ini. Roti nuk merupakan resep turun temurun sejak pendiri pertamanya hingga sekarang, pengelola sekarang merupakan generasi ke dua dalam membuat roti nuk. Namun disayangkan sebagian masyarakat khususnya Kendal sendiri, belum mengetahui adanya roti ini. Dikarenakan roti ini dikemas dengan menggunakan plastik bening biasa hanya sekedar untuk melindungi roti dari kotoran. Perancangan kemasan dibuat untuk memberi kesan vintage simpel, supaya dapat mengenang masa-masa di era 50an. Kemasan dirancang dengan harga ekonomis, ramah lingkungan namun tidak meninggalkan fungsi utama dari sebuah kemasan yaitu melindungi produk didalamnya. Diharapkan dengan adanya perancangan kemasan ini, dapat memberikan citra baru terhadap roti nuk dan menjadi daya tarik terhadap konsumen
Sistem Informasi Pembayaran Spp Berbasis Web Menggunakan Codeigniter Pada Smk Ma’arif Nu Bawang Ahmad Wahyu Khoerudin; Hasnan Afif; Harry Soepandi; Mursalim
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi informasi yang semakin berkembang pesat memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia terutama dalam bidang pendidikan. Lembaga pendidikan senantiasa menyesuaikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi khususnya pada pelayanan pembayaran SPP. Terutama pada SMK Ma’arif NU Bawang proses pembayaran SPP yang dilakukan masih secara manual sehingga terkadang sering menyebabkan kesalahan dalam perhitungan data dan pembuatan laporan, sehingga sistem yang berjalan kurang optimal, oleh karena itu diperlukan peningkatan sistem yang terkomputerisasi berbasis web. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sistem informasi pembayaran SPP berbasis web yang efektif dan efisien dalam pembuatan laporan keuangan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah rapid application development (RAD) yang meliputi tahapan requirement, planning, user design, construction , dan cutover dengan menggunakan bahasa pemograman codeigniter. Hasil penelitian ini yaitu sistem informasi pembayaran SPP berbasis web yang dapat memberikan efisiensi dan efektivitas dalam proses pembayaran SPP. kesimpulan sistem ini dapat memberikan efisiensi dan efektivitas dalam pengolahan data SPP.
Analisis Ancaman Phishing Backdoor Remote Access Trojan (BRAT) Mursalim
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi digital terus mengalami perubahan diberbagai bidang seperti: bidang Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi, Pemerintah dan lainnya. Hal tersebut mendorong kejahatan digital terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Salah satu jenis jehatan siber yang terjadi adalah serangan malware berjenis Trojan atau Remote Access Trojan. Malware tersebut mampu mengeksploitasi pengguna dan mengambil informasi pribadi. Pada penelitian menggunakan beberapa tahapan dalam metode penelitiannya yaitu: pengumpulan literasi, pembuatan RAT, pengujian source code RAT, Eksploit PC Target, Investigasi source code, dan dokumentasi hasil investigasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan malware menggunakan pemrograman python mampu mengeksploitasi pengguna dengan menjalankan webcam dan keylogger. Kemudian file tersebut dilakukan investigasi source code dan deteksi menggunakan platform virustotal menghasilkan 11 dari 71 antivirus yang mampu mendeteksi file tersebut. selanjutnya, diperlukan kehati-hatian dalam menerima file dari sosial media karena dikhawatirkan mengandung malware yang mampu mencuri data pribadi. Adapun saran selanjutnya terkait dengan hal tersebut diperlukan pengembangan IP Address secara otomatis dan pengujian dengan skala yang lebih luas melalui Wide Area Network (WAN).
Perancangan Komik Strip Sebagai Edukasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Remaja Anik Rahmawati
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Generasi muda merupakan salah satu penerus bangsa dalam melanjutkan pembangunan suatu negara. Namun, proses tersebut akan terhambat jika generasi muda sudah dirusak akibat pengaruh penyalahgunaan narkoba. Hal tersebut diakrenakan masa remaja merupakan masa transisi dan kritis bagi perkembangan anak. Oleh sebab itu, diperlukannya upaya yang lebih dari pihak akademisi desain untuk membantu dalam mengatasi permasalahan tersebut melalui media visual desain berbentuk komik strip. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana cara merancang media edukasi bahaya penyalahgunaan narkoba melalui komik strip?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis 5W + 1H. Hasil penelitian ini berupa bentuk karya komik strip edukasi bahaya penyalahgunaan narkoba yang berbentuk kartunal. Abstract The younger generation is one of the nation's successors in continuing the development of a country. However, this process will be hampered if the younger generation has been damaged by the influence of drug abuse. This is because adolescence is a transitional and critical period for child development. Therefore, more effort is needed on the part of design academics to assist in overcoming these problems through the visual medium of design in the form of comic strips. The formulation of the problem in this research is how to design educational media on the dangers of drug abuse through comic strips? This research method uses a qualitative approach and 5W + 1H analysis. The results of this study are in the form of educational comic strips on the dangers of drug abuse in the form of cartoons. Keywords: Design, Comic Strip, Education, Dangers of Drug Abuse, Teenagers
Implementasi Metode K-Nearest Neighbor Untuk Prediksi Penjualan Produk Terlaris Pada Toko Indah Jaya Yuni Handayani; Taufik Hidayat; Hanif Arruhama
Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual Vol 2 No 2 (2023): Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual
Publisher : Fakultas Komputer Dan Desain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Toko Indah Jaya merupakan toko yang menyediakan aneka macam camilan di daerah Kendal, Jawa Tengah. Untuk mempermudah toko dalam penyediaan stok barang maka diperlukan sebuah prediksi berdasarkan data-data penjualan terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat prediksi penjualan makanan kering paling laris di Toko Indah Jaya menggunakan metode K-Nearest Neighbor. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan merupakan data penjualan makanan kering selama 2 tahun dari tahun 2021-2022 dengan total penjualan sebanyak 14689 produk makanaan kering, dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan studi literatur yang terkait dengan topik penelitian. Untuk memprediksi penjualan yang akan datang digunakan rumus Euclidean Distance, dengan nilai k=3 menggunakan aplikasi RapidMiner didapatkan hasil prediksi terlaris untuk 6 bulan kedepan yaitu rambak kerbau dengan total penjualan sebanyak 585 pcs. Hasil algoritma yang diperoleh dari nilai RMSE untuk produk makanan kering dengan nilai yang paling mendekati nol adalah bolu kering dengan nilai 2,869. Dapat disimpulkan bahwa makanan yang paling laris adalah rambak sapi dan bolu kering memiliki nilai RMSE terkecil, yang berarti memiliki hasil prediksi yang mendekati dengan nilai yang sebenarnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 9