cover
Contact Name
Muhammad Helmi
Contact Email
addabana@staialfalahbjb.ac.id
Phone
+6282234318118
Journal Mail Official
addabana@staialfalahbjb.ac.id
Editorial Address
Jl. A. Yani Km. 23 Landasan Ulin Banjarbaru Postal Code. 70723 Province South Kalimantan
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 26544849     EISSN : 26206129     DOI : 10.47732
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Falah Banjarbaru. Jurnal ini dikhususkan untuk memuat tulisan dalam bentuk hasil penelitian pendidikan Islam, atau gagasan tertulis dalam bentuk karya ilmiah dengan bidang kajian yang serumpun. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk menampung ide dan gagasan tentang pendidikan Islam dan untuk memudahkan civitas akademika pada umumnya untuk memperoleh angka kredit dalam menunjang eksistensinya di dunia akademik. Semua artikel yang diterbitkan adalah wawasan dan ide individu dari penulis yang tidak mewakili jurnal ini atau lembaga afiliasi penulis. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Fokus jurnal ini adalah pada isu-isu penting dan aktual mengenai Pendidikan Islam, seperti: Evaluasi Pendidikan Islam, Kajian Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Tafsir dan Hadits Tarbawi, Kurikulum Pendidikan Islam, Media Pembelajaran Pendidikan Islam, Metode Pembelajaran Pendidikan Islam, Pemikiran Ulama Banjar tentang Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Masyarakat, Pendidikan Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Pengelolaan Sistem Pembelajaran Pendidikan Islam, Sejarah Islam di Indonesia, Sejarah Peradaban Islam, Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam, Teori Pendidikan Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2024): August" : 5 Documents clear
UPAYA GURU DALAM PENDIDIKAN AKHLAK ANAK TERHADAP DAMPAK MEDIA SOSIAL DI SMP NEGERI 10 BANJARBARU Maya, Maya; Qomariyah, Nurul
ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2024): August
Publisher : Program Studi PAI STAI Al Falah Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47732/adb.v7i2.400

Abstract

Abstract: This study discusses Teacher Efforts in Children's Moral Education on the Impact of Social Media at SMP Negeri 10 Banjarbaru. The formulation of the problem in this study is How are the efforts of teachers in children's moral education on the impact of social media at SMPN 10 Banjarbaru and What are the inhibiting and supporting factors of teacher efforts in children's moral education on the impact of social media at SMPN 10 Banjarbaru. The subjects in this study were 3 Islamic religious education teachers, while the objects in this study were Teacher Efforts in Children's Moral Education on the Impact of Social Media at SMP Negeri 10 Banjarbaru and supporting and inhibiting factors. In data collection here using observation, interview, and documentation techniques, while for data processing techniques carried out with data classification, editing, and data interpretation, then analyzed with qualitative descriptive analysis and conclusions drawn inductively. The methods used by teachers by PAI teachers to overcome the impact of social media are the exemplary method, advice and sanctions. and by providing reinforcement to students. The supporting and inhibiting factors are: teachers, students, environment, family, and facilities and infrastructure. Based on the results of the study, it is known that the exemplary method, advice and sanctions carried out by teachers have been running and the results are good. This can be seen from students who say hello when they meet teachers, greet friends well, students who are diligent in praying Dhuhur in congregation, reading Yasiin orderly and sanctions can be seen from the absence of students who dare to bring cellphones to school without the teacher's permission. Keywords: Morals, Social Media, Teacher Efforts. Abstrak: Penelitian ini membahas tentang Upaya Guru dalam Pendidikan Akhlak Anak terhadap dampak Media Sosial di SMP Negeri 10 Banjarbaru. Rumusan masalah dalam peneliti ini adalah Bagaimana upaya guru dalam pendidikan akhlak anak terhadap dampak media sosial di SMPN 10 Banjarbaru serta Apa saja faktor penghambat dan pendukung upaya guru dalam pendidikan akhlak anak terhadap dampak media sosial di SMPN 10 Banjarbaru. Subjek dalam peneliti ini adalah 3 Guru pendidikan agama Islam, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah Upaya Guru dalam Pendidikan akhlak anak terhadap dampak media social di SMP Negeri 10 Banjarbaru serta faktor mendukung dan menghambat. Dalam penggalian data disini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi adapun untuk teknik pengolahan data dilakukan dengan klasifikasi data, editing, dan interpretasi data, selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan ditarik simpulan secara induktif. Adapun metode yang digunakan guru oleh guru PAI untuk mengatasi dampak media sosial adalah metode keteladanan, nasehat dan sanksi.dan dengan memberikan penguatan kepada siswa. Adapun faktor pendukung dan penghambat yaitu: guru, siswa, lingkungan, keluarga, serta Sarana dan prasaran. Berdasarkan hasil penelitian diketahui metode keteladahan, nasehat dan sanksi yang dilakukan oleh guru sudah berjalan dan hasilnya baik. Hal ini bisa dilihat dari siswa yang mengucapkan salam ketika bertemu guru, menyapa teman dengan baik, siswa yang sudah rajin sholat zuhur berjamaah, membaca yasiin dengan tertib serta sanksi terlihat dari tidak adanya siswa yang berani membawa hp kesekolah tanpa seizin guru. Kata Kunci: Akhlak, Media Sosial, Upaya Guru.
MENGANALISA KONSEP, BENTUK-BENTUK DAN TEKNIK PEMILIHAN METODE PEMBELAJARAN PAI Satriyo Aji, Candra Irawan; Akhzam, M. Arif; Al-Barkah, M. Hafizdiar; Syifa, Naelatus
ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2024): August
Publisher : Program Studi PAI STAI Al Falah Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47732/adb.v7i2.304

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the concepts, forms and techniques for selecting PAI (Islamic Religious Education) learning methods. The learning process is very important for success, because success in learning is the achievement of predetermined learning goals. To achieve this, it is important for teachers to be able to use a variety of methods and truly understand and master the methods used. Apart from that, teacher accuracy in choosing methods is also very important in the progress of learning, minimizing students who then become sleepy, lazy about learning due to the use of inappropriate methods or could be said to be malteaching. These mistakes in learning need to be avoided, because good learning will produce good students, and these students will become leaders in the future. Therefore, it is necessary for us as teachers to know the procedures or techniques for selecting methods in learning. This research was carried out using the literature study method, namely research in which the data is taken from literature related to the object of research, then the content is analyzed. In writing this manuscript, it states and explains several learning methods and techniques that can be used by educators to achieve educational goals. The implication of this research is that it can increase understanding and effectiveness of teaching Islamic Religious Education, thereby making a positive contribution to the development of religious education in the educational environment. With this article, it is hoped that it will become useful literacy and can raise awareness for many people. Keywords: Learning, Method, Student, Teacher.Abstrak: Studi ini bertujuan untuk menganalisis konsep, bentuk-bentuk dan teknik pemilihan metode pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam). Proses pembelajaran yang sangat penting untuk sebuah keberhasilan, karena keberhasilan dalam pembelajaran adalah tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Untuk mencapai hal tersebut penting bagi guru untuk bisa menggunakan berbagai variasi metode dan benar-benar memahami dan menguasai metode yang digunakan. Selain itu ketepatan guru dalam memilih metode juga sangat penting dalam berlangsungnya pembelajaran, meminimalisir murid yang kemudian menjadi ngantuk, malas belajar karena penggunaan metode yang kurang tepat atau bisa dikatakan dengan malteaching. Kesalahan-kesalahan dalam pembelajaran ini yang perlu dihindari, karena dengan pembelajaran yang baik maka akan menghasilkan peserta didik yang baik pula, dan murid inilah yang nantinya akan menjadi pemimpin dimasa yang akan datang. Oleh karena itu perlu bagi kita sebagai guru mengetahui tata cara atau teknik pemilihan metode dalam pembelajaran. Penilitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur, yaitu suatu penelitian yang data-datanya diambil dari literatur-literatur yang terkait dengan objek penelitian, kemudian dianalisis isinya. Dalam penulisan naskah ini menyebutkan serta menjelaskan beberapa metode dan juga teknik pembelajaran yang dapat dilakukan oleh pendidik dalam mencapai tujuan pendidikan. Implikasi dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan pemahaman dan keefektifan pengajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pendidikan agama di lingkungan pendidikan. Dengan adanya artikel ini diharapkan bisa menjadi literasi yang bermanfaat dan dapat menumbuhkan kesadaran bagi banyak orang.  Kata Kunci: Guru, Metode, Murid, Pembelajaran.
STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL SISWA DI SMPN 1 PULAU HANAUT KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR Rahmawati, Siti; Yufina, Auliya
ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2024): August
Publisher : Program Studi PAI STAI Al Falah Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47732/adb.v7i2.523

Abstract

Abstract: Realizing that many children can read the Koran but are less able to write the Koran. This is based on interviews with PAI teachers. So PAI teacher strategies are very important in the learning process so that children become enthusiastic about learning to write the Qur'an. This research discusses "PAI Teachers' Strategies in Learning to Write the Al-Qur'an Using the Drill Method for Class VII Students, Bapinang Hulu Village, Pulau Hanaut District, East Kotawaringin Regency, Central Kalimantan Province". The formulation of the problem in this research is: What are the strategies of PAI teachers in learning to write the Qur'an using the drill method for students at SMPN 1 Hanaut Island, East Kotawaringin Regency and what are the supporting and inhibiting aspects of PAI teachers in learning to write the Qur'an through the drill method? students at SMPN 1 Pulau Hanaut, East Kotawaringin Regency. The aim of this research is to describe PAI teachers' strategies in learning to write the Al-Qur'an through the drill method for students at SMPN 1 Hanaut Island, East Kotawaringin Regency and to describe what aspects support and hinder PAI teachers in learning to write the Al-Qur'an through this method. drill students at SMPN 1 Pulau Hanaut, East Kotawaringin Regency. The data subjects of this research are PAI teachers and class VII students of SMPN 1 Hanaut Island, East Kotawaringin Regency. Meanwhile, the object of this research is the strategy of Islamic Religious Education teachers in learning to write the Al-Qur'an through the drill method at SMPN 1 Pulau Hanaut, East Kotawaringin Regency. In extracting data the author used observation, interview and documentation techniques. Meanwhile, data processing techniques are data reduction, data presentation and data verification, then analyzed using qualitative analysis and then drawing conclusions inductively.Based on the results of this research, it was concluded that learning to write the Al-Qur'an through the drill method for class VII students at SMPN 1 Hanaut Island, East Kotawaringin Regency was going well. This can be seen from the drill method steps in learning to write the Al-Qur'an which are carried out in stages. This method is used to really help students learn to write the Al-Qur'an correctly, precisely and neatly. Meanwhile, the supporting and inhibiting aspects of PAI Teachers' Strategy in Learning to Write the Al-Qur'an Using the Drill Method for Students of SMPN 1 Hanaut Island, Kotawaringin Regency are: Supporting aspects are teachers who have an educational background in accordance with their field of education, have had quite a long teaching experience at the school. The infrastructure is sufficient because using this method does not require a lot of facilities. The inhibiting aspect is the student's talent and interest in participating in the learning process.  Keywords: Drill Method, Writing the Koran. Abstrak: Menyadari bahwa banyaknya anak yang bisa membaca Al-Qur’an tapi kurang mampu menulis Al-Qur’an. Hal ini berdasarkan wawancara dengan guru PAI. Sehingga strategi guru PAI sangat penting di dalam proses pembelajaran agar anak menjadi semangat dalam belajar menulis Al Qur’an. Penelitian ini membahas tentang “Starategi Guru PAI dalam Pembelajaran Menulis Al-Qur’an Melalui Metode Drill Siswa Kelas VII Kelurahan Bapinang Hulu Kecamatan Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimatan Tengah”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Guru PAI dalam pembelajaran menulis Al-Qur’an melalui metode drill siswa di SMPN 1 Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur dan Apa saja aspek pendukung dan penghambat guru PAI dalam pembelajaran menulis Al-Qur’an melalui metode drill siswa di SMPN 1 Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan strategi guru PAI dalam pembelajaran menulis Al-Qur’an melalui metode drill siswa di SMPN 1 Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur dan Mendeskripsikan apa saja aspek yang mendukung dan yang menghambat guru PAI dalam pembelajaran menulis Al-Qur’an melalui metode drill siswa di SMPN 1 Pulau Hanaut Kabupeten Kotawaringin Timur. Subjek data penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas VII SMPN 1 Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran menulis Al-Qur’an melalui metode drill di SMPN 1 Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur. Dalam penggalian data penulis melakukan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, selanjutnya dianalisa dengan analisis kualitatif yang kemudian mengambil kesimpulan dengan cara induktif.Berdasarkan hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan pembelajaran menulis Al-Qur’an melalui metode drill siswa kelas VII SMPN 1 Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin Timur sudah berjalan dengan baik. hal ini terlihat dari  langkah-langkah metode drill dalam pembelajaran menulis Al-Qur’an yang dilakukan secara bertahap. Metode ini digunakan sangat membantu peserta didik dalam belajar menulis Al-Qur’an dengan benar, tepat dan rapi. Sementara Aspek pendukung dan penghambat Strategi Guru PAI Dalam Pembelajaran menulis Al-Qur’an Melalui Metode Drill Siswa SMPN 1 Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringin yaitu: Aspek pendukung adalah guru yang memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang pendidikannya, pengalaman mengajar sudah cukup lama di sekolah tersebut. Sarana prasarana mencukupi karena penggunaan metode ini tidak banyak menggunakan sarana. Aspek Penghambat adalah bakat dan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.   Kata Kunci: Menulis A-lQur’an, Metode Drill.
PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS ARTIFICIAL INTELEGENT (AI) PADA PENDIDIKAN ISLAM Rusdiana, Rusdiana; AR, M. Ramli
ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2024): August
Publisher : Program Studi PAI STAI Al Falah Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47732/adb.v7i2.513

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to describe the Utilization of Artificial Intelligence (AI) Based E-learning Learning Model in Islamic Education. This research describes the definition of AI-based E-learning Learning Model and the type of AI-based E-learning application or website that can be utilized in Islamic education. The research method used is literature research. The data collection technique used is reviewing, reading and writing data obtained from various sources both journals and relevant books. While the data analysis technique of this research is data reduction, data presentation and conclusion drawing. The result of this research shows that E-learning based on Artificial Intelligence (AI) is one type of learning model that utilizes the sophistication of technology integrated with Artificial Intelligence (AI). E-learning model based on Artificial Intelligence (AI) is an online learning system that utilizes AI technology to increase the effectiveness, personalization, and interactivity of the learning process. The scope of Islamic education that can utilize the sophistication of E-learning models based on Artificial Intelligence (AI) includes Al-Quran and Hadith, Akidah Akhlak, Fiqh and Islamic History. In addition, there are several kinds of applications or websites that can be useful in Islamic education namely Virtual Assistants and Chatbots Using AI Are Here to Stay | World Economic Forum, AI Chatbot, Voice Assistant, Assess.ai. Keywords: Artificial Intelligence (AI), E-learning, Islamic Education, Learning Model. Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan Pemanfaatan Model Pembelajaran E-learning Berbasis Artificial Intelegent (AI) Pada Pendidikan Islam. Dalam penelitian ini menggambarkan seputar pengertian Model Pembelajaran E-learning Berbasis Artificial Intelegent (AI) serta jenis aplikasi atau website E-learning Berbasis Artificial Intelegent (AI) yang dapat dimanfaatkan pada pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau literatur. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menelaah, membaca serta menulis data yang didapatkan dari berbagai sumber baik jurnal maupun buku yang relevan. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa E-learning berbasis Artificial Intelegent (AI) adalah salah satu jenis model pada pembelajaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi yang diintegrasikan dengan Artificial Intelegent (AI). Model pembelajaran E-learning berbasis Artificial Intelligence (AI) ialah suatu sistem pembelajaran daring yang memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan efektivitas, personalisasi, dan interaktivitas proses pembelajaran. Ruang lingkup pendidikan Islam yang dapat memanfaatkan kecanggihan model pembelajaran E-learning berbasis Artificial Intelligence (AI) mencakup Al-Quran dan Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih serta Sejarah Islam. Selain itu terdapat beberapa macam aplikasi atau website yang mampu bermanfaat pada pendidikan Islam yakni  Virtual  Assistants  and  Chatbots  Using  AI  Are  Here  to  Stay  |  World  Economic  Forum, Chatbot AI, Voice Asisstant, Assess.ai. Kata Kunci: Artificial Intelegent (AI), E-learning, Model Pembelajaran, Pendidikan     Islam.
SEJARAH DAN PERAN MASJID MANTINGAN DALAM PENYEBARAN ISLAM DI JEPARA Rohmaniah, Alfiatur
ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2024): August
Publisher : Program Studi PAI STAI Al Falah Banjarbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47732/adb.v7i2.512

Abstract

Abstract: The Mantingan Mosque, a historical landmark in Jepara, Central Java, plays a central role in the spread of Islam in the region. Through this study, we can better understand the important role of Mantingan Mosque in the history of the spread of Islam in Jepara and the cultural values that continue to be upheld to this day. This study uses primary and secondary data collection methods from three sources, namely observations of the Mantingan Mosque, interviews with the chairman of the mosque foundation, and literature studies. This study uses 4 stages of historical methods, namely heuristics, criticism, interpretation and historiography. This article aims to provide a deeper understanding of how this mosque became a center of religious activities, and an important pilgrimage destination for the community. In addition, this article also aims to highlight the architectural value and cultural acculturation contained in the Mantingan Mosque, as well as its positive impact on the economy and social life of the surrounding community. Based on the results of this study, the Mantingan Mosque was built by Queen Kalinyamat in 1559, this mosque is not only a center of worship, but also a symbol of political and religious power in its time. With architecture that reflects the acculturation of Islamic, Javanese, Chinese, and Hindu-Buddhist cultures, the Mantingan Mosque has become a religious tourism destination that is visited by thousands of people every year. Its existence has a positive influence, namely by coming to the Mantingan Mosque they are people of faith. As the center of Islamic civilization in Jepara, the Mantingan Mosque has a positive impact on the economy and life of the surrounding community. With the religious and historical values contained in it, this mosque is a valuable heritage that must be preserved and maintained for future generations.Keywords: History and Role, Jepara, Mantingan Mosque. Abstrak: Masjid Mantingan, sebuah landmark bersejarah di Jepara, Jawa Tengah, memegang peran sentral dalam penyebaran Islam di wilayah tersebut. Melalui penelitian ini, kita dapat lebih memahami peran penting Masjid Mantingan dalam sejarah penyebaran Islam di Jepara dan nilai-nilai budaya yang terus dijunjung tinggi hingga saat ini. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data primer dan sekunder dari tiga sumber yaitu observasi masjid Mntingan, wawancara dengan ketua Yayasan masjid, dan studi literatur. Pada penelitian ini menggunakan 4 tahap metode sejarah, yakni heuristik, kritik, interpretai dan historiografi. Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana masjid ini menjadi pusat kegiatan keagamaan, dan destinasi ziarah yang penting bagi masyarakat. Selain itu, artikel ini juga bertujuan untuk menyoroti nilai arsitektur dan akulturasi budaya yang terkandung dalam Masjid Mantingan, serta dampak positifnya terhadap ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat sekitar. Berdasarkan hasil penelitian ini Masjid Mantingan dibangun oleh Ratu Kalinyamat pada tahun 1559, masjid ini tidak hanya menjadi pusat ibadah, tetapi juga simbol kekuatan politik dan keagamaan pada zamannya. Dengan arsitektur yang mencerminkan akulturasi budaya Islam, Jawa, Tionghoa, dan Hindu-Buddha, Masjid Mantingan menjadi destinasi wisata religi yang ramai dikunjungi oleh ribuan orang setiap tahunnya. Keberadaannya memberikan pengaruh positif yaitu dengan datang ke masjid Mantingan mereka adalah orang-orang yang beriman.  Sebagai pusat peradaban Islam di Jepara, Masjid Mantingan memberikan dampak positif terhadap ekonomi dan kehidupan masyarakat sekitar. Dengan nilai-nilai keagamaan dan sejarah yang terkandung di dalamnya, masjid ini menjadi warisan berharga yang harus dilestarikan dan dijaga untuk generasi mendatang.Kata Kunci: Jepara, Masjid Mantingan, Sejarah dan Peran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5