cover
Contact Name
Padriyansyah
Contact Email
lppm@univ-tridinanti.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaldidactique@univ-tridinanti.ac.id
Editorial Address
Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Didactique Bahasa Indonesia
ISSN : 27215288     EISSN : 27215296     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Didactique Bahasa Indonesia adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal ini berisikan hasil penelitian dan literatur studi masalah pendidikan, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dilakukan oleh akademisi internal dan eksternal. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 Januari 2020" : 8 Documents clear
MENULIS PUISI BERBASIS MUSIK POP Bella Denastiti; Tri Riya Anggraini; Edi Saputro
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 1 No. 1 Januari 2020
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.308 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v1i1.596

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah menulis puisi berdasarkan genre musik pop di kelas X SMK TRISAKTI Bandar Lampung. Indikator yang dipelajari meliputi konten, pengembangan diksi, dan kekuatan imajinasi. Tujuan dari penelitian ini adalah siswa dapat menulis puisi berdasarkan media musik atau lagu pop. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa semester X semester genap di SMK Lampung TRISAKTI. Teknik utama yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah penugasan atau tes menulis puisi. Siswa akan menulis puisi berdasarkan lagu yang telah disediakan, yaitu lagu Melly Goeslaw berjudul Bunda.Kata Kunci: menulis puisi, media lagu
KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TALANG KELAPA Toni Habib Burohman; N Nurullaningsih, M.Pd; F.A. Milawasri
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 1 No. 1 Januari 2020
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.806 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v1i1.603

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah hubungan antara kebiasaan membaca siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa terhadap kemampuan menulis teks anekdot. Jumlah partisipan sebanyak  256 siswa yang terdaftar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa. Dengan menggunakan teknik sampel bertujuan, siswa kelas X IPS 4 sebagai sampel penelitian.  Teknik pengumpulan data mempergunakan kuesioner (angket) untuk kebiasaan membaca dan tes tertulis untuk kemampuan menulis teks anekdot. Berdasarkan hasil pengumpulan data, didapatkan hasil bahwa kebiasaan membaca siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa berkategori baik dengan frekuensi 23 (71%) dan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa berkategori sangat baik dengan frekuensi 27 (84%). Dengan hasiL tersebut maka terdapat korelasi antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Talang Kelapa.Kata Kunci: korelasi, kebiasaan membaca, teks anekdot
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI SEJARAH SASTRA M Masnunah
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 1 No. 1 Januari 2020
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.954 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v1i1.597

Abstract

Tujuan  dari   penelitian   ini   untuk mengatahui ada tidaknya pengaruh model  pembelajaran  Small  Group  Discussion  berbasis multimedia   terhadap   hasil belajar mahasiswa semester 2 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Unversitas  PGRI Palembang pada materi sejarah sastra. Metode Penelitian   yang   digunakan adalah metode ekperimen yang perhitungannya menggunakan  metode  kuantitatif.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa thitung   5,887>   t tabel   1,980. Pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Small Group Discussion berbasis multimedia nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa masuk dalam kategori baik dengan rata-rata 81,02 sedangkan kelas kontrol yaitu hanya diberikan metode ceramah sebesar 68,42 dengan kategori cukup.Kata Kunci: Small Group Discussion, multimedia, hasil belajar
KEMAMPUAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TRIDINANTI PALEMBANG DALAM MENULIS PROPOSAL PENELITIAN Doni Samaya; Edi Suryadi
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 1 No. 1 Januari 2020
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.854 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v1i1.598

Abstract

proposal penelitian adalah salah satu bentuk tulisan yang harus dibuat oleh mahasiswa. Namun, kebanyakan mahasiswa belum tentu mampu membuatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menulis proposal penelitian. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkatan kategori kemampuan mahasiswa  berdasarkan patokan penilaian yang berlaku.  Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 40 mahasiswa dari fakultas ekonomi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes unjuk kerja yang berupa menulis proposal penelitian. Teknik analisis data berpatokan pada rubrik penilaian proposal penelitian. Data hasil tes unjuk kerja menulis proposal penelitian dideskripsikan dan disimpulkan. Hasil penelitian. menunjukkan bahwa 1) subjek penelitian mampu menulis proposal penelitian. 2) Nilai rata-rata subjek penelitian adalah 77,5 atau dengan kata lain berkategori baik berdasarkan patokan penilaian di Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang.Kata Kunci: kemampuan, menulis, proposal penelitian
HUBUNGAN MEMBACA TEKS WAWANCARA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 32 PALEMBANG D Diana; F.A. Milawasri; Nyayu Lulu Nadya
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 1 No. 1 Januari 2020
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.623 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v1i1.599

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara membaca teks wawancara terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 32 palembang. Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan korelasional. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian kelas VII.2 berjumlah 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner (angket) untuk membaca teks wawancara dan tes tertulis untuk kemampuan menulis karangan narasi. Validitas yang dilakukan menggunakan analisis item. Reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan formula Alpha Croanbach dan diperoleh hasil sebesar 0,653. Hasil tersebut termasuk dalam koefesien korelasi 0,600—0,800 yang berarti instrumen penelitian memiliki tingkat reliabilitas cukup. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antar variabel. Analisis data dihitung menggunakan program SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) membaca teks wawancara siswa kelas VII SMP Negeri 32 Palembang berkategori baik dengan frekuensi 25 (83,33%); (2) kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 32 Palembang berkategori baik dengan frekuensi 25 (83,33%); dan (3) terdapat hubungan antara membaca teks wawancara terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 32 Palembang, yaitu sebesar 0,66 yang termasuk dalam interval koefesien 0,60 — 0,799 dengan tingkat hubungan kuat dan signifikan dengan kontribusi 43,5%.Kata Kunci: Korelasi, Teks Wawancara, Karangan, SMP.
HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 PALEMBANG Gusti Agustina; F.A. Milawasri; Falina Noor Amalia
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 1 No. 1 Januari 2020
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.351 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v1i1.600

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara berpikir kreatif, kebiasaan membaca, dan menulis cerita pendek. Penelitian ini merupakan penelitian jenis ex post facto atau penelitian yang tidak memberikan perlakuan pada variabel, tetapi memfokuskan pada hubungan antar variabel. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 11 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 468 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 yang berjumlah 39siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan kuisioner. Analisis data dilakukan dengan pearson product moment correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir kreatif, kebiasaan membaca, dan kemampuan menulis cerita pendek siswa termasuk dalam kategori baik. Hasil rhitung  lebih besar dari rtabel (7.880>0.325). Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara berpikir kreatif, kebiasaan membaca, kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 11 Palembang. Hubungan tersebut termasuk dalam kategori sangat kuat.Kata Kunci: berpikir kreatif, kebiasaan membaca, menulis cerpen
ANALISIS MAKNA DAN FUNGSI MITOS DI DESA PULAU BERINGIN KECAMATAN KIKIM SELATAN KABUPATEN LAHAT Popy Maharani; Achmad Wahidy; Darwin Effendi
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 1 No. 1 Januari 2020
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.009 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v1i1.595

Abstract

Penelitian ini membahas tentang makna dan fungsi mitos pantangan yang terdapat di Desa Pulau Beringin, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mencari makna dan fungsi  mitos pantangan yang terdapat di desa Pulau Beringin, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna dan fungsi mitos yang terdapat di Desa Pulau Beringin, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari empat orang informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, rekam, dan catat. Adapun objek yang digunakan adalah masyarakat yang benar-benar mengetahui mitos yang terdapat di Desa Pulau Beringin, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat. Hasil penelitian yang dilakukan di Desa Pulau Beringin, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat diperoleh 32 mitos pantangan. Terdapat makna semiotik Roland Barthes yaitu makna denotasi, konotasi, dan mitos. Selain makna dalam mitos pantangan juga terdapat fungsi. Fungsinya jika mengikuti aturan-aturan yang terdapat di dalam mitos maka akan berfungsi sebagai penata kehidupan sosial, dan pengontrol perilaku masyarakat. Mitos pantangan memiliki arti yang menceritakan tentang larangan bagi masyarakat Desa Pulau beringin, Kecamatan Kikim selatan, Kabupaten Lahat.Kata Kunci: makna, fungsi, mitos
KEBIASAAN MEMBACA, PENGUASAAN DIKSI, DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI Sisilia Indriani; Falina Noor Amalia
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 1 No. 1 Januari 2020
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.178 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v1i1.601

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks eksposisi, hubungan antara penguasaan diksi dan kemampuan menulis teks eksposisi, dan hubungan antara kebiasaan membaca dan penguasaan diksi dengan kemampuan menulis teks eksposisi. di kelas X siswa SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis ex post facto. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 11 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 543 siswa. Peneliti telah mengambil sampel kelas X IPA 3 sebanyak 42 siswa. Data dikumpulkan dengan angket dan tes. Analisis data telah dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat kebiasaan membaca siswa adalah baik dengan jumlah 23 siswa (54,8%), (2) tingkat penguasaan diksi siswa termasuk dalam kategori baik sekali dengan jumlah 23 siswa (54,7%), (3) tingkat kemampuan menulis teks eksposisi siswa termasuk dalam kategori baik dengan jumlah 19 siswa (45,4%), (4) hasil rhitung = 7,147 yang lebih besar dari hasilrtabel = 0,308 dan dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa adanya hubungan antara kebiasaan membaca dan penguasaan diksi dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang.Kata Kunci: membaca, diksi, menulis teks eksposisi

Page 1 of 1 | Total Record : 8