cover
Contact Name
Umairah Tiffany
Contact Email
umairahtiffany9999@gmail.com
Phone
+6289625205709
Journal Mail Official
jurnalpaudmasakeemasan@gmail.com
Editorial Address
STKIP Melawi, Jl RSUD Melawi, KM 04, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Masa Keemasan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 29627184     DOI : -
Core Subject : Education,
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is published by Early Childhood Education Departement in STKIP Melawi, West Kalimantan, Indonesia. This journal is published twice a year in January and July. This journal is consists of conceptual articles and research reports related to nursery school, pre-primary school, or play school.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1" : 6 Documents clear
DAMPAK PEMBERIAN REWARD BAGI ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN SABANGAU KOTA PALANGKA RAYA Herliani, Herli
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/mkjpaud.v5i1.2295

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui reward apa saja yang diberikan pada anak usia dini dan bagaimana dampak penerapan pemberian reward kepada anak usia dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenalogi yang bertujuan untuk mencoba menjelaskan makna konsep.Reward yang diberikan bagi anak PAUD di TK Negeri Pembina Sabangau Kota Palangka Raya, Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat diketahui bahwa reward yang diberikan kepada anak PAUD di TK antara lain: a) reward berupa pujian, b) hadiah, c) sentuhan, d) jempol/tepuk tangan.Dampak bagi anak PAUD di TK Negeri Pembina Sabangau Kota Palangka Raya. Dampak pemberian reward pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sabangau Kota Palangka Raya, peneliti menemukan bahwa dengan pemberian reward memiliki dampak yang positif. Dampak positifnya anak jadi lebih percaya diri, berani melakukan hal positif, rajin turun ke sekolah dan semangat belajar. Kata Kunci: Reward, Pemberian Reward, Dampak Reward, anak usia dini.
PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKATIF “LIGA-LIKU” UNTUK MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK USIA DINI Retnosari, Dyah Silvian; Pratiwi, Nur Aisyah
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/mkjpaud.v5i1.2482

Abstract

 Pelecahan seksual merupakan salah satu permasalahan yang rentan terjadi pada anak usia dini di Indonesia. Pelecehan seksual ini rentan terjadi karena kurangnya edukasi pendidikan seksual pada anak sejak dini. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan permainan “Liga-Liku” sebagai media edukasi pendidikan seksual bagi anak usia dini.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang diawali dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), namun karena adanya keterbatasan waktu, penelitian dilakukan sampai tahap develop (pengembangan) dan tahap berikutnya akan dilakukan pada penelitian selanjutnya.Rincian hasil uji validasi dalam penilitian ini yaitu uji ahli materi mencapai hasil 80% dalam kategori layak dan uji validasi ahli media mendapatkan hasil 83% dalam kategori sangat layak. Hasil persentase rata-rata penilaian validasi ahli dan media yaitu sebesar 82% dengan intepretasi sangat layak karena memperoleh nilai ≥81%. Kesimpulan dari penelitian yaitu permainan “Liga-Liku” layak untuk digunakan sebagai media edukasi pendidikan seksual sebagai upaya preventif dalam mengurangi angka korban pelecehan seksual pada anak usia dini.Kata Kunci: Anak usia dini, Pelecehan seksual, Permainan edukasi
PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA PG-PAUD DALAM PEMBUATAN MPASI PADA MATA KULIAH ILMU GIZI Lestari, Kasihani; Rahim, Zhilla; Mukhlisin, Mukhlisin
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/mkjpaud.v5i1.3411

Abstract

Pendekatan Project Based Learning (PjBL) telah banyak diakui sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan praktis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PjBL terhadap kreativitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) dalam pembuatan Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada mata kuliah Ilmu Gizi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam merancang dan membuat MPASI yang inovatif, bergizi, dan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini. Dari pelaksanaan penelitian didapatkan data yang signifikan yang menyatakan bahwa Project Based Learning dapat mempengaruhi tingkat kreativitas mahasiswa dalam pembuatan menu MPASI di mata kuliah Ilmu Gizi pada jurusan PG PAUD.
PENGARUH TEAM TEACHING PENDIDIK PADA PENGENALAN TEMATERHADAP PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL Kartini, Kartini; Akip, Muhammad
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/mkjpaud.v5i1.3444

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan pengaruh team teaching pendidik pada pengenalan tema rekreasi perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini, dan (2)  mengetahui efektivitas team teaching pendidik pada pengenalan tema rekreasi perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah peserta didik di PAUD Mutiara Hati Nanga Pinoh. Instrumen penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional anak usia dini. Data dianalisis dengan t-test pada taraf signifikansi 5%. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat  pengaruh yang signifikan dari penerapan team teaching pendidik pada tema rekreasi terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini.
EFEKTIVITAS MEDIA PAPAN HURUF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DASAR ANAK USIA DINI KELOMPOK B PAUD KEMUNING DESA TEKELAK Khairi, Isnanul; Lestari, Kasihani; Septiadi, Wahyu
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/mkjpaud.v5i1.3468

Abstract

Kemampuan mengenal huruf pada papan huruf untuk anak Usia dini  masih menggunakan metode Menghafal, Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini untuk menghafal hurup pada papan huruf, dan untuk meningkatkan daya ingatan anak usia dini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti  melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok B PAUD KEMUNING DESA TEKELAK yang berjumlah 11 anak, 6 laki-laki dan 5 perempuan. Kemampuan mengenal huruf dengan metode menghapal pada anak mengalami peningkatan dengan menggunakan media papan huruf.Kata kunci: Media Papan Huruf, Literasi Dasar Anak Usia Dini.
PERAN GURU PAUD SEBAGAI ROLE MODEL PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI Septiadi, Wahyu; Peterianus, Septian; Lestari, Kasihani
Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5 No 1 (2025): Volume 5 Nomor 1
Publisher : Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/mkjpaud.v5i1.3484

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai peran guru paud dalam memberikan contoh melalui role model  pendidikan karakter bagi anak usia dini di PAUD Cerdas Ceria Desa Batu Badak Kecamatan Menukung.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, serta dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Hasil dari penelitian ini adalah bahwa peran guru PAUD sebagai role model pendidikan karakter sudah cukup baik, karena pada konsepnya penanaman nilai-nilai karakter seperti penanaman nilai keteladan dan kebiasaan pada anak usia dini melalui sikap disiplin, sopan santun, berbicara dan berperilaku sudah diimplementasikan dengan baik oleh sebagian besar peserta didik. Hal ini tidak terlepas dari role model yang sudah ditanamkan oleh guru-guru PAUD Cerdas Ceria Desa Batu Badak Kecamatan Menukung.Kata Kunci: Peran Guru Paud, Pendidikan Karakter.

Page 1 of 1 | Total Record : 6