cover
Contact Name
Rekno Sulandjari
Contact Email
rekno.sulandjari@gmail.com
Phone
+6282135231314
Journal Mail Official
rekno.sulandjari@gmail.com
Editorial Address
Jl. Banjarsari Barat 1 Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Egaliter
Published by Universitas Pandanaran
ISSN : 25807889     EISSN : 25976877     DOI : -
Majalah ilmiah Egaliter memiliki latar belakang disiplin ilmu komunikasi dan Kehumasan dengan konten tentang proses interaksi untuk menuju pemahaman sebuah konsep demi tujuan perkembangan hubungan yang lebih baik. Akan terbit secara berkala, berisi hasil penelitian dari para pemerhati dalam proses komunikasi, baik dari kalangan pengajar maupun pengamat sosial, internal maupun eksternal Universitas Pandanaran. Artikel yang disajikan bertujuan untuk menginspirasi secara praktis, teoritis dan sosial para pelaku komunikasi sehingga lebih hergonomis dalam mengambil sebuah kebijakan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 6 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.6 Maret 2020" : 5 Documents clear
STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN PADA PT TIKI JNE
Jurnal Egaliter Vol 4, No 6 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.6 Maret 2020
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi public relations merupakan bagian penting dari langkah yangdiambil perusahaan guna meningkatkan citra perusahaan. Pandangan positifmasyarakat terhadap perusahaan akan berakibat pada loyalitas dan kepuasanpelanggan. PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir merupakan perusahaan jasapengiriman logistik yang berpusat di Jakarta. Perusahaan ini membuka banyakcabang di berbagai kota, salah satunya adalah Semarang. Sebagai perusahaan jasa,PT Tiki JNE berupaya untuk meingkatkan kepercayaan pelanggan terhadapperusahaan melalui strategi public relations. Penelitian ini bertujuan untuk melihatstrategi public relations yang dilakukan oleh PT Tiki JNE untuk meningkatkancitra perusahaannya di mata pengguna jasa pengiriman. Penulis menggunakanmetode penelitian kualitatif dan kuantitatif deskriptif dengan melakukanwawancara, observasi, dan kuisioner, dilanjutkan dengan penarikan kesimpulandari data dan fakta yang didapatkan dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkanbahwa PT Tiki JNE melakukan strategi pemasaran salah satunya memaksimalkanperan publikasi iklan untuk membentuk opini positif masyarakat terhadap jasa PTTiki JNE. PT Tiki JNE juga turut berupaya menjaga kualitas pelayananpengiriman logistik untuk mempertahankan citra perusahaan di mata pelanggan.Hasil dari pembagian kuisioner terhadap konsumen PT Tiki JNE menunjukkanbahwa strategi public relations yang dilakukan oleh PT Tiki JNE berpangaruhpositif signifikan terhadap citra perusahaan tersebut. Kata Kunci: hubungan masyarakat, citra perusahaan, kepuasan pelanggan
PENGARUH PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PERUSAHAAN RITEL ALFAMART DR WAHIDIN H398 SEMARANG
Jurnal Egaliter Vol 4, No 6 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.6 Maret 2020
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (838.936 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi komunikasi dalam ritel yang rendah dalamhal pelayanan dari karyawan kepada para pelanggan. Hal tersebut memengaruhiturunnya kepuasan pelanggan dan menyebabkan loyalitas pelanggan berada padatingkat yang sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuidan menganalisis seberapa signifikan pengaruh pelayanan pelanggan, dankepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada perusahaan ritel“Alfamart”. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernahmelakukan pembelian di Alfamart. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dandihitung dengan rumus lemeshow. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling yaitu metodepengambilan sampel tanpa sengaja, dimana peneliti mengambil sampel yangkebetulan ditemuinya pada saat itu. Dari hasil penelitian yang dilakukan saat inipelayanan yang diberikan Alfamart , ditunjukkan dengan nilai sebanyak 75responden (75%) menyatakan tinggi. Dan sisanya sebanyak 25 responden (25%)enyatakan sangat tinggi. Hasil penelitian mengenai penilaian kepuasan pelanggansebanyak 57 responden (57%) menyatakan tinggi. Sebanyak 23 responden (23%)menyatakan sangat tinggi. Dan sisanya sebanyak 20 respnden (20%) menyatakanrendah. Dan hasil penelitian mengenai penilaian loyalitas pelanggan sebanyak 55responden (55%) menyatakan tinggi. Sebanyak 31 responden (31%) menyatakansangat tinggi. Dan sisanya sebanyak 14 responden (14%) menyatakan rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Alfamart, hasilpengamatan yang dilakukan pelayanan yang diberikan karyawan Alfamart sesuaidengan kepuasan responden yang diterima, sehingga terjadi kenaikan pencapaianpada target yang sudah ditentukan oleh manajemen yang juga berarti kenaikanloyalitas dari para responden itu sendiri.Kata kunci : Pemasaran, Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas.
PERAN PROMOSI DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMILIH KAMPUS DI UNIVERSITAS PANDANARAN SEMARANG
Jurnal Egaliter Vol 4, No 6 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.6 Maret 2020
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyaknya universitas - universitas swasta di Semarang membuat Universitas Pandanaran perlu melakukan usaha lebih agar calon mahasiswamenaruh perhatiannya pada Universitas Pandanaran Semarang. Persaingankampus swasta sangat umum terjadi karena selain pentingnya dunia pendidikansetelah sekolah menengah atas hal yang diperhatikan adalah minat dan bakattersendiri dari calon mahasiswa. Dengan banyaknya pilihan program studi dandidukung dengan fasilitas - fasilitias yang cukup memadai, UniversitasPandanaran Semarang bisa disebut layak untuk menjadi pertimbangan dalammenentukan kampus untuk melanjutkan pendidikan. Selama proses pendaftaran,Universitas Pandanaran melakukan berbagai macam promosi. Dengan adanyapromosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.Dalam produk yang dimaksudkan dijual disini adalah Program Studi diUniversitas Pandanaran untuk calon mahasiswa baru. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa responden menyatakansangat setuju terhadap keputusan memilih Universitas Pandanaran sebagaikampus lanjutannya. Hal ini ditunjukan dengan adanya data sebanyak 60responden (60%) berada pada keputusan sangat tinggi dan sebanyak 40 responden (40%) berada pada hasil tinggi dalam perhitungan akhir. Demikian juga denganhasil perhitungan pada peran promosi, hasil penelitian menunjukan sebagianresponden menyatakan sangat setuju dengan promosi tersebut. Ditunjukan denganadanya data sebanyak 60 responden (60%) berada pada hasil yang sangat tinggidan sebanyak 40 responden (40%) berada pada hasil tinggi. Adapun hasilperhitungan masalah promosi yang berdampak pada keputusan memilih calonmahasiswa baru berada pada titik sebanyak 60 responden (60%) menyatakansangat setuju, hal ini menunjukan adanya hubungan yang besar antara promosidengan keputusan memilih calon mahasiswa baru di Universitas Pandanaran.Kata Kunci: Promosi, Keputusan, Memilih
INFLUENCE OF EMPLOYEE CREATIVITY, COMMUNICATION, ORGANIZATIONAL CULTURE AND EVALUATION OF WORK TOWARD IMPROVING EMPLOYEE PERFORMANCE (Empirical Study at Lombok Cengis Roast Chicken Restaurant, Tembalang, Semarang) Maria Madgalena Minarsih; Fransiska Deni Anggraini
Jurnal Egaliter Vol 4, No 6 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.6 Maret 2020
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.751 KB)

Abstract

Dalam persaingan rumah makan cepat saji yang semakin banyak, maka pelanggan tentunya akan memilih rumah makan yang nyaman, unik, menarik, asikdan pelayanan yang baik dari perusahaan, dan kebersihan . Penelitian mengenaikreativitas karyawan, komunikasi, budaya organisasi dan evaluasi kerja terhadappeningkatan kinerja karyawan ini dilakukan dengan maksud untuk melihat adatidaknya pengaruh variabel yang ada diperusahaan tersebut agar dapatdiselesaikan dan mendorong kemajuan bagi perusahaan dalam meningkatkankinerja karyawan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ,metode yangdigunakan dengan membagikan kuesioner ke responden dengan jumlahresponden 50 karyawan menggunakan metode sensus. Teknik analisis datamenggunakan cara dengan membandingkan hasil dari t hitung dengan t tabel (ujiparsial) dan hasil dari F hitung dengan F tabel (uji simultan). Dari hasil uji t dan Fdapat diketahui bahwa t hitung lebih besar t tabel sedangkan F hitung lebih besar F tabel maka variabel kreativitas karyawan, komunikasi, budaya organisasi danevaluasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kinerjakaryawan. Melalui uji determinasi didapatkan nilai adjusted R Square sebesar85,5%, sehingga dapat dijelaskan bahwa variabel kreativitas karyawan,komunikasi, budaya organisasi dan evaluasi kerja mempengaruhi peningkatankinerja karyawan. Selisih 14,5% (100%-85,5%) merupakan variabel lain yangmempenagruhi misalnya variabel talenta karyawan,variabel gaya kepemimpinandll.Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa faktor kreativitas karyawan,komunikasi, budaya organisasi dan evaluasi kerja merupakan hal yang harusmendapatkan perhatian dalam meningkatkan kinerka karyawan.Kata Kunci : Evaluasi kerja, Budaya Organisasi, Kreativitas Karyawan,Komunikasi, dan Kinerja Karyawan
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENAMBAHAN PENUGASAN DAN PENGARAHAN DI LUAR JAM PELAJARAN DENGAN PROSES ONLINE/DARING KELAS X IPS SEMESTER 1 TAHUN 2019/2020
Jurnal Egaliter Vol 4, No 6 (2020): Jurnal Egaliter Vol.4 No.6 Maret 2020
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.058 KB)

Abstract

Pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru sebagai inovatorpembelajaran dalam pengelolaan proses pembelajaran mata pelajaran ekonomidan juga peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa di SMA N 1 RowosariKabupaten Kendal sangat diperlukan sebagai respons semakin melemahnyakualitas belajar siswa dan kinerja siswa rendah, baik proses maupun produkbelajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkandata dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif.Pengembangan program didasarkan data-data dan informasi dari siswa, guru dansetting sosial kelas secara alamiah melalui dua tahapan siklus. Siklus I indikator ketuntasan belum tercapai karena nilai rata-rata kelas hasilbelajar siswa sebesar 66,59, dan jumlah siswa tuntas masih 78,85%.Siklus II indikator ketuntasan sudah tercapai karena nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa 65, jumlah siswa berkategori tuntas belajar 85%, dan aktivitassiswa dalam pembelajaran sudah meningkat. Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatankarena siswa merasa senang dan tertarik dengan pembelajaran yang diterapkanguru. Lembar observasi guru menunjukkan guru sudah melakukan pembelajarandengan sebaik-baiknya dan berusaha agar materi yang disampaikan dapatdipahami oleh siswa. Guru juga melakukan tahapan pembelajaran sesuai denganyang direncanakan dalam RPP. Berdasarkan hasil refleksi, guru sudahmelaksanakan pembelajaran on-line/daring dengan cukup baik dan semuaindikator sudah tercapai pada siklus II. . Kata kunci : Hasil belajar, Kreativitas, Pembelajaran On-Line

Page 1 of 1 | Total Record : 5