cover
Contact Name
Dhanan
Contact Email
lppm.amni@gmail.com
Phone
+6289667747299
Journal Mail Official
admin@jurnal.unimar-amni.ac.id
Editorial Address
Jl. Sukarno Hatta No. 180 Semarang, 50199
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM
ISSN : 14126826     EISSN : 26232030     DOI : https://doi.org/10.33556/jstm
Jurnal Sains dan Teknologi MARITIM berisi tulisan ilmiah di bidang Kemaritiman, Kepelabuhanan, Ilmu kenautikaan, Teknik Mesin, permesinan kapal. Jurnal Sains dan Teknologi Maritim juga membahas mengenai bidang Transportasi baik itu transportasi darat, laut maupun udara yang kesemuanya merupakan hasil penelitian maupun kajian pustaka.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 2 Documents
Search results for , issue "VOLUME X, NOMOR 2, MARET 2012" : 2 Documents clear
ANALISIS LOYALITAS DAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN TERMINAL PETI KEMAS SEMARANG Agus Santosa; - Nuryanto
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME X, NOMOR 2, MARET 2012
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v2i2.167

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasikan kualitas layanan yang terdiri dari kehadalan (Reliability), anggap (Responsiveness) dan kepastian (Assurance) yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan TPKS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan kualitas layanan yang dilakukan para petugas TPKS yang terlibat secara langsung dalam memberikan layanan yang membentuk rasa puas para pelanggan TPKS. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah keseluruhan pengguna jasa TPKS yang ada di kota semarang yaitu para petugas EMKL dan Freight Forwarding yang terdata dalam GAFEKSI yang merupakan sample frame penelitian ini, besarnya sampel dalam penelitian ini sebesar 100 petugas EMKL/Freight Forwarding dengan menggunakan metode Purposive sampling yang diambil secara sengaja, karena petugas EMKL sebagai obyek penelitian sudah dapat mewakili populasi.Kualitas layanan yang terdiri Kehandalan (Reliability), Tanggap (Responsiveness) dan Kepastian (Asuurance) menunjukan pengaruh yang positif terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan TPKSKata Kunci : Kehandalan (Reliability), Tanggap (Responsiveness) dan Kepastian (Asuurance), Kepuasan serta Loyalitas.
Pengaruh Pelayanan, Kenyamanan, dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Penumpang Dalam Menggunakan Jasa KMC. Kartini I Retno Mulatsih
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI MARITIM VOLUME X, NOMOR 2, MARET 2012
Publisher : UNIMAR AMNI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33556/jstm.v2i2.348

Abstract

Kepuasan penumpang dalam menggunakan suatu produk/jasa harus dipenuhi oleh suatu perusahaan atau organisasi. Pada penelitian ini akan diamati pola perilaku penumpang, untuk memperoleh suatu perumusan kebijakan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan penumpang. Kepuasan pelayanan bagi penumpang KMC. Kartini I jurusan Semarang-Karimun Jawa dipengaruhi oleh berbagai faktor.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kepuasan penumpang dipengaruhi oleh faktor-faktor yaitu pelayanan, kenyamanan dan harga tiket. Berdasarkan faktor empirik dari model penelitian dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda dan dengan alat bantu statistic SPSS Ver 16,0, didapatkan persamaan hasil penelitian sebagai berikut: Y= 4,722+ 0,535X1+ 0,045 X2+0,054 X3+ p. Independen variabel dalam hal ini pelayanan, kenyamanan dan harga tiket secara individu maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap dependen variabel yaitu kepuasan penumpang. Secara individu dapat diurutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penumpang berdasarkan atas hasil uji t adalah faktor Pelayanan (t-hitung 5,279), faktor Kenyamanan (t-hitung 2,461) dan faktor Harga tiket (t-hitung 3.587). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda tersebut, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang, (2) Kenyamanan berpengaruh positif tetapi tidak signikan terhadap kepuasan penumpang, (3) Harga tiket berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan penumpang. Secara simultan pelayanan, kenyamanan dan harga tiket berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang.

Page 1 of 1 | Total Record : 2