cover
Contact Name
Purniadi Putra
Contact Email
putrapurniadi@gmail.com
Phone
+6285252101729
Journal Mail Official
jipsi199@gmail.com
Editorial Address
Jalan Dusun Turusan Desa Lorong Kecamatan Sambas Perumahan Lorong Asri , Kab. Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, 7946
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial
Published by CV putra publisher
ISSN : 28292723     EISSN : 28292723     DOI : -
he focus of this JIPSI journal is based on the results of educational research that contributes to the understanding, improvement, development of scientific theories and concepts and their application to education in Indonesia. The scope of education includes educational administration, guidance, counseling, educational technology, primary school teacher education, early childhood teacher education, Islamic religious education, non-formal education, special education, and psychology. Meanwhile, the scope of the study specifically for social issues is to publish the results of studies in the following fields; Anthropology, Sociology, History, Politics, Economics, Education, Culture, Psychology, Management, Arts, Linguistics, and Law
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 4 (2026): Januari" : 2 Documents clear
Perlindungan Hak Asasi Manusia Dalam Proses Peradilan Pidana Melalui Peran Advokat Butar-butar, Benny Nuovandi; Esther, July
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 4 (2026): Januari
Publisher : CV Putra Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58540/jipsi.v4i4.1107

Abstract

Proses peradilan pidana adalah area penting di mana hak-hak individu dihadapkan pada kekuasaan negara. Hak Asasi Manusia (HAM) seperti mendapatkan proses hukum yang adil dan bantuan hukum sering kali terancam dari penangkapan hingga persidangan. Peran advokat sangat penting sebagai pihak ketiga yang independen untuk memastikan kekuasaan negara bekerja sesuai hukum, melindungi warga dari pelanggaran HAM. Tujuan utama penulisan ini adalah untuk mengkaji peran advokat dalam melindungi HAM tersangka atau terdakwa di semua tahap peradilan pidana, dari penyidikan hingga pengadilan. Penelitian ini juga bertujuan untuk menjelaskan peran advokat dalam mengontrol tindakan aparat penegak hukum dan untuk mendokumentasikan tantangan yang dihadapi advokat dalam melindungi HAM. Selain itu, penulisan ini memberikan rekomendasi kebijakan untuk memperkuat peran advokat dalam peradilan yang adil. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan berbagai jurnal dan publikasi lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran advokat sangat berpengaruh terhadap perlindungan HAM dalam peradilan pidana. Advokat menjamin hak terdakwa, tetapi juga mengidentifikasi berbagai hambatan, seperti akses hukum yang minim untuk masyarakat miskin dan upaya intimidasi yang mengancam independensi mereka. Kesimpulannya, perlindungan HAM akan lebih optimal jika peran advokat dihormati, dengan langkah-langkah penguatan sistem bantuan hukum dan pelatihan untuk penegak hukum. Peran advokat menjadi indikator kesehatan sistem peradilan suatu negara
Analisis Komparatif Pembelajaran Dengan Jigsaw Dan Think Pair Share (TPS)Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Sifat Sifat Eksponen Di Kelas X Manik, Jois Febri; Tambunan, Hardi; Sinaga, Samuel Juliardi
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 4 (2026): Januari
Publisher : CV Putra Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58540/jipsi.v4i4.1109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sifat-sifat eksponen di kelas X SMK Free Methodist Medan Tahun Ajaran 2025/2026. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMK Free Methodist Medan, dengan sampel dua kelas, yaitu kelas X RPL yang diajar menggunakan model Jigsaw dan kelas X TKJ yang diajar menggunakan model TPS. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang disusun berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajar dengan model Jigsaw dan TPS (sig. 0,023 < 0,05), dan (2) model pembelajaran Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan model TPS dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (sig. 0,011 < 0,05). Dengan demikian, model pembelajaran Jigsaw direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang lebih unggul untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi eksponen di tingkat SMK.

Page 1 of 1 | Total Record : 2