cover
Contact Name
Karunia Eka Lestari
Contact Email
karunia@staff.unsika.ac.id
Phone
+6285721512517
Journal Mail Official
radian@fkip.unsika.ac.id
Editorial Address
First Floor FKIP Building, Universitas Singaperbangsa Karawang Jl. H.S. Ronggowaluyo Telukjambe Timur, Karawang 41361 West Java, Indonesia.
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Radian Journal: Research and Review in mathematics Education
ISSN : -     EISSN : 29617049     DOI : https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i2
Core Subject : Education,
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education is a peer-reviewed online academic journal devoted to disseminate original research (qualitative research, qualitative research, design/development research) and review papers (literature reviews, review articles, book reviews) in the field of mathematics education (teaching and learning strategy, curriculum development, mathematical hard skills & soft skills, learning environment, educational technology, and other related teaching and learning mathematics issues).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education" : 5 Documents clear
Analisis Kemampuan Elaborasi Matematis Siswa pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Lestari Dija Yumanik; Karunia Eka Lestari
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/radian.v1i1.6499

Abstract

Kemampuan elaborasi matematis merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dikuasai oleh siswa. Kemampuan ini menuntun siswa dalam mengembangkan gagasannya sehingga mendapatkan pengetahuan baru yang lebih bermakna. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan elaborasi siswa pada materi persamaan linier satu variabel di tingkat SMP. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 21 siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Karawang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampling sistematis. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Analisis data menggunakan analisis tekstual yang didukung oleh penyajian statistik deskriptif, sehingga diperoleh gambaran umum terkait kemampuan elaborasi matematis siswa berdasarkan tingkatan yang dikategorikan dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan elaborasi matematis siswa masih tergolong rendah. Meskipun demikian, secara umum siswa menunjukkan tingkat penguasaannya terhadap pengembangan ide atau gagasan yang sudah ada.
Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Kelas XI di SMA Negeri 1 Terisi Indramayu Kholifatul Akbar; Sutirna Sutirna
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/radian.v1i1.6501

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan penalaran matematis siswa SMA kelas XI. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang berupa soal uraian dengan materi Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang disesuaikan dengan indikator kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini ialah dengan menganalisis data hasil tes. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA yang di Kabupaten Indramayu, yaitu SMA Negeri 1 Terisi. Subjek yang diteliti adalah kelas XI-4 IPA sebanyak 15 siswa. Berdasarkan hasil analisis terhadap data yang sudah dikumpulkan melalui instrumen tes kemampuan penalaran matematis, dari total 15 siswa diperoleh 7 siswa memiliki kemampuan penalaran matematis kategori tengah dan 8 siswa memiliki kemampuan penalaran matematis kategori bawah. Tidak ada siswa yang tergolong ke dalam kategori kemampuan penalaran matematis atas
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Menurut Teori Konstruktivisme Ratnasari Meliana; Hanifah Nurus Sopiany
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/radian.v1i1.6503

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret menurut teori konstruktivisme. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Hayatan Thayyibah pada semester ganjil tahun ajaran 2021/ 2022. Penentuan subjek penelitian ini dilakukan secara purposive sampling dengan memilih 1 siswa dari setiap kategori hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang terdiri dari kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis, wawancara, dan triangulasi data. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini akan menunjukkan kesesuaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada soal barisan dan deret dengan teori konstruktivisme berdasarkan prinsip -prinsipnya: a) Lingkungan belajar; b) Pengetahuan awal siswa; c) Kemampuan mengkonstruksi hubungan antara pengetahuan yang sudah dimiliki dengan yang sedang dipelajari; d) Keaktifan siswa dalam pembelajaran; e) Kemampuan menjelaskan kembali hasil yang dikerjakan.
Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Segitiga dan Segiempat Intan Larasati; Kiki Nia Sania Effendi
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/radian.v1i1.6529

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi segitiga dan segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di salah satu SMP di daerah Jakarta Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan 3 butir soal materi segitiga dan segiempat pada siswa. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VIII A yang terdiri atas 15 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes kemampuan koneksi matematis siswa adalah 57,6667 berada dibawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yakni sebesar 78, dengan rincian bahwa hanya terdapat 4 orang siswa yang telah memenuhi nilai KKM. Adapun berdasarkan hasil kategorisasi siswa menurut kemampuan koneksi matematisnya, diperoleh bahwa 20% siswa termasuk kedalam kategori tinggi, sementara sebanyak 66,667% siswa yang merupakan perolehan persentase tertinggi termasuk kedalam kategori sedang, dan 13,333% siswa lainnya termasuk kedalam kategori rendah, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematis dari 15 orang siswa di kelas VIII A dalam menyelesaikan soal materi segitiga dan segiempat adalah rendah.
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas X MIPA 4 SMA Shalom Bengkayang Dewi Tila Elisa; Pebria Dheni Purnasari; Siprianus Siprianus
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/radian.v1i1.6581

Abstract

This study aims to determine the critical thinking ability of the tenth graders of SMA Shalom, Bengkayang city in the 2021/2022 academic year. The number of respondents in this study was 22 students, with data collection methods in the form of test questions for students' understanding of the power and energy material in physics lessons with aspects of the assessment of formulating data, analyzing data, comparing data, understanding material concepts, knowing material concepts, instruments in the form of questions. From the 5 aspects of the assessment, it turns out that the results are quite diverse. In the aspect of problem formulation, the dominant value is 4 with a percentage of 80%. while the data analysis aspect of the students' answers showed a dominant score of 4 with a percentage of 65%. Aspects of comparing, students are more dominant in getting a score of 4 with a percentage of 85%. In addition to the aspect of understanding the concept, the dominant student gets a score of 2 with a percentage of 75%, and the aspect of knowing the concept, the answer of the dominant student gets a score of 4 with a percentage of 80%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5