cover
Contact Name
Arifa Pratami
Contact Email
pratamiarifa@gmail.com
Phone
+628116332323
Journal Mail Official
mutlaqah@fai.uisu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara Jalan Sisingamangaraja, Teladan Barat, Medan Kota, Medan, Sumatera Utara, 20217
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Mutlaqah: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah
ISSN : -     EISSN : 27752712     DOI : https://doi.org/10.30743/mutlaqah
Core Subject : Religion,
Mutlaqah: Jurnal Ekonomi Syariah, menerbitkan karya tulis ilmiah hasil kajian atau penelitian dan kajian pustaka dalam ruang lingkup dan fokus Kajian Ekonomi Syariah. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Redaksi menerima jurnal tersebut belum pernah dipublikasikan di media lain dengan format penulisan seperti yang tertera pada halaman pedoman penulisan naskah. Jurnal ini berdiri pada tahun 2020, terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan Juli Merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi ekonomi syariah Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), jurnal ini membahas ilmu bidang Ekonomi Islam, sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan ilmu ekonomi syariah. Ekonomi Islam Perbankan Syariah Ekonomi ZISWA Akuntansi Syariah Manajemen Syariah Bisnis Syariah Dan lain-lain (topik lainnya yang berhubungan dengan ekonomi syariah)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2024): Edisi Januari" : 5 Documents clear
PENERAPAN PENJUALAN ONLINE IKAN KERING BERBASIS SYARIAH TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DESA TABUYUNG KECAMATAN MUARA BATANG GADIS Yani, Abdi; Adib, Ahmad; Ghani, Nahar Abdul
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 4, No 2 (2024): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v4i2.11150

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran ikan kering dalam meningkatkan nilai jual pedagang ikan di Desa Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis melalui media sosial. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, maka penulis menggunakan penelitian kualitatif untuk mengumpulkan informasi yang perlu diperlukan selama masa penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dengan objek penelitian di Desa Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media sosial pemasaran dilakukan secara langsung dengan menjualkan di pasar minggu, akan tetapi setelah pandemi, penjualan ikan kering menurun sehingga pedagang beralih ke media sosial untuk memasarkan ikan keringnya. Sesudah menggunakan media sosial pendapatan masyarakat mengalami peningkatan karena media sosial merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kelangsungan usaha pedagang ikan kering, media sosial juga berpengaruh besar bagi pembeli yang berada diluar daerah. Pedagang ikan kering memanfaatkan media sosial untuk pemasaran ikan kering, memberikan pelayanan yang baik, mengadakan diskon dan promo tertentu untuk mengubah kelemahan selama ini menjadi sebuah peluang harga, pemasaran yang diubah lebih milenial, dan praktis menggunakan media sosial sehingga membuat konsumen lebih mudah membeli produk ikan kering dengan kekuatan produk ikan kering yang berkualitas.
POTENSI PENGEMBANGAN WISATA RAMAH MUSLIM DAN MAKANAN HALAL TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT PULAU SAMOSIR SUMATERA UTARA Harahap, Risky Wahyudi; Pratami, Arifa; Habibullah, Habibullah
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 4, No 2 (2024): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v4i2.11125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan wisata ramah Muslim dan makanan halal terhadap perekonomian masyarakat Pulau Samosir, Sumatera Utara. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel wisata ramah Muslim (X1) memiliki nilai t-hitung -1,588 lebih kecil dari t-tabel 1,985 dengan signifikansi 0,115 ( 0,05), yang berarti tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap ekonomi masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun konsep wisata ramah Muslim memiliki potensi, namun pengembangannya belum memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan ekonomi lokal. Sebaliknya, variabel makanan halal (X2) menunjukkan hasil yang signifikan dengan t-hitung 3,624 ( t-tabel 1,985) dan signifikansi 0,000 ( 0,05), menandakan bahwa makanan halal memberikan pengaruh positif terhadap ekonomi masyarakat. Nilai adjusted R² sebesar 0,167 menunjukkan bahwa hanya 16,7% variasi ekonomi lokal dijelaskan oleh kedua variabel tersebut, sementara 83,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan sektor kuliner halal berpotensi besar dalam meningkatkan ekonomi lokal, sementara wisata ramah Muslim masih perlu strategi yang lebih efektif.
IMPLEMENTASI JUAL BELI MELALUI SISTEM DROPSHIPPING DALAM PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH PADA TOKO ONLINE YOLLA SHOP KECAMATAN MEDAN POLONIA Nadila, Citra; Ghani, Nahar Abdul; Sembiring, Nurhaizan
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 4, No 2 (2024): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v4i2.11131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan implementasi, mekanisme transaksi, tinjauan fiqh muamalah terhadap jual beli melalui  sistem dropshipping  pada  toko  online  Yolla  Shop Kecamatan  Medan  Polonia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Pelaksanaan implementasi jual beli melalui system dropshipping dalam perspektif fiqh muamalah, dimana Jual beli online merupakan transaksi pertukaran barang yang dilakukan melalui media elektronik dengan menggunakan bantuan koneksi internet atau secara online. Yolla Shop mempromosikan barang dagangannya pada media sosial miliknnya baik itu berupa Facebook, Tiktok maupun instagram miliknya. 2).Cara melakukan transaksi jual beli online secara dropshipping adalah dengan cara mengupload foto-foto menarik di media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan kemudian menuliskan kalimat promosi dan mencantumkan nomor whatsapp supaya pelanggan tersebut mudah menghubungi apabila pelanggan berminat dan tertarik dengan barang yang ada dalam gambar tersebut. 3). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual beli online Secara dropshipping ini telah ditegaskan dalam Al-Qur’an dan Hadist tentang kebolehan dan hal-hal yang dilarang dalam transaksi tersebut, “Allah menghalalkan jual beli dan mengramkan riba”, dan segala bentuk transaksi jual beli yang mengandung unsur gharar (ketidakjelasan barang yang diperjual belikan).
ANALISIS DAYA SAING TERHADAP PENJUALAN SECARA ONLINE DAN OFFLINE UNTUK MENINGKATKAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KECAMATAN MEDAN KOTA Azzahra, Rosya; Agustami, Eli; Sumiati, Sumiati
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 4, No 2 (2024): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v4i2.11135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing penjualan secara online dan offline dalam rangka meningkatkan kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Medan Kota. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi daya saing UMKM, baik dari segi internal seperti keterbatasan sumber daya manusia dan kendala dalam pemasaran, maupun eksternal seperti ketidaktepatan program dukungan dan tumpang tindih strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk memperoleh data yang objektif dan terukur. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada pelaku UMKM dengan metode purposive cluster random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS untuk menguji pengaruh antara variabel-variabel yang diteliti, salah satunya melalui uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik penjualan online maupun offline memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan daya saing UMKM. Pemahaman terhadap strategi penjualan sangat penting bagi UMKM untuk merumuskan strategi yang tepat dalam meningkatkan daya saing mereka di pasar yang semakin kompetitif.
PENGARUH PENDISTRIBUSIAN ZAKAT CORPORATE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK PADA LAZISMU KOTA MEDAN Mardiyanti, Patimah; Effendi, Syamsul; Pratami, Arifa
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 4, No 2 (2024): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v4i2.11143

Abstract

upaya meningkatkan kesejahteraan mustahik pada LAZISMU Kota Medan. Salah satu lembaga yang mengatur penyaluran zakat adalah LAZISMU merupakan lembaga yang berperan penting dalam pengolahan dan pendistribusian zakat agar tercapai dengan merata kemaslahatannya kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan data primer dimana dikumpulkan langsung dari hasil obeservasi, wawancara, kuesioner dan data sekunder dari pihak perusahaan yang memiliki populasi 750 mustahik dengan sampel 88 mustahik. Penelitian ini menunjukkan bahwa Distribusi Zakat Corporate menggunakan cara purposive sampling dengan jenis penelitian Kuantitatif. Hasilnya berpengaruh positif. Dan pendistribusian zakat corporate dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik pada lembaga amil zakat, infaq dan shadaqoh Muhammadiyah LAZISMU Kota Medan bahwa berdasarkan  hasil wawancara , serta hasil observasi ke LAZISMU Medan menyimpulkan bahwa zakat yang secara produktif  yang mampu mesejahterakan para mustahik dimana zakat produktif semua aspek ksejehteraan dalam hal, makanan pokok, kesehatan, pendidikan dan keberlangsungan hidup yang panjang masuk dalam linkup zakat produktif.

Page 1 of 1 | Total Record : 5