cover
Contact Name
Mariaty Podungge
Contact Email
mariatypodungge@gmail.com
Phone
+6285240574043
Journal Mail Official
mariatypodungge@gmail.com
Editorial Address
Kampus II Jln. Sultan Amai Kelurahan Pone, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
ISSN : -     EISSN : 29633389     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, philosophy of Islamic education, Islamic education management, Islamic education curriculum, innovations in Islamic education, Islamic education leadership, multicultural Islamic education, Islamic education for social transformation, madrasa education, pesantren education, and other relevant topics. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines. This journal was published by Prodi Pendidikan Agama Islam, FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo. PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti is published two times a year (February and August).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2019): FEBRUARY" : 5 Documents clear
Implementasi Pendidikan Full Day School Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo Djauhari, Dewi Susanti; Umar, Razak
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 1 No. 1 (2019): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.304 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v1i1.1101

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam Penelitian ini yakni 1) Bagaimana Implementasi Pendidikan Full Day School terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik? 2) Apa Faktor Penghambat dan Pendukung Pelaksanaan Pendidikan Full Day School dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik?. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui Implementasi Full Day School terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pendidikan Full Day School dalam pembentukan karakter peserta didik. Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahapan, yaitu: mengorganisasikan data, penyelesaian data dan penaksiran data. Hasil penelitian diperoleh (1) Pelaksanaan pendidikan Full Day School di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo sudah terlaksana dengan baik, sekolah melaksanakan beberapa kegiatan ekstra untuk membentuk karakter peserta didik. (2) dengan adanya program Full Day School kualitas ibadah peserta didik meningkat, (3) peserta didik sudah mampu melaksanakan sholat dengan mandiri tanpa harus di tuntun, (4) peserta didik sudah dapat berlaku jujur baik ucapan maupun perbuatan, (5) sudah dapat bersikap dermawan, menghormati dan menghargai guru (6) memiliki sikap percaya diri, berjiwa kepemimpinan, (7) mempunyai jiwa toleran. Hambatan yang di hadapi dalam program Full Day School untuk membentuk karakter yakni, (1) Tenaga Guru, karena tidak semua guru ahli dalam berbagai bidang, (2) kesiapan peserta didik dalam mengikuti kegiatan, paling banyak di pengaruhi oleh faktor bermain, (3) peserta didik kurang dalam menelaah materi. Faktor pendukung pendidikan Full Day School (1) partisipasi orang tua menghadirkan anaknya lebih awal.
Majelis Taklim Turrabunnuri Sipatana Terhadap Peningkatan Spiritual Keagamaan Masyarakat DJOU, SYAWALLUDIN; Wantu, Hasim
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 1 No. 1 (2019): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (806.563 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v1i1.1207

Abstract

ABSTRACT Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui Bagaimana pelaksanaan dan metode pengajian majelis taklim Turrabunuri, tingkat spritual keagamaan masyarakat di kelurahan Tanggikiki, faktor apa yang mendukung kegiatan majelis taklim Turrabunuri terhadap peningkatan spiritual kegamaan di masyarakat, kemudian apa saja kendala dan solusi dalam proses peningkatan spiritual keagamaan pada masyarakat di kelurahan Tanggikiki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah sepuluh orang ustad dan santri yang belajar di majelis taklim Turrobunnuri yang berada di kelurahan Tanggikiki kecamatan Sipatana kota Gorontalo. Hasil penelitian ini ditemukan beberapa hal sebagai berikut (1) Kegiatan majelis taklim Turrabunnuri terbagi menjadi tiga, yang pertama dilaksanakan rutin setiap hari Jum’at sebelum dikumandangkannya adzan shalat Jum’at, kedua kegiatan belajar bahasa arab dan baca kitab kuning. Dan yang ketiga adalah kegiatan pengajian kitab kuning oleh para muridnya Aba Idu (2) Tingkat spiritual keagamaan masyarakat di kelurahan Tanggikiki kecamatan Sipatana adalah rendah. (3) Faktor yang mendukung kegiatan majelis taklim Turrabunuri terhadap peningkatan spiritual keagamaan pada masyarakat ada empat. yang pertama adalah Aba Idu, kedua adalah putra dan para murid beliau. ketiga Kitab Kuning. Dan yang keempat adalah Metode. (4) Kendala pertama adalah ketidaktahuan. Solusi dari masalah ini adalah dengan meningkatkan intentitasnya dakwah melalui mimbar khutbah atau ceramah agama di masyarakat. Kendala Yang kedua adalah masyarakat yang sudah tahu pentingnya peningkatan spritual, akan tetapi minatnya untuk belajar guna meningkatkan spritualitasnya rendah. Ini bisa dipengaruhi dua faktor, tidak adanya ketertarikan kepada majelis Turrabunnuri, atau tak memiliki waktu luang karena pekerjan. alasan pertama solusinya adalah membiarkan ia dengan pilihannya yang tidak tertarik dengan majelis Turrabunnuri. Kemudian alasan kedua adalah para ustad harus mendakwahinya dengan akhlaq yang terpuji, sehingga ia dapat merasakan nikmatnya kebaikan yang para ustad tawarkan hingga timbul rasa penasaarannya, pada siapa mereka belajar semua kemulian-kemuliaan itu. hingga ia akan meluangkan waktunya untuk belajar bersama di majelis Turrabunnuri. KEYWORDS : Peran Majelis Taklim Peningkatan Spiritual Keagamaan
Guru Dan Penanaman Nilai-Nilai Toleransi antar umat beragama Hulalango, Abdul Gafur; Rostitawati, Tita
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 1 No. 1 (2019): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.401 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v1i1.1217

Abstract

Abstract Skripsi ini membahas tentang “upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu: penulis berupaya untuk mengetahui:pertama Bagaimana Toleransi Antar Umat Beragama Di SMA N 1 Bolangitang Barat,kedua Bagaimana Upaya Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-nilai Toleransi Antar Umat Beragama di SMA Negeri 1 Bolangitang Barat,ketiga Apa Saja Kendala Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Di SMA N 1 Bolangitang Barat. Penelitian ini bertujuan pertama Mengetahui Toleransi Antar Umat Beragama Di SMA N 1 Bolangitang Barat kedua Bagaimana Upaya Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama di SMA N 1 Bolangitang Barat ketiga Mengetahui Kendala Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Di SMA N 1 Bolangitang Barat.Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif deskriktif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis Penelitian ini dilakukan dengan cara melaksanakan empat kegiatan pokok: (a) pengumpulan data. (b) pengelolaan data. (c) analisa data. (d) penafsiran hasil analisis dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menujukan:pertamaKondisi sikap toleransi beragama siswa di SMA N 1 Bolangitang Barat sudah sangat baik. hal ini di buktikan dengan ada sikap menerima dalam hidup berdampingan dengan warga sekolah yang heterogen, menghormati dan menghargai keyakinan orang lain, menjalin kerjasama dalam bidang sosial, seperti adanya ekstrakulikuler dan acara sekolah. Kedua Upaya Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama Kepada Peserta Didik Di SMA Negeri I Bolangitang Barat. melalu dua tahapan yaitu: a) pembinaan dalam kegiatan pembelajaran meliputi. Pemanfaatan sumber belajar, memilih gaya guru mengajar yang baik, penerapan variasi metode dan memili metode yang sesuai, menciptakan komunikasi guru dengan peserta didik penerapan evaluasi berkelanjutan. b) pembinaan di luar kelas dengan memberikan contoh sikap toleransi dilingkungan sekolah, seperti hidup berdampingan dengan semua warga sekolah, bekerja sama dengan semua warga sekolah untuk menerapkan senyum, sapa, sopan salam, dan santun untuk bekerja sama dalam bidang sosial. ketiga kendala gura PAI dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama di SMA N I Bolangitang Barat pengaruh lingkungan luar sekolah yang tidak sesuai dengan lingkungan sekolah.
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN SIKAP BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BAHASA ARAB: STUDI PENELITIAN PADA MAHSASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SULTAN AMAI GORONTALO T.A 2017-2018 Damongi, Adri Yudha; Mobonggi, Arten; Munirah, Munirah
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 1 No. 1 (2019): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.307 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v1i1.1220

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Arab dan Sejauh mana hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap belajar mahasiswa pada mata kuliah bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap belajar pada mata kuliah bahasa Arab di Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai. Metode penelitian ini adalah penelitian kuntitatif menggunakan metode survey pendekatan korelasional yang dilakukan di kelas A dan B Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis koefiensi korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis korelasi memperoleh nilai sebesar 0,496 lebih besar dari rhitung sebesar 0,244 dengan N=63 pada taraf signifikasi 5%, artinya terdapat hubungan positif yang menunjukan interpretasi korelasi yang sedang. Sedangkan nilai R Square sebesar 0,246 atau 24,6%, ini menunjukan kecerdasan emosional menentukan hasil sikap belajar mahasiswa sebesar 24,6% sedangkan 75,4% ditentukan oleh faktor lainya.
Eksistensi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Pembinaan Kedisiplinan Guru Di SDN 9 Tilongkabila Nasaru, Lince; Hasbi, Muh.
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 1 No. 1 (2019): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.199 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v1i1.1273

Abstract

ABSTRAK Kepala Sekolah/Madrasah merupakan pimpinan satuan pendidikan yang memiliki fungsi manajerial, administrator, educator, supervisor, leader, motivator, wirausahawan, yang harus menjabarkan fungsi dalam tugas dan tanggung jawab kesehariannya, atau memiliki kompotensi yang dituntut dalam Pendidikan No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah, dimana seorang Kepala Sekolah harus memiliki dimensi kompotensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial. Supervisi diarahkan pada pembinaan guru yang perlu senantiasa untuk dibina, diartikan, diberi jalur keluar sehingga beban berat tidak dirasakan sendirian.Disinilah adanya kerjasama yang baik antara kepala sekolah dan guru.Eksistensi kepala sekolah sebgai sosok penentu keberhasilan tujuan sekolah dalam tugas kesehariannya banyak menghadapi tantangan untuk keberhasilan mencapai tugasnya. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab yang dilakukan kepala sekolah sebagai supervisor serta untuk mengetahui usaha / strategi kepala sekolah dalam pembinan kedisplinan guru. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan : Kepala sekolah adalah sosok yang menjadi panutan dan mempunyai peran penting bagi lembaga yang dipimpinnya. Salah satu fungsi kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan yang mempunyai tugas untuk membina para guru dan seluruh staf yang bertugas menangani dalam proses pembelajaran, agar mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki para guru untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang kondusif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tecapai secara maksimal. Pembinaan kedisiplinan harus dilakukan kepala sekolah secara terus menerus yang dikemas dalam pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari disekolah. Pembiasaan ini dapat ditunjukkan dapat dari pelaskanaan waktu, tugas, dan kedisiplinana lainnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5