cover
Contact Name
Mariaty Podungge
Contact Email
mariatypodungge@gmail.com
Phone
+6285240574043
Journal Mail Official
mariatypodungge@gmail.com
Editorial Address
Kampus II Jln. Sultan Amai Kelurahan Pone, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
ISSN : -     EISSN : 29633389     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, philosophy of Islamic education, Islamic education management, Islamic education curriculum, innovations in Islamic education, Islamic education leadership, multicultural Islamic education, Islamic education for social transformation, madrasa education, pesantren education, and other relevant topics. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines. This journal was published by Prodi Pendidikan Agama Islam, FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo. PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti is published two times a year (February and August).
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2020): AUGUST" : 6 Documents clear
Meningkatan Pemahaman Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas 4 Di Mi Alkhairaat Padang Wartabone, Erik
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 2 No. 2 (2020): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v2i2.4040

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi kalimat thayyibah subhanallah mata pelajaran Akidah Akhlak melalui model Problem Based Learning (PBL). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Kelas 4 MI Alkhairaat Padang Tahun Ajaran 2020/2021, yang terdiri dari 13 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Problem Based Learning berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi kalimat thayyibah subnallah. Sebelum diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) pemahaman peserta didik secara klasikal hanya 3 peserta didik (23,07%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 68.46. Setelah diterapkannya model tersebut pada siklus I sebanyak 10 peserta didik (76,92 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 79,23 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 11 peserta didik (84,61 %) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 82.69. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung murid untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.
Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik K, Hernawati
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 2 No. 2 (2020): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v2i2.4043

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak Materi adab shalat dan dzikir. Peserta didik  jarang sekali belajar menggunakan media audio visual, pembelajaran sebelumnya dilakukan secara monoton yang membuat peserta didik merasa bosan. Guru melakukan pembelajaran dengan metode ceramah, sehingga pembelajaran menyimak kurang efektif dan efisien apabila disampaikan dengan cara dibacakan oleh guru. Dalam mata pelajaran Akidah Akhlak, peserta didik kurang bisa memahami  materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini antara lain adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Materi  adab Shalat dan Dzikir  pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII Fase D di MTs DDI Lil-Banat Parepare  dengan menggunakan Media Audio Visual. Model penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas  (PTK) yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif  yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak  Kelas VII MTs DDI Lil-Banat Parepare kecamatan soreang dengan jumlah sampel sebanyak 14 orang. Hasil penelitian dengan menggunakan media audio visual pada pembelajaran Akidah Akhlak menunjukan adanya peningkatan kualitas belajar peserta didik dalam proses pembelajaran, hal ini terlihat  terlihat dari peningkatan hasil dari setiap siklusnya, Dari data awal sebagian  peserta didik  mendapat predikat nilai Cukup Baik (C) dan Baik ( B ) dengan nilai rata-rata 84, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 4 peserta didik yang mendapat  predikat nilai baik (B) dan 10 yang mendapat predikat Sangat baik ( SB ) dengan nilai rata-rata 87.6 dan siklus II nilai semua peserta didik mendapat prediakt sangat baik ( SB ) dengan nilai rat-rata 90.5.
Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Iman Kepada Malaikat Melalui Model Numbered Head Together Pada Siswa Kelas Vii Mts.S Ma’arif Nu Abdul Fatah Mangega Idha Yuliana, Wahyu
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 2 No. 2 (2020): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v2i2.4044

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta Ma’arif NU Abdul Fatah Mangega mata pelajaran Akidah Akhlak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Adakah peningkatan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran Akidah Akhlak materi Iman Kepada Malaikat melalui model Numbered Head Together di Madrasah Tsanawiyah Swasta Ma’arif NU Abdul Fatah Mangega Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan model ini mempermudah mudah guru untuk merangsang keaktifan peserta didik melalui pemberian tugas atau pertanyaan yang dikerjakan oleh peserta didik secara bersama-sama dalam kelompok kecil. Guru juga mudah memantau aktivitas peserta didik sehingga tingkat kesukaran dan permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik dapat diketahui dan dicarikan solusinya oleh guru.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis data mulai dari pra siklus dengan rata-rata 71,3 dengan presentasi ketuntasan 41%. Pada siklus I dengan rata-rata 77,4 dengan presentase ketuntasan 76% dan siklus II meningkat menjadi rata-rata 85.40 dengan presentase ketuntasan 97%. Maka dengan demikian dapat di ambil kesimpulan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Malaikat pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta Ma’arif NU Abdul Fatah Mangega Tahun Pelajaran 2019/2020
Meningkatkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Melalui Metode Kitabah Pada Materi Menghafal Surah Al Ma’un Hamzak, Risnaldi
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 2 No. 2 (2020): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v2i2.4045

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar Peserta didik melalui metode Kitabah dengan fokus pada menghafal Surah Al-Ma'un. Latar belakang penelitian fokus pada tantangan yang sering dihadapi Peserta didik dalam menghafal ayat-ayat Al-Quran secara efektif. Tujuan utamanya adalah untuk menilai efektivitas metode Kitabah dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman Peserta didik terhadap materi yang dipelajari. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran, menggabungkan analisis kuantitatif dari skor pre-test dan post-test dengan data kualitatif dari observasi dan umpan balik Peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam akurasi hafalan Peserta didik serta perbaikan yang fokus dalam antusiasme mereka dalam belajar melalui metode Kitabah. Diskusi mengungkapkan bagaimana aspek interaktif dan kolaboratif dari metode tersebut berkontribusi pada hasil positif yang dicapai. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Kitabah memiliki potensi sebagai pendekatan inovatif untuk meningkatkan keterampilan hafalan Peserta didik dan memperdalam hubungan mereka dengan Al-Quran.
Penerapan Metode Demonstrasi Di Kelas Ii Madrasah Ibtidaiyah Darul Istiqamah Puce’e Sinjai Selatan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Ariyanti
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 2 No. 2 (2020): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v2i2.4046

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana kemampuan shalat berjamaah siswa dengan metode demonstrasi dan bagaimana kemampuan siswa dalam melafazkan bacaan pada shalat berjamaah dengan metode demonstrasi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan sholat berjamaah siswa dengan metode demonstrasi.dan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam melafazkan bacaan pada sholat berjamaah dengan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas.dan Teknik pengambilan data adalah dengan Observasi,metode Demonstrasi dan Dokumentasi Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan sholat fardlu siswa Kelas II  pada Materi Fikih.Pada tahap pra siklus nilai rata rata yang diperoleh siswa masih 64  dengan ketuntasan klasikal 23%,pada siklus I meningkat menjadi 68 dengan ketuntasan klasikal sebesar 57%.pada siklus II nilai rata rata lebih meningkat menjadi 73 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82%.
Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Taubat Dan Taat Mata Pelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Metode Mind Mapping Fase D Kelas VII MTs Nurul Ikhsan Yafadlillah Asrorudin, Muhamad
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 2 No. 2 (2020): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v2i2.4056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa  pada materi taubat dan taat mata pelajaran Akidah Akhlak melalui metode Mind Mapping. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D MTs Nurul Ikhsan Yafadlillah, yang terdiri dari 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Mind Mapping  berhasil meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi taubat dan taat. Sebelum diterapkannya metode Mind Mapping  prestasi belajar siswa secara klasikal hanya 9 siswa (41%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71,81. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 14 siswa (64%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 73,63 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 22 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 89,70. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena mind mapping merupakan metode pembelajaran yang hanya mencatat hal-hal yang penting saja sehingga memudahkan anak didik mengingat dan mempelajari suatu hal dengan melihat hubungan yang terbentuk dari kata kunci, warna, dan gambar yang ada.

Page 1 of 1 | Total Record : 6