cover
Contact Name
Dwi Sulisworo
Contact Email
sulisworo@iistr.org
Phone
+6281328387777
Journal Mail Official
jgi@journal.iistr.org
Editorial Address
Jalan Sugeng Jeroni No.36 Gedongkiwo Mantrijeron Yogyakarta 55142 Indonesia
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Genesis Indonesia
ISSN : 29625750     EISSN : 29621666     DOI : https://doi.org/10.56741/jgi
Jurnal Genesis Indonesia is a journal managed by The Indonesian Institute of Science and Technology Research. True to its name: Genesis, which means "beginning of formation", this journal is aimed at students, as well as young researchers and young professionals. This journal covers various scopes, from education, management, economics, engineering, technology, to health. Authors are encouraged to submit submissions, whether in English or Indonesian Language.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 01 (2023): Jurnal Genesis Indonesia" : 5 Documents clear
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Hambali; Dahliati
Jurnal Genesis Indonesia Vol. 2 No. 01 (2023): Jurnal Genesis Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.196 KB) | DOI: 10.56741/jgi.v2i01.218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem gerak pada manusia di MAN Jangka, Aceh. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian adalah model eksperimen semu. Partisipan diambil dengan teknik Simple Random Sampling dari pilihan kelas yang ada. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI dan sampel penelitian adalah kelas kelas XI2 dan kelas XI3. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Instrumen penelitian adalah soal pilihan ganda untuk pretest dan posttest yang masing-masing terdiri dari 20 soal. Hasil analisis uji-t diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem gerak pada manusia. Siswa yang diajar dengan metode ini cenderung memperoleh hasil belajar yang lebih baik.
Penyelesaian Konflik Tanah Eks Hak Guna Usaha: Studi Kasus Adminstrasi Publik Henderikus Jon; Danar Aswin; Abdullah
Jurnal Genesis Indonesia Vol. 2 No. 01 (2023): Jurnal Genesis Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.213 KB) | DOI: 10.56741/jgi.v2i01.220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peta konflik tanah eks hak guna usaha (HGU). Dari hasil ini dapat diketahui faktor penyebab dan kronologi konflik. Selain itu dapat diperoleh upaya para pihak dalam menyelesaikan konflik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara wawancara mendalam. Data sekunder diperoleh dari studi dokumen dan studi literature. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan data terpilah, reduksi data, interpretasi data dan menarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab konflik adalah adanya klaim masyarakat adat (Suku Soge dan Suku Goban) sebagai tanah ulayat. Ada perbedaan kepentingan atas tanah eks HGU. Ada Kondisi tersebut menjadi latar belakang perjalanan konflik. Konflik belum berakhir dengan damai karena PT Krisrama cenderung kompetitif dan menghindar sedangkan masyarakat adat lebih mengakomodasi. Hasil penelitian lainnya yaitu upaya penyelesaian oleh pemerintah daerah dapat dikatakan sebagai upaya yang gagal atau tidak berhasil.
Peningkatan Hasil Belajar Konsep Bahaya Penggunaan NAPZA dengan Poster Digital Samsiyati; Dian Artha Kusumaningtyas
Jurnal Genesis Indonesia Vol. 2 No. 01 (2023): Jurnal Genesis Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56741/jgi.v2i01.139

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi Project-based learning (PjBL) berbantuan poster digital dalam peningkakan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes dan penilaian produk. Produk berupa poster digital. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa. PjBL berbantuan poster digital  meningkatkan ketuntasan belajar 19,5 % (dari 75% menjadi 94,5%). Siswa yang melampaui nilai ketuntasan 75 sebesar 85%. PjBL meningkatkan hasil belajar siswa.
Faktor Penyebab Peserta Didik Tidak Disiplin Datang ke Sekolah Elisabeth Senggo; Rinny Sustrisno Nurmini Mbau; Maria Ermelinda Lering
Jurnal Genesis Indonesia Vol. 2 No. 01 (2023): Jurnal Genesis Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56741/jgi.v2i01.219

Abstract

Penelitian ini menjelaskan fenomena peserta didik yang mengalami masalah kedisiplinan tidak datang ke sekolah. Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor penyebab peserta didik tidak disiplin datang ke sekolah.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X.  Jumlah sampel peserta didik yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 orang. Pengumpulan data penelitian dengan observasi dan wawancara pada peserta didik dan guru SMAK ST. Petrus Kewapante, NTT. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa peran guru, orang tua dan kesadaran peserta didik memiliki peran penting dalam kedisiplinan. Guru yang tidak tegas terkait hukuman dan penghargaan. Orang tua dalam menerapkan pola kedisiplinan sehari-hari pada anak. Serta peserta didik kurang dalam kemampuan mengelola waktu dan kesadaran diri menerapkan kedisiplinan.
Analisis Fungsi dan Isi Syair Adat pada Upacara Pernikahan: Kajian Budaya Lokal di Sikka, Nusa Tenggara Timur Oktafianus Sangsun Sawa; Robertus Adi Sarjono Owon; Muhammad Lautama
Jurnal Genesis Indonesia Vol. 2 No. 01 (2023): Jurnal Genesis Indonesia
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56741/jgi.v2i01.149

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi dan isi dari syair adat pernikahan dalam upacara pernikahan adat Sikka. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Wairbleler. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, rekaman dan simak-catat. Data berupa syair dari tuturan lisan tua adat dan dari studi pustaka terkait syair Sikka. Data berupa syair dikhususkan yang terkait adat pernikahan adat. Data dianalisis secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk deskriptif dengan tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan syair adat pernikahan terdapat fungsi didaktif, moralitas, religius, reaktif, estetis. Isi syair meliputi nilai kesopanan, nilai ketabahan, nilai kesukarelawan, nilai keuletan, nilai tanggung jawab.

Page 1 of 1 | Total Record : 5