cover
Contact Name
Ahmad Azmy
Contact Email
ahmad.azmy@paramadina.ac.id
Phone
+6281293898547
Journal Mail Official
ahmad.azmy@paramadina.ac.id
Editorial Address
Jl. Gatot Subroto No.Kav. 97, RT.4/RW.4, Mampang Prpt., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani
Published by Universitas Paramadina
ISSN : 26150662     EISSN : 2615580X     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal ini memuat hasil penelitian pada bidang manajemen dan bisnis. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam bentuk kajian empiris, konseptual, studi kasus, catatan penelitian, dan studi literatur. Jurnal ini mempublikasikan pertama pada tahun 2019. Fokus Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani memuat hasil penelitian meliputi manajemen pemasaran, sumber daya manusia, keuangan & aplikasi pasar modal, bisnis syariah, kewirausahaan, kemitraan, dan operasional termasuk logistic.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Bisnis Madani" : 5 Documents clear
Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Guardian Health & Beauty Retail Dinda Mutiara Ayuni
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Bisnis Madani
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adanya perkembangan pada industri farmasi mendorong munculnya berbagai usaha – usaha ritel kesehatan seperti toko obat atau drugstore. Persamaan segmentasi di antara ritel kesehatan tersebut mendorong pemasar menggunakan strategi melalui taktik tertentu agar pelanggan tetap melakukan pembelian hingga munculnya loyalitas pelanggan. Salah satu taktik yang dilakukan adalah promosi penjualan. Promosi penjualan yang dilakukan oleh Guardian menarik dikaji karena promosi Tambah 1000 Dapat Dua telah dilakukan sejak tahun 2012 hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh antara promosi penjualan Tambah 1000 Dapat Dua dan kualitas layanan secara bersama - sama terhadap loyalitas pelanggan Guardian. Penelitian ini mengacu kepada konsep bauran komunikasi pemasaran. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan teknik non-probability sampling dan jenis purposive sampling, yang digunakan untuk menjangkau sampel dengan kriteria melakukan pembelian pada gerai dua kali dalam satu bulan. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dalam penelitian ini ditemukan adanya pengaruh positif dan signifikan antara promosi penjualan dan kualitas layanan yang berkontribusi secara simultan terhadap loyalitas pelanggan Guardian sebesar 28,9%. Promosi penjualan Tambah 1000 Dapat Dua menjadi pengaruh dominan dalam membangun loyalitas pelanggan Guardian. Saran mengacu hasil penelitian yang ada, diharapkan Guardian mempertahankan promosi penjualan karena sudah dianggap tepat serta meningkatkan kualitas layanan dalam membangun loyalitas pelanggan.
Aspek Manajemen Komunikasi pada Perubahan Organisasi (Studi Kasus Perusahaan Gojek Indonesia dalam Menangani Keengganan Perubahan) Firman Kurniawan Sujono
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Bisnis Madani
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perubahan dan komunikasi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Banyak perubahan yang dilakukan perusahaan berakhir gagal akibat proses komunikasi yang buruk. Tingginya pengguna internet dan kemacetan di berbagai kota di Indonesia, memunculkan perubahan sistem layanan transportasi online. Salah satunya adalah Gojek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Gojek Indonesia mengelola dan membangun komunikasi dengan penyedia transportasi konvensional yang sulit untuk  menerima keberadaan dan bergabung dengan Gojek. Terjadi resistensi, keengganan untuk mengalami perubahan. Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan content analysis dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan keengganan untuk berubah dan bergabung pada praktik baru layanan transportasi, yang berbasis online, diakibatkan oleh everything seems different, seperti membutuhkan smartphone untuk mengakses aplikasi Gojek dan mekanisme keuangan, dalam hal ini adalah pembayaran dan mekanisme pencicilan. Sebagai bentuk aspek komunikasi yang dilakukan oleh Gojek adalah melakukan sosialiasi terutama ojek pangkalan sebelum masuk ke wilayah kota tertentu, memberikan prioritas untuk registrasi dan bergabung, serta memberikan pelatihan penggunaan  smartphone.
PERSEPSI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP MINIMARKET MODERN Hhandi Risza
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Bisnis Madani
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan ritel modern yang tumbuh dengan pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, telah memberikan pengaruh terhadap masyarakat, khususnya masyarakat Muslim dalam menentukan pilihannya dalam membeli produk barang dan jasa. Ritel modern tumbuh dan berkembang dalam tiga kategori super-market, hyper-market dan mini-market. Dari ketiga ritel modern tersebut, mini-market yang banyak bersinggungan dengan masyarakat kebanyakan. Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, masyarakat Muslim Indonesia tentu membutuhkan produk barang dan jasa yang halal dan thoiyibah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen Muslim terhadap strategi pemasaran Minimarket X dan Y yang banyak berdiri ditengah-tengah masyarakat. Penelitian menggunakan data 539 data responden yang tersebar di Jakarta Barat. Hasil Penelitian ini memberikan gambaran mengenai persepsi konsumen Muslim terhadap strategi pemasaran (produk, harga, promosi dan pelayanan) Minimarket X dan Y, baik dilihat dalam umum dan syariah. Ternyata, bagi persepsi konsumen Muslim, aspek promosi dan pelayanan yang memberikan pengaruh yang signifikan bagi pemilihan pembelian barang di Minimarket X dan Y.
BRAND MANAGEMENT, ENTREPRENEURIAL MARKETING ORIENTATION, SOCIAL CAPITAL, RESOURCES CAPABILITIES AND ENVIRONMENTAL FACTORS IN SUSTAINING PERFOMANCE OF SMALL MEDIUM ENTERPRISES Iin Mayasari; Adrian Azhar Wijanarko
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Bisnis Madani
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims at exploring the concepts of 1) brand management and entrepreneurial marketing; 2) social capital and resources capability; 3) law and government as external environment. Entrepreneur performance is measured by both objective and subjective perspective. Objective perspective is measured by quantitative measurement and subjective perspective is measured by the perception of the ability to manage company. The method research was library study method.
CROWDFUNDING: ASPEK KEMITRAAN PAD PENYELENGGARAAN (STUDI PADA PLATFORM GANDENGTANGAN) Betania Jezamin Setiawan; Adrian Azhar Wijanarko
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Bisnis Madani
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia cukup krusial bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia. Total value of disclosed Fintech investment pada tahun 2017 di Indonesia mencapai nilai USD $176,75 juta. Salah satu perusahaan Fintech di Indonesia yang melakukan pembiayaan pada sektor UMKM di Indonesia dengan cara crowdfunding adalah platform GandengTangan (GT). Penelitian ini menggunakan kualitatif bersifat deskriptif, yang memberikan penjelasan secara detail tentang suatu fenomena. Kemitraan antara Gandengtangan dan peserta crowdfundingadalah sebuah kolaborasi antar pihak dalam berinteraksi mendukung sinergi sebuah aktivitas yang saling menguntungkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5