cover
Contact Name
Regita Nissa Ainun
Contact Email
infoarkainstitute@gmail.com
Phone
+6281212088823
Journal Mail Official
infoarkainstitute@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Jatinangor No.21A, Cibeusi, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45367
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Histeria: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora
Published by Arka Institute
ISSN : 2829971X     EISSN : 28301447     DOI : https://doi.org/10.55904/histeria
Histeria: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora (E-ISSN : 2829-971X, P-ISSN : 2830-1447) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang Focus & Scope, yang meliputi : 1. Sosial Politik 2. Sosial Ekonomi 3. Pembangunan 4. Gender 5. Pemberdayaan 6. Masyarakat 7. Kelembagaan Sosial 8. Pemerintah 9. Sistem Pengetahuan Sosial 10. Psikologi 11. Sosiologi 12. Bahasa dan Sastra 13. Kajian Perkotaan 14. Kajian Budaya 15. Antropologi 16. Sosiologi 17. Kebijakan Publik 18. Komunikasi
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2022): Histeria : Jurnal Ilmiah Soshum dan Humaniora" : 7 Documents clear
TEORI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4 - 6 TAHUN (DITINJAU DARI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK) Bela Janare Putra
Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): Histeria : Jurnal Ilmiah Soshum dan Humaniora
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.453 KB) | DOI: 10.55904/histeria.v1i1.36

Abstract

Anak-anak memiliki beberapa aspek perkembangan, salah satunya adalah aspek sosial-emosional. Meski sosial dan emosional adalah dua kata yang memiliki makna yang berbeda, tetapi sebenarnya aspek sosial emosional ini tidak dapat dipisahkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengkaji beberapa teori mengenai perkembangan sosial emosional anak usia 4-6 tahun. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan studi literatur. Dari hasil kajian beberapa literatur mengungkapkan bahwa teori hierarki menunjukkan bahwa kebutuhan dasar harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan lainnya. Kemudian perkembangan sosial emosional anak usia 4-6 tahun dipengaruhi oleh orang-orang yang berinteraksi dengannya baik itu orang tua, pendidik, saudara, teman sebaya dalam kehidupan sehari-hari.
STRATEGI HUMAS ONLINE DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN Ikeu Hikmawati; Astry Ramadhantie
Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): Histeria : Jurnal Ilmiah Soshum dan Humaniora
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.618 KB) | DOI: 10.55904/histeria.v1i1.37

Abstract

Saat ini masih banyak masyarakat Kabupaten Garut yang belum memiliki dokumen kependudukan dan belum mengetahui pentingnya administrasi kependudukan bagi pembangunan, sehingga hal tersebut mendorong Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk menyebarkan informasi melalui humas online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perencanaan program, pelaksanaan komunikasi dan evaluasi program yang dilakukan humas online dalam menyebarkan informasi administrasi kependudukan. Digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program yang dilakukan humas online sudah meliputi semua tahapan perencanaan yang meliputi analisis situasi, penetapan tujuan, penentuan khalayak, pemilihan media dan penentuan anggaran. Dalam pelaksanaan komunikasi, sosialisasi administrasi kependudukan dilaksanakan secara sistematis mulai dari penentuan komunikator, merencanakan pesan yang akan disampaikan sampai dengan pengaturan tampilan dalam media. Dari hasil evaluasi didapatkan respon masyarakat cukup baik terlihat dari terjadinya peningkatan jumlah masyarakat yang melakukan perekaman KTP-el di tiap kecamatan, hingga akhir Oktober 2021 yang sudah melakukan perekaman data sebanyak 96,47% atau 171.160 jiwa dari kuota yang diberikan pusat sebesar 173.819 jiwa.
EFEKTIVITAS PENGADAAN BARANG/JASA MELALUI PENGADAAN LANGSUNG PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH RUMAH SAKIT UMUM dr. SLAMET GARUT Ikeu Hikmawati; Risno Sonjaya
Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): Histeria : Jurnal Ilmiah Soshum dan Humaniora
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.047 KB) | DOI: 10.55904/histeria.v1i1.38

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengadaan barang/jasa melalui pengadaan langsung pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Dr. Slamet Garut serta faktor-faktor yang menghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengadaan barang/jasa melalui pengadaan langsung pada Badan Layanan Umum Derah Rumah Sakit Umum dr. Slamet belum efektif, diukur berdasarkan pendekatan sasaran menurut Lubis dan Martani dengan indikator sebagaimana tertuang dalam Kep.Direktur RSUD dr. Slamet No. 445/1.1/RSUD/I/2019 yaitu tercapainya aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya dan penyedia yang menerapkan prinsip transparan, terbuka, bersaing, adil dan akuntabel. Adapun saran yang dikemukakan UKPBJ Dr. Slamet hendaknya lebih selektif dalam menentukan penyedia sehingga kualitas barang/jasa yang dikerjakan penyedia dapat sesuai dengan Kerangka Acuan Kerja, hendaknya memiliki website tersendiri untuk mempublikasikan data dan pelaporan terkait pengadaan barang/jasa pada BLUD RSUD dr. Slamet, hendaknya lebih meningkatkan persaingan usaha yang sehat dengan memberikan persyaratan yang diinformasikan secara terbuka, melaksanakan pelatihan atau pembinaan agar menghasilkan sumberdaya manusia yang kompeten dan berkualitas serta memiliki Sertifikat Keahlian Pangadaan Barang/Jasa sesuai dengan kompetensi yang dipersyaratkan.
REFORMASI BIROKRASI MELALUI PROSES PELAYANAN SURAT KEMATIAN DAN RETREBUSI PEMAKAMAN DI DESA PATUMBAK I MELALUI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN DELI SERDANG Geby Theresia; Mutia Febriana; Elsya Sonia; Dilpra Amartia; Wilson Albiner; Franklin Asido Rossevelt
Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): Histeria : Jurnal Ilmiah Soshum dan Humaniora
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.797 KB) | DOI: 10.55904/histeria.v1i1.119

Abstract

The purpose of this study was to determine the Bureaucratic Behavior in Death Certificate Services at the Office of Population and Civil Registry, and to find out the Funeral Retribution Service in Patumbak I Village, Deli Serdang. This study used descriptive qualitative method. While the data collection techniques used by researchers are observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that the Bureaucratic Behavior in Death Certificate Services has referred to the Public Service Act Number 25 of 2009 concerning the Implementation of Public Services. However, the Deli Serdang Regency funeral retribution does not apply because it is not regulated in Deli Serdang Regency Regional Regulation No. 2 of 2012 concerning Public Service Retribution.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KARTU INDONESIA PINTAR PADA JENJANG SEKOLAH DASAR (SD) DALAM UPAYA PEMERATAAN PENDIDIKAN DI DINAS PENDIDIKAN KOTA MEDAN Fajar Siddik; Agnes Yohana Silalahi; Indri E Y Napitupulu; Zahwa Alya Azzahra Nst; Putri Nurul Afifah Bangun; Hannah Selly Melinda Sagala; Franklin Asido Rossevelt
Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): Histeria : Jurnal Ilmiah Soshum dan Humaniora
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.391 KB) | DOI: 10.55904/histeria.v1i1.120

Abstract

This study aims to determine the implementation of the Smart Indonesia Program (PIP) through the Smart Indonesia Card (KIP) policy in Medan City. Through this policy, researchers analyze whether educational equity can be achieved with the program. The research method used in this research is descriptive research method using a qualitative approach through research data in the form of words and quotes from interviews and secondary data, namely collecting several literature sources. The result is that the Smart Indonesia Card assistance program has so far been right on target. However, there are still violations committed by irresponsible persons. The Education Office as the coordinator in the implementation of the provision of KIP assistance as much as possible and as firmly as possible to continue to oversee the implementation of the provision of this assistance to every elementary school student who has been registered as a recipient of KIP assistance.
What is Lorem Ipsum? admintes
Histeria: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): Histeria : Jurnal Ilmiah Soshum dan Humaniora
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/tbefnf07

Abstract

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries, but also the leap into electronic typesetting, remaining essentially unchanged. It was popularised in the 1960s with the release of Letraset sheets containing Lorem Ipsum passages, and more recently with desktop publishing software like Aldus PageMaker including versions of Lorem Ipsum.
Implementasi aplikasi pelita kalbar dalam pelayanan kepada masyarakat di Provinsi Kalimantan Barat Murdhani, Lalu Ahmad; Hariyanto, Restu Ragyl; Margio, Hendi; Aslamsyah, Hisyam
Histeria: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 1 (2022): Histeria : Jurnal Ilmiah Soshum dan Humaniora
Publisher : ARKA INSTITUTE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55904/histeria.v1i1.267

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kendala atau hambatan yang terjadi dalam implementasi aplikasi PELITA KALBAR dalam pelayanan kepada masyarakat Provinsi Kalimantan Barat. Metode penelitian yang dilakukan melalui metode deskriptif  dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian hanya satu orang yaitu Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Lalu Lintas Jalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi aplikasi PELITA KALBAR dalam pelayanan kepada masyarakat Provinsi Kalimantan Barat pada pelaksanaanya sudah cukup optimal. Tetapi terdapat beberapa kendala atau hambatan dalam pelaksanaan yaitu seperti terbatasnya sumber daya manusia untuk mengoperasikan aplikasi PELITA KALBAR, kurangnya hubungan mitra antar dinas yang terkait, serta masih ada masyarakat yang belum sadar akan adanya aplikasi PELITA KALBAR. Hal ini dapat menganggu dan memperlambat kinerja pemerintah untuk memecahkan masalah yang terjadi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7