cover
Contact Name
Siska Narulita
Contact Email
siska.narulita@itbsemarang.ac.id
Phone
+6281228202122
Journal Mail Official
lppm@itbsemarang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 346 Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 29622824     EISSN : 29646995     DOI : https://doi.org/10.54066/abdimas.v1i1
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) merupakan jurnal peer review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang. Jurnal Abdimas diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Februari dan Agustus. Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar dalam lingkup bidang pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan tempat bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitian asli atau artikel ulasan. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini berkaitan dengan berbagai topik di bidang hasil luaran dari kegiatan pengadian kepada masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2022): Agustus: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas)" : 9 Documents clear
Landing Page untuk Mendukung Penjualan bagi UMKM Batik Desa Margosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal Utami Puji Lestari; Y Sutomo; Heru Yulianto; Suyatno Suyatno; Suhardi Suhardi
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat STIE AKA Semarang Vol 1 No 2 (2022): Agustus: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.754 KB) | DOI: 10.54066/abdimas.v1i2.216

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan wawasan tentang pentingnya mengenalkan produk melalui landing page, sehingga penjualan batik dapat meningkat. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan penjualan bagi UMKM Batik di desa Margosari. Tahapan kegiatan yang dilakukan adalah (1) Sosialisasi pentingnya landing page, (2) Diskusi serta tanya jawab tentang landing page, (3) Demonstrasi pembuatan landing page. Kegiatan pelatihan ini dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat dari Institut Teknologi dan Bisnis Semarang telah menghasilkan 3 hal, yaitu: (1) Pemahaman mengenai landing page, (2) Pengetahuan mengenai landing page untuk meningkatkan penjualan, (3) Kemampuan mengaplikasikan landing page. Berdasarkan hasil kegiatan pelatihan tersebut, diharapkan dapat menambah wawasan tentang landing page untuk pelaku UMKM Batik Desa Margosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal dan diterapkan untuk meningkatkan penjualan UMKM Batik sehingga dapat menambah pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat.
Pelatihan Penyusunan Buku Ajar Bahasa Inggris Berformat e-Pub dengan Aplikasi Book Creator Ika Susanti; Priyo Nugroho Adi; Andreas Tigor Oktaga; Kristiawan Nurdianto; Galuh Aditya
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat STIE AKA Semarang Vol 1 No 2 (2022): Agustus: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1676.712 KB) | DOI: 10.54066/abdimas.v1i2.228

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar khususnya di dunia pendidikan. Karena pendidik dan peserta didik diharuskan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring dimana hal tersebut kurang efektif khususnya untuk siswa SD.Banyak materi yang kurang terserap dengan baik. Oleh karena itu, Tim Pengabdian Masyarakat ITB Semarang mengadakan pelatihan ini yaitu pembuatan buku ajar yang menarik sehingga siswa lebih antusias untuk melakukan belajar mandiri dalam rangka mengejar ketertinggalan selama pandemi dan secara tidak langsung meningkatkan minat baca siswa serta kreatifitas para guru dalam menyusun buku ajar yang kontekstual. Kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Semua tahap tersebut terlaksana dengan baik sehingga semua kegiatan berjalan dengan lancar. Semua peserta sangat antusias selama kegiatan pelatihan, hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan selama kegiatan berlangsung. Selain itu, adanya harapan dari peserta untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat lanjutan dengan tema yang sama.
Penerapan Aplikasi Penjualan Berbasis Website untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik Lokal Madura Aries Alfian Prasetyo; Arisessy Maharani Mulananda; Moh. Jufriyanto; Anif Usni Faizah
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat STIE AKA Semarang Vol 1 No 2 (2022): Agustus: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2252.252 KB) | DOI: 10.54066/abdimas.v1i2.229

Abstract

Sebagai salah satu contoh UMKM lokal yang terus berkembang adalah Batik Khas Madura bernama Sentra Batik Tulis Madura “Indo Busana” milik Bapak Abdul Hamid, berlokasi di Dusun Prajjan Dhejeh, Desa Prajjan, Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang Jawa Timur namun dikarenakan pandemi Covid-19, pesanan dari konsumen luar menurun dikarenakan berkurangnya jumlah kunjungan. Sehingga solusi yang tepat adalah menggunakan media website jual beli untuk memasarkan produknya lebih luas lagi, kemudian dapat mengelola produknya .Sasaran pengabdian adalah UMKM, untuk membantu dalam pemasaran, pengelolaan dan penjualan produk mitra kami dalam hal ini Batik Lokal Madura, Untuk memecahkan masalah digunakan tiga tahapan, persiapan, pelaksanan, dan evaluasi. Hasil yang diharapkan dari pengabdian adalah mitra mampu mandiri dalam mengoperasionalkan website jual-beli dan media sosial lain sehingga produk yang dijual menjadi lebih dapat diketahui oleh masyarakat terutama dari daerah luar, sehingga juga mampu untuk memasarkan produk lokal yakni Batik Madura, sehingga berdampak juga pada peningkatan omset mitra.
Praktek Akuntansi Perencanaan dan Penganggaran Dana Desa di Desa Pagersari Kecamatan Bergas Kota Semarang Bambang Widjanarko Susilo; Mudjiyono Mudjiyono; Endang Dwi Wahyuningsih; Dimas Adi Wicaksono
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat STIE AKA Semarang Vol 1 No 2 (2022): Agustus: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (659.908 KB) | DOI: 10.54066/abdimas.v1i2.239

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman praktik akuntansi perencanaan dan penganggaran dana desa di Desa Pagersari Kecamatan Bergas Kota Semarang. Metode ceramah yang menggunakan media visual sebagai penunjang peralatan dan diakhiri dengan sesi tanya jawab sangat efektif dalam penyampaian materi. Hal ini terlihat dari interaksi tanya jawab yang antusias di antara para peserta forum.
Landing Page untuk Mendukung Penjualan bagi UMKM Batik Desa Margosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal Utami Puji Lestari; Y Sutomo; Heru Yulianto; Suyatno Suyatno; Suhardi Suhardi
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat STIE AKA Semarang Vol 1 No 2 (2022): Agustus: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54066/abdimas.v1i2.216

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan wawasan tentang pentingnya mengenalkan produk melalui landing page, sehingga penjualan batik dapat meningkat. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan penjualan bagi UMKM Batik di desa Margosari. Tahapan kegiatan yang dilakukan adalah (1) Sosialisasi pentingnya landing page, (2) Diskusi serta tanya jawab tentang landing page, (3) Demonstrasi pembuatan landing page. Kegiatan pelatihan ini dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat dari Institut Teknologi dan Bisnis Semarang telah menghasilkan 3 hal, yaitu: (1) Pemahaman mengenai landing page, (2) Pengetahuan mengenai landing page untuk meningkatkan penjualan, (3) Kemampuan mengaplikasikan landing page. Berdasarkan hasil kegiatan pelatihan tersebut, diharapkan dapat menambah wawasan tentang landing page untuk pelaku UMKM Batik Desa Margosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal dan diterapkan untuk meningkatkan penjualan UMKM Batik sehingga dapat menambah pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat.
Pelatihan Penyusunan Buku Ajar Bahasa Inggris Berformat e-Pub dengan Aplikasi Book Creator Ika Susanti; Priyo Nugroho Adi; Andreas Tigor Oktaga; Kristiawan Nurdianto; Galuh Aditya
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat STIE AKA Semarang Vol 1 No 2 (2022): Agustus: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54066/abdimas.v1i2.228

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar khususnya di dunia pendidikan. Karena pendidik dan peserta didik diharuskan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring dimana hal tersebut kurang efektif khususnya untuk siswa SD.Banyak materi yang kurang terserap dengan baik. Oleh karena itu, Tim Pengabdian Masyarakat ITB Semarang mengadakan pelatihan ini yaitu pembuatan buku ajar yang menarik sehingga siswa lebih antusias untuk melakukan belajar mandiri dalam rangka mengejar ketertinggalan selama pandemi dan secara tidak langsung meningkatkan minat baca siswa serta kreatifitas para guru dalam menyusun buku ajar yang kontekstual. Kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Semua tahap tersebut terlaksana dengan baik sehingga semua kegiatan berjalan dengan lancar. Semua peserta sangat antusias selama kegiatan pelatihan, hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan selama kegiatan berlangsung. Selain itu, adanya harapan dari peserta untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat lanjutan dengan tema yang sama.
Penerapan Aplikasi Penjualan Berbasis Website untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik Lokal Madura Aries Alfian Prasetyo; Arisessy Maharani Mulananda; Moh. Jufriyanto; Anif Usni Faizah
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat STIE AKA Semarang Vol 1 No 2 (2022): Agustus: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54066/abdimas.v1i2.229

Abstract

Sebagai salah satu contoh UMKM lokal yang terus berkembang adalah Batik Khas Madura bernama Sentra Batik Tulis Madura “Indo Busana” milik Bapak Abdul Hamid, berlokasi di Dusun Prajjan Dhejeh, Desa Prajjan, Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang Jawa Timur namun dikarenakan pandemi Covid-19, pesanan dari konsumen luar menurun dikarenakan berkurangnya jumlah kunjungan. Sehingga solusi yang tepat adalah menggunakan media website jual beli untuk memasarkan produknya lebih luas lagi, kemudian dapat mengelola produknya .Sasaran pengabdian adalah UMKM, untuk membantu dalam pemasaran, pengelolaan dan penjualan produk mitra kami dalam hal ini Batik Lokal Madura, Untuk memecahkan masalah digunakan tiga tahapan, persiapan, pelaksanan, dan evaluasi. Hasil yang diharapkan dari pengabdian adalah mitra mampu mandiri dalam mengoperasionalkan website jual-beli dan media sosial lain sehingga produk yang dijual menjadi lebih dapat diketahui oleh masyarakat terutama dari daerah luar, sehingga juga mampu untuk memasarkan produk lokal yakni Batik Madura, sehingga berdampak juga pada peningkatan omset mitra.
Praktek Akuntansi Perencanaan dan Penganggaran Dana Desa di Desa Pagersari Kecamatan Bergas Kota Semarang Bambang Widjanarko Susilo; Mudjiyono Mudjiyono; Endang Dwi Wahyuningsih; Dimas Adi Wicaksono
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat STIE AKA Semarang Vol 1 No 2 (2022): Agustus: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54066/abdimas.v1i2.239

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman praktik akuntansi perencanaan dan penganggaran dana desa di Desa Pagersari Kecamatan Bergas Kota Semarang. Metode ceramah yang menggunakan media visual sebagai penunjang peralatan dan diakhiri dengan sesi tanya jawab sangat efektif dalam penyampaian materi. Hal ini terlihat dari interaksi tanya jawab yang antusias di antara para peserta forum.
Optimalisasi Panduan Kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat dengan Penggunaan Website Erisa Aprilia Wicaksari; Bogy Febriatmoko
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat STIE AKA Semarang Vol 1 No 2 (2022): Agustus: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54066/abdimas.v1i2.290

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalisasi panduan kegiatan magang dan studi independen bersertifikat dengan penggunaan website Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Selain itu, panduan ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan, sehingga akan memberikan kualitas pelayanan yang baik bagi dosen, mahasiswa, dan masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 9