cover
Contact Name
Muhammad Anggie J. Daulay
Contact Email
anggie.fbsunimed@yahoo.com
Phone
+6281370069751
Journal Mail Official
jurnalsasindounimed@unimed.ac.id
Editorial Address
Program Studi Sastra Indonesia Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Sastra Indonesia
urnal Sastra Indonesia (Sasindo) merupakan media publikasi hasil penelitian dan kajian konseptual dalam bidang sastra, media pembelajaran sastra, linguistik, seni budaya, multimedia senimatografi, dan kajian media massa. Bidang sastra memuat tentang ilmu sastra, sejarah sastra, kritik sastra, dan apresiasi sastra serta pembelajarannya. Bidang lingustik memuat kajian fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, serta terapannya. Bidang seni budaya berkaitan dengan dunia kesusastraan. Bidang multimedia senimatografi memuat kajian film dan dasar-dasar senimatografi, serta pada bidang media massa meliputi kajian jurnalistik sastrawi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo" : 10 Documents clear
STRUKTUR DAN NILAI BUDAYA BATAK TOBA DALAM SASTRA LISAN HUTA SILAHISABUNGAN SARMAIDA T.R. SIGALINGGING
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v1i3.699

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur cerita rakyat Batak Toba huta silahisabungan dan mendeskripsikan nilai-nilai budaya yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, mengutamakan makna dan konteks, menuntut peran peneliti yang tinggi. Narasumber dalam penelitian ini ada tiga orang yaitu seorang ahli budaya, yang bernama Efendi Situngkir (56 tahun), Diana Sidabariba (54 tahun) dan satu masyarakat Silalahi, yang bernama Raniyam Sinabariba (89 tahun). Berdasarkan hasil penelitian, nilai budaya kekerabatan yang terdapat dalam cerita lisan huta silahisabungan terdapat enam peristiwa tutur, religi tiga peristiwa tutur, konflik tiga peristiwa tutur, hasangapon dua peristiwa tutur, hagabeon dua peristiwa tutur, hamoraon dua peristiwa tutur, hukum dua peristiwa tutur dan pengayoman satu peristiwa tutur.Kata Kunci: Karya Sastra-Sastra Lisan–Nilai Budaya Batak Toba
HUBUNGAN PENGUASAAN ASPEK MEKANIS BAHASA INDONESIA BAKU DENGAN KEMAMPUAN MENYUNTING WACANA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 FERNANDO M N
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v1i3.705

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran hubungan antara penguasaan aspek mekanis bahasa Indonesia baku dengan kemampuan menyunting wacana. Populasi penelitan ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Pematangsiantar tahun pembelajaran 2012/2013. Untuk penelitian tersebut data diambil dari 40 orang sampel yang berasal dari 280 orang populasi. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen objektif dan penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional, dengan menggunakan rumus korelasi product moment.Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata penguasaan aspek mekanis bahasa Indonesia baku = 68,125, dan standar deviasi = 6,489, kemudian kemampuan menyunting wacana diperoleh nilai rata-rata =74,75 dan standar deviasi= 7,495. Hasil data penguasaan aspek mekanis bahasa Indonesia baku menunjukkan bahwa dari 40 orang siswa, 1 orang (2,5%) termasuk kategori kurang, 37 orang (92,5%) kategori sedang, dan 2 orang (5%) kategori tinggi. Dan data kemampuan menyunting wacana menunjukkan dari 40 orang siswa, 29 orang (72,5%) termasuk kategori sedang, dan 11 orang (27,5%) kategori tinggi.Hasil perhitungan antara kemampuan penguasaan aspek mekanis bahasa Indonesia baku (X) dengan menyunting wacana (Y) menunjukkan harga koefisien korelasi sebesar 0,735 dan setelah dikonsultasikan dengan rtab pada taraf nyata 5% adalah 0,312. Ternyata rhit > rtab atau 0,735 > 0,312 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa antara penguasaan aspek mekanis bahasa Indonesia baku berhubungan dengan kemampuan menyunting wacana siswa kelas X SMA Negeri 4 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2012/2013.Kata Kunci : penguasaan aspek mekanis bahasa Indonesia baku, menyunting wacana
Pengaruh Penerapan Strategi Kecerdasan Majemuk terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014 Maharani Nainggolan
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v1i3.690

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan apakah ada pengaruh yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan Strategi dalam Kecerdasan Majemuk dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan Strategi Ekspositori siswa kelas X SMA Negeri 1Kisaran tahun Pembelajaran 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasX SMA Negeri 1 Kisaran tahun pembelajaran 2013/2014, yang berjumlah 328 orang.Sampel penelitian diambil dengan cara Purposive Sampel yaitu dengan menunjuk kelas mana yang akan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah essay tes sebanyak satu butir soal.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekserimen atau uji coba.Dari hasil perhitungan table t pada taraf 5% maupun 1% dengan df = (N1+ N2)-2 = (36+36)- 2 = 70. Pada table df = 70 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00< 83,0 > 2,65, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi dalam kecerdasan majemuk dengan strategi ekspositori.Kata Kunci: Pengaruh–Strategi dalam Kecerdasan Majemuk- Menulis- Puisi
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA SWASTA PAB 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 SRI PRATIWI
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v1i3.700

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode hypnoteaching terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Swasta PAB 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 84 siswa kelas X SMA Swasta PAB 6 Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang yang diambil dengan teknik random. Yaitu kelas X1 dan X2. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah dengan menulis cerpen dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode Hypnoteaching. Dari pengolahan data diperoleh hasil kelas eksperimen dan kelas control. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengen metode pembelajaran hypnoteaching = 76,60, dengan standar deviasi = 5,91 standar eror = 1,13 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan nilai rata-rata kelas control dengan penerapan model ekspositori = 63,39 dengan standar deviasi = 7,67 dan standar eror = 1,47 dan termasuk dalam kategori cukup. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa X2 (Chi Kuadrat) hitung sebesar 6,33. Harga X2 tabel pada taraf kepercayaan 95% dengan dk 27 adalah 40,1. Ternyata X2 hitung < X2 tabel yaitu 6,33<40,1. Hal ini membuktikan bahwa varians populasi adalah homogen. Setelah t0 diperoleh, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (28+ 28) – 2 = 54. Pada tabel t dengan dk = 54 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00. Oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabei, yaitu 2,00 < 7,19 > 2,65 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Kata Kunci : Pengaruh Metode Pembelajaran Hypnoteaching-Menulis Cerpen
PENGARUH PENGGUNAAN METODE QUIZ TEAM TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SAIPAR DOLOK HOLE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Rahmah Julfitriah Tampubolon
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v1i3.693

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh penggunaan metode pembelajaran quiz team dalam meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole dengan jumlah 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi, dengan kata lain penelitian ini adalah penelitian populasi. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan dengan tes objektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Kata Kunci: - Pengaruh - Quiz Team - Unsur Intrinsik Cerpen
PENGARUH MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN ORANG LAIN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014 Dian Hirdaniati Safitri
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v1i3.702

Abstract

Penelitianinibertujuan untuk mengetahui Pengaruh model SAVI dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain pada SiswaKelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2013/2014, yang berjumlah 312 orang dan sampel penelitian sebanyak 32 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Didalam desain ini, pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test .Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest 64,24, standar deviasi 6,44, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 61,9 sebanyak 8 orang atau sekitar 42,32 %. Nilai rata-rata postest 77,18, standar deviasi 7,9, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 80,9 sebanyak 7 orang atau sekitar 21, 8%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahuilah t0 sebesar 7,12. Selanjutnya, t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = n -1 = 31 -1 =30 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,00. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui t0> ttabel, yakni 7,12 > 2,00. Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa Ada Pengaruh Penggunaan Model SAVI dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Kata Kunci: Pengaruh–Model SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual)–Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain.
Pengaruh Model Pembelajaran The Learning Cell (Sel Belajar) terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan Utama dalam Artikel oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2012/2013 Rini Artika
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v1i3.695

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran The Learning Cell (Sel Belajar) terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan Utama dalam Artikel oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjngbalai, yang berjumlah 319 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan dua kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian Post Test Only desaign group yang dilakukan sebanyak dua kelas. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu di kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori dan di kelas eksperimen dengan model pembelajaran the learning cell (sel belajar) .Kata Kunci: Pengaruh–Sel Belajar- ekspositori–Membaca-artikel
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SIDIKALANG KAB. DAIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Sondang Admaja Samosir
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v1i3.703

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas perubahan yang signifikan dari penggunaan model peta pikiran (mind map) terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Sidikalang dengan jumlah 117 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang diambil dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok). Dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.Kata Kunci: -Peta Pikiran (Mind Map) -Menulis Karangan Deskripsi
PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PEMBELAJARAN ICE BREAKER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP SWASTA PAHLAWAN SUKARAMAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 RIRIN AYU WULANDARI
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v1i3.698

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik pembelajaran ice breaker dan teknik pembelajaran konvensional terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Swasta Pahlawan Sukaramai Tahun Pembelajaran 2012/2013. Untuk penelitian tersebut data diambil dari 68 sampel yang berasal dari 128 populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Two Group Posttest Desain. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis pantun dalam bentuk tes esai.Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh to = 5,02 yang dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dan 1% dengan df = (N1+N2) – 2 = (34 +34) – 2 = 66. Pada tabel t dengan df 66 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65. Artinya to yang diperoleh lebih besar dari ttsbel, yaitu 2,00<5,02>2,65. Dengan demikian, Ha diterima artinya teknik pembelajaran ice breaker berpengaruh terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Swasta Pahlawan Sukaramai Tahun Pembelajaran 2012/2013.Kata Kunci: teknik pembelajaran ice breaker, konvensional, menulis pantun
PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI PADA SISWA KELAS XI SMK MULTI KARYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Sri Devi Hariza
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v1i3.704

Abstract

Sri Devi Hariza. NIM 209311075. Pengaruh Penerapan Model Concept Sentence terhadap Kemampuan Menulis Wacana Narasi Siswa Kelas XI SMK Multi Karya Medan. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan.Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa dalam menulis wacana narasi sebelum penerapan model pembelajaran concept sentence dan sesudah diterapkan model pembelajaran concept sentence kelas XI SMK Multi Karya Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 250 siswa kelas XI SMK Multi Karya Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test.Dari pengolahan data pre-test memiliki rata-rata 66,46, standar deviasi 10,95 dan siswa termasuk kategori sangat baik sebanyak 3 orang atau 10%, kategori baik sebanyak 5 orang atau 16,66%, kategori cukup sebanyak 13 orang atau 43,33%, kategori kurang sebanyak 6 orang atau 20% dan kategori sangat kurang sebanyak 3 orang atau 10%. Kemudian pada hasil post test diperoleh nilai mean sebesar 78,43, standar deviasi sebesar 8,73 dan standar error sebesar 1,62. Adapun kategori pencapaian pada nilai post test adalah sebagai berikut : kategori sangat baik sebanyak 9 orang atau 30%, kategori baik sebanyak 14 orang atau 46,66%, kategori cukup sebanyak 5 orang atau 16,67%, kategori kurang sebanyak 2 orang atau 6,67% dan kategori sangat kurang tidak ada sama sekali atau 0%.Berdasarkan uji normalitas pre test memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,15. Ternyata Lhitung <Ltabel yaitu 0,15 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis wacana narasi dengan model Concept sentence berdistribusi normal. Post-test memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,13. Ternyata Lhitung <Ltabel yaitu 0,13 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis wacana narasi dengan model Concept Sentence berdistribusi normal.Hasil perhitungan uji homogenitas pre-test yang diteliti diperoleh Fhitung =1,57 dan Ftabel = 1,86. Hal ini membuktikan bahwa varians populasi adalah homogen. Hasil perhitungan uji ”t” diperoleh to lebih besar dari ttabel yaitu 4,61 > 2,04. Perhitungan uji hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model Concept Sentence berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis wacana narasi siswa kelas XI SMK Multi Karya Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Kata kunci: Concept Sentence, Menulis, Wacana Narasi

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol. 14 No. 1` (2025): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol. 13 No. 3 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI DESEMBER Vol. 13 No. 2 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol 13, No 2 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol 13, No 1 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol. 13 No. 1 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol 12, No 3 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI DESEMBER Vol. 12 No. 3 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI DESEMBER Vol 12, No 2 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol. 12 No. 2 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol 12, No 1 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol 11, No 2 (2022): JURNAL SASINDO Vol 11, No 1 (2022): JURNAL SASINDO Vol 10, No 2 (2021): JURNAL SASINDO Vol 10, No 1 (2021): JURNAL SASINDO Vol 9, No 2 (2020): JURNAL SASINDO Vol 9, No 1 (2020): JURNAL SASINDO Vol 8, No 2 (2019): JURNAL SASINDO Vol 8, No 1 (2019): JURNAL SASINDO Vol 7, No 2 (2018): JURNAL SASINDO Vol 7, No 1 (2018): JURNAL SASINDO Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Sasindo Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Sasindo Vol 5, No 2 (2016): JURNAL SASINDO Vol 5, No 1 (2016): JURNAL SASINDO Vol 4, No 3 (2015): JURNAL SASINDO Vol 4, No 2 (2015): JURNAL SASINDO Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SASINDO Vol 3, No 4 (2014): JURNAL SASINDO Vol 3, No 3 (2014): JURNAL SASINDO Vol 3, No 2 (2014): JURNAL SASINDO Vol 3, No 1 (2014): JURNAL SASINDO Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Sasindo Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Sasindo Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Sasindo Vol 1, No 01 (2012): Jurnal Sasindo Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Sasindo More Issue