cover
Contact Name
Muhammad Anggie J. Daulay
Contact Email
anggie.fbsunimed@yahoo.com
Phone
+6281370069751
Journal Mail Official
jurnalsasindounimed@unimed.ac.id
Editorial Address
Program Studi Sastra Indonesia Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Sastra Indonesia
urnal Sastra Indonesia (Sasindo) merupakan media publikasi hasil penelitian dan kajian konseptual dalam bidang sastra, media pembelajaran sastra, linguistik, seni budaya, multimedia senimatografi, dan kajian media massa. Bidang sastra memuat tentang ilmu sastra, sejarah sastra, kritik sastra, dan apresiasi sastra serta pembelajarannya. Bidang lingustik memuat kajian fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, serta terapannya. Bidang seni budaya berkaitan dengan dunia kesusastraan. Bidang multimedia senimatografi memuat kajian film dan dasar-dasar senimatografi, serta pada bidang media massa meliputi kajian jurnalistik sastrawi.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2015): JURNAL SASINDO" : 4 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Madhyta Hasyrah Dongoran; Malan Lubis
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 4, No 3 (2015): JURNAL SASINDO
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v4i3.3950

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis MasalahTerhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2014/2015yang berjumlah 250 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VII H yang berjumlah 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalahdi kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 64,5, standar deviasi = 8,11 sedangkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalahmasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 80,00, standar deviasi = 6,97. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 7,09. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=32-1=31 diperoleh taraf signifikansi 5% = 0,8, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 1,10 > 0,8, maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan strategi pembelajaran berbasis masalahterhadap kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015   Kata kunci : model pembelajaran berbasis masalah, menulis teks eksplanasi  
PENGGUNAAN BAHASA GAUL DI KALANGAN REMAJA KABANJAHE KABUPATEN KARO : SUATU TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK Rumiris Fransiska Silalahi; Fitriani Lubis
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 4, No 3 (2015): JURNAL SASINDO
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v4i3.3939

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bentuk kosakata bahasa gaul di kalangan remaja Kabanjahe Karo. Menggambarkan penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja Kabanjahe peserta berdasarkan kata. Menggambarkan penggunaan bahasa gaul antara faktor-faktor berdasarkan Remaja Kabanjahe menggambarkan situasi penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja Kabanjahe berdasarkan topik. Hasil Penggunaan bahasa gaul kosakata kalangan remaja Jl. Surbakti menghemat Kabanjahe Karo dapat dilihat dari segi penggunaannya yang terdiri dari penggunaan kosakata dan masyarakat lokal atau hanya digunakan di daerah-daerah tertentu. Dari segi bentuk kosa kata yang dapat diklasifikasikan ke dalam bentuk singkatan, akronim bentuk, tema. Penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja Jl. Surbakti menghemat Kabanjahe Karo dapat dilihat dari peserta mengatakan faktor terdiri dari berbicara dengan ayah, berbicara kepada ibu, berbicara kepada bibi, berbicara dengan tetangga, dan berbicara dengan orang asing, penggunaannya dalam kategori langka. Sementara kakak, adik, teman biasa, dan teman-teman dalam kategori sering. Penggunaan bahasa gaul di kalngan teens Jl. Menyimpan Surbakti Kabanjahe Karo berdasarkan diskusi faktor situasional pada umumnya dalam kategori sering dan jarang, termasuk berbicara dengan rekan-rekan di kafe, berbicara dengan rekan-rekan di kelas, berbicara dengan rekan-rekan di halaman sekolah, berbicara dengan rekan-rekan di rumah, dan berbicara dengan rekan-rekan di transportasi umum. Kata kunci: Bahasa Gaul, bahasa, daerah, remaja, sosiolinguistik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MEREVISI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII MTS AL-KAUTSAR AL-AKBAR MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 Khairun Nisyah; Wisman Hadi
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 4, No 3 (2015): JURNAL SASINDO
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v4i3.3949

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan merevisi teks eksposisi siswa kelas VII MTS Al-kautsar Al-akbar Medan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTS Al-kautsar Al-akbar Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 135 orang siswa. Sampel diambil secara acak yaitu kelas VII C yang berjumlah 31 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes merevisi teks. Dari pengelolaan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 64,52 sedangankan data dari hasil post test 73,7. Dari pengolahan data diperoleh rata-rata pre test = 64,52 standar deviasi = 6,26 standart eror 1,14 pada post test diperoleh rata-rata 73,7 standart deviasi = 8,32 standar eror = 1,52 berdasarkan uji normalitas hasil pre test dan post test berdistribusi normal. Harga F di dapat dari tabel dengan taraf nyata = 0,05 atau F0 (n1-1n2-1) Fhitung <Ftabel atau 1,76<1,84 sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh nilai t0=4,83. Setelah t0 diketahui maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel 1 pada taraf signifikan 5% df = n-1 = 31-1 = 30 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka dapat diketahui t0>ttabel yakni 4,83>2,04. Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh penggunaan model berbasis masalah dalam kemampuan merevisi teks eksposisi.   Kata Kunci: Model Berbasis Masalah, Merevisi Teks Eksposisi.
ANALISIS NILAI-NILAI BUDAYA DALAM FILM “TANAH SURGA KATANYA” KARYA DANIAL RIFKI (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA) Ummil Khairah; James Silalahi
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 4, No 3 (2015): JURNAL SASINDO
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v4i3.3940

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai budaya yang terdapat dalam film “Tanah Surga Katanya” karya Danial Rifki, bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai budaya apa saja yang terdapat dalam film “Tanah Surga Katanya” karya Danial Rifki. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh isi teks naskah film “Tanah Surga Katanya” karya Danial Rifki. Adapaun kajian yang digunakan adalah kajian Sosiologi Sastra sebagai teori yang membahas bagaimana karya sastra mempengaruhi sosial budaya. Dari hasil  perolehan data ditemukan 52 adegan dari keseluruhan isi film yang terbagi menjadi lima golongan. Nilai budaya dalam hubungan manusia dengan Tuhan sebanyak 4 adegan, nilai budaya dalam hubungan manusia dengan alam sebanyak 2 adegan, nilai budaya dalam hubungan manusia dengan masyarakat 6 adegan, nilai budaya dalam hubungan manusia dengan sesamanya atau manusia lain 15 adegan, dan nilai budaya dalam hubungan manusia dengan dirinya 11 adegan. Kata Kunci: Nilai budaya, Film, Sosiologi Sastra

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol. 14 No. 1` (2025): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol. 13 No. 3 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI DESEMBER Vol. 13 No. 2 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol 13, No 2 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol 13, No 1 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol. 13 No. 1 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol 12, No 3 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI DESEMBER Vol. 12 No. 3 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI DESEMBER Vol 12, No 2 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol. 12 No. 2 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol 12, No 1 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol 11, No 2 (2022): JURNAL SASINDO Vol 11, No 1 (2022): JURNAL SASINDO Vol 10, No 2 (2021): JURNAL SASINDO Vol 10, No 1 (2021): JURNAL SASINDO Vol 9, No 2 (2020): JURNAL SASINDO Vol 9, No 1 (2020): JURNAL SASINDO Vol 8, No 2 (2019): JURNAL SASINDO Vol 8, No 1 (2019): JURNAL SASINDO Vol 7, No 2 (2018): JURNAL SASINDO Vol 7, No 1 (2018): JURNAL SASINDO Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Sasindo Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Sasindo Vol 5, No 2 (2016): JURNAL SASINDO Vol 5, No 1 (2016): JURNAL SASINDO Vol 4, No 3 (2015): JURNAL SASINDO Vol 4, No 2 (2015): JURNAL SASINDO Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SASINDO Vol 3, No 4 (2014): JURNAL SASINDO Vol 3, No 3 (2014): JURNAL SASINDO Vol 3, No 2 (2014): JURNAL SASINDO Vol 3, No 1 (2014): JURNAL SASINDO Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Sasindo Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Sasindo Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Sasindo Vol 1, No 01 (2012): Jurnal Sasindo Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Sasindo More Issue