cover
Contact Name
Ali Rahman
Contact Email
ali@uinsgd.ac.id
Phone
+6285721730810
Journal Mail Official
conferences.uinbandung@gmail.com
Editorial Address
Rumah Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jl. AH Nasution No.105 Cibiru, Bandung 40614
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Gunung Djati Conference Series
ISSN : 27746585     EISSN : -     DOI : -
Gunung Djati Conference Series merupakan penyedia layanan publikasi dan konferensi berbagai bidang keilmuan yang diterbitkan oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian. Penerbit ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya yang berupa artikel hasil penelitian ataupun penelitian terapan. Informasi mengenai pedoman penulisan artikel dan prosedur pengiriman artikel terdapat pada setiap penerbitan. Semua artikel yang masuk akan melalui ‘peer-review process’ setelah memenuhi persyaratan sesuai pedoman penulisan artikel, kemudian penerbit menyerahkan semua template ke pelaksana konferensi keilmuan. Penerbitan artikel ini dilakukan sesuai kegiatan yang dilaksanakan oleh penyelenggara konferensi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 52 Documents
Search results for , issue "Vol. 22 (2023): Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak" : 52 Documents clear
Pelaksanaan Induk Akhlak di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Fauruzzaman Nuryadin; Fauzan Alzikri; Gusti Arinda Putri Mahendra; Hasyina Nazira
Gunung Djati Conference Series Vol. 22 (2023): Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Allah SWT menciptakan manusia sebagai makhluk yang mulia, Kemuliaan manusia akan tetap bertahan selama manusia berpegang teguh kepada akhlak mulia yang dianjurkan oleh al-Qur’an dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW. “Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam, dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna. (QS. Al-isra {17}:70)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengimplementasian Induk Akhlak dipondok pesantren mahasiswa universal Bandung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis kualitatif yang langsung didapat dari narasumber yang berada di pondok pesantren mahasiswa universal Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengimplementasian Induk Akhlak dipondok pesantren mahasiswa universal telah dilakukan dengan cukup baik dan terstruktur dimulai dari pemahaman santri akan keharusan mengaji setelah solat magrib sampai menjelang isya, lalu juga berani melaksanakan muhadhoroh. Contoh dari muhadhorohnya ialah MC, membaca ayat suci al-qur’an, sambutan-sambutan (oleh dewan santri), pidato/ceramah, dan do’a hal ini merupakan pengimplementasian dari Syaja’ah. Lalu Hikmah yang diterapkan dalam lingkungan pondok pesantren mahasiswa universal ialah sebuah teguran akan mengingatkan bahwa yang dilakukannya salah dan lebih kepada menyadarkan agar hal yang salah tidak dilakukannya lagi. Kemudian Iffah dalam tahap pengimplementasian yang dilakukan dipondok pesantren mahasiswa universal ialah dengan adanya sebuah batasan antara laki-laki dan perempuan, contoh batasan tersebut ialah ketika mengaji antara laki-laki dan perempuan itu ditutup oleh hijab (penghalang). Dan yang terakhir terkait dengan keadilan, di lingkungan pondok pesantren mahasiswa universal Bandung ditekankan dengan adanya sebuah kesadaran pada diri sendiri yang disadarkan dengan lingkungan sekitar. Kesadaran ini selalu dilatih dengan kita peduli terhadap lingkungan sekitar, baik dalam kebersihan, pertemanan maupun yang lainnya. Sehingga dengan kita sadar akan hal itu maka kedepannya kita akan peka dengan dunia yang memang yang dinamis tidak menetap.
Problematika Akhlak Remaja Masa Kini dan Usaha dalam Menanganinya di Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Fauzan Izzudin Ishmat; Fitra Nurul Madina; Ghina Mardhiyya Rachmaali; Hildan Izzuddin Ansorulloh
Gunung Djati Conference Series Vol. 22 (2023): Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembinaan iAkhlak iyang ibaik ibagi ianak isemakin iterasa idiperlukan iterutama ipada isaat imanusia idi izaman imodern iini idihadapkan ipada imasalah imoral idan iakhlak iyang icukup iserius, iyang ikalau idibiarkan iakan imenghancurkan imasa idepan. iSementara iitu ipembinaan iAkhlak idi iDesa iCibiru, iterkadang imengadakan iikatan iremaja imasjid idi ibeberapa imasjid, iyang imana ipembinaan itersebut iuntuk imenampung iminat idan ibakat ipara igenerasi imuda. iGenerasi imuda iatau iremaja imerupakan igenerasi ipenerus iyang iakan imelanjutkan iestafet iperjuangan ibangsa. iOleh ikarena iitu, imasa idepan imaju imundurnya isuatu ibangsa iberada idi itangan igenerasi imuda. iDengan ikata ilain, iapabila igenerasi imudanya ibaik, imaka isuatu inegara iakan imaju idan iberkembang, idan isebaliknya, ijika igenerasi imudanya iburuk, imaka inegarapun iakan imundur ibahkan ihancur. iMasa iremaja iadalah imasa iperalihan idari ikanak-kanak imenuju idewasa, idimana idi idalam idunia imereka isedang idi irundung ioleh irasa iego iyang iamat itinggi iyang iamat imembutuhkan iarahan dan bimbingan.
Penerapan Nilai Akhlak dalam Majelis Gerakan Maghrib Mengaji Firda Nurul Inayah; Firyal Ath-Thufaila Hasan; Hilman Hilman; Ida Parida
Gunung Djati Conference Series Vol. 22 (2023): Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meluruskan kembali akhlakul kharimah generasi penerus bangsa saat mereka melakukan penyimpangan di lingkungan gerakan magrib mengaji. Dan bagaimana cara guru dalam menyelesaikan masalah tersebut.Secara teoritis, penelitian ini bermanfaat sebagai tinjauan ilmu akhlak, lebih khususnya mengenai tentang penerapan nilai akhlak. Secara praktis, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan nilai akhlak dalam majlis gerakan magrib mengaji. Penelitian bersifat kualitatif merupakan studi lapangan tentang “Penerapan Nilai Akhlak dalam Majlis Gerakan Magrib Mengaji”. Hasil dan pembahasan penelitian ini mencakup ulasan tentang metode penelitian kualitatif, studi pustaka, studi lapangan, dan gabungan keduanya.Komunikasi murid dengan guru harus baik yang didasari pada adanya penerimaan kedua belah pihak. Muatan komunikasi itu juga penting agar mengarah kepada nilai-nilai akhlak yang diinginkan. Pendidikan nilai harus ditanamkan kepada murid sebelum mereka mencapai usia akhir pembentukan kepribadian. Jika melewati batas, amat sulit memasukkan nilai-nilai karena harus membangun kembali kepribadian yang telah terbentuk. Metode yang digunakan dalam mendidik anak yang kurang baik bisa dilakukan dengan menggunkan metode nasihat dan pendekatan. Menurut Ryan dan Bohlim karakter mengandung tiga unsur pokok, yaitu mengetahui kebaikan (knowing the good), mencintai kebaikan (loving the good), dan melaksanakan kebaikan (doing the good). Solusi guru terhadap anak yang tidak baik akhlak, yaitu dengan guru mengoptimalkan murid ketika dalam proses-proses pembelajaran, mengoptimalkan kegiatan pembiasaan diri yang berwawasan pengembangan nilai akhlak mulia, dan guru menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif untuk tumbuh dan berkembangnya nilai akhlak murid. Akhlak adalah komponen yang sangat penting dan harus ada di dalam diri kita, bahkan sebelum ilmu yang kita miliki dan perdalam akhlak menjadi pondasi utama sebelum ilmu, tetapi ilmu disertai dengan akhlak yang baik akan menjadi suatu hal yang sangat bagus. Dapat disimpulkan bahwasannya penerapan nilai akhlak pada majlis (GMM) gerakan magrib mengaji yaitu dengan cara guru memberikan contoh penerapan akhlak sehari-hari menghormati dan menyayangi orang tua, guru disekolah, orang yang lebih tua dan penerapan nilai akhlak didukung dengan metode-metode pendidikan yang sangat membantu meningkatkan penerapan nilai akhlak yang baik kepada para murid. Selain itu, dibutuhkannya komunikasi yang baik antara guru dan murid agar penerapan niali akhlak melekat pada diri murid. Serta dukungan dari lingkungan keluarga dan di lingkungan sekolah agar memaksimalkan penerapan niali akhlak yang baik kepada murid.
Implementasi Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW pada Siswa SMKN 7 Bandung Fitri Nur Arifin; Haifa Fadillah Agustina; Husni Mubarak Pamungkas; Inne Ratika
Gunung Djati Conference Series Vol. 22 (2023): Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keteladanan berarti segala hal yang bisa dicontoh atau ditiru oleh seseorang dari orang lain. Disini keteladanan yang dimaksud adalah keteladanan yang baik sebagai alat pendidikan islam untuk meningkatkan kualitas akhlak seseorang. Nabi Muhammad SAW. sebagai nabi terkahir yang diutus untuk semua manusia dari semua golongan menjadi sumber teladan yang perlu diterapkan dalam setiap aspek kehidupan, khususnya terkait akhlak. Pemerosotan akhlak, adab dan nilai moral yang terjadi pada generasi muda sekarang perlu dirubah dan diperbaiki salah satunya melalui teladan yang baik dari Nabi Muhammad SAW. Melalui kisah-kisahnya. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMKN 7 Bandung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode kisah teladan nabi Muhammad SAW. Pada siswa/siswi SMKN 7 Bandung dengan menggunakan metode penelitian studi lapangan berbasis data. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah Guru SMKN 7 Bandung. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik wawancara/interview. Hasil penelitian menunjukan bahwa di SMKN 7 Bandung, pelaksanaan pendidikan agama khususnya pendidikan akhlak itu cukup dalam. Kisah teladan nabi Muhammad SAW. Tidak hanya di ajarkan secara teori saja namun juga diterapkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari
Aturan, Kebiasaan dan Penerapan Adab dan Akhlak dalam Majelis Ilmu Mukti Hanjar Ghina Khoirunnisa; Hamzah Firmansyah; Herna Lisdiawati; Ilhamuloh Rosuludin
Gunung Djati Conference Series Vol. 22 (2023): Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Akhlak adalah “adatul iradah” atau kehendak yang dibiasakan. Artinya kehendak itu apabila seseorang membiasakan sesuatu, maka kebiasaan itulah yang disebut akhlak. Makna kata “kehendak dan kebiasaan “ menunjukkan adanya keinginan manusia dalam melakukan suatu perbuatan secara berulang-ulang sehingga perbuatan tersebut menjadi mudah dilakukan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif (wawancara) kami menemukan salah satu Majelis ilmu yang sedang menerapkan akhlak di wilayah nya, yaitu di daerah Ciwastra (Bandung) yang bernama Majelis ilmu 'Mukti Hanjar' , bersama dengan pimpinan Majelis Bapak Asep Maulana S.Pd.i M.Ag , beliau menjelaskan berbagai problematika di daerah nya yang sebagian nya sangat jauh dari nilai-nilai akhlak. Dengan selalu di adakan nya Majelis ilmu Mukti Hanjar ini, baik kalangan anak-anak, dewasa, bahkan sampai khusus ada nya pengajian ibu-ibu, Alhamdulillah menghasilkan progres yang baik. Kebiasaan masyarakat di daerah Ciwastra ini menjadi lebih baik dan paham akan nilai-nilai akhlak, walaupun belum seluruhnya di terapkan oleh masyarakat, namun ada nya Majelis ini hari demi hari semakin terwujud nilai-nilai akhlak terutama Akhlakul Karimah dan nilai-nilai Islam yang semoga insyaaAllah dapat terwujud oleh seluruhnya.
Pengaruh Fitrah Manusia terhadap Akhlak Siswa MDTA At-Tanwir Firna Syifa Wandanie; Fitri Aminatul Munawaroh; Habibah Rahmadina; Ihsan Malik Amrullah
Gunung Djati Conference Series Vol. 22 (2023): Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fitrah manusia mempengaruhi pembentukan akhlak, serta mengetahui potensi yang paling mempengaruhi pembentukan akhlak tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi pustaka. Setelah melakukan sejumlah penelitian, peneliti mengetahui bahwa fitrah manusia sangat mempengaruhi pembentukan akhlak siswa MDTA At-Tanwir, karena pada dasarnya manusia memeiliki kecenderungan untuk menerima keadilan dan menolak ketidakadilan. Potensi yang paling berpengaruh pada pembentukan akhlak siswa MDTA At-Tanwir adalah potensi beragama yang juga didukung oleh beberapa faktor seperti faktor lingkungan, pendidikan, keturunan, dan juga faktor lainnya. Islam merupakan agama yang sempurna dan mencakup segala aspek kehidupan, juga mengatur bagaimana manusia bisa bersikap kepada Allah, sesama manusia, dan makhluk hidup lainnya.
Karakteristik Akhlak Santri Pondok Pesantren Al-Ihsan Desa Cibiru Hilir Fitri Nurkhoiriyah; Hana Nurhaliza; Hilya Fitri Amalia; Ihsan Nur Faiz
Gunung Djati Conference Series Vol. 22 (2023): Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Akhlak pemuda pada zaman sekarang dapat dikatakan semakin jauh dari Al-quran dan sunnah, ciri akhlak yang dibawakan oleh Rasul pun perlahan hilang dari jiwa kebanyakan pemuda muslim masa kini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana keterkaitan antara akhlak pemuda masa kini khususnya santri Al Ihsan dengan ciri akhlak yang dibawakan oleh Rasul sesuai Al-quran dan Sunnah. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yakni penelitian kualitatif yang dikaji secara deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil studi lapangan dan studi kepustakaan, dilakukan dengan cara wawancara dan survei di Pondok Pesantren Al Ihsan Desa Cibiru Hilir, Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik santri Al Ihsan masih sangat berkaitan dengan ciri akhlak yang dibawakan oleh Rasul. Pengimplementasian kebiasaan selalu ditanamkan agar menjadi akhlak yang baik seperti shalat berjamaah, mengaji, ta'dzim terhadap guru, persaudaraan, persatuan, tolong menolong, dan sebagainya.
Optimalisasi Kemampuan Dasar Dan Upaya Pengembangannya Pada Anak Usia Dini Di PAUD Darunnisa Karimatul Adqonil Mu’minah; Leni Aulia; Muhammad Fauzan Ridho
Gunung Djati Conference Series Vol. 22 (2023): Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak usia dini adalah individu dimana anak mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, dengan karakteritiknya yang khas sehingga diperlukan strategi yang khusus dalam mengarahkan berbagai potensi yang mereka miliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan anak; mengetahui bagaimana cara mengembangkan kreativitas dari potensi yang dimiliki oleh anak-anak, serta mengetahui pengaruh orang tua dalam mengoptimalkan kemampuan dasar dan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi perkembangan anak adalah pola asuh orang tua, sekolah dan lingkungan bermainnya. Adapun cara yang digunakan untuk mengembangkan potensi pada anak usia dini adalah dengan menstimulasi dari kegiatan kelas dengan mengembangkan dari berbagai aspek. Dan orang tua mempunyai pengaruh yang sangat penting dalam upaya mengoptimalkan kemampuan dasar pada anak. Dapat disimpulkan bahwa optimalisasi kemampuan dasar dan upaya pengembangannya pada anak usia dini sangatlah beragam tergantung dari kemampuan berinovasi dari guru, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor.
Pengaruh Faktor Lingkungan Terhadap Problematika Akhlak Remaja di Desa Cijawura Hilir Khofifah Aulia Mustopa; Khoirunisa Nuwayyar Hidayah; Linda Nurlinasari; Malqan Badsari Subagja
Gunung Djati Conference Series Vol. 22 (2023): Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Remaja merupakan fase dimana manusia menjalani hidupnya untuk mencari jati dirinya. Remaja merupakan masa transisi dari kanak-kanak menjadi dewasa. Sehingga masa remaja membutuhkan pengawasan dari orang-orang terdekat agar memiliki akhlak yang baik kepada siapapun, sehingga tidak melakukan penyimpangan di masyarakat yang menjadi kasus problematika akhlak remaja. Metode penelitian yang kami gunakan pada artikel ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif adalah memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, Tindakan, secara holistic, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks. Artikel ini berisi penelitian di Desa Cijawura Hilir mengenai problematika akhlak remaja saat ini yang terjadi di daerah tersebut. Didalamnya membahas mengenai seberapa besar pengaruh factor lingkungan, keadaan remaja saat ini di Desa Cijawura Hilir, dan lain sebagainya. Dari penelitian yang sudah kami lakukan dan diskusi dalam artikel ini, dapat disimpulkan bahwa factor lingkungan sangatlah berpengaruh pada akhlak remaja saat ini. Selain dari factor lingkungan, factor dari diri sendiri dan juga keluarga menjadi factor lain yang berpengaruh pada baik buruknya akhlak seorang remaja.
Implementasi Sholat Dhuha Berjamaah Untuk Membentuk Akhlak Rabbani Pada Siswa Di SDIT At Tajdied Pasirjambu Intan Edlis Permata Putri; Kresna Ralfsanjani; Mohamad Arief Fadillah
Gunung Djati Conference Series Vol. 22 (2023): Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak
Publisher : UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ada tiga penelitian yang penting dalam pelaksanaan shalat dhuha berjamaah untuk membentuk akhlak rabbani pada siswa yaitu: pertama , bagaimana pelaksanaan shalat dhuha berjamaah untuk membentuk akhlak siswa. kedua nilai apa saja yang di peroleh dari pelaksanaan shalat dhuha berjamaah untuk membentuk akhlak rabbani pada siswa. ketiga, faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan shalat dhuha berjamaah untuk membentuk akhlak rabbani pada siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang di peroleh melalaui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah, guru agama.

Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 49 (2025): RISMA: Riset Magang Mahasiswa Agroteknologi 2020 Vol. 48 (2025): RISMA: Riset Magang Mahasiswa Agroteknologi 2019 Vol. 55 No. 1 (2025): International Conference on Language Learning and Literature (ICL3) Vol. 54 No. 3 (2025): Mathematics Education on Research Publication (MERP) III Vol. 52 (2025): The 9th Conference Series Learning Class: Religious and Social Humaniora Vol. 50 (2025): The 3rd Students Conference of Social Science, Political Science, and Public Adminis Vol. 56 (2025): Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 51 (2025): SCOPE – Sustainability Conference on People and Environment Vol. 47 (2024): Seminar Nasional Biologi (SEMABIO) ke-9 Tahun 2024 Vol. 45 (2024): The 2nd Annual Islamic Education Management Conference 2024 Vol. 44 (2024): Seminar Nasional (SEMNAS) Kimia Tahun 2024 Vol. 38 (2024): Seminar Nasional Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) 2023 Vol. 46 (2024): The 8th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 43 (2024): The 7th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 41 (2024): The 6th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 39 (2024): The 2nd Students Conference of Social Science, Political Science, and Public Adminis Vol. 42 (2024): Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 40 (2024): Mathematics Education Research Publication II Vol. 37 (2024): Conference on Participation and Development in Community Creative Industries (CPD-CC Vol. 30 (2023): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ke-4 Tahun 2023 Vol. 36 (2023): Annual Islamic Education Management Conference 2023 Vol. 35 (2023): Seminar Nasional Biologi (SEMABIO) Tahun 2023 Vol. 34 (2023): Prosiding Seminar Nasional Kimia Tahun 2023 Vol. 33 (2023): Seminar Nasional Pertanian 2023 Vol. 18 (2023): Prosiding Seminar Nasional Biologi (SEMABIO) Tahun 2022 Vol. 32 (2023): The 5th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 28 (2023): The 3rd Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 27 (2023): The 1st Students Conference of Social Science, Political Science, and Public Adminis Vol. 26 (2023): The 1st Arabic Language Learning International Conference (ALLICO) Vol. 21 (2023): The 1st Nurjati Conference Vol. 20 (2023): The 2nd Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 19 (2023): The 4th Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) Vol. 29 (2023): Conference on Islamic Civilization (CIC) Vol. 25 (2023): Seminar Isu Kontemporer Vol. 24 (2023): Multidisciplinary Research Vol. 23 (2023): Religious Studies Vol. 22 (2023): Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak Vol. 15 (2022): Prosiding Seminar Nasional Kimia Tahun 2022 Vol. 14 (2022): Mercusuar 2022: Studi Keislaman dan Pemberdayaan Umat Vol. 7 (2022): Seminar Nasional Kimia 2021 Vol. 10 (2022): Islamic Religions Education Conference (IRECON) Series 1 Vol. 9 (2022): The 3rd Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) Vol. 8 (2022): The 2nd Conference on Ushuluddin Studies Vol. 17 (2022): Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education Vol. 16 (2022): CATAH: Conference Article of Takhrij Al-Hadith Vol. 13 (2022): The Conference on Islamic Early Childhood Education (CIECE) Vol. 12 (2022): Mathematics Education on Research Publication (MERP I) Vol. 11 (2022): Conference Series Learning Class Vol. 6 (2021): Seminar Nasional Biologi (SEMABIO) 6 Tahun 2021 Vol. 3 (2021): Mini Seminar Kelas Data Mining 2020 Vol. 2 (2021): Seminar Nasional Tadris Kimiya 2020 Vol. 4 (2021): The 1st Conference on Ushuluddin Studies Vol. 5 (2021): Proceedings Conference on Chemistry and Hadits Studies Vol. 5 (2021): Proceedings Conference on Chemistry and Hadith Studies Vol. 1 (2021): Conference on Islamic and Socio-Cultural Studies (CISS) More Issue