cover
Contact Name
Yusep Supriadi
Contact Email
supriadi@iaipibandung.ac.id
Phone
+6281221770776
Journal Mail Official
islamicedujournal@iaipibandung.ac.id
Editorial Address
Jl. Ciganitri No.2, Cipagalo, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40287
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
IJED
ISSN : 28287908     EISSN : 28287894     DOI : https://doi.org/10.54801/ijed
IJED: Islamic Journal of Education is the leading journal in Islamic educational institutions concerning Islamic education. Islamic Journal of Education promotes research and scholarly discussion concerning the education practices in Islamic educational institutions internationally, both formal and non-formal education. Topics might be about Islamic educational studies in a madrasa, pesantren, Islamic higher education, and the worldviews upon the practices in those settings. 1. Leasson Plan 2. educational Psycology
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education" : 6 Documents clear
Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca: Di Sd Salman Al-Farisi Full Day School Bandung Siti Saodah; mustajab M Making
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 1 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.331 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i1.1

Abstract

Implementasi Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an  merupakan sebuah proses membaca ayat yang harus di hafal dengan sempurna dan menjadi sebuah kualitas bacaan yang baik. SD Salman Al-Farizi Full Day School merupakan sekolah dasar yang berbasis kurikulum metode setiap siswa dituntut untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode tilawati sebagai acuan agar siswa mudah dan fasih  dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan mudah dan untuk mengetahui bagaimana cara mentarjim bacaan Al-Qur’an sehingga bacaan Al-Qur’an menjadi bacaan yang berkualitas di SD Salman Al-Farisi Full Day School. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi lapangan yang merupakan penelitian kualitatif deskrifti. yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana penelitian ini mendeskripsikan dan membuat pertanyaan pertanyaan yang diajukan secara mendalam terhadap subjek penelitian dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi, dengan metode pengumpulan data dengan wawancara kepada pembimbing tilawati di SD Salman Al-farisi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa Implementasi Tahfidz Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Tilawati sangat penting bagi hafalan siswa yang akan meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Dengan metode tilawati, SD Salman Alfarisi mencetak banyak lulusan yang fasih dalam membaca Al-Qur’an serta paham terhadap bacaan Al-Qur’an karena menguasai ilmu tajwid.
Penggunaan Game Edukasi Solite Kids Dalam Mengembangkan Kemampuan Keaksaraan Anak: Penelitian Pada Anak Kelompok B RA Persis 195 Al-Huda Jl. Jatinegara Kec. Batunungal Bandung Ana A’yunina; Euis Masruroh
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 1 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.157 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i1.2

Abstract

Anak usia dini mulai dikenalkan dengan kegiatan belajar mengenal keaksaraan, sebagai persiapan anak untuk memasuki tahap selanjutnya di Sekolah Dasar (SD). Namun pada kenyataannya, tidak semua anak mampu melewati tahap belajar mengenal keaksaraan dengan lancar dan menyenangkan, tidak sedikit anak yang merasa jenuh, bosan atau frustasi dalam menjalani proses tersebut, maka diperlukan cara agar anak dapat mempelajari keaksaraan dengan cara yang lebih menyenangkan. Salah satu cara untuk mengenalkan keaksaraan adalah dengan menerapkan game Solite Kids. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Game Edukasi Solite Kids, untuk mengetahui kemampuan mengenal keaksaraan pada Anak, dan untuk mengetahui faktor pendukung & penghambat dalam Penggunaan Game Edukasi Solite Kids Pada Anak Kelompok B RA Persis 195 Al Huda. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan datanya dengan melakukan observasi terhadap penerapan game Solite Kids pada siswa di rumah dan wawancara dengan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Game Edukasi Solite Kids kurang optimal, hanya 28,5% anak yang melakukan 20 kali pengulangan game. Kemampuan keaksaraan pun tidak ada peningkatan (konstan) sebanyak 85,71% . Dan dalam pelaksanaan game ini lebih banyak didapat faktor penghambat dibandingkan dengan faktor pendukung, hanya 28,5% yang merasakan ada faktor pendukung dalam pelaksanaan game ini. Anak sebenarnya tidak mengalami kesulitan dalam pelaksanaan game ini, namun anak tidak merasa tertarik dengan game ini. Banyaknya faktor penghambat menjadikan pelaksanaan game ini kurang optimal dan tidak memberikan peningkatan kemampuan keaksaraan yang signifikan.
Implementasi Aplikasi Smart School Al-Wafa Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Mata Pelajaran PABP Selama Pandemi Covid-19 Anggira Devia; Lalan Sahlani
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 1 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.75 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i1.3

Abstract

Since the issuance of the Circular Letter of the Ministry of Education and Culture Number 4 of 2020 about Home Study Policy, the education system in Indonesia has undergone very drastic changes. Problems that arise during Studying at Home include: unpreparedness of students and teachers, unpreparedness existing systems in schools, and differences in devices and facilities owned by students. Educational institutions are required to be able to prepare an effective and efficient distance learning system for teachers and students then forces the community to be friendly with technology. The objectives of this research is: (1) to knowing learn planning through the Smart School Al-Wafa application, (2) to knowing the implementation of the Al-Wafa Smart School application, and (3) to knowing the supporting and inhibiting factors in implementing the Al-Wafa Smart School Al-Wafa application on PABP subjects at SMK Al-Wafa. This research was using a descriptive qualitative method with data collection techniques by observation, interview, and documentation of PABP teachers, headmaster, head of application developers, and 10 students. Based on the results of the study, it can be seen that PABP teachers at Al-Wafa Vocational School use the Al-Wafa Smart School application start from planning, learning, assessment, and evaluation during the Covid-19 pandemic conditions. Based on the data and the analysis, it can be concluded that (1) learn planning through Smart School Al-Wafa is the same as face-to-face learning but the process is digitized, (2) the implementation of Smart School Al-Wafa in the PABP subject has been able to accommodate learning activities well although it is necessary assisted by other companion applications, (3) the supporting factors are the network, devices, user capabilities, and the inhibiting factors are the practical material in the PABP subjects.
Strategi Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik Melalui Program Edmodo Di Madrasah Aliyah Budi Agung; Deni Sopiansyah
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 1 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.78 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i1.68

Abstract

Kegiatan pembelajaran di dalam kelas masih bersifat teacher center oriented, dimana guru merupakan pusat kegiatan belajar siswa di dalam kelas. Padahal seharusnya dengan perkembangan teknologi dan internet, tidak menutup kemungkinan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang efektif dan menjadikan siswa mandiri dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penggunaan kelas virtual Edmodo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Siswa yang menggunakan kelas virtual Edmodo merasa senang saat belajar. Semua fitur di dalamnya akan selalu bekerja dengan siswa baik melalui catatan, materi pembelajaran, atau kegiatan evaluasi yang diberikan oleh guru untuk melihat kemajuan belajar siswa. Peningkatan kemandirian belajar siswa di Madrasah Aliyah dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas kelas virtual Edmodo sebagai media pembelajaran. yang membantu guru dan siswa dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien.
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Peringatan Hari Santri Neuis Marpuah
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 1 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.281 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i1.75

Abstract

Penguatan karakter tidak hanya dapat dilakukan melalui proses pembelajaran secara formal di ruang kelas, namun juga dapat dicapai melalui kegiatan-kegiatan positif yang juga memiliki tujuan-tujuan positif. Salah satu kegiatan yang dapat memberikan nilai pendidikan karakter terhadap siswa adalah peringatan hari santri nasional. Artikel ini mencoba untuk menganalisa nilai pendidikan karakter pada peringatan santri nasional. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah riset kepustakaan dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam peringatan hari santri, yang meliputi nilai karakter religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong.  
Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Bahasa (Menyimak) Anak Usia 5-6 Tahun Sekecamatan Cangkuang Naning Winangsih; Euis Masruroh
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 1 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.417 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i1.85

Abstract

Anak usia dini merupakan individu yang unik dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Bermain merupakan cara belajar yang sangat penting bagi anak usia dini. Selain melalui bermain metode bernyanyi merupakan salah satu cara untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini. Dengan bernyanyi dapat menambah kosa kata anak usia dini sehingga dapat mengembangkan aspek perkembangan bahasa anak usia dini. Bernyanyi anak usia 5-6 tahun merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk di kembangkan, namun kenyataannya masih banyak orangtua atau pendidik yang seolah menyepelekan kemampuan tersebut. Bahkan kecerdasan akademik dipandang lebih penting untuk dimiliki dan dikembangkan sehingga tidak sedikit orangtua yang rela mengeluarkan biaya besar demi mengikut sertakan anak-anaknya ke lembaga bimbingan belajar atau tempat les. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan bernyanyi dan anak usia 5-6 serta untuk mengembangkan kemampuan tersebut melalui memyimak dan berbicara.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, yaitu suatu prosedur yang menggunakan jenis pendekatan eksperimen dan data deskriptif dari guru-guru yang dapat diamati serta di minta untuk menjawab beberapa pernyataan dalam bentuk angket. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan menyimak dan berbicara anak usia 5-6 tahun adalah sebesar (94%). Selain dari pada itu, masih ada faktor lain yang mempengaruhi terhadap kemampuan menyimak dan berbicara anak usia 5-6 tahun (3,7) yang masih memerlukan penelitian, yang dimana dari penelitian itu bisa terlihat peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara anak dengan metode bernyanyi. Salah satu pengaruh bernyanyi terhadap kemampuan menyimak dan berbicara adalah anak bisa meniru dan mendengarkan nyanyian yang dinyanyikan oleh guru. Setelah metode bernyanyi di terapkan di RA/Tk Se Kecamatan Cangkuang maka diperoleh hasil bahwa ada peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara anak usia 5-6 tahun. Dimana hal ini sejalan dengan harapan orangtua dan juga guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 6