cover
Contact Name
Haudi
Contact Email
jurnaljotika@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaljotika@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pengairan No.35, Tangerang, Provinsi Banten, 15111
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika
ISSN : -     EISSN : 28072855     DOI : https://doi.org/10.56445/jppmj
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika diterbitkan oleh Jotika English and Education Center Tangerang, Indonesia dengan e-ISSN 2807-2855, merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian dan pengabdian multi disiplin ilmu yang dilakukan oleh para akademisi dan praktisi. Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): Agustus" : 5 Documents clear
PEMBERDAYAAN UMKM KRIPIK CABAI KELURAHAN AIR HITAM KOTA PEKANBARU Rusyaidi Thahery; Andry; Bagus Ardianto; Bayu Pratama; M. Ridlo Alfikri
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 2 No. 1 (2022): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.298 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v2i1.31

Abstract

Usaha Kripik Cabai merupakan salah satu dari industri rumahan yang ada di Pekanbaru yang didirikan pada tahun 2010. Usaha Kripik Cabai ini telah berdiri selama 11 tahun akan tetapi belum terlihat perubahan ekonomi yang begitu jelas terhadap usahanya. Hal ini terlihat dari minimnya sarana prasarana yang dimiliki karna hanya menggunakan alat – alat tradisional untuk memproduksi keripik cabai dan menggunakan tempat seadanya sebagai tempat penyimpanan keripik cabai yang sudah selesai digoreng. Akan tetapi untuk penjualannya lumayan benyak karena pembeli biasa memesan dalam jumlah yang banyak, karen untuk memproduksi nya sendiri beliau hanya dibantu keluarga saja tidak ada karyawan dari luar dikarenakan potensi penjualan yang masih pasang surut kadan banyak pesanan kadang hanya beberapa saja. Dikarenakan beliau membuat kripik cabai tersebut dalam sistem pre order, dilingkungan usaha tersebut sudsk baik untuk memasarkan produknya tetapi kurang efektif jika ingin meningkatkan penjualannya. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai berikut pemasaran yang dilakukan pada penjualan kripik cabe ini di lakukan secara bertahap mulai dari menjual di toko sampai menjual di ibu-ibu arisan Dengan melakukan praktik penjualan kripik cabe tim pengabdi telah mendapatkan pengalaman dalam melakukan pemasaran sehingga kedepannya mahasiswa dapat menerapkan nya baik di perusahaan maupun di tempat mahasiswa bekerja di kemudian hari
MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MINUMAN KEKINIAN Kiki Dwi Wijayanti; Aris Ariyanto; Agus Sudarsono
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 2 No. 1 (2022): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.193 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v2i1.39

Abstract

Langkah awal yang harus dilakukan dalam menumbuhkan minat wirausaha adalah dengan memberikan berbagai pelatihan usaha. Dengan cara sederhana mudah dipahami dan mudah untuk dijalankan, serta dengan modal yang relatif kecil, maka usaha tersebut akan diminati Dengan minat wirausaha tersebut seseorang akan termotivasi agar selalu produktif dan berfikir kreatif serta melakukan inovasi- inovasi baru guna menciptakan peluang usaha-usaha yang lebih menguntungkan. Membuat rencana serta menentukan langkah strategi yang tepat sebelum memulai berwirausaha menjadi salah satu kunci utama yang akan menentukan tingkat keberhasilan usaha serta mampu menghadapi persaingan ketat tentunya. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan dari Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan edukasi mengenai cara menumbuhkan jiwa wirausaha, melalui pembuatan minuman kekinian, mengelolanya dan memasarkan hasil usaha tersebut yang diharapkan dapat menjadi mata pencarian untuk warga RW 04 Kelurahan Serpong Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan berbagai metode yaitu ceramah, diskusi, praktek dan tanya jawab, serta pendampingan bagi warga masyarakat secara rutin. Program ini mempunyai hasil dan tujuan jangka panjang berdasarkan beberapa bentuk pengabdian yakni mewujudkan warga masyarakat yang produktif melalui wirausaha yang baik.
PELATIHAN MENJADI TALENTA DIGITAL DENGAN COPYWRITING Reza Maulana; Nurmalasari; Muhammad Sony Maulana; Monikka Nur Winnarto; Muhammad Iqbal; Badariatul Lailiah
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 2 No. 1 (2022): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.327 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v2i1.44

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat dijalankan untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa salah satunya melalui bisnis. Copywriting identik dengan kemampuan mengolah kata sehingga menciptakan unsur seni di dalamnya yang dapat menimbulkan efek persuasif. Copywriting sangat erat kaitannya dengan kegiatan promosi sebagai bagian dari branding. Memahami teknik copywriting merupakan salah satu kunci sukses penjualan. Tanpa teknik copywriting, kemungkinan besar post di media sosial kurang mendapatkan respon dari pelanggan. Permasalahan yang dihadapi anak Panti Asuhan Ahmad Yani yaitu belum mengetahui terkait copywriting. Diharapkan dengan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dapat memberikan ilmu untuk anak Panti Asuhan Ahmad Yani dalam meningkatkan kemandirian dan kreatifitasnya dalam membangun suatu usaha nantinya serta menjadi talenta digital kelak. Hasil yang didapat dari kegiatan ini yaitu peserta mampu mengikuti dan dapat memahami pentingnya menjadi talenta digital dengan copywriting sebagai sarana penerapan ilmu dan dapat meningkatkan kreatifitas.
LANGKAH AWAL STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA USAHA KECIL MENENGAH PADA WARGA RT.01/04 KAV. SERPONG TANGERANG SELATAN Dodi Prasada; Nopi Oktavianti; Nariah
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 2 No. 1 (2022): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.061 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v2i1.55

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan menimbulkan minat usaha mandiri (berwirausaha) yang dapat meningkatkan pendapatan (income) keluarga, yang pada akhirnya akan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga (masyarakat). Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam implementasi program adalah penyuluhan pengetahuan dan pemahaman kepada warga RT.01/04 kavling Serpong Tangerang Selatan tentang bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam hal ini usaha minuman kekinian serta penyuluhan tentang memahami langkah awal strategi pengembangan Sumber Daya Manusia bagi Usaha kecil Menengah (UKM). Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di RT.01/04 Kav. Serpong Kota Tanggerang Selatan, Banten. Selama kegiatan berlangsung peserta penyuluhan memberikan tanggapan yang sangat baik. Harapan kami dengan pengabdian ini dapat membuka wawasan bagi warga setempat, sehingga tidak hanya memberikan tambahan pengetahuan tetapi juga dapat menumbuhkan semangat berwirausaha apalagi dimasa pasca pandemi seperti saat ini.
OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN UMKM ANGGOTA MAJELIS TAKLIM AN-NISAA Ivantan; Aris Ariyanto; Zelin Ferdias Capriati
Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika Vol. 2 No. 1 (2022): Agustus
Publisher : Jotika English and Education Center

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.35 KB) | DOI: 10.56445/jppmj.v2i1.61

Abstract

Kegiatan ini bertujuan memotivasi dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat dalam mengelola dan memikirkan strategi yang efektif guna meningkatkan penjualan UMKM Anggota Majelis Taklim An-Nisaa di Perumahan Bumi Tegar Beriman Residence Desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor sebagai upaya pencapaian tujuan besar, yaitu untuk membangun perekonomian desa di Indonesia ataupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia terutama pada masa covid-19 ini. Isu nasional yang menjadi keprihatinan bangsa Indonesia ini juga yang menjadi acuan dalam penyusunan PkM – di Perumahan Bumi Tegar Beriman Residence Desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat. Program yang kami usulkan adalah ”Optimalisasi Digital Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan UMKM Anggota Majelis Taklim An-Nisaa. Bentuk dari program ini adalah pengembangan masyarakat dalam peningkatan penjualan UMKM melalui optimalisasi penggunaan digital marketing. Metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan yaitu dengan berbagai metode seperti sosialisasi, diskusi dan tanya jawab, serta pendampingan bagi masyarakat secara rutin. Program ini mempunyai tujuan jangka panjang berdasarkan beberapa bentuk pengabdian yakni mewujudkan Desa mandiri melalui kelompok UMKM yang kuat dan dikenal masyarakat luas sehingga bisa menjadi sumber penggerak ekonomi di Desa Tegal Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor.

Page 1 of 1 | Total Record : 5