cover
Contact Name
Alfian Qomaruddin
Contact Email
eic.journal@nuris.ac.id
Phone
+6285335339697
Journal Mail Official
admin@nuris.ac.id
Editorial Address
Yayasan Ponpes Nurul Islam Mojokerto (2nd Campus) Jl. Raya Pondok Pesantren Nurul Islam, Pungging Kabupaten Mojokerto 61384, INDONESIA Official email: admin@nuris.ac.id
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Nuris Journal of Education and Islamic Studies
ISSN : 27762653     EISSN : 27762653     DOI : https://doi.org/10.52620/jeis
Core Subject :
Nuris Journal of Education and Islamic Studies is open access and peer-reviewed journal, published by STAI Nurul Islam Mojokerto, Indonesia to disseminate research results from scientists and practitioners in Education and Islamic Studies fields. DOI : https://doi.org/10.52620/jeis ISSN 2776-2653 Aim and Scope: Teaching and learning, education development and society, education management, philosophy of education, religious education. Learning of Islamic Education, which includes materials, curriculums, methods, strategies, media, design, psychology, and evaluation; Learning content of Islamic Education includes learning of al-Quran Hadith, Akidah Akhlak, Fiqh, and History of Islamic Culture; Science integration in learning of Islamic Education. Fundamentals of Islamic education (philosophy, history and the nature of Islamic education), Development of Islamic educational institutions (development of Islamic education curriculum, Islamic learning method and Islamic education teacher and others) Studies of the concept of Islamic education (Islamic educational leading figure, Quran sunnah text, and others).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1: April 2022" : 6 Documents clear
Penerapan TIK Sederhana pada Siswa SDN Kesek 2 Bangkalan Mutmainnah Mutmainnah; Septia Tri Nurmaya; Silmi Rahma Raihana; Widya Trio Pangestu
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 2 No. 1: April 2022
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.584 KB) | DOI: 10.52620/jeis.v2i1.15

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu padanan yang tidak terpisahkan tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, manipulasi, dan transfer atau pengalihan informasi antar media dengan memanfaatkan perangkat teknologi yang tepat sehingga berlangsung efektif dan efisian dan memerikan nilai tambah dalam proses interaksi sosial. Pendidikan di Indonesia saat ini mulai mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi diharapkan mampu meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan program pelatihan ini adalah untuk menambah dan memperluas wawasan dan pengetahuan siswa sekolah dasar dalam memahami dan mengaplikasikan Microsoft word secara optimal. Proses pelatihan yang dilakukan menggunakan metode penjelasan dan praktek menggunakan perangkat seperti laptop dan komputer. Pendekatan ini dilakukan untuk pengenalan proses belajar yang interaktif. Selain itu, siswa dapat langsung memahami apa yang diajarkan jika dibarengi dengan praktek. Hasil dari pelatihan yang dilakukan ini adalah menambah ilmu dan wawasan siswa-siswi SDN Kesek 2 dalam menggunakan aplikasi Microsoft Word. Siswa-siswi SDN Kesek 2, yang sebelumnya tidak bisa mengoperasikan komputer dan belum bisa menggunakan program Microsoft Word secara optimal, saat ini mulai menguasai program aplikasi Microsoft Word berkat pelatihan oleh tim PKM.
Determinan Harga Saham pada Perusahaan Sektor Pertanian yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah (ISSI) Mohammad Dendi Abdul Nasir
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 2 No. 1: April 2022
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.701 KB) | DOI: 10.52620/jeis.v2i1.18

Abstract

This study aims to determine the effect of fundamental factors on agricultural sector stock prices listed in the Indonesian Sharia Stock Index (ISSI). This research uses quantitative methods. Purposive sampling technique was used and taken as many as 7 companies as samples. These companies have met the criteria that provide financial reports in rupiah (Rp) and were listed in the ISSI during the 2014-2019 period. Thus, the panel data used in this study were 42 observations. Fundamental factors are proxied by ROA, ROE, and PER. The linear regression analysis is used and the results show that ROA has a significant positive effect on stock prices, ROE has a significant negative effect on stock prices, and PER does not have a significant effect on stock prices in agricultural sector companies listed in ISSI.
Islamic Profit Rate Swap dalam Pandangan Fiqh Muamalat Nabila Zatadini
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 2 No. 1: April 2022
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.051 KB) | DOI: 10.52620/jeis.v2i1.19

Abstract

Guna mengatasi volatilitas dan ketidakstabilan harga uang fiat, muncul produk interest rate swap sebagai hedging berbagai transaksi antar negara. Namun, produk ini murni haram karena terkandung di dalamnya riba, gharar dan maisir. Hal tersebut menyebabkan masyarakat muslim tidak bisa menggunkannya. Menjawab kebutuhan akan hal tersebut, lahirlah produk Islamic Profit Rate Swap yang merupakan salah satu instrumen hedging Islam. Sayangnya, Islamic Profit Rate Swap dalam prakteknya memiliki beberapa keganjalan, yaitu Spekulasi, Menggabungkan Dua Kontrak dalam Satu 'aqd, Masalah Wa'ad, yang mengikat atau Tidak serta Kontroversi dalam Kontrak Tawarruq. Maka dari itu, penulisan karya tulis ini bertujuan untuk menganalisa Islamic Profit Rate Swap dalam pandangan fiqh muamalat. Guna menguji kesesuaiannya dengan fiqh muamalat. Dimulai dari penjabaran mengenai praktek Islamic Profit Rate Swap, Akad-akad yang digunakan di dalamnya, kemudian membahas masalah Islamic Profit Rate Swap dalam fiqh muamalah serta tantangan yang akan dihadapinya. Sebagai penutup, makalah ini menunjukkan tantangan dan kesempatan Islamic Profit Rate Swap untuk dilakukan di seluruh penjuru dunia serta saran terhadap produk ini.
Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Induksi Ahmadah Faashichah Romadlona
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 2 No. 1: April 2022
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.178 KB) | DOI: 10.52620/jeis.v2i1.20

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian kali ini adalah Mengetahui kesalahan apa saja ketika siswa menyelesaikan soal Induksi, tak lupa juaga untuk mengetahui penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Induksi. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian kali ini. Penggunaan strategi yakni studi kasus dilakukan peneliti kali ini dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 6 MA Negeri 1 Mojokerto Tahun Akademik 2022/2023. Purposive sampling dipilih peneliti untuk menentukan subyek dan diperoleh 3 siswa dengan nilai terendah dalam menyelesaikan soal induksi. Tes yang digunakan berbentuk essay dengan 1 soal dan diteruskan dengan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh bahwa pemahaman konsep menjadi jenis kesalahan yang utama dan juga terdapat factor yang lain yakni kurangnya menguasai konsep pada materi Induksi Matematika, selain itu siswa juga ceroboh dan kurang teliti pada operasi hitung.
Pengaruh Minat Membaca Buku Teks, Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPS Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 4 Mojokerto Yuddy Christiawan
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 2 No. 1: April 2022
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.822 KB) | DOI: 10.52620/jeis.v2i1.21

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hubungan antara minat baca buku teks, kemandirian belajar, dan hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Mojokerto dengan jumlah sampel 78 peserta didik yang diambil secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan hasil belajar kognitif IPS peserta didik; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kognitif IPS peserta didik; dan (3) ada hubungan antara minat baca dan kemandirian belajar secara simultan dengan hasil belajar kognitif IPS peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan bahwa minat dan kemandirian membaca perlu ditingkatkan melalui sumber dan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.
The Development of English Syllabus Based on Hypnoteaching Method Rois Rahmawan
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 2 No. 1: April 2022
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1243.088 KB) | DOI: 10.52620/jeis.v2i1.22

Abstract

Syllabus is very important for teachers, it is used by the teachers as reference before they do the teaching learning process, Syllabus is very flexible and contextual based on students' condition. Syllabus contain alternative for teachers when they teach. The teachers' creativity will rise when teachers understand the students' characters and their environments condition. To understand the students characters and their environments, researcher combines the syllabus with hypnotherapy sciences. In this study the researcher developed syllabus and hypnosis in hypnotherapy. Researcher combines between hypnosis technique and teaching techniques. This combination becollle the Hypnoteaching technique and applied in syllabus of K13. In Hypnoteaching teacher makes the classroom activity become more interesting and students have competence to motivate their self and other friends. To Inake this thesis focus on the discussion, the researcher developed the syllabus of' K1 3 based on the Hypnoteaching method. The researcher used Research and Delopement. The setting of this research was SMP Nurul Islam Ponpes Nurul Islam Pungging-Mojokerto and the subject of this study was English teacher of SMP Nurul Islam Ponpes Nurul Islam Pungging-Mojokerto. It is done because English teacher does not develop the syllabus mean while the students need the special treatment in English class. The researcher presented the result of this research that was gotten by using Guide interview, observation and checklist. In this syllabus development Teacher used technique of hypnotherapy and brings the students come to hypnosis condition in subconscious mind and students do not complicate to receive the information.

Page 1 of 1 | Total Record : 6