cover
Contact Name
Alfian Qomaruddin
Contact Email
eic.journal@nuris.ac.id
Phone
+6285335339697
Journal Mail Official
admin@nuris.ac.id
Editorial Address
Yayasan Ponpes Nurul Islam Mojokerto (2nd Campus) Jl. Raya Pondok Pesantren Nurul Islam, Pungging Kabupaten Mojokerto 61384, INDONESIA Official email: admin@nuris.ac.id
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
Nuris Journal of Education and Islamic Studies
ISSN : 27762653     EISSN : 27762653     DOI : https://doi.org/10.52620/jeis
Core Subject :
Nuris Journal of Education and Islamic Studies is open access and peer-reviewed journal, published by STAI Nurul Islam Mojokerto, Indonesia to disseminate research results from scientists and practitioners in Education and Islamic Studies fields. DOI : https://doi.org/10.52620/jeis ISSN 2776-2653 Aim and Scope: Teaching and learning, education development and society, education management, philosophy of education, religious education. Learning of Islamic Education, which includes materials, curriculums, methods, strategies, media, design, psychology, and evaluation; Learning content of Islamic Education includes learning of al-Quran Hadith, Akidah Akhlak, Fiqh, and History of Islamic Culture; Science integration in learning of Islamic Education. Fundamentals of Islamic education (philosophy, history and the nature of Islamic education), Development of Islamic educational institutions (development of Islamic education curriculum, Islamic learning method and Islamic education teacher and others) Studies of the concept of Islamic education (Islamic educational leading figure, Quran sunnah text, and others).
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2: Oktober 2022" : 7 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Contract (Kontrak Belajar) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Nurul Islam Pungging Mojokerto Ahmad Fauzi; Yudi Prasetyo; Yuddy Christiawan
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 2 No. 2: Oktober 2022
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.799 KB) | DOI: 10.52620/jeis.v2i2.14

Abstract

Artikel ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan learning contract terhadap pemahaman dan hasil belajar sejarah materi kolonialisme dan imperialisme di Indonesia peserta didik kelas XI IPS MA Nurul Islam Pungging Mojokerto. Artikel ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen dengan pola pretest posttest design. Kelas XI IPS Lughoh sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS Alat sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan learning contract. Data hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: Hasil validasi learning contract dari validator dengan nilai 5 dengan kategori sangat baik, validasi instrumen soal rata-rata nilai 5 dengan kategori sangat baik, validasi instrumen angket respon peserta didik rata-rata nilai 4 dengan kategori sangat baik. Uji hipotesis dengan taraf signifikansi (sig.2-tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima dengan kriteria ada pengaruh yang signifikan penggunaan learning contract terhadap nilai sebelum (pretest) dan sesudah (posttest). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran learning contract terhadap hasil belajar peserta didik Kelas X MA Nurul Islam Pungging Kab. Mojokerto. Sehingga dapat membangun karakter peserta didik yang mandiri, jujur, percaya diri, karena peserta didik sebelum melaksanakan pembelajaran harus membuat kesepakatan belajar yang dikenal dengan istilah learning contract. Peserta didik lebih bersemangat dalam kegiatan pembelajaran karena memiliki target atau tujuan belajara yang jelas. Hal ini tercermin pada kelas XI IPS Alat sebagai kelas eksperimen dalam penelitian ini mendapat nilai yang lebih baik antara pre test dan post test melalui learning contract. Persepsi peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan pemanfaatan model pembelajaran learning contract lebih termotivasi untuk meningkatkan prestasi hasil belajarnya. Hal tersebut dikarenakan sebelum pembelajaran berlangsung peserta didik dan pendidik telah membuat sebuah kesepakatan tertulis berupa learning contract sehingga peserta didik termotivasi untuk lebih giat belajar karena mereka berusaha untuk mencapai target-target hasil pembelajarannya yang akan dicapai sesuai dengan kesepakatan bersama guru mata pelajaran sejarah
Alienation Occurred in “Melancholia” Movie Irene Rosalina
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 2 No. 2: Oktober 2022
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.843 KB) | DOI: 10.52620/jeis.v2i2.16

Abstract

A movie may mirror a person's experiences in life and is not just for amusement. Movies include moral lessons that viewers may learn from. It educates us about attitudes, behaviors, language, culture, and culture. It's simple for individuals to appreciate movies visually as literary. Melancholy is appropriately examined utilizing the alienation idea based on the movie's plot. Human alienation was at first a social phenomenon in contemporary life (Darma, 1995 in Efendi, 2005). Social psychology refers to this as alienation. According to Melville's 1996 short story "About Bartleby," alienation is a type of self-separation from everyone and everything, including other people (Bloom, 2009). The alienated emotion toward anything, including internal and exterior components, is the complexity of estrangement in and of itself. This could incite someone to be antagonistic toward other individuals or society. The purpose of this study was to identify the ways in which Justine, the main character in the film Melancholia, was alienated. The article utilizes some of the earlier research on melancholia that has been conducted by a small number of academics in order to analyze the film. This research was produced under the auspices of the alienation theory. This research fell under the heading of literature philosophy. The Lars von Trier film Melancholia, which was released in 2011, served as the study's main source of information. Analyzing the presence of alienation in the film involved observing, transcribing the screenplay, and categorizing the conversation in accordance with the subject of alienation. A type of mental disease in humans called alienation is defined by emotions of being foreign or weird to others, to nature, the environment, God, and even to oneself. Alienation is discussed in connections with oneself, other people, society, objects/nature, and capitalism in Lars von Trier's film Melancholia. The social lives of those who don't take care about their families' or children's issues are criticized in this movie. They don't express any emotional existence; only physical existence
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X IPS 1 di MA Nurul Islam Mojokerto Setiawan Budi
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 2 No. 2: Oktober 2022
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.621 KB) | DOI: 10.52620/jeis.v2i2.17

Abstract

Pembelajaran sejarah kurang memperhatikan seberapa besar pengaruh atau manfaat pembelajaran terhadap perkembangan peserta didik. Pembelajaran sejarah hanya sekedar memberi atau menyampaikan informasi yang terjadi pada masa lalu kepada peserta didik. Pembelajaran semacam ini tentunya dapat mengurangi minat belajar dari peserta didik karena pembelajaran yang mombosankan dan tidak ada sesuatu yang baru dari pembelajaran sejarah. Pelajaran sejarah yang dianggap membosankan ini akhirnya berpengaruh pada tidak maksimalnya hasil belajar peserta didik. Penerapan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) telah berhasil memudahkan pemahaman para peserta didik pada materi sejarah nenek moyang Indonesia dan bukti peninggalan kebudayaannya yang akhirnya bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan metode tersebut peserta didik dapat melakukan pembelajaran yang bermakna, efektif dan efisien, karena peserta didik melakukan pembelajaran dengan melalui beberapa tahap yaitu mendengarkan penjelasan dari guru, diskusi, menyampaikan jawaban dan tanya jawab. Dari hasil observasi ini, metode TPS bisa meningkatkan hasil belajar pada setiap aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Metode tersebut juga berhasil membantu peserta didik untuk lebih memahami materi yang sedang dipelajarinya. Peningkatan pemahaman diperlihatkan pada sesi penilaian individu, ketika peserta didik mengerjakan soal tes yang diberikan disetiap akhir jam pejalaran. Dari pertemuan pertama ke pertemua kedua menunjukkan peningkatan pemahaman materi pada diri peserta didik.
Politeness Strategies Applied by the Characters of Princess Diaries Movie Anang Fatkhurozi
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 2 No. 2: Oktober 2022
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.71 KB) | DOI: 10.52620/jeis.v2i2.23

Abstract

This study examines the politeness strategies of the characters in the Princess Diaries movie. The data were utterances of Mia and her grandmother, the main characters in the Princess Diaries movie. The analysis is based on Scollon and Scollon's politeness theory. As a result, the researcher found that Mia and Her Grandmother employed two types of politeness: involvement and independent strategies. Mia used twenty politeness strategies, including four involvement strategies and sixteen independent strategies. Her grandmother, on the other hand, employed fifteen politeness strategies: twelve involvement strategies and three independent strategies. This study may inspire additional researchers to investigate politeness strategies not only in two characters but also in various films, theories, or methods. Additionally, it is hoped that research on politeness strategies will expand our understanding of how linguistic aspects, particularly in English, are applied.
Systematic Literature Review (SLR) Peran Asuransi Syariah dalam Membantu Perkembangan UMKM di Masa Pandemi Ashif Jauhar Winarto
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 2 No. 2: Oktober 2022
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.627 KB) | DOI: 10.52620/jeis.v2i2.24

Abstract

This study aims to describe the role of Islamic insurance in helping the development of MSMEs during a pandemic. which sharia insurance has two contracts, namely tijarah and tabarru'. As an effort to help the development of MSMEs, sharia insurance has a new breakthrough, namely by going to Tabbaru' to help each other between MSMEs and insurance parties. And the profits that will be shared are because it is done by the insurance, namely investments with investments that use sharia principles. In sharia insurance there will be tijarah which also provides benefits to MSMEs during a pandemic, as well as in sharia insurance there is already a halal guarantee by the Indonesian Ulema Council or MUI through the DSN fatwa (National Sharia Council with Fatwa No. 21/DSN-MUI/X/2001 concerning general guidelines for sharia insurance.The method used in this research is the Systematic Literature Review (SLR) method by Bettany-Saltiknov (2012) by summarizing the findings from previous studies that are relevant to the research topic.So the topics that are deemed relevant to this research are will be discussed, criticized and concluded.
Pengenalan Rambu Lalu Lintas sebagai Sarana Pembelajaran bagi Anak Sekolah SDN 2 Kesek Menggunakan Media Pembelajaran Miniatur Kardus Rahmawati Rahmawati; Saokin Fataky; Widya Trio Pangestu
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 2 No. 2: Oktober 2022
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.464 KB) | DOI: 10.52620/jeis.v2i2.25

Abstract

Peningkatan pembelajaran yang terjadi pada anak sekolah dasar sering menggunakan materi yang sudah ada pada buku materi, hal ini mendorong untuk penulis melakukan pendekatan untuk pembelajaran pada anak sekolah dasar dengan menggunakan media pembelajaran miniatur kardus lalu lintas. Miniatur kardus lalu lintas mengajarkan pada anak sekolah dasar untuk bisa melihat sekilas bagaimana bentuk atau wujud jalanan yang ada pada umumnya. Pendekatan ini dilakukan untuk pengenalan proses belajar yang interaktif. Selain itu, dapat menanamkan rasa taat berlalu lintas sejak usia dini. Pada usia anak-anak lebih mudah untuk menyerap nilai-nilai patuh pada rambu-rambu lalu lintas karena pada dasarnya anak-anak akan selalu berinteraksi dengan sistem lalu lintas dan jalan raya dalam menjalankan aktivitasnya. Dengan keterbatasan-keterbatasan tersebut maka khususnya siswa-siswi Kelas IV SD sangat membutuhkan metode pembelajaran ini untuk mengenalkan rambu-rambu lalu lintas, khususnya rambu peringatan, larangan, perintah dan petunjuk berbasis android sebagai pembelajaran interaktif, dengan harapan agar dapat memotivasi siswa-siswi dalam membantu belajar memahami dan mengerti konsep-konsep rambu rambu lalu lintas tanpa harus membawa buku dan pengajaran menjadi lebih menarik sehingga dapat memotivasi belajar siswa-siswi SD baik di sekolah maupun diluar sekolah. Selain itu, media pembelajaran miniatur kardus lalu lintas ini bisa melatih kreativitas siswa untuk menjadi siswa yang berkreatif dan menarik.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Berbantuan Media Video terhadap Keterampilan Sosial Luluk Mauli Diana; Evy Maya Stefany
Nuris Journal of Education and Islamic Studies Vol. 2 No. 2: Oktober 2022
Publisher : STAI Nurul Islam Mojokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.341 KB) | DOI: 10.52620/jeis.v2i2.31

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang mengembangkan kepribadian seseorang secara utuh. Masalah keterampilan sosial yang buruk itu kompleks. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru harus memiliki kemampuan memilih model pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT). Dengan menggunakan model pembelajaran bernomor Head Together, siswa dilatih untuk berbagi jawaban, berdiskusi kelompok dan saling menghargai saat mereka berbagi ide dalam kelompok hingga menemukan jawaban terbaik. Namun, hal tersebut belum cukup untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya untuk mata pelajaran abstrak. Oleh karena itu, diperlukan lingkungan belajar yang memudahkan siswa memahami konsep yang akan dipelajari. Media visual termasuk dalam kategori materi pendidikan audiovisual, yang menggabungkan dua materi, materi visual dan materi audio. Dan pembelajaran model pembelajaran kooperatif Media Numbered Heads Together memiliki struktur kooperatif yang memungkinkan tercapainya keterampilan sosial.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis apakah pembelajaran kooperatif Media Video Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap keterampilan sosial. Metode penelitian ini hampir eksperimental di mana peneliti berurusan dengan subjek. Prosedur quasi-eksperimental ini dilakukan dalam kaitannya dengan desain kelompok kontrol nonequivalent. Subyek eksperimen terdiri dari 30 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu. Kelas A sebagai kelas eksperimen dan Kelas B sebagai kelas kontrol. Kumpulkan informasi tentang keterampilan sosial menggunakan Kuesioner Keterampilan Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Media video berpengaruh terhadap pembelajaran model Numbered Heads Together terhadap keterampilan sosial dengan skor 12,75.

Page 1 of 1 | Total Record : 7