cover
Contact Name
Yannice Luma
Contact Email
portalsipilustj@gmail.com
Phone
+628114825372
Journal Mail Official
portalsipil@ustj-jayapura.ac.id
Editorial Address
Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) Jln. Raya Sentani, Padang Bulan, Heram, Kota Jayapura 99351, Papua, Indonesia
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Portal Sipil
ISSN : 23023457     EISSN : 29648890     DOI : https://doi/10.58839/portal.v11i2.1119
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal Portal Sipil merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) - Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) dan dikelola di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Terbit pertama kali pada tahun 2012 dengan volume terbitan perdana edisi Bulan Desember Tahun 2012. Jurnal Portal Sipil diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Disiplin ilmu yang dapat menerbitkan artikelnya melalui jurnal ini adalah: Rekayasa Struktural, Rekayasa & Manajemen Konstruksi, Rekayasa Geoteknik, Rekayasa Sumber Daya Air, Rekayasa Transportasi dan Rekayasa Kelautan, atau bidang ilmu lainnya yang berkaitan dengan ilmu Teknik Sipil, serta bidang ilmu Teknik Lingkungan, atau yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur berkelanjutan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Portal Sipil" : 5 Documents clear
STUDI PENGEMBANGAN BANDAR UDARA TARIA KABUPATEN MAMBERAMO TENGAH Thelly S.H Sembor; Agus Tri Winarno
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.792 KB)

Abstract

Hingga sampai saat ini Bandar Udara Taria masih memiliki kelemahan yang sangat signifikanbaik disisi udara maupun sisi darat untuk itu dirasakan perlu untuk melakukan suatupengembangan agar mampu menjawab kebutuhan transportasi udara untuk masa yang akandatang. Tujuan dari perencanaan ini adalah untuk mengembangkan Bandar Udara Taria agarmemenuhi standar operasional keselamatan penerbangan. Metode perencanaan yang dilakukanmenggunakan data primer seperti data kondisi bandara dan ketersedian lahan serta datasekunder seperti data arus lalu lintas udara, karakteristik pesawat dan data penduduk yangdijadikan acuan sebagai dasar perencanaan pengembangan Bandar Udara Taria. Perencanaanpengembangan Bandar Udara Taria meliputi Runway, Taxiway, Apron yang mengacu padastandar FAA dan ICAO, sementara untuk perencanaan perkerasan mengacu pada standar FAA,ICAO dan PCA, serta penentuan luasan terminal penumpang. Dari hasil analisis diperolehkanPanjang runway yang dibutuhkan adalah 1500 meter, yang berada pada azimut 02–20, untukperkerasan lentur runway, taxiway dan Apron didapat ketebalan adalah 27cm, luas Apron 185 mx 80 m dan luas total terminal penumpang 600 m² untuk jumlah penumpang < 100.000 /tahun.
EVALUASI KINERJA BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE NILAI HASIL (EARNED VALUE) Santje Magdalena Iriyanto; Andry Biu
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.737 KB)

Abstract

Proyek konstruksi berkembang semakin besar dan rumit dewasa ini baik dari segi fisik maupunbiaya. Oleh karena itu, dalam pengerjaan proyek tersebut sangatlah dibutuhkan sumber daya yangbaik. Selain itu diperlukan fungsi controlling, yaitu suatu sistem manajemen proyek yang mulai darifase awal proyek hingga fase penyelesaian proyek sangatlah dibutuhkan untuk menentukan kinerjaproyek dan menjalankan sistem pengelolaan proyek tersebut agar terjadi suatu sistem yang baik danterintegrasi antara biaya dan waktu khususnya.Konsep Earned Value merupakan salah satu alat yang digunakan dalam pengelolaan proyek yangmengintegrasikan biaya dan waktu. Hasil dari Earned Value adalah kita dapat mengetahui kinerjaproyek yang dapat digunakan sebagai early warning khususnya pada aspek biaya dan waktu. Hasilyang didapat pada pengukuran kinerja proyek The Grove Apartement pada bulan ke-7 ini adalahnilai BCWS (Budgeted Cost of Work Schedule) Rp 29.833.646.157,14. Nilai BCWP (Budgeted Costof Work Performed) Rp 23.930.604.670,00. Nilai ACWP (Bugeted Cost of Work Performed) Rp23.666.136.487,07.Berdasarkan parameter BCWS, BCWP dan ACWP diperoleh nilai CV (Cost Variance) Rp57.086.461,44. Nilai SV (Schedule Variance) Rp (-) 6.038.031.645,74. Nilai SPI (SchedulePerformance Index) 80%. Nilai ECD (Estimated Complection Date) 287 Hari > TAC (Target AtCompletion) 217 Hari. Hasil tersebut menunjukan proyek mengalami keterlambatan danpembengkakan biaya dari yang telah direncanakan.
ANALISA KINERJA LALU LINTAS SEPANJANG JALAN RAYA ABEPURA JAYAPURA AKIBAT PELEBARAN JALAN Lusiana O Imbir; Sultia Oktavia Monda
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.646 KB)

Abstract

Ruas jalan Raya Abepura Kota Jayapura merupakan salah satu ruas jalan yang cukup padat dan tidakjarang terjadi kemacetan. Hal ini disebabkan ruas jalan Raya Abepura Jayapura merupaka jalan utamayang menghubungkan antara kota Jayapura dan kabupaten Sentani, selain itu ruas jalan raya Abepurajuga berada pada kawasan pusat perbelanjaan, perkantoran, sekolah, dll yang mengakibatkanbanyaknya aktivitas di badan jalan seperti pejalan kaki, kendaraan berhenti, kendaraan parkir,kendaraan lambat, dan kendaraam masuk/keluar dari sisi jalan. Oleh karena itu, pemerintahmengambil kebijakan untuk mengadakan pelebaran jalan disepanjang jalan Raya Abepura kotaJayapura. Namun berjalannya waktu pelebaran jalan yang dilakukan ternyata tidak berdampak besarbagi kondisi lalu lintas di jalan tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja lalu lintas di sepanjang jalan Raya AbepuraJayapura setelah dilakukan pelebaran jalan khususnya di beberapa titik yang sering terjadi macetyaitu: daerah depan Saga, Sendok Garpu, SD Negeri Inpres VIM, Apotik Bunda, dan PasarCigombong. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan peraturan yang ada padaManual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997.Dari hasil survei dan pengolahan data diperoleh arus lalu lintas tertinggi terdapat pada lokasi ApotikBunda pada hari kerja sebesar 1139,355 Smp/jam, kapasitas sebesar 2428,866 Smp/jam, Derajatkejenuhan sebesar 0,46, waktu tempuh sebesar 17,17 km/jam, dan kecepatan sebesar 33,79 km/jam.Sebagai saran dan rekomendasi, perlu adanya pembenahan dan penambahan lahan parkir untuksetiap fasilitas umum, serta melengkapi rambu – rambu lalu lintas dan tempat – tempat pemberhentianangkutan umum disepanjang jalan Raya Abepura Jayapura.
KAJIAN ANALISA DAMPAK LALU LINTAS ( ANDALALILN ) PERSIMPANGAN VURIA – KOTARAJA AKIBAT PENGGUNAAN JALAN ALTERNATIF DAN PEMBANGUNAN RUKO HAPPY PUPPY Dewi Anggraeni; Muhammad Andriansyah
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.9 KB)

Abstract

Sebagai kota yang perkembangannya cukup pesat, Kota Jayapura sedang melakukanpembangunan di segala bidang. Dalam hal perkembangan kota ini, Pemerintah harusmenyediakan sarana prasarana kota yang memadai untuk menunjang kelancaran daripertumbuhan Kota Jayapura. Yang paling menonjol dalam perkembangan kota ini adalah telahdibukanya jalur alternatif dan berdekatan dengan tempat hiburan, salah satunya berada diKotaraja wilayah Kota Jayapura.Berdasarkan informasi yang diperoleh dari observasi langsung ke lapangan, jalur alternatif danpembangunan Ruko Happy Puppy berlokasi di persimpangan Vuria - Kotaraja Jayapura.Volume kendaraan pada persimpangan Vuria - Kotaraja diperkirakan akan semakin padatdikarenakan mulai ramainya kendaraan yang menggunakan jalan alternatif dan adanyapembangunan ruko Happy Puppy dan Pom bensin.Dari kondisi tersebut diatas maka sudah seharusnya pemerintah Kota Jayapura mewajibkanmembuat Analisis Dampak Lalu Lintas ( ANDALALIN ) untuk setiap pembangunan tempathiburan dan jalan alternatif pada persimpangan ataupun pusat-pusat kegiatan berskala besaryang mempunyai andil besar dalam penambahan pembebanan kapasitas jalan.
PERENCANAAN DERMAGA PETI KEMAS DEPAPRE DI KABUPATEN JAYAPURA PROVINSI PAPUA Maxen Than B. Etmond; Thelly S. H. Sembor
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.063 KB)

Abstract

Perencanaan pelabuhan peti kemas Depapre Jayapura adalah untuk menciptakan perkembanganekonomi yang lebih baik sebagai salah satu kawasan industry serta sistem transportasi yanglebih baik pula. Kawasan Maloy membutuhkan sebuah pelabuhan peti kemas yang dapatmenghubungkan kawasan ini ke tempat-tempat yang lainnya dengan membawa berbagai hasilsumber daya alam. Untuk membuat sebuah pelabuhan, hal pertama yang perlu dilakukan adalahmelakukan sejumlah survey.Survey-survey tersebut diantaranya adalah pemetaan wilayah, pasang surut,analisis angin dangelombang, serta penyelidikan tanah. Semua survey tersebut harus dilakukan untukperencanaan yang baik. Kapal yang akan berlabuh di pelabuhan ini adalah kapal peti kemas22.000 DWT sehingga membutuhkan panjang dermaga 260 m dan lebarnya 20 m. Dari hasilanalisis pasang surut dan gelombang, diperoleh elevasi deck dermaga adalah 5 m di ataspermukaan laut. Jenis dermaga yang digunakan adalah Wharf, yang berarti kedalaman air yangdibutuhkan berada jauh dari garis pantai. Dermaga ini menggunakan beton bertulang untukstruktru utamanya. Untuk pondasi, dermaga menggunakan tiang pancang tipe “ASTM A252Spiral Welded Pipe”. Dimensi tiang pancang yang digunakan yaitu; 1000 cm, 350 cm, 175 cm.Jenis fender yang digunakan utnuk dermaga adalah fender karet “SCN 1000” yang dapatmempertahankan 48 t.m energy dan bollard yang digunakan adalah bollard berkapasitas 100ton.

Page 1 of 1 | Total Record : 5