cover
Contact Name
Suwanto
Contact Email
info@nafatimahpustaka.org
Phone
+6281235775561
Journal Mail Official
info@nafatimahpustaka.org
Editorial Address
Pt Nafatimah Gresik Pustaka, DESA PALEBON RT 04 RW 02, Kab. Gresik, Provinsi Jawa Timur
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
ISSN : 30250145     EISSN : 29863163     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal pemberdayaan masyarakat nusantara merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan hasil kegiatan pemberdayaan masayarakat nusantara yang telah dilakukan oleh dosen, peneliti, dan pemerhati pendidikan sehingga dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi masyarakat nusantara. Jurnal pemberdayaan masyarakat nusantara dikelolah oleh PT NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA diterbitkan 4 kali setiap tahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember Artikel yang dipublikasikan pada jurnal tersebut meliputi bidang ilmu antara lain : kesehatan, ekonomi dan bisnis, pendidikan, sains, teknik, sosial humaniora, dan pertanian
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2024): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara" : 3 Documents clear
SEMINAR PENINGKATAN MUTU DOKUMENTASI ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN PENDEKATAN SDKI, SLKI, DAN SIKI DI RSU KARTINI Dwi Ningsih, Arum; Janes Pratiwi, Chaterina
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 2 No 1 (2024): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mutu asuhan keperawatan dapat tergambar dari dokumentasi proses keperawatan, Dokumentasi dalam keperawatan memegang peranan penting terhadap segala macam tuntutan masyarakat yang semakin kritis dan mempengaruhi kesadaran masyarakat akan hak-haknya dari suatu unit Kesehatan. Oleh karena Perlu dilakukan suatu peningkatan pengetahuan perawat tentang pentingnya pendokumentasian asuhan keperawatan. Salah satu cara peningkatan pengetahuan perawat dalam melakukan dokumentasi asuhan keperawatan adalah memberikan seminar terkait dokumentasi asuhan keperawatan dengan pendekatan SDKI, SIKI, dan SLKI. Tujuan dilakukannya kegiatan seminar adalah meningkatkan pengetahuan perawat terkait pendokumentasian asuhan keperawatan. Metode pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah seminar secara Hybrid Learning. Acara seminar dilalui dengan tiga tahap yaitu penyampaian materi, diskusi dan tanya jawab. Seminar dilaksanakan pada hari Jumat 11 Agustus 2023 dimulai pukul 08.30-13.00 WIB di ruang Pertemuan RSU Kartini Mojosari, Mojokerto. Adapaun sasaran dalam pengabdian masyarakat perawat di RSU Kartini. Hasil pengabdian didapatkan evaluasi terkait pengetahuan perawat tentang pendokumentasian pengkajian dan diagnosis keperawatan sebelum mengikuti seminar yaitu Sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan tentang dokumentasi pengkajian keperawatan dalam kategori cukup sebanyak 28 responden (56%). Setelah mengikuti seminar, tingkat pengetahuan tentang dokumentasi pengkajian dan diagnosis keperawatan dalam kategori baik sebanyak 46 responden (92%).
MEMBANGUN BI’AH LUGHAWIYAH MELALUI KONTEN BAHASA ARAB BERBASIS TIKTOK PADA SISWA ISLAMIC BOARDING SCHOOL PADEPOKAN KYAI MUDRIKAH KEMBANG KUNING Thayyibah, Uyun
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 2 No 1 (2024): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Islamic Boarding School Padepokan Kyai Mudrikah Kembang Kuning (IBS PKMKK) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sangat terbuka akan kemajuan teknologi. Lembaga pendidikan akan dinilai memiliki eksistensi yang kuat, apabila tidak menutup diri dari kemajuan dan perkembangan dunia. Eksistensi yang ditunjukkan lembaga pendidikan ini adalah dengan memfasilitasi beberapa teknologi digital muktahir untuk para siswanya. Disamping banyaknya fasilitas teknologi, lembaga ini memiliki Dream Bi'ah Lughawiyah (lingkungan berbahasa). Tujuan pengabdian ini untuk merealisasikan Bi'ah Lughawiyah yang bisa dikaitkan dengan aset yang dimiliki IBS PKMKK ialah dengan membangun bi'ah Lughawiyah melalui konten bahasa Arab berbasis tiktok, sebagai media indikasi awal untuk memotivasi dan menumbuhkan minat dalam membetuk dan menciptakan bi’ah lughawiyah. Metode yang digunakan adalah pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) berbasis aset dan kekuatan potensi yang dimiliki islamic boarding school padepokan kyai mudrikah kembang kuning. Dalam membangun bi’ah lughawiyah melalui konten berbahasa arab berbasis tiktok pada siswa islamic boarding school ini menggunakan siklus 5-D yaitu Define (penentuan), Discovery (penemuan mendalam), Dream (impian), Design (perancangan) dan Deliver atau Destiny (pelaksanaan, control dan evaluasi). Sementara Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini konten berbasis tiktok dapat mendorong minat siswa IBS PKMKK dalam membentuk Bi'ah Lughawiyah. Melalui langkah ini, terwujudlah realisasi dari Bi'ah Lughawiyah, sementara penggunaan tiktok sebagai media platform menunjukkan kesuksesan awal dalam menarik minat siswa untuk membangun lingkungan berbahasa.
IMPLEMENTASI EVALUASI MODEL KIRKPATRICK PADA PROGRAM SOSIALISASI KORESPONDENSI GURU SMP NURUL AZMAN Santosa, Prima Pantau Putri; Hidayat, Ryan; Alam, Bambang Perkasa; Lutvaidah, Ukti; Ismail
Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara Vol 2 No 1 (2024): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Publisher : PT. NAFATIMAH GRESIK PUSTAKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMP Nurul Azman merupakan lembaga pendidikan yang dalam aktivitasnya tidak terlepas dari kegiatan surat menyurat. Terdapat beberapa permasalahan jika suatu lembaga belum memahami surat resmi Indonesia baru, karena di sekolah tersebut tergolong baru jadi setiap guru bisa merangkap jadi staf TU. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini mengevaluasi hasil sosialisasi dengan menggunakan model kirkpatrick. Pengabdian ini dilaksanakan di SMP Nurul Azman dengan metode seminar, tanya jawab, dan praktik. Untuk mengetahui hasil sosialisai ini berhasil atau tidak maka peneliti mengevaluasi hasil kegiatan sosialisasi dengan model Kirkpatrick. Model Kirkpatrick. Model evaluasi Kirkpatrick terdiri dari empat level yaitu: Level 1: Reaksi, Level 2: Pembelajaran, Level 3: Perilaku, dan Level 4: Hasil. Hasil yang didapat dari kegiatan ini adalah sistem informasi administrasi surat menyurat yang berguna untuk membantu guru dalam membuat surat serta pengolahan data surat masuk dan surat keluar. Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa peserta kegiatan dapat memahami pentingnya penggunaan surat menyurat dan dapat memahami garis besar prosedur penggunaan surat.

Page 1 of 1 | Total Record : 3