cover
Contact Name
Bintis Ti'anatud Diniati
Contact Email
bintis.t.diniati@gmail.com
Phone
+6281515530818
Journal Mail Official
jeps-febi@uinsatu.ac.id
Editorial Address
Jl. Mayor Sujadi Timur No.46 Tulungagung 66221
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Economics and Policy Studies (JEPS)
ISSN : -     EISSN : 27757897     DOI : 10.21274
Core Subject : Economy,
FOCUS Journal Economic and Policy Studies: Focuses on broad economic topics, including regional and political economics, industrial economics, development economics, labor economics, international trade, and monetary and banking economics. The articles that published in this journal are research articles and elaborate the development of economic modeling and economic policy analysis. SCOPE Journal Economic and Policy Studies: The Journal of Economic and Policy Studies are journals that contain some articles covering research results, policy analysis, and opinions related to the economy which is currently developing both nationally and internationally.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2021): JESP: Journal of Economic and Policy Studies" : 5 Documents clear
Strategi Pemasaran dalam Mengembangkan Usaha Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Toko Sandal Ping Tulungagung) Aprillia, Katon; Rafikasari, Elok Fitriani
Juornal of Economics and Policy Studies Vol 2 No 1 (2021): JESP: Journal of Economic and Policy Studies
Publisher : UIN Sayyid Ali Rahmatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.588 KB) | DOI: 10.21274/jeps.v2i1.4355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat khususnya yang sedang mengembangkan usaha mengenai strategi pemasaran Toko Sandal Ping Tulungagung dalam mengembangkan usaha sehingga memiliki 7 karyawan dan 2 toko cabang. Namun demikian sebagai seorang muslim, etika bisnis sangat dibutuhkan dalam menjalankan berbagai aktivitas agar usaha yang dijalankan tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan penelitian melalui perpanjang keikutsertaan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat.Hasil Berdasarkan penelitian, strategi pemasaran Toko Sandal Ping Tulungagung dalam mengembangkan pengembangan adalah melalui bauran pemasaran. Produk yang dijual berkualitas dan model terbaru. Harga yang digunakan mengikuti harga pasar dan mengambil keuntungan 10%. Tempatnya memilih lokasi yang strategis. Promosi melalui papan nama atau banner dan memberikan pelayanan yang baik kepada pembeli. Perkembangan usaha Toko Sandal Ping Tulungagung terlihat dari pendapatan rata-rata harian 2.500.000 di toko pusat dan 1.000.000 di setiap toko cabang. Toko ini memiliki 7 karyawan dan 3 toko yang terletak di Desa Ringinpitu, Desa Loderesan dan Desa Mojosari.Strategi pemasaran Toko Sandal Ping Tulungagung dalam mengembangkan usaha sesuai dengan etika bisnis Islam karena produk yang dijual berkualitas, memiliki daya tarik dan menghindari unsur gharar. Harga yang digunakan mengikuti harga pasar dan tidak mengambil keuntungan yang berlebihan. Tempatnya memilih lokasi yang strategis. Promosinya jelas dan sesuai dengan produk yang dijual.
strategi perencanaan investasi pada saham syariah di era pandemi covid-19 Chamidi, Achmad Luthfi
Juornal of Economics and Policy Studies Vol 2 No 1 (2021): JESP: Journal of Economic and Policy Studies
Publisher : UIN Sayyid Ali Rahmatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.309 KB) | DOI: 10.21274/jeps.v2i1.4631

Abstract

Entering the digital age makes national boundaries biased, Where there is no longer an obstacle for all nations in the world to one another Communicating and transacting business are only minutes at that distance Very far though. Let alone the development of the Indonesian economy The year 2020 is full of fluctuations with covid-19 viruses yet Indonesia can look out for. The stock market with an islamic investment instrument It is an activity in the capital market that does not conflict with sharia principles. Sharia's own principle in the capital market is based on the decrees of the qur 'an and hadits That governs worship and human activities in your business (fiqh). stock Sharia is a valuable document presenting the inclusion of capital into At the stock exchange. The purpose of this research is; for Provides insight into prospective investors affected by covid - 19 in taking a decision to invest. This kind of research is Qualitative with a literature study approach with a data source that is secondary data That were generated from previous research, and other reference sources There are things that prospective investors need to know. especially Investors from socially affected covid-19 are involved With the planning and management of investments on sharia stock. It is Demands that investors know boundaries and rules.
PENGARUH KETEPATAN WAKTU TUNGGU PEMESANAN DALAM PENERAPAN METODE REORDER POINT TERHADAP TERCIPTANYA KELANCARAN MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN KEPUASAN PELANGGAN Faizol, Ahmad; Sari, Nita Permata; Nur Aini, Chindy Fatika; Nafiah, Uliati
Juornal of Economics and Policy Studies Vol 2 No 1 (2021): JESP: Journal of Economic and Policy Studies
Publisher : UIN Sayyid Ali Rahmatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.762 KB) | DOI: 10.21274/jeps.v2i1.4668

Abstract

Artikel ini membahas tiga hal penting yang pertama mengenai penerapan konsep waktu tunggu dalam pemesanan, kedua tentang adanya pengaruh ketepatan waktudalam metode reorder point, dan ketiga adalah adanya pengaruh ketepatan waktutunggu pemesanan dalam terciptanya kelancaran manajemen persediaan bahan bakudan kepuasan pelanggan. Artikel ini merupakan jenis kajian kualitatif dengan teknikstudi pustaka atau library research. Kajian tersebut dikuatkan dengan beberapapengamatan dan dianalisis berdasarkan literatur yang sesuai dengan objek yangdikaji. Hasil kajian dalam artikel ini adalah (1) Dengan adanya konsep lead time, parapemangku kebijakan dapat mengendalikan persediaan bahan baku sehingga biayayang dikeluarkan oleh perusahaan bisa lebih ekonomis dan hal-hal yang mengarahkepada kemudharatan dapat dihindar (2) ROP dapat dilakukan dengan cara yaitumenentukan jumlah bahan atau barang selama lead time ditambah dengan satupersentase tertentu dan menentukan jumlah pemakaian bahan atau barang selama leadtime ditambah dengan persediaan pengamanan yang ditetapkan (3). Manajemen darilead time dapat menjadi faktor keunggulan kompetitif yang dapat meningkatkankepuasan pelanggan. Selain itu, juga memberikan pengaruh terhadap jumlahkeuntungan optimal karena konsumen merasa puas dengan pelayanan yang dibeikan..
ANALISIS PELUANG DAN TANTANGAN OBLIGASI SYARIAH (SUKUK) DI INDONESIA Muawanah, Muawanah; Sundari, Sundari; Anggraeni, Yuniar Nanda
Juornal of Economics and Policy Studies Vol 2 No 1 (2021): JESP: Journal of Economic and Policy Studies
Publisher : UIN Sayyid Ali Rahmatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.198 KB) | DOI: 10.21274/jeps.v2i1.4669

Abstract

Sukuk atau yang lebih dikenal dengan obligasi syariah pada saat ini sudah banyak digunakan sebagai salah satu instrumen keuangan. Sukuk menjadi salah instrumen investasi yang memberikan peluang bagi investor muslim maupun investor non-muslim, baik investor dari Indonesia maupun luar negeri untuk berinvestasi di Indonesia. Sukuk sendiri sudah mulai berkembang pesat di Timur Tengah, namun di Indonesia sendiri sukuk belum berkembang pesat dikarenakan beberapa kendala yang ada, selain itu kurangnya pemahaman masyarakat tentang sukuk juga menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan sukuk di Indonesia. Perkembangan sukuk di Indonesia sangat diharapkan menjadi salah satu alternatif sumber potensial pendanaan negara. Sukuk memiliki beberapa keunggulan seperti: dapat diperjual belikan, dapat ditawarkan kepada siapa saja investor nasional maupun global, dan aman karena dijamin dengan underlying aset yang riil
PENGARUH BI RATE, PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI, PRODUK DOMESTIK BRUTO, JUMLAH PENDUDUK, INDEKS PRODUKSI INDUSTRI TERHADAP PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT DI INDONESIA TAHUN 2015.01-2019.12 Diniati, Bintis Ti’anatud
Juornal of Economics and Policy Studies Vol 2 No 1 (2021): JESP: Journal of Economic and Policy Studies
Publisher : UIN Sayyid Ali Rahmatullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.129 KB) | DOI: 10.21274/jeps.v2i1.4670

Abstract

Artikel ini bertujuan menganalisis pengaruh variabel makro terhadap penerimaan zakat di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah runtut waktu (time series) periode 2015.01 – 2019.12 meliputi BI rate, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMD), Produk Domestik Bruto (PDB), Jumlah Penduduk (Populasi), Indeks Produksi Industri (IPI). Hasil analisis dalam penelitian ini menggunakan model ARDL-ECM menunjukkan bahwa dalam jangka panjang variabel yang berpengaruh terhadap penerimaan zakat adalah Penanaman Modal Dalam Negeri, Produk Domestik Bruto dan Indeks Produksi Industri. Dalam jangka pendek, variabel-variabel yang berpengaruh terhadap penerimaan zakat adalah Penanaman Modal Dalam Negeri, Produk Domestik Bruto dan Indeks Produksi Industri. Sehingga dalam jangka Pendek dan dalam jangka panjang variabel yang berpengaruh yaitu Penanaman Modal Dalam Negeri, Produk Domestik Bruto dan Indeks Produksi Industri

Page 1 of 1 | Total Record : 5