cover
Contact Name
TOBA SASTRAWAN MANIK
Contact Email
tobasastrawanmanik@gmail.com
Phone
+6282166716978
Journal Mail Official
aptanajurnal@gmail.com
Editorial Address
aptanajurnal@gmail.com
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Aptana: jurnal Ilmu dan Humaniora
Published by CV. Medan Tekno Solusi
ISSN : 3026281X     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Aptana memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual rumpun ilmu pendidikan & humaniora. Secara garis besar topik utama yang diterbitkan adalah : Pendidikan Sekolah Dasar Pendidikan Agama Pendidikan Olahraga Kewirausahaan Filsafat Ilmu Ilmu Teori dan Praktis
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2024): Jurnal Aptana-Ilmu Pendidikan dan Humaniora Januari 2024" : 2 Documents clear
KEGIATAN MEDIA PEMBELAJARAN FINGER PAINTING DALAM MELATIH KOGNITIF ANAK DI SEKOLAH TK PERTIWI 2 Am Simbolon, Satresia; Apriyanti, Dilla; Fitriyanti, Riska; Sanita, Dini; Rahmadani, Alifa Asyafila; Sofyan, Hendra
Aptana: Jurnal Ilmu & humaniora Vol 2 No 1 (2024): Jurnal Aptana-Ilmu Pendidikan dan Humaniora Januari 2024
Publisher : CV MEDAN TEKNO SOLUSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kegiatan finger painting dalam mengembangkan kognitif anak di TK Pertiwi 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adala simple random karena pengambilan anggota sampel dilakukan secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber yang didapatkan dari hasil wawancara terhadap narasumber, yaitu sumber primer dan sekunder. Kemudian dilakukan perbandingan dengan menggunakan referensi lainnya seperti jurnal dengan tujuan menunjang akurasi dan kredibilitas data serta melakukan proses pengecekan data pada narasumber penelitian. Triangulasi teknik yaitu cara mengumpulkan data untuk memperoleh data yang valid. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media pembelajaran finger painting dapat melatih kognitif anak, media pembelajaran finger painting dapat melatih anak dengan mudah mengingat warna, dapat melatih anak dengan mudah mencampur warna, media pembelajaran finger painting dapat melatih anak dengan mudah mengenal ragam warna, media pembelajaran finger painting dapat melatih anak dengan mudah membedakan warna-warna, media pembelajaran finger painting dapat melatih anak dengan mudah menceritakan lukisan yang mereka buat, dan media pembelajaran finger painting mampu melatih anak mengenal huruf serta menulis namanya sendiri. Hal ini berhubungan dengan daya ingat anak sehingga proses berpikir anak lebih cepat dan cermat. Kata kunci; Finger Painting; Kognitif; Media Pembelajaran
Morfologi dalam Bahasa Indonesia: Sebuah Kajian Literatur M.Kasir
Aptana: Jurnal Ilmu & humaniora Vol 2 No 1 (2024): Jurnal Aptana-Ilmu Pendidikan dan Humaniora Januari 2024
Publisher : CV MEDAN TEKNO SOLUSI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penulisan ini ialah untuk mengkaji dan menjelaskan tentang morfologi dalam konteks Bahasa Indonesia. Topik yang diteliti dari morfologi dalam penelitian ini adalah definisi, tujuan, fungsi, dan objek kajian morfologi. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kajian Pustaka (literature review) yakni dengan menggunakan sumber-sumber yang dianggap mendukung penelitian ini. Hasil kajian ini menemukan bahwa definisi morfologi adalah cabang linguistic yang mempelajari struktur kata suatu Bahasa dan bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Bahasa dan menemukan tipologi Bahasa, serta befungsi sebagai upaya penciptaan kata-kata. Adapun objek morfologi sebagai cabang ilmu adalah kata. Penelitian ini masih sangat terbatas sehingga perlu untuk dikembangkan lebih mendalam dan sistematis.

Page 1 of 1 | Total Record : 2