cover
Contact Name
Annisa Nur Firdausyi
Contact Email
firdausyiannisa@gmail.com
Phone
+628985312178
Journal Mail Official
jurnalthufulah9@gmail.com
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Metro Jl. Ki Hajar Dewantara No.116,Iringmulyo, Kota Metro, Lampung, Sumatera - Indonesia
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
ISSN : 28287843     EISSN : 28287061     DOI : https://doi.org/10.24127
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa is early childhood study journal, are articles of research results such as research and development, quantitative, qualitative, experiment, literature studies, application of theory, critical analysis studies, and islamic studies of childrens education in PAUD and childrens growth and development such as: Development of moral and religious values, Physical motor development, Emotional social development, Cognitive development, Language development, Artistic and creative development, Parenting, Management institution of early childhood education, Early child development assessment, evaluation of learning in early childhood education Child development psychology, Child empowerment, Learning strategy, Educational tool play, instructional media, Innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education. Earlychildhood study journal (Thufulah) is managed by the Islamic Early Childhood Islamic Education Study Program, Muhammadiyah Metro University.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): AGUSTUS" : 5 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA FLASH CARD KOBER HIDAYAH INDRA PUTRI SUBING TERBANGGIBESAR Ningrum, Febriani Kurnia; Tisnawati, Nina; Firdausyi, Annisa Nur
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 2 No. 2 (2023): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v2i2.5204

Abstract

Penelitian ini meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa Indonesia serta mengetahui penerapan melalui media flash card kosa kata bahasa indonesia. Permasalahan adalah mencermati kondisi kegiatan membaca, berkomunikasi dan menulis karena itu guru memerlukan cara yang baik dan menarik untuk menyelesaikan yaitu salah satunya adalah flash card yang di sertai dengan gambar dan tulisan yang sesuai untuk anak usia 3–6 tahun. Metode Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian ini adalah siswa berjumlah 23 anak, terdiri dari 19 anak laki-laki dan 4 anak perempuan serta guru yang juga sebagai peneliti. Hasil penelitian dianalisis dengan Penilaian Performance dan Penilaian Ketuntasan Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Meningkatnya presentase keterampilan perbendaharaan kata siswa melalui metode flash card anak usia dini, Siswa dinyatakan tuntas secara individual jika mendapatkan nilai rata–rata minimal 75. Sedangkan keberhasilan kelas ditetapkan sebesar 75%. Artinya berdasarkan evaluasi, diperoleh hasil belajar minimal 75% siswa berhasil secara individual indikator keberhasilan di siklus I mencapai 65,21% cukup baik dan siklus II 82,60% baik. Oleh sebab itu hendaknya aktivitas bermain menggunakan media flash card dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di PAUD, terutama dalam memperluas penguasaan perbendaharaan kata.
POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DESA RAJABASA BANDARLAMPUNG Wahyutini, Ambar; Noormawanti, Noormawanti; Marlisa, Lusi
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 2 No. 2 (2023): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v2i2.5205

Abstract

Pendidikan anak usia dini sangat penting,karena membuat anak dapat berinteraksi dalam sebuah hubungan sosial.Selain itu anak usia dini masih mudah untuk dibentuk karakternya sehingga saat orangtua memberikan pendidikan maka akan mudah untuk diterima anak. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui harmonisasi pola asuh orang tua terhadap sosial emosional anak usia dini, ,untuk mengetahui cara orangtua menerapkan pola asuh yang sesuai dengan anak usia dini. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pola asuh orangtua terhadap anak usia dini.Jenis penelitian adalah deskriptif Kualitatif, pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni:wawancara,observasi,dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah:reduksi data, penyajian data,menarik kesimpulan. Hasil penelitian1).Harmonisasi pola asuh orangtua terhadap perkembangan sosial emosional anak berarti menciptakan keselarasan, maka dari itu terdapat beberapa aspek perkembangan pada anak yang harus benar-benar dioptimalkan pada saat usia dini,beberapa diantaranya adalah perkembangan kognitif,nilai moral,agama,dan bahasa,2).Cara orangtua menerapkan pola asuh yang sesuai dengan anak usia dini yaitu dengan cara memberikan kelembutan dan penuh kasih sayang disetiap bicara,memberikan nasihat dan membimbing anaknya,selain itu orangtua memberikan contoh yang baik,komunikasi efektif, disiplin,orangtua harus konsisten,dan ajarkan anak sopan santun, 3).Faktor pendukung dan penghambat pola asuh orang tua terhadap anak usia dini yaitu faktor pendukung: kekompakan orang tua, orang tua memberikan motivasi kepada anaknya tentang prestasi yang dimiliki anak,memanfaatkan teknologi yang ada, memberikan hadiah, memberikan contoh perilaku yang baik kepada anak. Faktor penghambat:Tingkat sosial ekonomi,Tingkat Pendidikan, kepribadian, jumlah anak
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK DENGAN MEDIA TABUNG ANGKA DI TK ABA WAY BUNGUR LAMPUNG TIMUR Septiani, Ririn; Tisnawati, Nina; Firdausyi, Annisa Nur
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 2 No. 2 (2023): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v2i2.5206

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kemampuan berhitung anak dengan media tabung angka dan untuk mengetahui penerapan tabung angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK ABA Way Bungur. Masalah yang sering muncul didalam pembelajaran berhitung khususnya pada anak usia dini antara lain kurang berminatnya anak dalam kegiatan berhitung, sehingga kemampuan berhitung pada diri anak masih belum berkembang dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Pelaksanaan siklus II merupakan kelanjutan dan perbaikan dari siklus I. Setiap siklus terdiri empat tahap yakni perencanaan pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada.Hasil penelitian pada siklus I mengalami peningkatan, siswa yang tuntas 2 menjadi 12 dan yang tidak tuntas 8, nilai rata –rata yang diperoleh 70,25 namun skor masih dibawah skor minimum 75. Siklus II merupakan perbaikan dari siklus I, pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa, siswa yang tuntas 19 anak dan yang tidak tuntas 1 anak,hasil rata-rata yang didapatkan adalah 77,05. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan bahwa media tabung angka efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelas A di TK ABA Way Bungur.
UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN TEHNIK MELIPAT SEDERHANA ORIGAMI PADA KELOMPOK BERMAIN BAITURROHMAN SUKOSARI LAMPUNG TENGAH Riyanti, Siti; Noormawanti, Noormawanti; Marlisa, Lusi
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 2 No. 2 (2023): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v2i2.5207

Abstract

Salah satu alternatif metode pembelajaran anak yang dapat diterapkan pada anak usia dini yaitu teknik melipat sederhana dalam origami. Dengan menggunakan metode tersebut memudahkan guru dalam pembelajaran untuk mengatasi kebosanan dalam pembelajaran.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah :bagaimana upaya guru dalam menerapkan teknik melipat sederhana origami pada kelompok bermain dan bagaimana penerapan teknik melipat sederhana origami pada kelompok B di kelompok bermain Baiturrohman Sukosari Kalirejo, Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya guru dalam menerapkan teknik melipat sederhana origami dan untuk mengetahui penerapan teknik melipat sederhana origami pada kelompok B di Kelompok Bermain Sukosari, Kalirejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Jenis data yang digunakan adalah jenis data primer dan jenis data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahapan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian ini yaitu 1) upaya guru dalam menerapkan teknik melipat sederhana origami. a) setiap guru harus memperhatikan mengoreksi diri apakah dia telah memenuhi beberapa persyaratan sebagai guru profesional dan bagaimana mengembangkannya. b) setiap guru harus berupaya untuk meningkatkan perannya sebagai agen of change layanan pmbelajaran berkualitas d sekolah. c) setiap guru harus mampu meningkatkan perannya dalam prosess self education (PSE), 2) Penerapan teknik melipat sederhana origami dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran meliputi tahapan sebagai berikut, a) persiapan, b) pelaksanaan, c) Penyelesaian
MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR MELALUI METODE FINGER PAINTING DI TK ABA CANDIPURO LAMPUNG SELATAN Kurnianda, Ayu Dilla Assyifa; Noormawanti, Noormawanti; Tisnawati, Nina
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 2 No. 2 (2023): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v2i2.5208

Abstract

Penelitian ini nilai kreativitas menggambar di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Candipuro Lampung Selatan. Nilai rendah pada kreativitas menggambar dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang menunjukkan siswa yang perlu bimbingan.Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan metode finger painting dalam meningkatkan kemampuan dan kreativitas menggambar menggunakan finger painting di Taman Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Candipuro Lampung Selatan. Metode Penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dengan model Kurt Lewin. Pada penelitian ini terdiri dari prasiklus, siklus I, siklus II.Pada siklus I dan siklus II terdiri dari 4 tahapanya itu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.Teknik pengumpulan data ini berupa observasi, wawancara, penilaian non tes serta dokumentasi. Sehingga dapat disimpulkan metode pembelajaran ini dapat meningkatkan kreativitas menggambar anak dengan finger Painting, faktor penghambat dapat dilihat dari kurangnya kreativitas guru dalam meningkatkan kreativitas menggambar anak menggunakan finger painting,dan faktor pendukungnya dapat dilihat dari sikap antusias dan semangat anak dalam mengikuti kegiatan ini. Sehingga tepat untuk diterapkan sebagai metode yang dapat meningkatkan kreativitas menggambar anak dengan finger painting.

Page 1 of 1 | Total Record : 5